cover
Contact Name
Florensius Tijan
Contact Email
admin@unka.ac.id
Phone
+6281227902049
Journal Mail Official
admin@unka.ac.id
Editorial Address
Jl.YC.Oevang Oeray, Desa Sungai Ana, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang
ISSN : -     EISSN : 25993518     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
FOKUS, Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, kali ini memulai tampil dalam kemasan baru. Tampilan dan gaya baru bukanlah berarti menafikkan eksistensi dan substansi keilmuan, terutama ranah kajian administrasi publik. Terbitan ke 17 nomor 1, Maret 2019, tentunya banyak harapan dan tantangan yang masih harus dibenahi oleh Tim Penyunting. terutama yang berkaitan dengan isi, dimana edisi Jurnal kali ini belum dapat menyatukan tulisan dalam satu tofik (monograf). Namun demikian, tidaklah berarti mengurangi telaah substansi pembahasan sebuah persoalan keilmuan. Kritik yang bermanfaat sangat dihargai, namun bukan berarti kritik yang tidak bermanfaat tidak dihargai, hanya barangkali cara menempatkan kritik itu yang berbeda. Sebab semua kritik tentulah bermanfaat terlebih untuk Jurnal FOKUS ini. Semoga Jurnal FOKUS kedepan akan tampil semakin sempurna dan mampu menggugah kesadaran untuk menampilkan tulisan yang sangat erat terkait dengan ruang lingkup Ilmu Administrasi Publik dan mencapai tujuan bernegara yang bermuara pada penyelesaian persoalan publik (masyarakat), tentunya kontribusi yang tidak sebatas ide semata, namun yang sangat utama tentulah aksi-aksi (actions) konkrit.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K" : 16 Documents clear
PENGARUH GAJI, BONUS, PERATURAN DAN SANKSI, FASILITAS KERJA DAN KERJASAMA TIM TERHADAP KINERJA KARYAWAN Anastasia Boni; Darmansah -
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v18i1.402

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja adalah gaji, bonus, peraturan dan sanksi, fasilitas kerja dan kerjasama tim yaitu kekuatan yang mendorong seorang karyawan untuk berbuat mengarahkan perilaku kerja. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Gaji , Bonus, Peraturan dan Sanksi, Fasilitas Kerja dan Kerjasama Tim terhadap kinerja karyawan pada PT. Sari Bumi Kusuma (SBK) Ella Kecamatan Menukung Kabupaten Melawi.Hasil dari penelitian ini yaitu PT. Sari Bumi Kusuma (SBK) selain telah memberikan gaji sesuai dengan UMR juga memberikan bonus kepada karyawannya, menegakkan peraturan dan sanksi kepada karyawannya. menyediakan fasilitas kerja, Dan juga tetap menjaga adanya kerjasama tim antara karyawan. Hasil perhitungan dengan bantuan program SPSS diperoleh nilai signifikan f < 0,05 (0,000 < 0,05). Pengujian secara parsial gaji menunjukkan nilai signifikansi t sebesar 0,000 yang berarti < 0,05., bonus menunjukkan nilai signifikansi t sebesar 0,000 yang berarti < 0,05, peraturan dan sanksi menunjukkan nilai tidak signifikansi t sebesar 0,974 yang berarti < 0,05. Ini menunjukkan bahwa variabel peraturan dan sanksi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel fasilitas kerja menunjukkan nilai tidak signifikansi t sebesar 0,286 yang berarti < 0,05. Ini menunjukkan bahwa variabel fasilitas kerja tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel kerjasama tim menunjukkan nilai signifikansi t sebesar 0,000 yang berarti < 0,05. Ini menunjukkan bahwa variabel kerjasama tim berpengaruh positif dan signifikan.
SISTEM PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK –ELEKTRONIK (E-KTP) A.M. YADISAR
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v18i1.392

Abstract

Penyelenggaraan administrasi kependudukan terutama dalam pendataan kependudukan melalui penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik yang dilaksanakan selama ini sudah berjalan sesuai harapan yang mana system prosedurnya sudah dapat dilakukan baik secara manual maupun online, mengingat manajemen pendaftaran, pencatatan dan pengendalian penduduk serta pengelolaan datanya sudah dilakukan secara baik dan tertib, sehingga mengakibatkan pertumbuhan penduduk menjadi terkendali serta pemanfaatan data penduduk bagi kepentingan pembangunan menjadi maksimal maksimal. perlunya mengkonstruksi perumusan kebijakan pelayanan pembuatan E-KTP dengan suatu regulasi yang tanggap pada norma-norma lokal yang berlaku dan berkembang dalam masyarakat setempat. Perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat secaraberkesinambungan tentang tata cara pembuatan E-KTP, baik mengenai prosedur, syarat, waktu, dan kegunaannya
ANALISIS PENGARUH CITRA MERK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA SCOOPY Felix Semaun
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v18i1.398

