cover
Contact Name
Saepul Bahri
Contact Email
lppm.antarbangsa@gmail.com
Phone
+628811372400
Journal Mail Official
lppm.antarbangsa@gmail.com
Editorial Address
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21 Jl. HOS Cokroaminoto Karang Tengah, Ciledug Tangerang 15157, Banten
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Sistem Informasi (JSI)
ISSN : 20898711     EISSN : 2615093X     DOI : https://doi.org/10.51998/jsi.v10i2
Core Subject : Science,
Jurnal Sistem Informasi (JSI) STMIK Antar Bangsa merupakan kumpulan artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa. Jurnal yang terbit dalam dua periode per Tahun ini berisi artikel ilmiah yang meliputi tema : analisa maupun penerapan sistem informasi, data mining penelitian/kajian sistem informasi, sistem pendukung keputusan, dan lain-lain. Jurnal ini berisi pokok-pokok permasalahan dalam kerangka pengembangan secara teoritis maupun dalam bentuk implementasi.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 1 (2021): JSI Periode Februari 2021" : 6 Documents clear
Sistem Informasi Persediaan Barang pada CV. Anak Teladan Fenny Hidha Rahmawati; Esthi Adityarini
Jurnal Sistem Informasi Vol 10 No 1 (2021): JSI Periode Februari 2021
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (822.624 KB) | DOI: 10.51998/jsi.v10i1.351

Abstract

Abstract— CV. Anak Teladan is a company engaged in the distribution of books, and supporting tools for kindergartens. As for the problems that occur in the current system that is for processing data on incoming goods, data on outgoing goods and stock of goods is still recorded in paper or book in accordance with receipts and travel documents from suppliers that contain several many incoming and outgoing goods to be sent to the customer. Data collection of inventory items is only recorded on a piece of paper and then copied back into the next book the office section that will copy into the computer, sometimes has difficulty in getting stock information, so the information provided is often not in accordance with the availability of the available items. The purpose of this study is to create a system of inventory information, which can manage incoming and outgoing goods and stock items. The information system that has been produced by this design can manage data entry and exit goods, inventory data. Intisari — CV. Anak Teladan merupakan perusahaan yang bergerak dibidiang distributor buku, dan alat penunjang untuk Taman Kanak-kanak. Adapun masalah yang terjadi pada sistem yang telah berjalan saat ini yaitu untuk pengolahan data barang masuk, data barang keluar dan stok barang masih di catat ke dalam kertas atau buku sesuai dengan kwitansi dan surat jalan dari supplier yang berisi beberapa banyak barang masuk dan keluar untuk dikirim ke pelanggan. Pendataan persediaan stok barang hanya dicatat di selembar kertas kemudian di salin kembali ke dalam buku berikutnya bagian kantor yang akan menyalin ke dalam komputer, terkadang mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi stok barang, sehingga informasiyang diberikan sering tidak sesuai dengan kertersediaan barang yang ada. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem informasi persedian barang, yang dapat mengelola barang masuk dan keluar serta stok barang. Sistem informasi yang telah dihasilkan perancangan ini dapat mengelola data barang masuk dan keluar, serta data stok barang.
Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Rapor Online (SIRALINE) Nurman Hidayat; Kusuma Hati
Jurnal Sistem Informasi Vol 10 No 1 (2021): JSI Periode Februari 2021
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1575.939 KB) | DOI: 10.51998/jsi.v10i1.352

Abstract

Abstract— The report card processing system on Imam Syafi'i Jember Islamic Elementary School still not yet computerized. Report card score processing is still using Microsoft Excel and count it manually. So there can be any mistakes in calculation, and report card processing needs a lot of time. With this online report card information system, hopefully it can make it easier for schools to manage report cards in a way that saves time and effort and avoid miscalculation of report card scores. At this writing, the writer is still using the Rapid Application Development (RAD) method. Applications created using Codeigniter 3 for the framework, PHP for the programming language, MySQL for the database, and Visual Studio Code as tools to help create theinformation system. This system helps in the processing of report cards to print the results of report cards that are conveyed well and quickly. Intisari — Sistem pengolahan rapor pada SD Islam Imam Syafi’i Jember masih belum terkomputerisasi, yaitu mengola nilai rapor masih menggunakan Microsot Excel dan menghitungnya masih dengan cara manual, sehingga bisa terjadi kesalahan dalam perhitungan dan proses pengolahan rapor membutuhkan waktu yang lama. Dengan adanya sistem informasi rapor online ini, diharapkan dapat mempermudah pihak sekolah dalam mengola rapor dengan cara yang lebih hemat waktu dan tenaga, dan menghindari kesalahan perhitungan nilai rapor. Pada penulisan ini penulis menggunakan metode Rapid Aplication Development (RAD). Aplikasi yang dibuat menggunakan Codeigniter 3 untuk framework, PHP untuk bahasa pemrograman, MySQL untuk database dan Visual Studio Code sebagai tools membantu pembuatan sistem informasi tersebut. Sistem ini membantu dalam proses pengolahan rapor sampai mencetak hasil rapor yang tersampaikan dengan baik dan cepat.
Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada MAN 10 Jakarta Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Eli Fitriatun; Firdha Aprilyani
Jurnal Sistem Informasi Vol 10 No 1 (2021): JSI Periode Februari 2021
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1230.894 KB) | DOI: 10.51998/jsi.v10i1.353

