cover
Contact Name
-
Contact Email
fakultas.ik@gmail.com
Phone
+6285795639166
Journal Mail Official
fakultas.ik@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
ISSN : 27745473     EISSN : 27464873     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA KUNINGAN [p-ISSN 2774-5473 | E-ISSN 2746-4873] adalah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA KUNINGAN akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu keislaman. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan" : 7 Documents clear
Konsep Pendidikan Akhlak Peserta Didik Perspektif Kyai Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab Alim Wa Al Muta’allim Ade Yulianti; Hilda Siti Paujiah
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Akhlak merupakan sesuatu yang sangat penting bagi peserta didik, maka perlunya penanaman akhlak dari sejak dini. Salah satu jalan yang dapat ditempuh yaitu melalui penanaman akhlak yang terdapat dalam kitab Adab Alim Wa Al-Muta’allim karya Kyai Hasyim Asy’ari. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui konsep peserta didik menurut Kyai Hasyim Asy’ari. 2) Untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak peserta didik perspektif Kyai Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab Alim Wa Al-Muta’allim. 3) Untuk mengetahui penerapan konsep akhlak peserta didik menurut Kyai Hasyim Asy’ari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan (library research), yang dilakukan dengan menghimpun dan menganalisis data yang bersumber dari data primer (Kitab Adab Alim Wa Al-Muta’allim) maupun data sekunder dari buku, dokumen, jurnal serta yang lainnya yang ada relevansinya dengan obyek pembahasan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Kyai Hasyim Asy’ari berpandangan sebagai peserta didik harus memiliki ilmu pengetahuan dan mempunyai akhlak yang sesuai dengan kaidah atau nilai dalam pendidikan islam. Peserta didik juga harus membersihkan hatinya dari sifat-sifat tercela. Adapun konsep yang lebih spesifik tentang akhlak yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah mengenai akhlak peserta didik terhadap dirinya dan akhlak peserta didik terhadap pendidiknya.
Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Firda Halawati
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengetahui gaya belajar siswa. (2) Prestasi belajar siswa. (3) Seberapa besar hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Kawahmanuk Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan dengan jumlah 124 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner gaya belajar dan dokumentasi. Data penelitian yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan korelasi dan regresi sederhana. Hasil penelitian mengenai hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri Kawahmanuk sebagai berikut: (1) Siswa yang memiliki gaya belajar visual sebesar 80% dengan jumlah 99 siswa, gaya belajar audiotorial sebesar 18% dengan jumlah 22 siswa dan gaya belajar kinestetik 2% dengan jumlah 3 siswa. (2) Prestasi siswa tergolong kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 59% dengan jumlah 73 siswa dan kategori tinggi 41% dengan jumlah 51 siswa. (3) Ada hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri Kawahmanuk dengan nilai signifikasi 0,001 < 0,05 dengan nilai korelasi 0,299 dengan kategori rendah.
Nilai-Nilai Budaya Pesantren Salaf dalam Mendidik Karakter Santri Perspektif KH. Hasyim Asy’ari Fitriah Nurhidayat; Iman Subasman
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini Indonesia dihadapkan dengan krisis moral yang mengakibatkan lunturnya nilai jati diri bangsa Indonesia. Dampaknya berupa penyimpangan yang sering kita lihat dikalangan pelajar, permasalahan di masyarakat, maupun kasus yang terjadi dalam pemerintahan. Hal ini disebabkan oleh nilai-nilai karakter yang perlahan luntur akibat modernisasi dan kemajuan teknologi. Nilai merupakan sesuatu yang dapat mendatangkan manfaat bagi manusia maupun alam. Nilai juga menjadi landasan atau dasar seseorang dalam melakukan suatu tindakan. Dalam pendidikan karakter pelajar dituntut untuk berperilaku baik, dengan membiasasakan bersikap jujur, disiplin, toleransi, peduli terhadap sesama dan lain sebagainya. Pesantren salaf dengan budayanya membiasakan pada setiap santri dengan senantiasa berperilaku seperti sederhana, disiplin, mandiri dan jujur. Pemikiran pendidikan karakter di pesantren salaf menurut kyai Hasyim yaitu dengan pendekatan keteladanan dan tanggung jawab kepada santri. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Peneliti mendapatkan data-data yang diperlukan dari buku, jurnal maupun artikel yang sesuai dengan tema penelitian.
