cover
Contact Name
Nicky Rosadi
Contact Email
info@neolectura.com
Phone
+628567148045
Journal Mail Official
intelektium@neolectura.com
Editorial Address
PT Naraya Elaborium Optima Graha Mampang lantai 3 Ruang 305 Mampang Prapatan Raya Kav-100 Pancoran, Jakarta Selatan 12760
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
INTELEKTIUM
Published by Neolectura
ISSN : -     EISSN : 27457486     DOI : https://doi.org/10.37010
Core Subject : Education,
Intelektium adalah jurnal yang diterbitkan oleh Neolectura, diterbitkan dua kali dalam satu tahun. Intelektium adalah media publikasi ilmiah dalam bentuk makalah konseptual dan penelitian lapangan yang terkait dengan bidang pendidikan. Diharapkan Intelektium dapat menjadi media bagi akademisi dan peneliti untuk menerbitkan karya ilmiah mereka dan menjadi sumber referensi untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 97 Documents
IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 89 JAKARTA Kiki Rizki Amalia Putri; Desi Rahmawati
INTELEKTIUM Vol 1 No 1 (2020): INTELEKTIUM
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan subfokus kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan pengaruh ideal dan kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan perhatian individu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan dan studi dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, kepala tata usaha, dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan pengaruh ideal di SMA Negeri 89 Jakarta yaitu kepala sekolah yaitu menjadi teladan yang baik, memecahkan masalah misalnya dalam kedisiplinan guru dan pegawai dengan cara mengamati dan menegur secara personal. Kepala sekolah memberikan penghargaan atas prestasi guru dan pegawai seperti ucapan terimakasih dan memberikan reward.   (2) kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan perhatian individu di SMA Negeri 89 Jakarta yaitu kepala sekolah selalu menindaklanjuti kebutuhan guru dan pegawai, selalu mengadakan workshop, dan pelatihan seperti MGMP internal maupun MGMP eksternal, dan pelatihan IHT (In House Training) yang merupakan program pelatihan internal, dan memberikan kesempatan belajar bagi para guru dan pegawai untuk melanjutkan studi.
KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DI SMK DIPONEGORO 1 JAKARTA TIMUR Astri Ayu Lestari; Suryadi
INTELEKTIUM Vol 1 No 1 (2020): INTELEKTIUM
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan transformasi kepemimpinan kepala sekolah di SMK Diponegoro 1 Jakarta Timur. Penelitian dilakukan pada bulan Februari hingga November 2017. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah sebagai Informan kunci dan informan pendukung wakil siswa, staf tata usaha, dan guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan motivasi inspiratif di SMK Diponegoro 1 Jakarta Timur adalah kepala sekolah yang memberikan inspirasi adalah sikap, dan tindakan sesuai dengan aturan sehingga dapat dijadikan pemimpin. yang dapat menginspirasi guru, karyawan, dan siswa. (2) Kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan stimulasi intelektual di SMK Diponegoro 1 Jakarta Timur adalah kepala sekolah memberikan kesempatan yang besar untuk meningkatkan kemampuan intelektual guru dan karyawan. Dapat memiliki pola pikir dan juga lebih mudah memahami anggota atau siswa lain.
MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAEKWONDO DI SMP ERA PEMBANGUNAN 3 JAKARTA Muhammad Naufaldy Ramadhan; Wahyu Sri Ambar Arum
INTELEKTIUM Vol 1 No 1 (2020): INTELEKTIUM
