cover
Contact Name
Nicky Rosadi
Contact Email
info@neolectura.com
Phone
+628567148045
Journal Mail Official
intelektium@neolectura.com
Editorial Address
PT Naraya Elaborium Optima Graha Mampang lantai 3 Ruang 305 Mampang Prapatan Raya Kav-100 Pancoran, Jakarta Selatan 12760
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
INTELEKTIUM
Published by Neolectura
ISSN : -     EISSN : 27457486     DOI : https://doi.org/10.37010
Core Subject : Education,
Intelektium adalah jurnal yang diterbitkan oleh Neolectura, diterbitkan dua kali dalam satu tahun. Intelektium adalah media publikasi ilmiah dalam bentuk makalah konseptual dan penelitian lapangan yang terkait dengan bidang pendidikan. Diharapkan Intelektium dapat menjadi media bagi akademisi dan peneliti untuk menerbitkan karya ilmiah mereka dan menjadi sumber referensi untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2023): INTELEKTIUM" : 1 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Realistis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Materi Pembagian dan perkalian pada Kelas IV MIN 19 Bireuen Amar Halim
INTELEKTIUM Vol 4 No 2 (2023): INTELEKTIUM
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/int.v4i2.1314

Abstract

Penulisan best praktis ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghitung operasi perkalian dan pembagian menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas IV. MIN 19 Bireuen tahun ajaran 2022-2023. Laporan best practice ini merupakan laporan yang dilaksanakan dalam dua kali pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV MIN 19 Bireuen tahun ajaran 2022-2023 yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Untuk mengetahui hasil dari dari kegiatan pembelajaran maka telah dilakukan pembelajaran dengan dua kali pertemuan sebelum dan sesudah menggunakan model atau metode pembelajaran Realistis. Penarikan kesimpulan.Hasil laporan best practice menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan kemampuan menghitung operasi perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV MIN 19 Bireuen tahun ajaran 2022-2023. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan pada pembelajaran sebelum menggunakan metode raelistis terdapat 4 orang siswa atau 26% yang mendapat nilai di atas KKTP 7.1 dan 12 orang siswa di bawah KKTP atau 18.75%. Setelah menggunakan model pembelajaran realistis maka terjadi lonjakan yang sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian. Terdapat 13 orang siswa yang memperoleh nilai diatas KKTP atau 81.25% dan 3 orang siswa masih memperoleh nilai dibawah KKTP atau 18.75%. maka penggunaan metode atau model pembelajaran Realistis dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang perkalian dan pembagian di kelas IV.

Page 1 of 1 | Total Record : 1