cover
Contact Name
Hadisa Putri
Contact Email
hadisaputri921@gmail.com
Phone
+6282159845618
Journal Mail Official
jurnalilmiahedukatif@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Sejangkung No. 126 Kawasan Pendidikan Sebayan Sambas 79462 » Tel / fax : 082316769977 / (0562) 39187
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
JURNAL ILMIAH EDUKATIF
ISSN : 24423858     EISSN : 27454681     DOI : -
Materi Pendidikan Islam, Aktivitas Pembelajaran; Kurikulum Pendidikan; Politik Pendidikan; Filsafat Pendidikan; Manajemen Pendidikan; Sejarah Pendidikan Islam; Sejarah Pendidikan IslamProfesi Keguruan meliputi; Kompetensi Guru; Kinerja Guru dan Interaksi Guru dan Siswa
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2020): EDUKATIF" : 6 Documents clear
PENGARUH STRATEGI SPIRITUAL TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII SMPN 07 MATAN HILIR SELATAN KABUPATEN KETAPANG Irmayanti
JURNAL ILMIAH EDUKATIF Vol. 6 No. 2 (2020): EDUKATIF
Publisher : FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/jie.v6i2.293

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan strategi spiritual teaching pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan pengaruh strategi spiritual teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMPN 07 Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Pelaksanaan strategi spiritual teaching guru PAI SMPN 07 Matan Hilir Selatan tergolong cukup baik. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata (mean) strategi spiritual teaching sebesar 73,75 yang terletak pada interval 65 – 74 yang dikategorikan cukup baik dengan prosentase sebesar 38,89% dari jumlah responden. Berdasarkan hasil analisis regresi linear dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh positif strategi spiritual teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI SMPN 07 Matan Hilir Selatan. Hal ini dibuktikan dari hasil persamaan regresi yang menyatakan bahwa setiap penambahan 1% strategi spiritual teaching, maka nilai motivasi belajar siswa bertambah sebesar 0,352. Kemudian diketahui hasil analisis korelasi (r) sebesar 0,498, dan nilai koefisien determinasinya sebesar 0,248 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (strategi spritual teaching) terhadap variabel terikat (motivasi belajar siswa) adalah sebesar 24,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Serta setelah menguji korelasi melalui uji t diketahui nilai sebesar 3,344 2,03224 (5%) dan 2,72839 (1%). Hal ini memiliki arti bahwa hubungan antara strategi spiritual teaching dan motivasi belajar siswa menunjukkan hasil yang positif dan signifikan sebesar 0,498. Sehingga dapat diputuskan bahwa ditolak dan di terima. Dan berdasarkan pedoman interpretasi terhadap koefisien korelasi sebagaimana pada tabel 2, dengan hasil r sebesar 0,498, memiliki tingkat hubungan yang sedang.
MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA pada MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION pada KELAS IV SEKOLAH DASAR Marlina
JURNAL ILMIAH EDUKATIF Vol. 6 No. 2 (2020): EDUKATIF
Publisher : FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/jie.v6i2.298

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada muatan IPS menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada kelas IV SDN Pasar Lama 6 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
ISLAMISASI SAINS MENURUT SAYYED HOSSEIN NASR Topik
JURNAL ILMIAH EDUKATIF Vol. 6 No. 2 (2020): EDUKATIF
Publisher : FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/jie.v6i2.312

