cover
Contact Name
Nurhasanah Siregar
Contact Email
nurhasanahsiregar@unimed.ac.id
Phone
+6281370702461
Journal Mail Official
fibonacy@unimed.ac.id
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : 27463656     DOI : https://doi.org/10.24114/
Core Subject : Education,
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang Pendidikan Matematika dengan lingkup: Desain Pembelajaran Matematika Pengembangan Bahan Ajar ataupun Model Pembelajaran Media Pembelajaran Matematika Alat Peraga Pembelajaran Matematika Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Evaluasi Pembelajaran Matematika Kurikulum Pendidikan Matematika Teori Belajar Matematika Sejarah dan Filsafat Matematika Analisis Penerapan Model/Pendekatan/Metode/Strategi Pembelajaran Media Pembelajaran berbasis IT Penelitian Tindakan Kelas Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran Matematika Lesson Study Pembelajaran Matematika
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2022): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA" : 6 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Komunkasi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Amaliyah Sunggal Anisya Br Sitepu; Katrina Samosir
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2022): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v3i2.40674

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII Mts Amaliyah Sunggal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII Mts Amaliyah Sunggal yang terdiri dari 6 kelas dan jumlah keseluruhan siswa kelas VIII sebanyak 187 siswa. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah melalui Simple Random Sampling dimana setiap kelas memiliki kesempatan yang sama menjadi sampel penelitian. Sampel dalam penelitian iniadalah kelas VIII-A yang berjumlah 31 siswa. Sebagai instrumen penelitian digunakan data pretest dan postest dalam bentuk tes isian pada maeri relasi dan fungsi, dimana masing-masing soal berjumlah 3 soal dan telah divalidasi oleh dosen dan guru matematika. Peneliti menggunakan uji regresi linier sederhana. Pada uji normalitas diperoleh signifikansi 0,074 > 0,05 berarti data berdistribusi normal. Pada uji regresi dilakukan uji keberartian ddan uji linearitas. Hasil uji keberartian, didapatkan Fhitung (12,47) > Ftabel (4,18) maka disimpulan koefisien regresi berarti. Hasil uji linearitas didapatkan signifikansi Fhitung (1,81) < Ftabel (2,75) maka terdapat hubungan yang linear. Untuk uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS, didapatkan signifikansi yaitu 0,001 < 0,05 dan pada pengujian dengan perhitungan maual didapatkan nilai rhitung (0,548) > rtabel (0,344) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di Mts Amaliyah Sunggal.
Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Model Blended Learning melalui Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) di SMK Sandhy Putra – 2 Medan Nadrah Afiati Nasution
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2022): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v3i2.40691

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pembelajaran matematika dengan model blended learning melalui pendekatan STEM. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang akan diberi perlakuan (treatment) di SMK Sandhy Putra – 2 Medan.. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika, aktivitas siswa, dan respon siswa selama pembelajaran matematika dengan model blended learning. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah diajar dengan menggunakan model blended learning dengan pendekatan STEM adalah 87.55 dari skor ideal 100. Skor tertinggi yang dicapai 28 siswa adalah 100 dan skor terendah adalah 60, dimana pada umumnya memiliki tingkat hasil belajar matematika dalam kategori tinggi sebesar 32.15% dari total 28 orang. Aktivitas siswa melalui penerapan blended learning dengan pendekatan STEM dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria aktivitas siswa secara klasikal yaitu ≥ 75% siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Respons positif siswa terhadap pembelajaran tercapai karena kriteria respons positif siswa untuk kegiatan pembelajaran terpenuhi dengan persentase 86.07%.
Studi Literatur Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Darwin Simangunsong
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2022): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v3i2.40675

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning. Penelitian ini berjenis penelitian yang menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan tujuh artikel penelitian yang terkait untuk dibaca dan kemudian dikaji atau di analisis. Setelah dikumpukan dilakukan pengujian dengan teknik analisis data dekskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari tujuh artikel penelitian menunjukkan bahwa ketujuh artikel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery learning bepengaruh signifikan terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Karena diterapkannya model pembelajaran Discovery learning maka kemampuan representasi matematis siswa menjadi meningkat lebih baik
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Aplikasi Fiiwrite pada Materi Penyajian Data di Kelas VII SMP Swasta Santo Yosep Medan Maria Bella Anjani Sitanggang; Pardomuan Sitompul
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2022): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v3i2.40676

