cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnalppkn@unpam.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalppkn@unpam.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 23020865     EISSN : 2621346X     DOI : 10.32493/jpkn
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan merupakan media komunikasi dan publikasi artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan kajian pustaka bagi para akademisi, praktisi, dan peneliti dalam bidang kewarganegaraan dan pendidikan. Jurnal mulai diterbitkan pada tahun 2014 dalam bentuk cetak dan pada tahun 2017 mulai diterbitkan secara online maupun cetak.Fokus dan ruang lingkup kajian: 1) pancasila dan kewarganegaraan; 2) pendidikan pancasila dan kewarganegaraan; 3) hukum dan ketatanegaraan; 4) perundang-undangan dan kebijakan publik; dan 5) pendidikan dan pembelajaran
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 4 No. 2 September 2017" : 9 Documents clear
HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE DISKUSI Alinurdin Alinurdin; Ricky Avianto Putra
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 4 No. 2 September 2017
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v4i2.y2017.p85-100

Abstract

Salah satu komponen keberhasilan pembelajaran adalah penggunaan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik materi dan peserta didik serta kemampuan guru dalam penggunaan metode tersebut. Metode demonstrasi jarang digunakan oleh guru karena dianggap sulit dalam penerapannya, sehingga guru kebanyakan menggunakan metode ceramah, tanya jawab atau diskusi. Oleh karena itu maka dilakukan penelitian untuk membandingkan hasil belajar dengan metode demonstrasi dan diskusi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang membandingkan hasil belajar dengan metode demonstrasi dan metode diskusi dengan sampel 2 rombel di kelas VIII di SMP Negeri 21 Kota Tangerang Selatan. Dengan demikian penelitian ini menggunakan desain eksperimental jenis post test equivalent group, yaitu desain dengan memberikan post test setelah kedua kelas diberi perlakuan. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil belajar peserta didik yang berasal dari kelompok pembelajaran dengan metode demonstrasi rata-rata 84,5 dengan standar deviasi 8,39 dan kelompok peserta didik dengan metode pembelajaran diskusi rata-rata skor 59,73.  Maka, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan metode demonstrasi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan metode diskusi. Oleh karena itu disarankan bagi guru Pendidikan Kewarganegaraan untuk dapat menerapkan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran sehingga diperoleh hasil belajar yang lebih tinggi.
BAGIAN AWAL: KOVER DEPAN, SUSUNAN REDAKSI, KATA PENGANTAR, DAN DAFTAR ISI Imam Fitri Rahmadi
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 4 No. 2 September 2017
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v4i2.y2017.p%p

Abstract

INDEKS SUBJEK DAN PENULIS Indeks Subjek dan Penulis
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 4 No. 2 September 2017
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v4i2.y2017.p155

Abstract

Indeks subjek dan penulis.
PENGELOLAAN KOMPLAIN (KELUHAN) MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN YANG BAIK DI KOTA SEMARANG Wiyanto Wiyanto
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 4 No. 2 September 2017
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v4i2.y2017.p101-120

Abstract

The purpose of this study is to find out the problems that cause complaints, complaints management of society and business undertook Semarang city government to overcome obstacles in the management of community complaints in an attempt to realize good government in the city of Semarang. This research is a qualitative research. The research location is centered on Public Service Complaint Handling Center (P5) Semarang City. The source of data comes from the in-depth interviews conducted with employees P5, documents and questionnaires. Data were collected through interviews, documentation, and observation. To ensure the validity of the data the researchers used triangulation techniques and then performed the analysis. The results of this study indicate that the problem that raises the complaints in the community is the service both services and non-services from service providers (government of Semarang City) not in accordance with community expectations. In addition, complaints arise due to service providers and service users who violate the rights of other service users. Model of community resolving as an outcome of this research. Suggestion for government officials needs to pay attention and support the community to improve the services provided. For the next researchers who conduct an integrated academic study of various disciplines.
BAGIAN AKHIR: PANDUAN PENULISAN JURNAL DAN KOVER BELAKANG Imam Fitri Rahmadi
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 4 No. 2 September 2017
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v4i2.y2017.p%p

Abstract

PENYELESAIAN SENGKETA PEMBATALAN PERNIKAHAN KARENA ADANYA PENIPUAN STATUS ISTRI Amelia Haryanti
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 4 No. 2 September 2017
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v4i2.y2017.p121-134