Abstract

Abstract— The Library Information System of MAN 10 Jakarta still uses the method recorded, where is borrowing, returning books to reports. so it certainly takes a lot of time to get the desired information or data, therefore we need a library information system that can change time to be more effective, to process loans and repayments automatically and produceinformation that is certainly fast and precise. In developing the information system that will be designed at MAN 10 Jakarta using the waterfall method, this application uses Codeigniter, PHPMyAdmin as a database and Sublime text 3 for making theinformation system application. This application or system can simplify the recording process by automating lending andrepayment and simplifying the process of making monthly reports and others.Intisari — Sistem Informasi Perpustakaan MAN 10 Jakarta masih menggunakan cara tercatat, dimana peminjaman, pengembalian buku hingga laporan. sehingga pastinya memakan banyak waktu yang lama untuk mendapatkan informasi ataudata yang diingi nkan , karenanya diperlukan Sistem Infomasi perpustakaan yang bisa mengubah waktu menjadi lebih efektif,untuk memperoses peminjaman dan pengembalian dengan otomatis dan menghasilkan informasi yang tentunya cepat dan tepat. Dalam pengembangan sistem Informasi yang akan dirancangkan pada MAN 10 Jakarta menggunakan metode waterfall, aplikasi ini menggunakan codeigniter dan phpmyadmin sebagai database dan Sublime text 3 untuk pembuatan aplikasi sistem informasi tersebut. Aplikasi atau sistem ini dapat mempermudah proses pencatatan dengan cara otomatisasi peminjaman dan pengembalian serta mempermudah proses pembuatan laporan bulanan dan lain-lain.
Sistem Informasi Persediaan Barang pada Toko Surez Bogor Fahmi Reza; Lukman Nulhakim
Jurnal Sistem Informasi Vol 10 No 1 (2021): JSI Periode Februari 2021
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.896 KB) | DOI: 10.51998/jsi.v10i1.354

Abstract

Abstract— Inventory system at Surez Store is not computerized yet, which is saving the documentations in the archives that mixed and not tidy, so that damaged, loss, and so often occur. Besides, Surez Store have only one employee, so that he is troubling to make inventory reports. With this inventory information system, hoped that it can simplify the warehouse employee to documentating transactions and making reports. At this writing, the author uses waterfall method. Application are created using MySQL for the databases and PHP Programming as a tool for making information system. This system can help to make reports well. Intisari — Sistem persediaan barang pada Toko Surez belum terkomputerisasi, yaitu masih menyimpan dokumentasi transaksi barang masuk dan barang keluar di arsip yang bercampuran dan tidak rapi, sehingga sering terjadi kerusakan, kehilangan, dan sebagainya. Selain itu, karyawan pada Toko Surez hanya ada satu, sehingga ia kesulitan untuk membuat laporan persediaan barang. Dengan adanya sistem informasi persediaan barang ini, diharapkan dapat mempermudah bagian gudang dalam mendokumentasikan transaksi barang masuk dan barang keluar, serta membuat laporan persediaan barang, transaksi barang masuk dan barang keluar. Pada tulisan ini, penulis menggunakan metode waterfall. Aplikasi yang dibuat menggunakan MySQL untuk database dan pemrograman PHP sebagai alat bantuk pembuatan sistem informasi tersebut. Sistem ini dapat membantu dalam pembuatan laporan barang masuk, barang keluar, dan persediaan barang tersampaikan dengan baik.
Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Barang Pada PT Bangun Prestasi Bersama Jakarta Ari Puspita; Yuyun Yuningsih; Muhammad Fahmi; Yuli Wahyuni
Jurnal Sistem Informasi Vol 10 No 1 (2021): JSI Periode Februari 2021
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1799.43 KB) | DOI: 10.51998/jsi.v10i1.355