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, pengawasan, serta faktor-faktor yang mendukung dalam pencapaian keberhasilan kegiatan ekstrakurikuler Taekwondo di SMP Era Pembangunan 3 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan beberapa pedoman diantaranya pedoman wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) proses perencanaan kegiatan ekstrakurikuler Taekwondo dilakukan satu tahun sekali melalui rapat tahunan sebelum kegiatan MOS dimulai dalam bentuk program kerja. (2) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Taekwondo dilaksanakan pada setiap hari sabtu pada pukul 13.00 sampai dengan 16.00 WIB, adapun jenis aktifitas taekwondo yang dilakukan yaitu latihan, pemberian materi, dan pemutaran video mengenai ekstrakurikuler taekwondo, (3) pengawasan dilakukan dalam bentuk absensi ekstrakurikuler Taekwondo, nilai, dan pengawasan oleh guru piket, (4) serta faktor yang mendukung pencapaian keberhasilan adalah seluruh komponen sekolah yang selalu memberikan dukungan dan motivasi baik moril maupun fasilitas, program latihan yang baik serta siswa yang kompak di SMP Era Pembangunan 3 Jakarta.
MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT (HUSEMAS) DI SDN PENINGGILAN 02 KOTA TANGERANG Nuzlah Aulia; Eliana Sari
INTELEKTIUM Vol 1 No 1 (2020): INTELEKTIUM
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara sekolah dengan masyarakat (HUSEMAS) di SDN Peninggilan 02 Kota Tangerang, dengan sub fokus perencanaan program yaitu evaluasi dan evaluasi program. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses perencanaan program hubungan sekolah dengan masyarakat dimulai sejak awal tahun ajaran. Perencanaan dirancang dengan melihat kondisi dan kebutuhan yang ada di sekolah dengan mempertimbangkan dana, waktu, prestasi siswa, dan keinginan wali siswa. Pihak-pihak yang terlibat dalam proses perencanaan program adalah semua warga sekolah seperti; Kepala Sekolah, Guru, Staf / Staf, dan Komite Sekolah. SDN Peninggilan 02 juga memiliki hubungan mitra kerja dengan Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan (Puskesmas), Kemenpora, Lingkungan Hidup (LH), Polri. Namun hubungan antara sekolah dan lembaga ini bersifat insidental. (2) Evaluasi program hubungan sekolah dengan masyarakat di SDN Peniggilan 02 dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu evaluasi tahap persiapan, evaluasi tahap pelaksanaan dan evaluasi tahap akhir. Dalam proses evaluasi dirasa belum optimal karena masih terdapat kendala yang dihadapi selama evaluasi seperti kendala waktu. Proses evaluasi melibatkan seluruh warga sekolah. Tujuannya agar program-program yang telah dilaksanakan dapat diketahui kekurangan dan kelebihannya. Bentuk evaluasi ini dilakukan melalui pertemuan yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan penanggung jawab program dan hasil evaluasi tersebut diinformasikan kepada seluruh warga sekolah melalui media elektronik.
MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN PIHAK DUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI (DU/DI) DI SMK NEGERI 40 JAKARTA TIMUR Satrio Aditama; Siti Rochanah
INTELEKTIUM Vol 1 No 1 (2020): INTELEKTIUM
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan informasi tentang manajemen hubungan sekolah dengan pihak bisnis / industri di SMK Negeri 40 Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2018 sampai Juli 2018 dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Tahap analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tahapan kredibilitas data, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan hubungan sekolah dengan pihak bisnis / industri dilakukan secara rutin setiap awal tahun ajaran baru melalui berbagai tahapan perencanaan dan persiapan dari pihak sekolah sebelum menjalin kerjasama. Pelaksanaan hubungan sekolah dengan pihak bisnis / industri dilakukan berdasarkan MoU dan menjalin komunikasi yang teratur antara kedua pihak serta memiliki berbagai kegiatan / bentuk kerjasama yang telah disepakati bersama. Evaluasi hubungan sekolah dengan pihak bisnis / industri dilakukan oleh sekolah dan pihak bisnis / industri untuk meningkatkan dan meningkatkan kegiatan hubungan sekolah dengan pihak bisnis / industri, menentukan arah dan program ke depan, serta menentukan keberlangsungan kerja sama. antara sekolah dan pihak bisnis / industri.
Dampak Persepsi Peserta Didik tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Minat Belajar Peserta Didik Risma Dhini Eka Pratiwi; Kanaria Herwati
INTELEKTIUM Vol 1 No 2 (2020): INTELEKTIUM
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/int.v1i2.99

