cover
Contact Name
Hadisa Putri
Contact Email
hadisaputri921@gmail.com
Phone
+6282159845618
Journal Mail Official
jurnalilmiahedukatif@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Sejangkung No. 126 Kawasan Pendidikan Sebayan Sambas 79462 ยป Tel / fax : 082316769977 / (0562) 39187
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
JURNAL ILMIAH EDUKATIF
ISSN : 24423858     EISSN : 27454681     DOI : -
Materi Pendidikan Islam, Aktivitas Pembelajaran; Kurikulum Pendidikan; Politik Pendidikan; Filsafat Pendidikan; Manajemen Pendidikan; Sejarah Pendidikan Islam; Sejarah Pendidikan IslamProfesi Keguruan meliputi; Kompetensi Guru; Kinerja Guru dan Interaksi Guru dan Siswa
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2023): Desember" : 1 Documents clear
Pengembangan Buku Saku Digital Bermuatan Ideal Problem Solving Berbasis Etnomatematika Miri Minarni; Yudi Darma; Nurmaningsih
Jurnal Ilmiah Edukatif Vol. 9 No. 2 (2023): Desember
Publisher : FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/jie.v9i2.2470

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui buku saku digital bermuatan IDEAL Problem Solving berbasis etnomatematika yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development or production (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluastions (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 31 siswa dan 3 orang ahli media dan materi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket, dan soal posttest. Dan hasil penelitian validasi buku saku digital bermuatan IDEAL Problem Solving berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah memiliki persentase rata-rata ketiga ahli validasi media 94,20% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil penelitian validasi ahli materi meemiliki persentase 95,23%. Tingkat kepraktisan memiliki tingkat praktis dengan persentase 80,91% dengan kriteria sangat praktis. Untuk tingkat keefektifan memiliki hasil rata-rata posttes sebesar 80,64% dengan jumlah 26 siswa yang tuntas, maka hasil tes siswa memiliki kriteria tuntas dan tergolong efektif

Page 1 of 1 | Total Record : 1