cover
Contact Name
-
Contact Email
fakultas.ik@gmail.com
Phone
+6285795639166
Journal Mail Official
fakultas.ik@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
ISSN : 27745473     EISSN : 27464873     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA KUNINGAN [p-ISSN 2774-5473 | E-ISSN 2746-4873] adalah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA KUNINGAN akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu keislaman. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 74 Documents
Strategi Integrasi Kurikulum Pesantren Dan Kurikulum Madrasah Terhadap Perkembangan Karakter Peserta Didik Ade Yulianti
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyeragaman sistem pendidikan bagi pesantren yang dikehendaki pemerintah menimbulkan innerconflict di dalam pesantren antara kurikulum yang seragam dan sentral yang selama ini menjadi tradisi pengajaran pesantren. Maka atas dasar itu lah rangsangan tersebut lahirlah madrasah dari rahim pesantren yang mengintegrasikan kurikulum pesantren dengan kurikulum Madrasah Fenomena tersebut menimbulkan upaya-upaya dalam memaksimalkan proporsi pendidikan agama dan umum dalam sebuah kurikulum yang integratif. Salah satunya dalam upaya tersebut yaitu Pesantren MA Mualimin 297 PERSIS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian diarahkan untuk mendapatkan data secara deskriptif yang memadai dari permasalahan penelitian ini menerapkan tiga model penggalian data, antara lain: Pertama, observasi. Kedua, wawancara mendalam (indepth nterview), dan metode focus group discussion. Kurikulum pengintegrasian terletak pada materi kurikulum PAI, Bahasa arab, Bahasa Inggris yang dapat melahirkan santri-santri yang berakhlakul karimah pengembangkan karakter tersebut yang bersumber dari agama, pancasila, budaya, agar mereka memiliki pengetahuan (knowledge), sikap (ettitude), dan perilaku (behavior) sehingga menjadi peserta didik yang selaras dengan tujuan pendidikan. Melalui 4 pilar pembelajaran learning to know, learning to do, learning live together, learning to be.
Analisis بَحْرٌ Dalam Sejarah Dan Kebudayaan Arab Sampai Tingkat Kata Dan Kalimat Agus Zamzam Nur
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini didasari karena sejarah laut sebelum kemunculan Islam dalam budaya Arab kurang tersentuh, sehingga fakta sejarah tersebut tidak muncul ke permukaan, begitu juga sejarah angkatan laut pada masa Khalifah Umar bin Al-Khattab. Peneliti akan merinci kata bahrun agar lebih spesifik, karena kata bahrun digunakan oleh penutur asli untuk mengatakan sesuatu, bahkan untuk mengekspresikan kalimat metafora. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sejarah laut dalam budaya Arab sebelum munculnya Islam, sejarah angkatan laut pada masa Khalifah Umar bin Al-Khattab, dan menginventarisasi kata bahrun serta menganalisisnya pada tingkat kata dan kalimat. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, dianalisis dari berbagai literatur, kamus dan internet. Sumber data terdiri dari 8 kamus yakni kamus bahasa Arab-Indonesia, kamus bahasa Arab-Inggris, dan 4 buku sejarah yang terdiri dari buku bahasa Arab dan bahasa Indonesia, 1 jurnal, dan 1 artikel berbahasa Arab dari internet, juga buku-buku lain yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Adanya pelayaran laut dalam sejarah budaya Arab sebelum munculnya Islam, 2) adanya sejarah angkatan laut pada masa Khalifah Umar bin al-Khattab, 3) adanya inventarisasi kata laut, dan 4) adanya hasil analisis dari kata laut pada tataran kata dan kalimat
Strategi Koperasi Syariah Dalam Menangani Pembiayaan Murabahah Bermasalah Di Koperasi Syariah El Arbah Kunci Maju Ahmadi Ahmadi
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini merupakan bagian dari hasil penelitian tentang strategi penanganan pembiayaan murabahah bermasalah di Koperasi Syariah El Arbah Kunci Maju. Pembiayaan Murabahah adalah sebuah pembiayaan dalam perbankan Islam, yang mana mirip dengan peminjaman kredit pada perbankan konvensional. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Prosedur pelaksanaan pembiayaan murabahah di Koperasi Syariah El Arbah Kunci Maju, apa saja faktor-faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah di Koperasi Syariah El Arbah Kunci Maju, dan bagaiman strategi penanganan yang dilakukan Koperasi Syariah El Arbah Kunci Maju dalam mengatasi pembiayaan bermasalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan penelitian deskriptif, jenis penelitian yang menggunakan perpaduan antara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan, yakni penelitian yang mengumpulkan data-data di lapangan, kemudian menganalisanya dan mendapatkan kesimpulan dari penelitian ini. Objek dalam penelitian ini adalah mengenai strategi penanganan pembiayaan murabahah bermasalah / sering dikenal dengan sebutan kredit macet pada pembiayaan murabahah lembaga keuangan syariah. Hasilnya menjelaskan bahwa Prosedur pembiayaan yang diterapkan di Koperasi Syariah El Arbah Kunci Maju terhadap praktek pembiayaan murabahah dapat dikatakan sudah baik, karena dalam pelaksanaannya setiap orang yang ingin menjadi nasabah pembiayaan murabahah di Koperasi Syariah El Arbah Kunci Maju, harus memenuhi syarat dan prosedur yang berlaku, faktor-faktor yang menyebabakan pembiayaan bermasalah yaitu adanya faktor internal dan eksternal, strategi penanganan pembiayaan murabahah bermasalah pada Koperasi Syariah El Arbah Kunci Maju menggunakan strategi rescheduling (penjadwalan kembali), reconditioning (persyaratan kembali), dan langkah terakhir apabila tidak berhasil dengan langkah eksekusi (penyitaan jaminan).
