cover
Contact Name
Aan Widiyono
Contact Email
aan.widiyono@unisnu.ac.id
Phone
+6285712553775
Journal Mail Official
tunasnusantarapgsd@unisnu.ac.id
Editorial Address
Jl. Taman Siswa, Kauman, Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59451 » Tel / fax : (0291)595320 / 08157705852
Location
Kab. jepara,
Jawa tengah
INDONESIA
Tunas Nusantara
ISSN : 26563223     EISSN : 27465675     DOI : https://doi.org/10.34001/jtn.v4i1
Core Subject : Education,
Jurnal Tunas Nusantara p-ISSN: 2656-3223; e-issn: 2746-5675 is peer reviewed open-access journal published by Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara focuses on conceptual notions, studies and application of theories, practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary education. Every submitted manuscript will be reviewed by at least two peer-reviewers using double blind review method. This journal is published biannually For author interested in submitting the manuscript, kindly ­register yourself. The author guidelines can be viewed it here, and the manuscript template can be downloaded here
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2019)" : 7 Documents clear
PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEMINIMALISIR BULLYING VERBAL PADA GENERASI MILENIAL Rujiani .
Tunas Nusantara Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.378 KB) | DOI: 10.34001/jtn.v1i1.1584

Abstract

Di zaman serba canggih dan penuh dengan kemudahan menjadikan generasi yang lahir di era milenial susah untuk dikendalikan. Dunia dalam genggaman sehingga menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh. Menjadi hal yang memprihatinkan jika tidak membekali mereka dengan pendidikan karakter. Sikap dan rasa untuk menghargai sesama semakin menipis, yang ada hanya rasa tak mau terkalahkan. Bertindak dan berkata yang kurang santun atau bullying verbal menjadi hal yang sudah biasa di mata dan telinga.  Menurut sebagian generasi milenial menganggapnya hal yang wajar dan gurauan semata, tetapi luar biasa dampaknya bagi korban, mendatangkan kecemasan yang berkepanjangan. Perlunya pendidikan karakter ditanamkan sejak dini, dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Keterlibatan dari semua pihak dan segala aspek kehidupan sangat diperlukan, demi generasi milenial yang santun dan handal.
MENINGKATKAN READING COMPREHENSION BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN ORGANIZING CLASSROOM PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 1 MARGOMULYO BOJONEGORO Tatok Sam Budiarto
Tunas Nusantara Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.362 KB) | DOI: 10.34001/jtn.v1i1.1592

Abstract

Sekitar 15 persen dari bermacam-macam siswa dalam pencapaian reading pada akhir tahun pelajaran di pengaruhi beberapa faktor yang berhubungan dengan ketrampilan dan keefektifan guru. Pengajaran reading yang begitu kompleks membuat semua mustahil, untuk itu penulis menggunakan organisasi classroom untuk meningkatkan pemahaman reading comprehension pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Margomulyo Bojonegoro. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Margomulyo Bojonegoro. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Dalam pelaksanaannya seorang bertindak sebagai pengelola kelas, sedang 2 guru yang lain sebagai pengamat penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Dari hasil test tahap I di atas, dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman reading yang melalui pembelajaran klasikal dari 44 siswa tingkat pemahaman madingnya hanya mencapai 24,6%, jadi berarti tingkat pemahaman siswa masih sangat rendah sekali. Untuk itulah maka perlu di adakannya perbaikan lagi agar lebih baik. Dari hasil test tahap, II tersebut dapat dilihat bahwa tingkat pemahaman reading setelah melalui pembelajaran dengan Organizing Classroom mencapai 50 %. Ini berarti sudah ada peningaktan dari pada hasil pemahaman tahap I. Berdasarkan hasil test tahap III tersebut dapat dilihat bahwa tingkat emahaman reading melalui organizing classroom meningkat lagi menjadi 70%.
GERAKAN PENUMBUHAN BUDI PEKERTI UNTUK MENINGKATKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB BAGI SISWA SD NEGERI 2 BANGSRI Atiqul Bari
Tunas Nusantara Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.697 KB) | DOI: 10.34001/jtn.v1i1.1594

Abstract

Karya ini bertujuan memaparkan tentang gerakan penumbuhan budi pekerti untuk meningkatan sikap tanggung jawab. Berdasarkan analisis raport mutu bahwa pada dimensi sikap perlu adanya peningkatan sikap tanggung jawab sehingga dapat menciptakan sekolah yang berbudaya mutu. Gerakan penumbuhan budi pekerti dilakukan di SD Negeri 2 Bangsri tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dengan cara monitoring dan evaluasi. Teknik monitoring untuk mengetahui apakah program penumbuhan budi pekerti berjalan dengan baik. Teknik evaluasi menggunakan lembar observasi sikap tanggung jawab. Untuk indikator kinerja dalam gerakan penumbuhan budi pekerti minimal 70% meningkat pada sikap tanggung jawab. Instrumen penilaian diperoleh berdasarkan indikator sikap tanggung jawab. Dari hasil analisis data, rata-rata nilai sikap tanggung jawab adalah 80% atau berada pada kategori baik. Selain itu, siswa merespon positif terhadap gerakan penumbuhan budi pekerti. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa gerakan penumbuhan budi pekerti dapat meningkatkan sikap tanggung jawab bagi siswa SD Negeri 2 Bangsri.
Pemanfaatan Media Paper Display Koordinat Kartesius Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pokok Bahasan Menentukan Posisi Titik Dalam Sistem Koordinat Kartesius Nurwijayanti .
Tunas Nusantara Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.315 KB) | DOI: 10.34001/jtn.v1i1.1593