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan fasilitas pembelajaran terhadap minat peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan sampel yang digunakan sebanyak 200 responden. Pengambilan sampel menggunakan random sampling. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian berupa persamaan regresi linier berganda yang diperoleh berdasarkan perhitungan yaitu Y = 38,630 + 0,234 X1 + 0,613 X2 dengan F hitung = 12,089 sedangkan nilai Ftabel untuk taraf nyata ? = 5%, n = 200 adalah 3,04 maka Fhitung> Ftabel ditemukan pengaruh persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap minat belajar siswa pada SMK Negeri di Kota Depok.
Pengaruh Minat Baca dan Kecerdasan Visual Spasial terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskriptif: Survei pada SMA Negeri di Kota Bekasi Ana Zulfasari; Nicky Rosadi
INTELEKTIUM Vol 1 No 2 (2020): INTELEKTIUM
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/int.v1i2.107

Abstract

Pengaruh Minat Baca dan Kecerdasan Visual Spasial Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskriptif (Survei pada SMA Negeri di Kota Bekasi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat baca dan kecerdasan visual spasial dapat memengaruhi kemampuan seseorang dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan analisis regresi ganda, dengan menggunakan paradigma penelitian antara variabel X1, X2, dan Y. Kemudian dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebesar 50 siswa, yang selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan program aplikasi SPSS 20.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan minat baca dan kecerdasan visual spasial terhadap kemketerampilan menulis teks deskriptif.
Pengembangan Metode Pembelajaran Sains Berbasis Wisata Edu-Herbal di Desa Bukit Bamba dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 Liberti Natalia Hia; Yusnani Dewi Sus
INTELEKTIUM Vol 1 No 2 (2020): INTELEKTIUM
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/int.v1i2.125

Abstract

Central Kalimantan has a myriad of medicinal or herbal plants; these plants are beneficial for life. So that it gets the title of a live laboratory, that is the reason the ancestors were familiar with using natural ingredients as medicine, for example, ant nest plants, rapids, earthen pegs, sungkai leaves, etc. The current generation rarely knows and likes herbal plants, even though herbal medicines are known to be safer than synthetic chemical drugs, for that the scope of education needs to introduce the types of herbal plants and their properties. The choice of chemical studies tends to be in the classroom and the laboratory there is no option to study in nature which is a living laboratory or real laboratory lab, through direct observation or local tours of herbal edu This natural material can be used as medicine. Bukit Bamba village, Kahayan Tengah sub-district, Pulang Pisau district, is famous for its tourism area which is rich in herbal sources and designated as a sustainable forest by the Ministry of Environment and Forestry for the conservation of forest areas including medicinal plants. This village for tourism takes strict health protocols into account. Qualitative analysis using descriptions of the main data collection using observations, interviews or document review, using inductive data analysis, based on the results of the research of students who he took on a local tour experienced an increase in interest in learning..
Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry Training terhadap Hasil Belajar Siswa Ova Grace; Deden Ibnu Aqil
INTELEKTIUM Vol 1 No 2 (2020): INTELEKTIUM
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/int.v1i2.135

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of Inquiry Training Learning Methods on the Learning Outcomes of Business Economics in Class X SMK Pertiwi Jakarta. The method used in this study is an experiment which is divided into experimental class and control class. Samples taken came from the population of class X Accounting and Marketing X SMK Pertiwi Jakarta as many as 60 students consisting of 30 students in the experimental class and 30 students in the control class. The sampling technique consisted of 2 stages: (1) purposive sampling technique (2) simple random sampling technique. The technique of collecting data on variable student business economics learning outcomes was carried out by giving multiple choice questions for the variable student business economics learning outcomes. In the hypothesis test, the t-test is used which results in tcount > ttable, so the conclusion is that there is an influence of the Inquiry Training learning method on student learning outcomes in class X business economics subjects so that the Inquiry Training learning method can be used as an alternative for teachers in carrying out learning to create a learning atmosphere effective and students become more active.
Aktualisasi Diri dan Nilai Pendidikan dalam Novel Dendam Si Yatim Piatu Karya Sintha Rosse Julia Julia; Zaenal Arifin
INTELEKTIUM Vol 1 No 2 (2020): INTELEKTIUM
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/int.v1i2.138

Abstract

This study aims to analyze self-actualization and educational values contained in Sintha Rosse's Dendam si Yatim Piatu novel based on Abraham Maslow's humanistic psychology. The research method used was descriptive qualitative method and content analysis technique. The results showed: 1) Self-actualization was found to be more dominant in this novel as much as 65.08% while the value of education was 34.91%. The 14 characters who show self-actualization are found all in this novel. The most dominant self-actualization is focusing on achievement targets (13.52%), the second most is social awareness (13.09%), independence (9.23%), spontaneity, simplicity, and fairness (9.01%). rewards that are always new (8.80%), interpersonal relationships (8.80%), creativity (6.87%), democratic (6.01%), self-acceptance (5.79%), independence (5.58 %), peak experience (4.29%), observing reality efficiently (3.43%), a meaningful sense of humor (3.00%), and the need for privacy (2.58%). 2) The dominant educational value is the value of moral education (37.20%), followed by the value of social education (29.60%), the value of divine education (24.40%), the value of cultural education (5.60%), and the value of aesthetic education (3.20%). Through this novel, the author provides an example through self-actualization of the main character, maximizing all efforts, developing talents, potential, never giving up in achieving goals and achieving the desired success so that life becomes more meaningful. In addition, the author also conveys good values so that readers can wisely take lessons from them which are expected to be applied in everyday life.

Page 1 of 10 | Total Record : 97