Pengaruh Pendapatan Ijarah Terhadap Profitabilitas (Return On Asset) Di Pt. Bank Bri Syariah Dicky Fauzi Firdaus; Elis Lisdianti
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan ijarah terhadap profitabilitas (Return On Asset) pada PT. Bank BRI Syariah. Jenis penelitian ini yaitu bersifat asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian adalah seluruh laporan keuangan dari PT. Bank BRI Syariah periode 2014-2018. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Gambaran Pendapatan Ijarah pada PT. Bank BRI Syariah, yaitu berada pada nilai rata-rata sebesar 29.259,65 (dalam jutaan Rupiah). (2) Gambaran Profitabilitas Return On Asset pada PT. Bank BRI Syariah, yaitu berada pada nilai rata-rata sebesar 0.2775 (27,75%). (3) Berdasarkan pengujian hipotesis, maka Pendapatan Ijarah berpengaruh terhadap Profitabilitas (Return On Asset). Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t yang menghasilkan nilai t hitung sebesar 3,126 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,101. Besarnya pengaruh pendapatan Ijarah terhadap profitabilitas (Return On Asset) sebesar 35,4%.
Pengaruh Penggunaan Metode Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Firda Halawati
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penggunaan metode Index Card Match pada mata pelajaran IPA di MI Raudhatul Ulum Cikubangsari. (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Index Card Matchdi (3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode Index Card Match terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Pre-experimental dengan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Raudhatul Ulum Cikubangsari yang berjumlah 196 siswa.Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Sampel penelitian ini diambil dari dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa dan kelas VB sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 siswa, maka seluruh sampel yang digunakan berjumlah 42 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Tes diberikan pada tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Sebelum tes diberikan instrumen tes terlebih dahulu telah dianalisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda soal. Analisis pengujian hipotesis data dalam penelitian ini menggunakan Independent Samples T-Test yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Penggunaan metode Index Card Match berlangsug baik. (2) Setelah data hasil tes awal dan tes akhir dari kedua kelas tersebut dianalisis akhirnya diperoleh hasil rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 55 dan posttest sebesar 87,5 sehingga dari rata-rata pretest dan posttest terdapat kenaikan sebesar 59 %. Serta rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 53,5 dan posttest 75,5 sehingga rata-rata pretest dan posttest terdapat kenaikan sebesar 41 %. Hal ini diperkuat dengan uji perbedaan rata-rata (Uji-t) yang diperoleh > yaitu 5,383 > 1,684 dan nilai signifikannya dibawah 0,05 yaitu 0,00< 0,05. Berdasarkan uji N-Gain diperoleh nilai N-Gain dari kelas eksperimen sebesar 0,72 yang berkriteria tinggi dan untuk kelas kontrol sebesar 0,50 yang berkriteria sedang. (3) Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode Index Card Match terhadap hasil belajar siswa.
Dzikir Dan Krisis Spiritual Manusia Modern Iim Suryahim
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manusia modern lebih cenderung dikenal sebagai manusia yang materialis dan jauh dari nilai spiritual. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui relasi spritualitas Al-Qur’an dalam mengatasi krisis spiritual kehidupan manusia modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau kajian pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam beberapa kajian, manusia modern yang lebih dekat dengan al-Qur’an utamanya yang mengamalkan dzikir dapat hidup lebih matang secara spiritual
Pengaruh Emotional Marketing terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Di PT Bank BJB Syariah: Indonesia Dicky Fauzi Firdaus; Dewi Fitria Nurazizah
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui emotional marketing di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Kuningan, untuk mengetahui loyalitas nasabah di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Kuningan dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh emotional marketing terhadap loyalitas nasabah di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Kuningan. Responden dalam penelitian ini adalah 92 responden dengan menggunakan tekhnik sample yang disebut dengan metode slovin. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa emotional marketing menurut persepsi nasabah Bank BJB Syari’ah Kantor Cabang Kuningan mencapai 87,16% yang termasuk pada kriterium sangat kuat, artinya emotional marketing Bank BJB Syariah Kantor Cabang Kuningan sudah baik. Loyalitas nasabah di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Kuningan juga sudah baik. Hal itu dibuktikan dengan hasil gambaran loyalitas nasabah Bank BJB Syari’ah Kantor Cabang Kuningan telah mencapai 85,72% yang termasuk pada kriterium sangat kuat. Penelitian ini menggunakan analisis uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji t. Berdasarkan hasil data di atas diperoleh hasil koefisien determinasi menunjukkan 28,3% besarnya pengaruh emotional marketing terhadap loyalitas nasabah. Sisanya sebesar 71,7% dipengaruhi oleh faktor variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dan diperoleh t hitung (5,955) > t tabel (1,987) artinya terdapat pengaruh emotional marketing terhadap loyalitas nasabah di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Kuningan.