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mengetahui serta menganalisis (1). Pengaruh citra merk terhadap keputusan pembelian honda scoopy di PT. Astra Honda Motor Cabang Sintang. (2). Besarnya pengaruh citra merk terhadap keputusan pembelian Honda Scoopy Di PT. Astra Honda Motor Cabang Sintang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi terdiri dari konsumen yang membeli honda scoopy di PT. Astra Honda Motor Cabang Sintang, dengan jumlah populasi yang tidak diketahui. Pengambilan sampel ditetapkan dengan menggunakan rumus Rumus Lemeshow. Jumlah sampel digenapkan menjadi 100 orang responden. Analisis data dilakukan mengunakan alat analisis setatistik melalui Program SPSS untuk melakukan Uji Regresi Linear Sederhana, Uji t dan Uji KoefisienDeterminasi. Hasil dari penelitian setelah di analisis diketahui bahwa: (1). ModelRegresi Linear Sederhana Y = - 0,798 + 1,372 X. tidak ada varibel Citra merek (atauvariabel Citra merek = 0) maka akan menyebabkan penurunan keputusan konsumen dalam pembelian Motor Honda Scoopy sebesar 0,798. Apabila terjadi penambahan satuan dalam variabel Citra merek (X) akan menyebabkan bertambahnya variabel keputusan konsumen (Y) dalam pembelian Motor Honda Scoopy sebesar 1,372. (2). Diperoleh nilai t hitung = 49,318 dan Sig sebesar 0,00. Dimana nilai Sig sebesar 0,00 lebih kecil dari á 0,05 (Sig sebesar 0,00 < á 0,05, maka keputusan uji hipotesis dengan menerima Ha. Ini berarti terdapat pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian Motor Honda Scoopy di PT. Astra Honda Motor Cabang Sintang.(3). Koefisien korelasi r (Multiple R) sebesar 0,980 atau mendekati nilai 1, yang berarti antara faktor variabel Citra merek (X) memiliki hubungan yang secara positif dan signifikan serta kuat dengan variabel Keputusan konsumen (Y) dalam pembelian Motor Honda Scoopy di PT. Astra Honda Motor Cabang Sintang. Hasil nilai R Square sebesar 0,961, yang berarti bahwa (0,961 x 100%) = 96,1% variabel Keputusan konsumen (Y) dalam pembelian Motor Honda Scoopy di PT. Astra Honda Motor Cabang Sintang dipengaruhi oleh variabel Citra merek (X). Sedangkan sisanya sebesar (diperoleh dari 100% - 96,1%) = 3,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar persamaan model regresi.
REKRUTMEN CALON ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) OLEH PARTAI POLITIK PADA PEMILU LEGISLATIF Mikael Mahin
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v18i1.403

Abstract

Rekrutmen Calon Anggota DPRD Oleh DPD Partai Perindo Dalam Pemilihan Legislatif Di Kabupaten Sintang telah mengacu pada Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis) yang telah dibuat oleh Dewan Pimpinan Pusat Partai Perindo.Adapun tahapan Pencalonan adalah Pengambilan Formulir beserta syarat Pendaftaran Calon Legislatif, Penelitian Administrasi dan Kelengkapan Bacaleg, Pengumuman hasil administrasi dan Kelayakan Bacaleg, Uji Publik/Fit Profer Tes/Interview, Penyusunan Daftar Caleg Perindo, Pengumuman Caleg Perindo di Media Massa. Seleksi oleh Dewan Pimpinan Daerah Partai Perindo dengan cara membentuk Tim Rekrutmen dan Seleksi Caleg. Calon Anggota DPRD Kabupaten Sintang dari Partai Perindo yang lolos seleksi sebanyak 40 orang yang terdiri dari laki-laki 23 Orang sedangkan perempuan berjumlah 17 orang. Aspek Dalam Penyaringan Calon Anggota DPRD adalah memiliki pengabdian dan rekam jejak yang baik selama aktif di Partai Perindo; memiliki Prestasi, Dedikasi, Disiplin, Loyalitas dan tidak tercela; dan memenuhi ketentuan yang disyaratkan oleh Undang-Undang Pemilu. Dalam Pemilihan Calon Anggota DPRD dengan mempertimbangkan kemampuan Pembicara yang baik, mempunyai keahlian khusus, memiliki semangat dan antusias tinggi serta mempunyai pengetahuan yang dalam terhadap isu-isu politik. Komitmen pada Daerah Pemilihan, dukungan massa partai politik dan organisasi kemasyarakatan, Pengalaman politik dan pengalaman sebagai Pengurus partai.
UPAYA PENINGKATAN PROFITABILITAS USAHA Evy Ratnasari
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v18i1.393