Penerapan Manajemen Risiko Pembiayaan Murabahah pada Bank BNI Syariah KCP Kuningan Neneng Wahyuni; Farida Nuroktafiani
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah manajemen risiko pada pembiayaan di Bank BNI Syariah KCP Kuningan sudah diterapkan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada dan untuk mengetahui pertimbangan dalam pemberian pembiayaan dengan akad murabahah kepada calon nasabah di Bank BNI Syariah KCP Kuningan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yaitu mengumpulkan data yang diperoleh kemudian menginterpretasikannya dan menganalisanya sehingga dapat memberikan informasi yang digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan penerapan manajemen risiko pembiayaan murabahah pada Bank BNI Syariah KCP Kuningan sudah diterapkan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan. Dalam pemberian pembiayaan murabahah Bank berhak menerima atau menolak pengajian pembiayaan yang diajukan calon nasabah. layak atau tidak layaknya calon nasabah untuk mendapatkan pembiayaan tergantung pada penialain Bank. Dan sebagai dasar pertimbangan dalam pemberian pembiayaan Bank BNI Syariah menganalisi calon nasabah dengan analisis 5C
Pengaruh Pengetahuan Nasabah terhadap Minat Menabung Di BNI Syariah KCP Kuningan Winarti Winarti
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberadaan bank syariah dalam sistem perbankan di Indonesia sebenarnya telah muncul sejak tahun 1992, sejalan dengan diberlakukannya Undang-Undang No.7 tahun 1992 tentang perbankan, dimana bank di beri kebebasan untuk  menentukan jenis imbalan dari para nasabah, baik bunga maupun keuntungan bagi hasil. Namun dalam perkembangannya tidak sepesat bank-bank yang beroperasi secara konvensional. Pemahaman dan pengetahuan nasabah tentang bank syariah juga akan mempengaruhi pandangan nasabah mengenai bank syariah itu sendiri. Secara mudahnya, pandangan nasabah terhadap bank syariah tergantung dengan apa yang mereka ketahui. Jika pengetahuan tentang bank syariah rendah maka dalam memandang bank syariah pastinya rendah pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan nasabah terhadap minat menabung di BNI Syariah KCP Kuningan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel Pengetahuan Nasabah (X) dan variabel Minat Menabung (Y). Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Adapun teknik analisis data yang di gunakan adalah regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan nasabah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat menabung. Hal ini di buktikan Berdasarkan Hasil uji t menunjukan nilai thitung sebesar 0,110 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,004. Jika dibandingkan dengan t table (1,66277) maka thitung > t table dan p< 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho diterima Ha di tolak, artinya pengetahuan nasabah tentang produk ada pengaruh signifikan terhadap minat menabung di BNI Syariah KCP Kuningan. Dan hasil uji Determinasi Model Summery diperoleh nilai R Square ( ) adalah sebesar 0,094 atau 9,4%. Jadi 9,4% pengambilan keputusan menabung di BNI Syariah KCP Kuningan dapat di jelaskan oleh variabel pengetahuan nasabah artinya 90,6 (100% - 9,4%) dipengaruhi oleh faktor lain dari luar penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak faktor yang mempengaruhi Minat Menabung di BNI Syariah KCP Kuningan.
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Perilaku Sosial Anak Tunagrahita Ringan Di SLB Perwari Kuningan O Rahmat Hidayat; Prastika Divia Cahyarezqi
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembinaan perilaku sosial merupakan suatu aktifitas yang sangat penting, terlebih dalam pendidikan agama Islam yang benar-benar menjadi bagian dari kepribadiannya dan  akan menjadi pengendalian dalam hidupnya dikemudian hari. Pendidikan agama Islam hendaknya benar-benar diberikan oleh guru PAI agar pengajaran tersebut tercermin dalam sikap, tingkah laku, gerak-gerik yang menyangkut keseluruhan pribadi seorang siswa, terlebih untuk siswa tunagrahita ringan yang pada dasarnya mempunyai intelegensi dan sosial yang sangat lemah. Penelitian bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui perilaku sosial anak tunagrahita ringan di SLB Perwari Kuningan. 2) untuk mengetahui peran guru PAI dalam pembinaan perilaku sosial anak tunagrahita ringan di SLB Perwari Kuningan dan 3) untuk mengetahui faktor penghambat perilaku sosial anak tunagrahita ringan di SLB Perwari Kuningan. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kualitatif dan deskriptif,yaitu peneliti yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa kejadian yang terjadi pada saat ini. Data penelitian yang didapat melalui observasi dan wawancara. Perilaku sosial anak tunagrahita ringan di SLB Perwari Kuningan diperlukan pembiasaan-pembiasaan dalam pembelajaran disekolah yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam. Seperti setiap pagi sebelum masuk kelas pembiasaannya yaitu praktik sholat dan bacaan sholat, bacaan surat-surat pendek.
Pengaruh Keterampilan Reinforcement Guru terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika (Studi Penelitian Di Madrasah Ibtidaiyah PUI Cipari II) Nur Rohmatillah; Umu Afiyah
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan reinforcement guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah PUI Cipari II yang beralamat di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang dipergunakan adalah teknik sampling jenuh yang merupakan teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Penulis menetapkan jumlah sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 32 orang di Madrasah Ibtidaiyah PUI Cipari II. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa angket dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keterampilan reinforcement guru telah mencapai 71,60%, sehingga termasuk pada kategori kriterium tinggi, dengan jarak interval 66,68 – 100%, (2) Minat belajar siswa telah mencapai 70,42%, sehingga termasuk pada kategori kriterium tinggi, dengan jarak interval 66,68 – 100%, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari keterampilan reinforcement guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah PUI Cipari II, dikarenakan nilai nilai signifikan 0,000  0,050 dan nilai thitung (17,100)  ttabel (2,040). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian reinforcement dalam proses belajar memiliki pengaruh yang positif terhadap siswa salah satunya yaitu dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 7