cover
Contact Name
Muhammad Kambali
Contact Email
jurnalaliqtishod@gmail.com
Phone
+6282245049710
Journal Mail Official
hambali236@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Menganti Krajan No.4747 Menganti Gresik
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
AL IQTISHOD: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam
ISSN : 24076600     EISSN : 27458512     DOI : -
Core Subject : Economy,
The scope of AL-IQTISHOD are but strictly limited to: Sharia economy Sharia business Sharia management Sharia finance
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2021): Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam" : 6 Documents clear
KONSEP KERJASAMA DALAM EKONOMI ISLAM mukhlas, abd arif
Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam Vol 9 No 1 (2021): Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam
Publisher : Prodi Ekonomi Syariah STAI Al-Azhar Menganti Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37812/aliqtishod.v9i1.195

Abstract

Islam datang sebagai rahmat bagi alam semesta. Kedatangan Islam membawa pencerahan dalam setiap sisi kehidupan, konsep ekonomi diantaranya. Dengan sistem kerja sama dalam ekonomi Islam diharapkan dapat tercapainya keseimbangan dalam kehidupan. Konsep yang memperhitungkan keuntungan bersama, mencapai kebahagiaan pribadi dengan mendapatkan keuntungan dan juga menguntungkan orang lain, serta tetap menanamkan rasa kepedulian terhadap sesama dalam hal ikut menanggung beban kerugian rekan kerjasama. Konsep tersebut memiliki karakter yang berbeda dengan sistem bunga. Karena dalam sistem bunga selalu menuntut profit atau keuntungan pasti tanpa mempertimbangkan rekan kerjasamanya sedang mendapatkan keuntungan atau kerugian. Sedangkan konsep kerjasama dalam ekonomi Islam memiliki rasa peduli terhadap sesama dengan saling merasakan keuntungan dan menanggung beban kerugian. Sebuah konsep ekonomi yang bijaksana. Menanamkan kepedulian, tidak mementingkan diri sendiri. Menguji kejujuran dan rasa tanggungjawab. Membantu sesama dengan tetap mendapatkan keuntungan dan terhindar dari haramnya riba yang bisa menjerat orang lain.
PRODUK OPERASIONALISASI BANK SYARI’AH : STUDI PENERAPAN PRINSIP SYARI’AH PADA BANK SYARI’AH MANDIRI (BSM) DAN BANK ISLAM MALASYA BERHARD (BIMB) kambali, muhammad
Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam Vol 9 No 1 (2021): Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam
Publisher : Prodi Ekonomi Syariah STAI Al-Azhar Menganti Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37812/aliqtishod.v9i1.225

Abstract

Produk operasional bank Syari’ah secara umum dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok. Pertama produk penghimpunan dana ( Funding ), kedua Produk penyaluran dana atau pembiayaan ( Lending) dan ketiga produk jasa ( Service ). Produk-produk tersebut dalam aplikasi praksisnya memiliki instrumen prinsip Syari’ah yang berbeda. Pada aspek Funding prinsip yang melekat didalamnya terdiri atas prinsip Wadi’ah dan prinsip Mudharabah. Dalam hal penyaluran dana prinsip yang digunakan terbagi menjadi 3 jenis, pertama prinsip jual beli ( Tijarah ), kedua prinsip sewa (Ijarah) dan ketiga prinsip bagi hasil (Syirkah). Sedangkan dalam kelompok jasa ( Service ) prinsip yang digunakan adalah Hiwalah, Kafalah, Rahn, Qordul Hasan, Jualah Dan Sorf. BSM dan BIMB merupakan dua bank Syari’ah yang eksistensinya sebagai representasi dari prinsip-prinsip diatas. Selain itu keduanya merupakan aikon bank Syari’ah dari masing-masing negara. Di sisi lain, bank Syari’ah juga dihadapkan dalam permasalahan dan tantangan diera percaturan ekonomi dewasa ini. Sistem yang telah mapan dan paradigma masyarakat yang telah terhegemoni produk-produk bank konvensional adalah tantangan tersediri bagi bank syari’ah. Setidaknya ada beberapa tantangan yang dihadapi bank Syari’ah, yaitu pengembangan kelembagaan, perangkat hukum, sumber daya manusia (SDM), pengembangan produk, pangsa pasar, dan penerapan prinsip kehati-hatian.
EKSISTENSI NILAI AL ‘ADALAH PADA KEBIJAKAN ZAKAT DI INDONESIA aris, muslih
Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam Vol 9 No 1 (2021): Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam
Publisher : Prodi Ekonomi Syariah STAI Al-Azhar Menganti Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37812/aliqtishod.v9i1.226

