cover
Contact Name
Florensius Tijan
Contact Email
admin@unka.ac.id
Phone
+6281227902049
Journal Mail Official
admin@unka.ac.id
Editorial Address
Jl.YC.Oevang Oeray, Desa Sungai Ana, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang
ISSN : -     EISSN : 25993518     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
FOKUS, Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, kali ini memulai tampil dalam kemasan baru. Tampilan dan gaya baru bukanlah berarti menafikkan eksistensi dan substansi keilmuan, terutama ranah kajian administrasi publik. Terbitan ke 17 nomor 1, Maret 2019, tentunya banyak harapan dan tantangan yang masih harus dibenahi oleh Tim Penyunting. terutama yang berkaitan dengan isi, dimana edisi Jurnal kali ini belum dapat menyatukan tulisan dalam satu tofik (monograf). Namun demikian, tidaklah berarti mengurangi telaah substansi pembahasan sebuah persoalan keilmuan. Kritik yang bermanfaat sangat dihargai, namun bukan berarti kritik yang tidak bermanfaat tidak dihargai, hanya barangkali cara menempatkan kritik itu yang berbeda. Sebab semua kritik tentulah bermanfaat terlebih untuk Jurnal FOKUS ini. Semoga Jurnal FOKUS kedepan akan tampil semakin sempurna dan mampu menggugah kesadaran untuk menampilkan tulisan yang sangat erat terkait dengan ruang lingkup Ilmu Administrasi Publik dan mencapai tujuan bernegara yang bermuara pada penyelesaian persoalan publik (masyarakat), tentunya kontribusi yang tidak sebatas ide semata, namun yang sangat utama tentulah aksi-aksi (actions) konkrit.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 19 No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K" : 17 Documents clear
PELAKSANAAN PENDISTRIBUSIAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA Asteria Asteria; KAJA Kaja
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 19 No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v19i2.396

Abstract

Mekanisme Pendataan berjalan dengan baik, sesuai dengan harapan masyarakat sedangkan anggota pendataan berjumlah 3 (tiga) orang, pendataan tersebut dilaksanakan terbuka sesuai dengan kriteria penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sehingga semua orang mengetahui yang layak dan tidak untuk mendapatkan bantuan, dalam arti bahwa warga yang dibantu betul-betul adalah orang yang tidak mampu secara ekonomi dan masyarakat yang berisiko terhadap covid-19. Pendataan tersebut dimulai dari ditingkat RT atau RW dengan memperhatikan protokol kesehatan. Dalam rangka pendaftaran masyarakat yang mendapatkan bantuan pihak pemerintah desa berkoordinasi juga dengan pemerintah Kecamatan secara vertikal sementara koordinasi secara horizontal Aparatur desa berkoordinasi dengan Ketua RT maupun tokoh masyarakat untuk menilai kelayakan warga yang mendapat bantuan, selain itu koordinasi bertujuan untuk menyamaratakan persepsi terhadap masyarakat yang layak dibantu sehingga tidak ada kecurigaan dalam memberikan bantuan tebang pilih tetapi di dasarkan pada kriteria yang telah di tentukan. Pencairan Bantuan langsung tunai dana desa berjalan dengan baik dan tidak ada potongan, dana tersebut diantar langsung oleh pertugas diawasi oleh pemerintah kecamatan dan masyarakat setempat sehingga tidak ada penyelewengan dalam pendistribusian bantuan.
KINERJA PERANGKAT PEMERINTAH DESA DI DESA BIKA NAZARET Emiliani Nindy Diana Rusega Sim; Petrus Atong
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 19 No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v19i2.549

Abstract

Penelitian tentang kinerja perangkat pemerintah desa di desa Biksa Nazaret dalam rangkamenyelanggarakan pemerintahan desa. Penelitian bersifat desktiptif dengan pengolahan analisis databersifat kualitatif. Subyek penelitian terdiri Kepala desa, Sekretaris desa, Kaur desa dan Kepala dusun.Tehnik pengumpulan data dengan komunikasi langsung dan tidak langsung melalui wawancara, observasidan studi komunikasi. Hasil penelitian berkesimpulan bahwa kinerja perangkat desa bidang perencanaan,pelaksanaan, pertanggungjawaban anggaraan dan pembangunan sudah baik, ketersediaan sumber dayasudah memadai serta sikap motivasi bekerja sudah baik. Saran hasil penelitian bahwa kinerja dalammengurus dan mengelola kegiatan perencanaan, pelaksanaan,pertanggujawaban, sumber daya danmotivasi bekerja agar dipertahankan dan ditingkatkan.
PEMBERDAYAAN EKONOMI MELALUI KOPERASI SIMPAN PINJAM CREDIT UNION (CU) Aida Fitriani
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 19 No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v19i2.550