Abstract

Abstract— Advances in science and technology have encouraged changes in all fields, one of which is purchasing goods. In the past, the purchase of goods was carried out directly in a place, but now the activities of purchasing goods can be carried out indirectly through the information technology media. This final project discusses the application of purchasing goods data processing at PT Bangun Prestasi Bersama, where in the purchase of goods the transaction recording activities have not used the application system so that sometimes there are errors in calculation, recording purchase data, loss of input and outputdocuments and length of time in preparing monthly reports . The application was designed with the aim of being able to process supplier data, data on goods, order transactions, purchase transactions, and print reports. Reports produced by thisapplication include supplier data reports, inventory reports, goods order transaction reports, and goods purchase transaction reports. The application of the data processing application for purchasing goods is expected to be a solution that can overcome the problems that exist during the process of purchasing goods at PT Bangun Prestasi Bersama, so that the purchase transaction process that occurs can be organized properly, the activities of purchasing goods can be run according to the procedure. Intisari — Kemajuan ilmu dan teknologi telah mendorong terjadinya perubahan dalam semua bidang, salah satunya adalah kegiatan pembelian barang. Dahulu kegiatan pembelian barang dilakukan langsung di sebuah tempat, tapi sekarang kegiatan pembelian barang dapat dilakukan secara tidak langsung melalui media teknoligi informasi. Tugas akhir ini membahas mengenai aplikasi pengolahan data pembelian barang pada PT Bangun Prestasi Bersama, dimana dalam kegiatan pembelian barang pencatatan transaksikegiatannya belum menggunakan sistem aplikasi sehingga kadang terjadi kesalahan dalam penghitungan, pencatatan data pembelian, kehilangan dokumen masukan dan keluaran serta lama dalam menyusun laporan bulanan. Aplikasi yang dirancang bertujuan dapat mengolah data supplier, data barang, transaksi pemesanan barang, transaksi pembelian barang, dan mencetak laporan. Laporan yang dihasilkan aplikasi ini antara lain, laporan data supplier, laporan stok barang, laporan transaksi pemesanan barang, dan laporan transaksi pembelian barang. Penerapan aplikasi pengolahan data pembelian barang ini diharapkan menjadi solusi yang dapat mengatasi permasalahan yang ada saat proses pembelian barang pada PT Bangun Prestasi Bersama, sehingga proses transaksi pembelian barang yang terjadi akan dapat di organisir dengan baik, kegiatan pembelian barang dapat dapat berjalan sesuai dengan prosedur.
Implementasi Metode Klasifikasi Naive Bayes Pada Sistem Analisis Opini Pengguna Twitter Berbasis Web Apif Supriadi; Fatmasari
Jurnal Sistem Informasi Vol 10 No 1 (2021): JSI Periode Februari 2021
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1092.96 KB) | DOI: 10.51998/jsi.v10i1.356

Abstract

Abstract— Development of social media which is the result of technological development is an inseparable part of people's lives. Social media is a place where ordinary people express their feelings and opinions about something that concerns them. Inknowing the direction of public sentiment, surveys are usually done online or offline, this sentiment analysis system will facilitate and speed up the process of knowing the direction of public sentiment, in the case of research. This uses data from Twitter social media called tweets or tweets, web-based sentiment analysis system that will classify tweets into 3 (three) types of sentiments, namely positive, neutral and negative, then make a percentage to make it easier to see the direction of public sentiment. In classifying this system uses the Naive Bayes Classifier method and displays it in a web interface with the PHP programming language and uses the Application Programming Interface (API) to get data from Twitter. Intisari — Saat ini perkembangan media sosial yang merupakan hasil dari perkembangan teknologi menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Media sosial menjadi tempat masyarakat biasa mengutarakan berbagai perasaan dan opininya tentang suatu hal yang jadi perhatian mereka, dalam mengetahui arah sentimen masyarakat biasanya dilakukan survei baik secara online atau offline, sistem analisis sentimen ini akan memudahkan dan mempercepat proses mengetahui arah sentimen publik, dalam kasus penelitian ini menggunakan data dari media sosial Twitter yang disebut dengan tweets atau cuitan, sistem analisis sentimen berbasis web yang akan mengklasifikasikan cuitan kedalam 3 (tiga) jenis sentimen yaitu positif, netral dan negatif lalu melakukan persentasenya agar mempermudah melihat arah sentimen publik. Dalam melakukan klasifikasinya sistem ini menggunakan metode Naive Bayes Classifier dan menampilkannya dalam antarmuka web dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan Application Programming Interface (API) dalam mendapatkan data dari Twitter.

Page 1 of 1 | Total Record : 6