Analisis Karakter Generasi Milenial dari Sudut Pandang Buya Hamka Ade Yulianti; Cici Marlianti
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena terjadinya krisis karakter moral dan akhlak. sehingga Buya Hamka memiliki pandangan tentang para generasi milenial harus bisa mempersiapkan diri dari terjangan arus globalisasi. Modernisasi memberi kontribusi perubahan bagi kehidupan generasi milenial perubahan tersebut cenderung mengarah kepada krisis karakter moral dan akhlak. Rumusan masalah yang akan di kaji dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai karakter dalam perspektif Buya Hamka, bagaimana fenomena karakter generasi milenial, dan bagaimana penyelesaian permasalahan karakter yang terjadi pada generasi milenial. Adapun tujuannya: Untuk mengetahui nilai-nilai karakter dalam perspektif Buya Hamka, untuk mengetahui fenomena karakter dalam generasi milenial, dan untuk mendeskripsikan penyelesaian permasalahan karakter yang terjadi pada generasi milenial.untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian keperpustakaan (Library Reseach), sehingga hasil penelitian dari studi pustaka dalam karakter perspektif Buya Hamka sebuah pemikiran merupakan suatu kumpulan sifat yang timbul pada diri manusia untuk melakukan perbuatan tanpa memerlukan pertimbangan sehingga dengan mudah untuk melakukan sesuatu tanpa ada dorongan dari luar. Sehingga hal ini dapat tertuju pada kesamaan aspek pemikiran dan kemajuan pemikiran milenial yang ditinjau dari nilai-nilai karakter dan permasalahan pada milenial dapat diperbaiki dengan cara latihan batin.
Efektifitas Manajemen Masjid yang Kondusif terhadap Peningkatan Kemakmuran Masjid Firda Halawati
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian yaitu (1) untuk mengetahui manajemen masjid yang kondusif di Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. (2) Peningkatan kemakmuran masjid di Kecamataan Jalaksana Kabupaten Kuningan. (3) Seberapa besar pengaruh manajemen masjid yang kondusif terhadap peningkatan kemakmuran masjid di Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Subjek penelitian ini adalah seluruh ketua DKM masjid, para takmir (pengurus) masjid dan jemaah yang rutin melaksanakan salat fardu secara berjemaah di masjid dengan jumlah sampel secara keseluruhan 100 jemaah. Instrument yang digunakan yaitu kuesioner manajemen masjid sebanyak 25 butir dan kuesioner kemakmuran masjid sebanyak 25 butir sehingga responden menerima kuesioner sebanyak 50 butir. Data penelitian yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan korelasi dan regresi sederhana. Hasil penelitian mengenai pengaruh manajemen masjid yang kondusif terhadap peningkatan kemakmuran masjid di Kecamatan Jalaksana sebagai berikut (1) Manajemen masjid yang kondusif kategori sangat baik 72% dengan jumlah responden 72 orang, kategori baik 27% dengan jumlah responden 27 orang, untuk kategori sedang 1% dengan jumlah responden 1 orang. (2) Peningkatan Kemakmuran Masjid kategori sangat baik 62% dengan jumlah responden 62 orang, kategori baik 37% dengan jumlah responden 37 orang, untuk kategori sedang 1% dengan jumlah reponden 1 orang. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara manajemen masjid yang kondusif terhadap peningkatan kemakmuran masjid dengan persamaan regresi Y = a + bX atau Y = 63,715 + 0,371X sehingga nilai koefisiensi regresi variabel bebas 0,371 untuk nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat korelasi positif dengan nilai koefisiensi determinasi 0,447 (44,7%) yang termasuk hubungan sedang. Karena nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh antara manajemen masjid yang kondusif terhadap peningkatan kemakmuran masjid.
Pengaruh Brand Equity terhadap Kepuasan Nasababah (Penelitian Di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Pembantu Kuningan) Hanif Shobaruddin; Rio Habibudin
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand equity produk yang dikeluarkan oleh bank BJB Syariah Kantor Cabang Pembantu Kuningan. Tabungan dan pembiayaan merupakan output yang ditawarkan oleh bank BJB Syariah guna mencapai kepuasan nasabahnya. Salah satu cara untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah terhadap produk tersebut dilakukan metode penyebaran angket. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif dengan teknik sampelnya yaitu accidental sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner dengan teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas data, uji koefisien determinasi, uji regresi linier sederhana dan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai distribusi data 0,128 dan 0,051 lebih besar dari nilai probabilitas yaitu 0,05. Koefisien arah regresi 0,784 hubungan positif memberikan pengaruh sebesar 61,1% dan nilai t hitung 2.878 lebih besar dari t tabel yaitu 1.660 dengan nilai signifikan kurang dari 0,05. Dari penelitian ini diperoleh nilai 61,1% brand equity mempengaruhi kepuasan nasabah.