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi Pemberdayaan Ekonomi AnggotaPada Koperasi Simpan Pinjam CU Bina Masyarakat (BIMA) Kabupaten Melawi. Metode kualitatifyang bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui pedoman wawancara,observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian Ketua Pengurus, Manajer, dan Pengawas KoperasiSimpan Pinjam Credit Union Bina Masyarakat (BIMA) Kabupaten Melawi, 2). Anggota Pada KoperasiSimpan Pinjam Credit Union Bina Masyarakat (BIMA) Kabupaten Melawi, diambil dengan teknikincidental sampling artinya menemui anggota yang kebetulan bertemu peneliti di kantor CU BimaMelawi pada saat peneliti melakukan penelitian.
UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN MELALUI KERJA SAMA BISNIS Tuti Sriyati; Lin Magdalena
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 19 No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v19i2.553

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui apa saja upayauntuk meningkatkan pendapatan pada Toko Nadia di Nanga Jetak Kecamatan. 2.Untuk mengetahuiapakah kerjasama bisnis dapat meningkatkan pendapatan pada Toko Nadia di Nanga Jetak Kecamatan.Ruang lingkup dalam penelitan ini membahas upaya meningkatkan pendapatan melalui Kerjasama bisnismelalui aspek-aspek sebagai berikut : 1. Bentuk Kerja Sama 2. Kerjasama Bisnis 3. Sumber Modal.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menggunakan latar alamiah,dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagaimetode yang ada. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari : 1. Pemilik Toko Nadia di Nanga JetakKecamatan Dedai 2. Karyawan yang bekerja di Toko Nadia Kecamatan Dedai. 3. Kepala Desa ataupihak desa yang melakukan Kerjasama bisnis dengan pemilik Toko Nadia di Nanga Jetak KecamatanDedai. Analisis data menurut Miles dan Huberman (Rohendi, 1992 :15) dalam menganalisis data adabeberapa langkah yang di tempuh yaitu : 1) Collections atau pengumpulan data. 2) Reduction dankategorisasi data. 3) Display data. 4) Verification atau Penarikan kesimpulan.
IMPLEMENTASI PENGELOLAAN SAMPAH Gradila Apriani
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 19 No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v19i2.554

Abstract

Pengelolaan persampahan suatu kota bertujuan untuk mengurangi sampah yang dihasilkanpenduduknya, yang secara tidak langsung turut memelihara kesehatan masyarakat serta menciptakansuatu lingkungan yang bersih. Saat ini pengelolaan persampahan menghadapi banyak permasalahanterutama akibat semakin besarnya timbulan sampah yang dihasilkan masyarakat baik produsen maupunkonsumen. Keterlibatan pemerintah sangat dibutuhkan dalam kegiatan operasional persampahan,meliputi tahap pengangkutan, pengolahan, pembuangan akhir, dan pemanfaatan sampah. Tujuan penelitianini untuk mengetahui implementasi dalam pengelolaan sampah ditinjau dari komunikasi serta sarana danprasarana.
PENGELOLAAN RETRIBUSI PASAR RAYA SINTANG Syekh Mochsin
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 19 No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v19i2.555

Abstract

Permasalahan yang akan di kemukan adalah Pengelolaan Retribusi Pasar Raya Sintang padaDinas Perindustrian Perdagangan Koprasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sintang dalampenerapan strategi Komunikasi mengacu kepada peraturan perundang undangan, lebih khusus mengacukepada Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2016 tentang Tatacara Pemungutan Retribusi Daerah.Sumber Daya Manusia yang di tugaskan oleh Kantor DISPRINDAKOP dan UKM Kabupaten Sintang,telah sesuai dengan keadaan di pasar raya Sintang. Sarana Prasaran, Pemerintah Kabupaten Sintangmenyediakan sarana prasarana berupa bangunan Kios yang bertingkat dengan segala pasilitas penunjanglainya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Pengelolaan Retribusi Pasar Raya Sintang pada DinasPerindustrian Perdagangan Koprasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sintang telah di jalan kanberdasarkan petunjuk teknis dari Undang-undang yang berlaku, Saran meningkatkan Sumber DayaManusia dan Sarana Prasarana penunjang lainnya, juga mampu di manfaatkan Masyarakat KabupatenSintang secara adil.
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BENGKEL SEPEDA MOTOR Paulus MM
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 19 No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v19i2.556