Abstract

Artikel ini membahas mengenai proses penyelesaian sengketa pembatalan perkawinan karena adanya penipuan mengenai status istri. Metode yang di gunakan adalah metode Yuridis Normatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan proses penyelesaian sengketa pembatalan perkawinan karena adanya penipuan mengenai status istri. Data primer penelitian ini adalah putusan Pengadilan Agama Makasar Nomor 1098/Pdt.G/2011/PA.Mks. Data sekunder adalah bahan yang memberikan penjelasan mengenai bahan hukum primer, pendapat pakar hukum, dan jurnal-jurnal ilmiah yang ada hubungannya dengan perkara permohonan pembatalan perkawinan karena adanya penipuan mengenai status istri. Hasil pengamatan  putusan Pengadilan Agama Makasar Nomor 1098/Pdt.G/2011/PA.Mks. adalah dalam menentukan pembuktian hakim mempertimbangkan alat bukti yang Pemohon ajukan di persidangan. Sedangkan dalam menentukan putusan hakim menjatuhkan putusan verstek dengan mengabulkan permohonan Pemohon. Dan sebagai akibat hukum karena pembatalan perkawinan adalah perkawinan antara Pemohon dan Termohon dianggap tidak pernah ada, dan putusan pembatalan perkawinan tersebut berlaku surut terhadap anak luar kawin.
SENJAKALA PUSAT SUMBER BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI Imam Fitri Rahmadi
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 4 No. 2 September 2017
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v4i2.y2017.p135-144

Abstract

Learning resources center (LRC) was being a place for developing learning systems, training regarding learning skills and instructions, and providing learning resources in university. However, at this time, the LRC existence in university tended to decrease compared to the condition at its establishment. This article discusses the decrease of the LRC existence, particularly regarding the opportunity of the LRC implementation that is reviewed from the formal basis, policies, and funding sources based on the results of the evaluation research by CIPP evaluation model. The research was conducted in the State University of Jakarta’s learning resources center by a questionnaire which is implements stratified random sampling toward 212 students and 100 lecturers, non-participatory observation, interview with the stakeholders, and documents study of the LRC since 1986 to 2015. The data were analyzed by statistical descriptive and qualitative. The research found that the opportunity for LRC implementation is very weak, due to no a substantively supportive policy and insufficient funding source, even though at the time of its establishment has a strong formal basis. A very weak opportunity could lead to the stunned of LRC in university. Hence, stakeholders should formulate policies that substantially support, and strive fixed and adequate funding sources to reinforce the opportunity of LRC implementation in university for the future.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF MELALUI PENERAPAN MODEL LOGIKA PROPOSISIONAL DAN LOGIKA PREDIKAT Eti Hayati
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 4 No. 2 September 2017
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v4i2.y2017.p77-84

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena mahasiswa dalam setiap aktivitas perkuliahan selalu melakukan kegiatan menulis untuk menyelesaikan tugas-tugas perkuliahannya. Namun, berdasarkan observasi diketahui bahwa mahasiswa secara umum belum memperhatikan secara detail mengenai kohesi, koherensi dan pemanfaatkan jenis-jenis logika atau penalaran sebagai sarana berfikir ilmiah secara tepat dalam setiap kegiatan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf melalui model logika proposisional dan logika predikat. Penelitian ini merupakan penelitian campuran dengan metode penelitian tindakan di Universitas Negeri Jakarta. Data penelitian ini diambil pada mahasiswa jurusan Biologi yang berjumlah 35 mahasiswa dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui pengamatan dan hasil tes mahasiswa. Hasil analisis dan interprestasi data, ditemukan adanya peningkatan terhadap kemampuan menulis paragraf mahasiswa. Secara kuantitatif, ditemukan bahwa kemampuan mahasiswa paragraf meningkat dari kegiatan siklus I hingga siklus III. Maka, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis paragraf mahasiswa dapat ditingkatkan menggunakan model logika proposisional dan logika predikat. Bagi dosen sangat disarankan menggunakan model logika proposisional dan logika predikat sebagai salah satu model dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf. Selain itu, juga direkomendasikan kepada peneliti lain agar menggunakan penelitian ini sebagai bahan bagi penelitian selanjutnya.
KONSEP CRITICAL PEDAGOGY HENRY A. GIROUX Ichwani Siti Utami; Adam Alfian
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 4 No. 2 September 2017
Publisher : Prodi PPKn FKIP Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkn.v4i2.y2017.p145-154

Abstract

This article to discuss the critical pedagogy Henry A. Giroux, trough a philosophical-historical approach with the type of literature study. Giroux is one of the thinkers as well as developing critical pedagogy, the author tries to describe the concept of critical pedagogy Henry A. Giroux in some of his works. Critical pedagogy is not the new discourse in the scientific field of education in Indonesian, but the authors consider it necessary to reintroduce the concept of critical pedagogy, especially for those who focus on critical theory studies that have been developed by Frankfurt School. And describes the discourse of implementation of critical pedagogy for the advancement of Indonesian education.

Page 1 of 1 | Total Record : 9