Abstract

Teori dan konsep ekonomi Islam mengandung nilai-nilai yang mengakar kuat dan menimbulkan karakter unik yang tidak dimiliki oleh teori maupun konsep ekonomi konvensional. Filsafat ekonomi Islam merujuk pada hakikat manusia sebagai manusia (dimensi insaniyyah) dan manusia sebagai hamba Allah (dimensi illahiyyah). Tauhid adalah nilai tertinggi dalam falsafah sistem ekonomi islam karena selain Allah (makhluk) merupakan manifestasi illahiyah yang satu kemudian munculnya gradasi-gradasi dari realitas utama (Allah) yang membuat perbedaan itu maujud (ada). Tauhid kemudian bercabang pada nilai-nilai lain yang terkristal ke dalam konsep mashlahah, konsep kepemilikan dan konsep kekhalifahan. Mashlahah terdiri dari nilai keadilan, nilai persaudaraan, nilai kebebasan dan tanggung jawab. Konsep keadilan menuntut adanya distribusi dan redistribusi kekayaan yang adil dan merata kepada rakyat. Kepentingan zakat sangat perlu dipertimbangkan dalam kebijakan-kebijakan pemerintah, tidak hanya karena zakat merupakan salah satu sumber pemasukan negara yang besar dan sangat potensial akan tetapi lebih pada nilai keadilan yang terkandung dalam zakat untuk mewujudkan kesejahteraanrakyat.
Implementasi Marketing Mix Dalam Pemasaran Perbankan Syariah mardiaynto, eko
Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam Vol 9 No 1 (2021): Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam
Publisher : Prodi Ekonomi Syariah STAI Al-Azhar Menganti Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37812/aliqtishod.v9i1.227

Abstract

Pemasaran bank adalah suatu proses untuk menciptakan dan mempertukarkan produk atau jasa bank yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah dengan cara memberikan kepuasan. Marketing mix merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan secara terpadu . setiap elemen tidak dapat berjalan sendiri-sendiri tanpa dukungan dari elemen lain. Elemen-elemen yang ada dalam marketing mix adalah produk (product), Harga (Price), Lokasi ( Place) dan promosi (promotion). Implementasi marketing mix sangat mempengaruhi tingkat pemasaran perbankan syariah. Strategi bauran pemasaran (marketing mix) perbankan suariah di dalamnya meliputi kebijakan produk, harga, promosi, tempat dan saluran distribusi, pelayanan pegawai, proses pelayanan, dan bentuk fisik kantor Bank Syariah itu sendiri.
Asuransi dalam Pandangan Ekonomi Islam agustianto, mochammad andre
Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam Vol 9 No 1 (2021): Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam
Publisher : Prodi Ekonomi Syariah STAI Al-Azhar Menganti Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37812/aliqtishod.v9i1.229

Abstract

Asuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Asuransi itu mempunyai tujuan untuk mengganti kerugian pada tertanggung sesuai dengan perjanjian diantara keduanya diawal perjanjian. Sedangkan manfaat dari adanya asuransi ialah memberikan rasa terjamin atau rasa aman dalam menjalankan usaha, dapat mengurangi timbulnya kerugian-kerugian, dapat menjadi alat untuk modal pendapatan untuk harapan masa depan dll. Dalam pandangan islam asuransi diperbolehkan karena tidak ada nash yang melarangnya dan sudah memenuhi akad atau perjanjian diantara kedua belah pihak yang melakukan perjanjian itu dan tidak ada unsur paksaan dan di dalamnya terdapat unsur yang saling menguntungkan keduanya.
Analisis Biaya Produksi Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Produksi Kecambah Di Home Industri Kecambah Rama Hulaan Gresik permanasari, lukita; virdayani, ayu dwi
Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam Vol 9 No 1 (2021): Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam
Publisher : Prodi Ekonomi Syariah STAI Al-Azhar Menganti Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37812/aliqtishod.v9i1.230

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian field reseach dengan menggunakan pendekatan kwalitatif. Data di humpun dengan menggunakan teknik wawancara kepada pelaku usaha Home Industri Kecambah. Data yang telah dikumpulkan kemudian di olah dan di analisis dengan cara membuat perhitungan dengan menggunakan metode MOS (margin of safety). Hasil penelitian menunjukkan adanya keuntungan yang terjadi pada produksi kecambah yang disebabkan meningkatnya penjualan dan jumlah produksi menjadikan Home Industri Kecambah Rama Hulaan mengambil keputusan antara menambah jumlah produksi kecambah atau menetapkan jumlah produksi. Diantara dua alternatif tersebut harus dipilih salah satu yang menguntungkan bagi perusahaan. Bila perusahaan memutuskan untuk menambah jumlah produksi maka akan bertambah pula biaya produksi dan semakin meningkatnya laba yang akan diperoleh oleh perusahaan. Jika perusahaan menetapkan jumlah produksi maka tidak ada kenaikan biaya produksi begitu pula tidak ada kenaikan laba di tahun yang akan datang. Dari analisa perbandingan antara menambah atau menetapkan jumlah produksi sebaiknya perusahaan mengambil keputusan untuk menambah jumlah kecambah yang di produksi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6