Abstract

Lokasi penelitian dilakukan di Bengkel Mitra Motor di Kota Nanga Pinoh Kabupaten Melawi.Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Usaha bengkel dikembangan dengan menerapkanstrategi penetapan harga berdasarkan Cost Plus Pricing (penetapan harga berdasarkan harga pokokdan margin) dan Average Rate Pricing (harga berdasarkan rata-rata harga produk di pasar). Hargaproduk yang ditetapkan terdiri dari produk jasa reparasi kendaraan dan produk suku cadang kendaraan.Strategi kedua dalam pengembangan usaha adalah pelayanan. Pelayanan di menerapkan konsep RATER(Daya tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Empathy), Kendalan (Reliability).Pelayanan, selanjutnya di dukung oleh sarana dan prasarana pendukung. Usaha bengkel sepeda motordapat berkembang dengan pelaksanaan pelayanan yang baik dan harga yang kompetitif. Karyawandapat melaksanakan pelayanan reparasi dan pelayanan penjualan suku cadang dengan dukungan saranaperbengkelan yang memadai.
KEBIJAKAN PELAYANAN PUBLIK DI ERA NEW NORMAL Jhony Fredy Hahury
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 19 No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v19i2.557

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kebijakan pelayanan di era new normalpandemi covid 19 di Desa Sungai Sintang Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang. Subjek penelitianterdiri dari Kepala Desa, sekretaris Desa, dan Kepala Urusan Pemerintahan. Penelitian ini termasukdeskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Darihasil penelitian dijelaskan bahwa kebijakan pelayanan publik di era new normal sudah dilakukandengan cukup baik sebagai upaya menghadirkan pelayanan publik yang berkualitas dalam rangkamengutamakan kepentingan masyarakat agar memenuhi kebutuhan dasar masyarakat ditengah pandemikcovid 19 baik yang bersifat administrasi maupun pelayanan sosial dengan mengacu kepada prinsipprinsippelayanan seperti kepastian, tepat waktu, partisipatif, dan tanggung jawab. Kebijakan pelayananjuga didukung dengan sumberdaya perangkat desa dan kerjasama dengan semua elemen masyarakatuntuk mencapai tujuan pelayanan yang baik dalam rangka mewujudkan masyarakat desa yang sehatdan mandiri.
PENINGKATAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA A.M. YADISAR
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 19 No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v19i2.558

Abstract

Salah satu aspek penting dalam mengembangkan pertumbuhan sector pariwisata adalahketersediaan aparatur. Pemerintah Kabupaten Sintang dalam hal ini Dinas Pemuda, Olah Raga danPariwisata menghadapi kendala minimnya ketersediaan apataur yang mempunyai kemampuan yangmemadai dalam mengembangkan potensi kepariwisataan yang ada. Rancangan penelititian yangdigunakan adalah penelitian deskriftif kualitatif, Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala DinasPemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda,Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Aparatur di Dinas Pemuda, Olah Raga dan PariwisataKabupaten Sintang. Dilihat dari aspek kompetensi pimpinan diketahui bahwa kemampuan pemikiranstrategis, kemampuan menghadapi berbagai perubahan yang terjadi serta kemampuan manajemenhubungan yang dimiliki belum mempunyai motivasi yang tinggi untuk memenangkan persaingan melaluipenemuan jasa-jasa, produk dan proses produksi yang baru. Upaya peningkatan kompetensi aparaturseperti pendidikan dan latihan yang berhubungan dengan sector kepariwisataan sudah cukup baikwalaupun masih belum optimal dilakukan hal ini disebabkan dampak dari pamdemi Covid-19. Faktorinternal yang mempengaruhi peningkatan kompetensi aparatur, yaitu ketersediaan dana, sikap pimpinan,motivasi pegawai serta ketersediaan sarana dan prasarana pendukung.
PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN Evy Ratnasari
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 19 No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v19i2.559

Abstract

Untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan, pimpinan perusahaan sudah memberikanmotivasi kepada para karyawan untuk bekerja dengan baik, penuh semangat, dan berdisiplin. Perusahaanjuga selalu mengusahakan lingkungan kerja yang kondusif, perusahaan juga mengirimkan karyawanuntuk mengikuti pelatihan, selain itu perusahaan juga mendatangkan tim khusus dari luar perusahaanuntuk memberikan pelatihan kepada karyawan perusahaan yang ada. Perusahaan juga memberlakukansistem reward dan punishment. Disarankan agar upaya peningkatan produktivitas kerja karyawanyang sudah dilakukan agar terus ditingkatkan, sehingga produktivitas karyawa tetap terjaga. Lingkungankerja yang kondusif terutama terciptanya hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar tetap harusterus terjaga, sehingga memberikan rasa nyaman kepada perusahaan untuk berusaha.

Page 1 of 2 | Total Record : 17


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 21 No 2 (2023): FOKUS Vol 21 No 1 (2023): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 21, No 1 (2023): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 20 No 2 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 20, No 2 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 20 No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 20, No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 19, No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 19 No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 19, No 1 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 19 No 1 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 18, No 2 (2020): FOKUS Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Ka Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 17, No 2 (2019): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 17, No 1 (2019): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 16, No 2 (2018): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 16 No 2 (2018): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Ka Vol 16, No 1 (2018): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 15, No 1 (2017): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 14, No 2 (2014): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 14, No 1 (2013): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K More Issue