Abstract

Untuk mewujudkan nilai spiritualitas Islam secepatnya mengembalikan kepada kekuatan nilai-nilai Islam yang sudah terbaratkan. Bagi umat Islam, tidak perlu mencari-cari ke luar Islam. Umat Islam harus menyadari betul tentang daya intelektual segala dimensinya, tapi mengabaikan hal yang amat fundamental. Dari sisi ini, wajar kalau pemikirannya cenderung lebih menyelami makna asensial dari Islam. Dalam konteks ini Nasr lebih menyupayakan suatu pendekatan baru terhadap Islam tanpa meninggalkan dunia batin. Seperti semua seni Islam murni yang melahirkan bentuk plastis yang dapat membuat orang merenungkan keesaan Ilahi dalam manivestasi multiplisitas, begitu pula semua sains yang pantas disebut bersifat Islam menunjukkan kesatupaduan alam. Kita dapat mengatakan bahwa tujuan dari semua sains Islam-dan lebih umum lagi dari semua sains kosmologi adab pertengahan dan zaman kuno ialah untuk menunjukkan keterpaduan dan interrelasi dari segala yang ada, menuju kearah kesatuan edasar Ilahi yang dibayangkan dalam kesatuan alam. Untuk mewujudkan sains Islami, Nasr menggunakan perbandingan dengan apa yang telah diraih Islam pada zaman keemasan (zaman pertengahan). Menurutnya, pada saat itu dengan teologi yang mendominasi sains, sains telah memperoleh kecerahan dan dapat menyelamatkan umat dari sifat destruktif sains.
IMPLIKASI COVID-19 TERHA DAP PROSES PEMBELAJARAN di SEKOLAH Patriana
JURNAL ILMIAH EDUKATIF Vol. 6 No. 2 (2020): EDUKATIF
Publisher : FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/jie.v6i2.313

Abstract

Penelitian ini menguraikan tentang implikasi wabah covid-19 terhadap proses pembelajaran di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui implikasi covid-19 terhadap proses pembelajaran di sekolah, 2) hambatan dalam proses belajar-mengajar pada masa Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan studi dokumen (library research). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa implikasi dari wabah virus covid-19 terhadap proses pembelajaran di sekolah yaitu proses belajar mengajar di laksanakan secara daring/jarak jauh. Adapun hambatan proses belajar-mengajar pada masa covid-19 adalah a) keterbatasan penguasaan teknologi informasi oleh guru, siswa dan orang tua; b) sarana dan prasarana yang kurang memadai; c) akses internet yang terbatas.
ANALISIS KEMAMPUAN HOTS (HIGHER ORDER HINKING SKILL) SISWA KELAS VIII SMP PGRI 01 SEMARANG PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN Tiya Juliani, Joko Siswanto Fenny Roshayanti
JURNAL ILMIAH EDUKATIF Vol. 6 No. 2 (2020): EDUKATIF
Publisher : FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/jie.v6i2.314

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan HOTS (Higher Order Thinking Skill) siswa SMP PGRI 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode R & D (Research and Development), Pada penelitian ini model 4-D tersebut dimodifikasi menjadi 3-D, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif sederhana. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa meningkatkan Kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa sangat penting diterapkan dalam pendidikan. Sesuai dengan tujuan kurikulum 13 mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga Negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif. Sehingga menuntut semua jenjang pendidikan untuk menyeiapkan siswanya memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Begitupun yang terjadi di SMP 01 PGRI Semarang. kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS di sekolah tersebut masih termasuk dalam kategori cukup yaitu dari 40 siswa ada 30 siswa yang masih cukup dalam kemampuan berfikir tingkat tinggi dengan persentase 75 %.
SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MEMBINA PROFESIONALISME GURU (STUDI IMPLEMENTATIF DI MADRASAH AIYAH MIFTAHUL ULUM SENGKUBANG) M.Saprawi Rizal
JURNAL ILMIAH EDUKATIF Vol. 6 No. 2 (2020): EDUKATIF
Publisher : FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/jie.v6i2.316

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam membina profesionalisme guru di Madrasah Miftahul Ulum Sengkubang Kabupaten Mepawah. Penelitian ini dilakuakan dengan menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif . Penelitiaan ini bermaksud untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan Supervisi Kepala Madrasah Dalam Membina Profesionalisme Guru Di Madarsah Aliyah Miftahul Ulum Sengkubang. Adapun bentuk-bentuk pelaksanaan supervisi kepala Madrasah Miftahul Ulum Sengkubang untuk membina profesionalisme guru meliputi :Pertama Pembinaan profesi mengajar.Kedua Pembinaan sikap personal dan professional guru mengajar, Ketiga Pengembangan kualitas profesional guru atau pendidikan In-Service

Page 1 of 1 | Total Record : 6