Abstract

Perusahaan sebagai salah satu bentuk organisasi pada umumnya memiliki tujuan tertentu yangingin dicapai dalam usaha untuk memenuhi kepentingan para stake holder. Adapun tujuan perusahaanantara lain untuk memperoleh keuntungan(profit),meningkatkan nilai perusahaandan untukmemuaskan kebutuhan masyarakat. Tercapainya tujuan tersebutditentukan oleh kinerja yang nantinyadapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan baik pihak internal maupun eksternal. Memaksimalisasi nilai perusahaan, tujuan ini merupakan sasaran jangka panjang, yaitu bagaimanamemperbaiki kinerja perusahaan sehingga kinerja yangbaik itu mendorong naiknya harga saham di bursa danpada akhirnya menaikkan nilai perusahaan. Tidak dapatdiingkari bahwa tujuan menghasilkan laba adalah tujuan mendasar semua perusahaan.
STRATEGI PENENTUAN HARGA PADA RUMAH MAKAN imam asrori
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v18i1.399

Abstract

Strategi penetapan harga pada rumah makan yang masih rata-rata sama dengan pesaing dapat menyebabkan kurangnya daya tarik bagi konsumen. Minimnya jumlah karyawan menyebabkan konsumen harus mengantri dan akhirnya pindah berlangganan kepada pesaing. Strategi penetapan harga diskon terdiri dari pemotongan harga untuk jumlah pembelian tertentu, diskon setiap awal bulan, dan diskon bagi pelanggan tetap. Strategi penentuan harga kompetitif dilakukan melalui strategi harga relatif yaitu menentukan harga di bawah atau sama dengan tingkat harga persaingan, Strategi penentuan harga berdasarkan biaya berdasarkan aspek dari Food Cost (biaya bahan makanan), biaya pelayanan, pemasaran, dan biaya angkutan. Perlunya mempertahankan dan meningkatkan strategi penetapan harga diskon yang telah berjalan dengan baik, strategi penentuan harga kompetitif agar tetap bisa bersaing dan mempertahankan strategi penentuan harga berdasarkan biaya agar tetap mendapatkan untung.
ANALISIS DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN Hermansyah -
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v18i1.404

Abstract

Kualitas pelayanan memberikan suatu dorongan kepada konsumen, untuk menjalin hubungan yang erat dengan perusahaan. Dalam jangka panjang memungkinkan perusahaan untuk memahami ekspektasi konsumen. Dengan demikian perusahaan dapat meningkatkan kepuasan konsumen melalui perbaikan Dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari: Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan Tangible. Penelitian ni berjudul: “Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada SPBU. PT. Melawi Jaya Abadi Di Kabupaten Melawi).” Penelitian menggunakan rancangan (design) penelitian exsplanatory (penjelasan), yang menyoroti hubungan antar variabel independen dengan variabel dependen dan pengujian hipotesis. Sampel dalam penelitian berjumlah 100 Orang konsumen pada SPBU. PT. Melawi Jaya Abadi Di Kabupaten Melawi. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1). Variabel Dimensi Kualitas Pelayanan yaitu Reliability (X1), Responsiveness (X2), Assurance (X3), Empathy (X4) Tangible (X5) memiliki hubungan yang positif yang sangat kuat dengan Variabel Kepuasan Konsumen (Y). Peningkatan pada dimensi kualitas pelayanan akan menyebabkan meningkatnya kepuasan konsumen pada SPBU PT. Melawi Jaya Abadi di Kabupaten Melawi. (2). Dengan tingkat keyakinan 95% Secara parsial Variabel Dimensi Kualitas Pelayanan yaitu Reliability (X1), Responsiveness (X2), Assurance (X3), Empathy (X4) Tangible (X5) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Variabel Kepuasan Konsumen. (3). Dengan tingkat keyakinan 95% Secara simultan Variabel Dimensi Kualitas Pelayanan yaitu Reliability (X1), Responsiveness (X2), Assurance (X3), Empathy (X4) Tangible (X5) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Variabel Kepuasan Konsumen. (4). Dimensi Kualitas Pelayanan Reliability (X1), Responsiveness (X2), Assurance (X3), Empathy (X4) Tangible (X5) secara simultan memberikan pengaruh terhadap Kepuasan Konsumen(Y) sebesar 99,1%. sedangkan sisanya sebesar 100% - 99,1% = 0,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar persamaan model regresi.
KINERJA APARATUR PEMERINTAH DESA Gradila Apriani
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v18i1.394

