cover
Contact Name
Yogi Widya Saka Warsaa
Contact Email
jeskovsia@asia.ac.id
Phone
+62581222505059
Journal Mail Official
jeskovsia@asia.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno Hatta, Rembuksari 1A, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia. Faximile: (62 341) 434 5225
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jeskovsia
ISSN : 25808753     EISSN : 25974300     DOI : 10.32815/jeskovsia
Core Subject : Art,
Strictly for the division of the scientific realm Visual Communication Design is divided into three important areas such as graphic design, advertising and multimedia, but it does not rule out the possibility of openness to relations or linkages from the point of view of science or other disciplines. The flexibility of the approach with multidisciplinary studies including economics, politics, culture, law becomes a new foothold in the development of research and scientific activities. Cooperation and the role of various parties foster a diversity of scientific methodologies such as scientists, researchers, designers, engineers, students, and others who are part of the community.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2019): Volume 3 Nomor 2 (5)" : 5 Documents clear
PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL KAMPUNG KERAMIK DINOYO MALANG Mahendra Wibawa
Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia Vol 3 No 2 (2019): Volume 3 Nomor 2 (5)
Publisher : Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat STMIK Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.971 KB) | DOI: 10.32815/jeskovsia.v3i2.394

Abstract

This research aims to produce a visual identity for the Dinoyo Malang ceramic village. Data was collected through interview methods and document studies analyzed by the S.W.O.T method. This design produced a GSM (Graphic Standard Manual) that contained the Dinoyo ceramic village logo, tagline, along with two characters Kerama and Krani as the mascot of the village.
Wayang Beber Sebagai Modifikasi dan Transformasi Komik Dwiki Setya Prayoga
Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia Vol 3 No 2 (2019): Volume 3 Nomor 2 (5)
Publisher : Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat STMIK Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (727.579 KB) | DOI: 10.32815/jeskovsia.v3i2.521

Abstract

Keberadaan wayang beber dan komik sangatlah berpengaruh untuk masa kini dan masa yang akan datang. Karena sebagian besar persoalan dapat dituangkan melalui verbal dan non verbal dengan mengkombinasikan ilsutrasi dan teks. Sebagai dalang maupun juga komikus memegang peranannya masing-masing. Wayang beber sebagai modifikasi komik, karena wayang beber dan komik memiliki tujuan sama yaitu menyampaikan pesan. Wayang beber dan komik merupakan karya seni yang berkesinambungan atau berkaitan antara cerita satu dengan yang lainnya. Maka dengan demikian keduanya termasuk kategori sequential art. Wayang beber maupun komik memiliki elemen pembentuknya. Elemen pertama adalah panil, elemen kedua adalah parit, elemen ketiga adalah balon kata, elemen keempat adalah ilustrasi atau gambar dan elemen kelima adalah cerita. Panil pada wayang beber terdiri satu gambar di setiap gulungannya. Parit secara umum sebagai pemisah antara panil satu dengan panil lainnya. Balon kata merupakan sebuah dialog yang dikemas dalam bentuk karya seni. Ilustrasi baik bentuk dua dimensi atau tiga dimensi. Cerita merupakan narasi yang disusun dan dipersiapkan sejak awal.
Cinematic Company Profile Jawa pos Radar Semarang Kenny Arthur Hary
Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia Vol 3 No 2 (2019): Volume 3 Nomor 2 (5)
Publisher : Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat STMIK Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1509.66 KB) | DOI: 10.32815/jeskovsia.v3i2.385

Abstract

Informasi mengenai profil perusahaan atau sering disebut company profile merupakan salah satu cara sebuah perusahaan dapat memperkenalkan diri. Video company profile dapat menjadi media yang cukup efektif sebagai sarana penyampaian informasi kepada audience. Dalam pembuatan video terdapat unsur cinematic yang dapat menarik audience, karena terdapat alur cerita film yang tidak terkesan monoton. Penelitian ini dirancang untuk memberikan inovasi dalam pengembangan cinematic company profile pada studi kasus Jawa Pos Radar Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan strategi linear. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara terhadap beberapa pimpinan divisi Jawa Pos Radar Semarang. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah video cinematic company profile yang berisi tentang informasi mengenai Jawa Pos Radar Semarang yang disajikan dengan dalam alur persuasif.
Graphic Environment Perancangan Graphic Environment Kampung Pelangi Desa Wisata Bejalen Di Ambarawa Yohanes Kusuma Negara
Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia Vol 3 No 2 (2019): Volume 3 Nomor 2 (5)
Publisher : Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat STMIK Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1009.63 KB) | DOI: 10.32815/jeskovsia.v3i2.384

Abstract

Kampung Pelangi Desa Bejalen merupakan tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam Rawa Pening dan memiliki ciri khas wisata airnya. Mengingat pentingnya sign system dan peta wisata untuk memberikan informasi berupa letak tempat-tempat wisata yang terpisah di Kampung Pelangi Desa Bejalen, maka dirancang graphic environment yang komunikatif agar mampu menyampaikan pesan dengan mudah dan menarik. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif yang diperoleh melalui wawancara kepada pihak-pihak yang terkait yakni Kepala Desa, pengurus wisata, dan pengunjung. Desain yang dihasilkan menyesuaikan dengan konten objek wisata tersebut yakni mengusung tema wisata air. Selain itu, grafis pada peta wisata dibuat dengan melihatkan seluruh wilayah dengan gaya desain flat dengan teknik isometric. Setelah melakukan evaluasi dan pengujian pada perancangan ini yang ditujukan untuk Kampung Pelangi sudah layak untuk dipakai dan dipublikasikan secara umum. Kata Kunci; Tempat wisata; sign system; peta
Perancangan Video Feature Jejak Sejarah Peninggalan Perang Dunia II di Biak, Papua anthony yudhie tumimomor
Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia Vol 3 No 2 (2019): Volume 3 Nomor 2 (5)
Publisher : Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat STMIK Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.212 KB) | DOI: 10.32815/jeskovsia.v3i2.397

Abstract

Abstract: World War II events that occurred on the island of Biak Papua, leaves many historical traces that are able to visit and access by people, one of them is the historical site of Binsari Cave, Binsari Cave is a silent witness of terribleness and war’s ferocity, where thousands of Japanese soldiers died killed, because of bombarded by the Allies. Based on observations done, the information related of the history of World War II that occurred in Biak is still very minimal, therefore information medium in the form of audio-visual video such as documentaries with feature genres, is needed ini order to narrate the actual fact of World War II happened. The design of the feature video uses qualitative method and Linear strategy so that it is expected to produce a more detailed information media, clear content and be able to attract people who are eager to know more about this historical event of World War II happened in Biak Island, as well as providing message to the public or tourists who visit the site to participate in maintaining and preserving historical sites in Biak Papua. Key Word : feature video, Binsari Cave, qualitative, Linear strategy

Page 1 of 1 | Total Record : 5