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan, kepraktisan serta keefektifan dari media pembelajaran berbasis android dengan aplikasi fiiwrite pada materi penyajian data di kelas VII SMP Santo Yoseph Medan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap pengemabangan yaitu: Analyze (A), Design (D), Development (D), Implementation (I), Evaluation (E). Instrumen penilaian adalah lembar angket yang digunakan untuk uji kelayakan dari produk media pembelajaran berbasis android dengan aplikai fiiwrite. Penilaian kelayakan media dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Untuk mengetahui kepraktisan media juga dilakukan dengan memberikan angket respon kepada guru dan 8 siswa dari kelas 7D dan untuk mengetahui keefektifan dari media dilakukan dengan memberikan test berupa pretest dan posttest kepada 21 orang siswa dari kelas 7C. Hasil penelitian pengembangan ini telah dihasilkan produk media pembelajaran berbasis android dengan aplikasi fiiwrite pada materi penyajian data di kelas VII SMP dengan kelayakan sesuai dengan hasil penilaian ahli media dengan kategori sangat layak dengan presentase 83.5%, penilaian ahli materi memperoleh presentase 92.85% dengan kategori sangat layak, respon dari guru dan siswa memperoleh presentase rata-rata 87.2%, dan untuk penilaian keefektifan media pembelajaran diperoleh presentase 90.47% dengan kategori sangat praktis
The Development of Learning Media Oriented to Team Games Tournament Learning Model Using Canva and Kahoot! to Improve Student’s Problem Solving Ability in SMAN 10 Medan Paula Putri Vansia Br. Siahaan; Hamidah Nasution
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2022): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v3i2.40678

Abstract

This study aims to determine (1) the process of developing learning media based on Canva and Kahoot, (2) learning media can be used for the learning process, and (3) improving the problem solving ability of students who are given mathematics learning with the topic of developed arithmetic series. The subjects in this study were students of class XI IPA -1 SMA NEGERI 10 MEDAN. Learning tools developed in the form of learning media using Canva and Kahoot!. Data analysis techniques in the development of learning tools used descriptive statistical analysis techniques. The results showed that: (1) the learning media development process involved five stages of development and then before being tested in the field, validation was obtained with the media assessment average score from the media expert team was 3.2 (valid) and material expert was 3.45 (valid). , based on the efficiency aspect based on the results of the student response questionnaire, the first trial obtained a score of 72% (positive) and the second trial was carried out with revisions and got a score of 85% (very positive), and based on the effectiveness of the learning tools developed on the problem solving abilities of students concluded on: student learning completeness after the use of media by 85%; (2) with the previous description the media can be used as a learning aid with revisions, and (3) the improvement of problem solving abilities can be seen from the n-Gain value of 0.5 which means it is in the medium category
The Development of Digital Books Based on Contextual Approach to Improve Mathematical Communication Skills at Mawaridussalam Class VII A.Y 2020/2021 Putri Indah Lestari
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2022): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v3i2.40679

Abstract

This research aims to obtain a digital book based on a contextual approach that is valid, practical, and effective, so as to improve students' mathematical communication skills on the material of perimeter and area of a rectangle.  The research instruments used were questionnaire and instrument validation sheets, lesson plans validation sheets, interactive teaching materials validation sheets, mathematical communication skills tests, and student and teacher response questionnaires to teaching materials.  After all instruments, lesson plans, and interactive teaching materials were declared valid by the validator, then readability tests and field trials were carried out.  The results of the study show that: (1) The digital book based on the contextual approach developed has met the criteria of validity based on the validator's assessment with an average validity of lesson plans of 87% in the very feasible category and the average validity of digital books is 90% for material and 88% for  media with very decent category;  (2) the contextual-based digital book developed has met the practicality criteria through: a) the results of the student response questionnaire to interactive teaching materials show the percentage of practicality of 79.9% in the very practical category;  b) the results of the teacher's response questionnaire to interactive teaching materials show the percentage of practicality of 89.01% with a very practical category;  (3) The developed contextual-based digital book meets the effective criteria with: a) classically 92% mastery of student learning;  b) more than 65% of students achieved 75% of the learning objectives for each indicator;  c) learning time is the same as ordinary learning in field trials and good student responses to the developed teaching materials.  Through the Gain test, it can be seen that the mathematical problem solving ability of students using digital books based on a contextual approach has increased by 0.74, meaning that it is in the high category

Page 1 of 1 | Total Record : 6