Abstract

Penyelenggaraan Pemerintahan Desa merupakan subsistem dari sistem penyelenggaraan pemerintahan nasional. Oleh sebab itu aparatur pemerintah desa diharapkan memiliki kinerja yang maksimal demi tercapainya suatu pemerintahan yang baik. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja aparatur pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan. Fokus penelitian ini yaitu kinerja aparatur desa yang penulis rumuskan dalam ruang lingkup penelitian dengan indikator teori yaitu tanggung jawab, keterampilan dan pemahaman dalam bidang kerja.
REKRUTMEN KARYAWAN PERUSAHAAN Yuliana Lilistian
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v18i1.400

Abstract

Proses rekrutmen mempunyai peran penting dalam kesuksesan perusahaan karena proses rekrutmen dapat menunjukkan kemampuan perusahaan untuk terus bertahan, beradaptasi dan berkembang khususnya di tengah persaingan yang ketat. Oleh karena itu, pihak manajemen dituntut untuk lebih profesional dalam mengelola perusahaan khususnya dalam hal sumber daya manusia. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 (empat) orang, yaitu General Manajer, Manajer Personalia, karyawan dan pelamar kerja pada PT. Sinar Sawit Andalan Kecamatan Ambalau Kabupaten Sintang. Guna memperoleh data yang akurat dan berkualitas, maka menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisisnya menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa proses perencanaan rekrutmen PT. Sinar Sawit Andalan bermula dari spesifikasi yang jelas dari kebutuhan sumber daya manusia dengan memproyeksikan daftar untuk mencapai tujuan akhir ini berdasarkan prediksi kekosongan jabatan. Tersedia 2 (dua) kualifikasi persyaratan rekrutmen yaitu kemampuan dan motivasi pelamar. Saluran rekrutmen karyawan yang dapat dipilih dalam melakukan rekrutmen seperti pengumuman tentang adanya lowongan pekerjaan (iklan), bekerjasama dengan Depnakertrans, bekerjasama dengan konsultan perusahaan pencari tenaga kerja, dan perusahaan buruh. PT. Sinar Sawit Andalan Kecamatan Ambalau Kabupaten Sintang, membuat penawaran kerja dengan menggunakan sumber internal (internal source) dan sumber eksternal perusahaan (external source).
ADMINISTRASI PELAYANAN KARTU KUNING (AK 1) PADA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI Aida Fitriani
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v18i1.389

Abstract

Perkembangan penduduk yang cukup pesat merupakan satu fenomena yang menjadi perhatian serius Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Permasalahan ketenagakerjaan yang dihadapi di Kabupaten Sintang antara lain: (1) Jumlah angkatan kerja dan angka pengangguran yang tinggi (2) Rendahnya kualitas dan produktivitas tenaga kerja yang siap bersaing dalam memasuki pasar kerja, (3) Rendahnya sumber daya manusia dalam menghadapi pasar global di bidang ketenagakerjaan, (4) Kurangnya lapangan kerja yang dapat menampung dan menyalurkan angkatan kerja saat ini, (5) Rendahnya potensi masyarakat, baik ekonomi maupun sosial dalam menghadapi perubahan global, (7) Luas wilayah, jumlah penduduk yang besar dan penyebaran penduduk yang tidak merata serta banyaknya tenaga kerja yang kurang terampil, (8) Kurangnya sarana latihan kerja yang dipergunakan untuk penyelenggaraan pelatihan bagi tenaga kerja. Pelayanan publik yang berkaitan dengan persoalan ini menjadi semakin penting, karena senantiasa berhubungan dengan khalayak masyarakat ramai yang memiliki keaneka ragaman kepentingan dan tujuan.

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 21 No 2 (2023): FOKUS Vol 21, No 1 (2023): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 21 No 1 (2023): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 20 No 2 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 20, No 2 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 20 No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 20, No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 19, No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 19 No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 19, No 1 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 19 No 1 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 18, No 2 (2020): FOKUS Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Ka Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 17, No 2 (2019): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 17, No 1 (2019): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 16, No 2 (2018): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 16 No 2 (2018): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Ka Vol 16, No 1 (2018): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 15, No 1 (2017): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 14, No 2 (2014): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 14, No 1 (2013): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K More Issue