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini berjudul “Pemanfaatan Media Paper Display Koordinat Kartesius Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pokok Bahasan Menentukan Posisi Titik Dalam Sistem Koordinat Kartesius” yang dilaksanakan di SDN 2 Jatimulya Rangkasbitung Kelas VI. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Pada siklus I, diperoleh hasil dari 38 siswa hanya 12 siswa atau sebesar 31,58% yang dinyatakan tuntas sedangkan 26 siswa belum tuntas. Nilai rata-rata 48,95 dan skor aktivitas siswa 67,86. Siklus II, Sebanyak 22 siswa atau sebesar 57,89% siswa dinyatakan tuntas sedangkan sisanya sebanyak 16 siswa atau sebesar 42,11% masih belum tuntas. Nilai rata-rata 66,32 dan skor aktivitas siswa 78,57. Pada siklus III, nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 77,89. Seluruh siswa (100%) dinyatakan tuntas mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan untuk kompetensi dasar menentukan posisi dalam sistem koordinat Kartesius sebesar 70. Berdasarkan hasil yang didapat pada setiap siklus, nampak bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, maka dapat disimpulkan bahwa penyajian media paper display koordinat kartesius dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi menentukan titik koordinat pada sistem koordinat kartesius.
PENGGUNAAN MEDIA AQUAPONIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FILTRASI AIR PADA SISWA KELAS 6 SDN DINOYO 1 Istiqomah Aminin
Tunas Nusantara Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.003 KB) | DOI: 10.34001/jtn.v1i1.1581

Abstract

Pembelajaran tentang filtrasi air yang berlangsung selama ini masih menyebabkan hasil belajar rendah. Hal ini sesuai dengan hasil penilaian harian, sebanyak 61% siswa mendapat nilai dibawah Ketuntasan Belajar Minimal (KBM). Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan pemahaman dan hasil belajar tentang proses filtrasi air, dibuatlah media Aquaponik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan media Aquaponik dalam meningkatkan hasil belajar filtrasi air pada siswa kelas 6 SDN Dinoyo 1. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SDN Dinoyo 1 tahun 2016/2017 yang berjumlah 34 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, catatan anekdot, dokumentasi dan tes tulis. Indikator keberhasilan penelitian ini ditentukan melalui ketuntasan individual dan klasikal. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan pada akhir tindakan terjadi peningkatan hasil belajar filtrasi air.  Hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal diatas 78%. 
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEYAKINAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR Mohamad Hariyono
Tunas Nusantara Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.225 KB) | DOI: 10.34001/jtn.v1i1.1582

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: menguji efektivitas dari pembelajaran matematika model PMR terhadap keyakinan matematika dan kemampuan pemecahan masalah yang ditunjukkan dengan (1) diperolehnya rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah siswa nyang melampaui nilai KKM 70 dan lebih dari 75% dari seluruh siswa di kelas eksperimen mencapai nilai KKM, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diajarkan dengan model PMR dan kelas yang diajarkan dengan model ekspositori, artinya hasil tes kemampuan pemecahan masalah , (3) terdapat pengaruh antara keyakinan matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah  siswa pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di MI NU TBS Kudus. Desain penelitian ini adalah True Experimental Design dengan jenis Random Group Design. Data diambil dari lembar angket untuk mengukur keyakinan matematika siswa dan lembar tes kemampuan pemecahan masalah siswa kemudian diolah dengan uji ketuntasan, uji pengaruh regresi, dan  uji banding  kemampuan pemecahan masalah (KPM). Hasil penelitian menunjukkan: (a) siswa yang nilai pemecahan masalahnya lebih dari 70 (KKM) mencapai 90,24%, (b) keyakinan berpengaruh sebesar 88,0% terhadap KPM dan (c) rata-rata KPM kelas model PMR sebesar 81,83  lebih besar dari pada rata-rata KPM  kelas ekspositori 68,5.
Penerapan Media Kantong Ajaib Doraemon Untuk Meningkatkan Kompetensi Mengenal Sila-Sila Dan Lambang Pancasila Pada Siswa SD Kelas I Edwiga Rika Febrilianti
Tunas Nusantara Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.15 KB) | DOI: 10.34001/jtn.v1i1.1583

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas I SDN Gabahan Semarang, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran, diantaranya keterampilan guru rendah, aktivitas siswa rendah, dan hasil belajar siswa kompetensi mengenal sila-sila dan lambang Pancasila juga rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan penggunaan alat peraga kantong ajaib doraemon dalam kompetensi mengenal sila-sila dan lambang Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, meningkatkan aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan kantong ajaib doraemon.Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, masing- masing siklus 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 18 siswa kelas I SDN Gabahan Semarang. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Variabel penelitian ini adalah (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar. Simpulan penelitian ini adalah penerapan kantong ajaib doraemon dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada kompetensi mengenal sila-sila dan lambang Pancasila kelas I SDN Gabahan Semarang.

Page 1 of 1 | Total Record : 7