cover
Contact Name
Fisnia Pratami
Contact Email
pratamifisnia24@gmail.com
Phone
+6285273317482
Journal Mail Official
pratamifisnia24@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kotabaru Sukaraja, Buay Madang, OKU Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan 32161
Location
Kab. ogan komering ulu timur,
Sumatera selatan
INDONESIA
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Published by STKIP Nurul Huda
ISSN : -     EISSN : 27462684     DOI : -
Core Subject : Education,
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah Jurnal Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Nurul Huda yang berada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Nurul Huda. Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Jurnal program studi pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia yang berfokus pada kajian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia serta kajian bahasa dan sastra secara umum. Jurnal ini bersifat Open Acces dan dapat diunduh secara gratis. Jurnal ini terbit 1 (satu kali) kali dalam setahun, yaitu Oktober. Focus And Scope: Inovasi Pembelajaran: metode, model, strategi, pendekatan, pengembangan materi dan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kajian bahasa dan sastra murni: analisis aspek-aspek kebahasaan dan kesusastraan baik bahasa dan sastra Indonesia secara umum maupun bahasa dan sastra daerah, Penelitian bahasa dan sastra interdisipliner: kajian yang mengaitkan antara bahasa dan sastra dengan disiplin ilmu yang lain.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2023): Oktober Edition" : 7 Documents clear
Nilai-Nilai Perjuangan dalam Novel Sehidup Sesurga Denganmu Karya Asma Nadia Juli Yanti; Dedy Mardiansyah; Herni Fitriani
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 5 No. 2 (2023): Oktober Edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v5i2.2726

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai perjuangan dalam novel Sehidup Sesurga Denganmu karya Asma Nadia yang di mana setelah dideskripsikan nilai yang terkandung di dalam novel tersebut dapat ditanamkan kepada peserta didik agar tidak mudah menyerah dalam berjuang hingga dapat mencapai kesuksesan yang diinginkan. Hal tersebut dapat melalui sebuah karya sastra berupa novel. Contohnya pada saat pembelajaran dengan K.13 di kelas XII pada KD 3.9 yaitu menganalisis isi dan kebahasaan novel, dan kelas XII pada KD 4.9 merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang menggunakan metode desktiptif. Metode deskriptif ialah langkah yang diambil untuk memecahkan masalah yang akan diteliti dengan mendeskripsikan subjek atau objek penelitian (novel, cerpen, drama, puisi) berdasarkan bukti-bukti yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu baca, simak, dan catat sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis isi yaitu identifikasi, klasifikasi, analisis, dan deskripsi. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat nilai perjuangan yang dilakukan beberapa tokoh dalam novel Sehidup Sesurga Denganmu karya Asma Nadia berjumlah 31 data yang mencakup nilai rela berkorban 4 data, nilai persatuan 2 data, nilai harga menghargai 3 data, nilai sabar 5 data, nilai semangat pantang menyerah 11 data dan nilai kerja sama sebanyak 6 data. Nilai perjuangan dalam novel tersebut dapat dijadikan pedoman atau acuan bagi penikmat sastra dalam menjalani suatu perjuangan. 
Pertemuan Dua Samudera di Teluk Alaska: Sebuah Kajian Struktural Yulia Dwi Putriani; Dodi Firmansyah
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 5 No. 2 (2023): Oktober Edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v5i2.2752

Abstract

Penelitian memiliki tujuan mengidentifikasi dan menguraikan analisis struktural novel Teluk Alaska karya Eka Aryani. Sumber data pada penelitian ini didapat melalui sumber tertulis, yaitu novel Teluk Alaska ciptaan Eka Aryani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan teknik analisis data yaitu membuat ringkasan, mendeskripsikan elemen struktur pembangun yang ditampilkan dalam novel, menganalisis hubungan-hubungan antar elemen pembangun dan menarik kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini memaparkan (1) tema pembangun novel Teluk Alaska ciptaan Eka Aryani adalah tentang perundungan atau bullying, romansa, dan persahabatan. Jalan cerita yang digunakan dalam novel adalah campuran yaitu alur maju dan mudur. Pemeran utamanya yakni Anastasya Mysha, Alister Reygan, Bulan, Tasya, Alana, Iqbal, Andra, Tomy, Revalina, Hutomo, Diana, Bu Ai, Bi Asih, dan Sia. Latar tempat dalam novel adalah rumah, kelab, sekolah, halte bus, di bawah pohon rindang, jendela kamar, pemakaman, rumah pohon, perkemahan, jembatan kecil, hotel, dan rumah sakit. Latar waktu pada novel merupakan pagi hari dan malam hari. Latar suasana pada novel adalah romansa, sunyi, menegangkan, mengharukan, bahagia, dan sedih. Sudut pandang yang digunakan dalam novel adalah sudut pandang orang ke tiga. Amanat pada novel merupakan adanya perbedaan karakter bukanlah penghalang dalam menyatukan dua insan yang saling mencintai melainkan menjadi pelengkap kekurangan masing-masing. (2) Keterkaitan antar unsur pembangun dalam novel Teluk Alaska saling berkaitan dan menjadikannya suatu karya yang utuh dan digemari oleh pembaca. 
Pengembangan Media Interaktif Bahasa Indonesia Kelas X pada Materi Puisi Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Azizurohman; Suryani Suryani; Mardiah Hayati
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 5 No. 2 (2023): Oktober Edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v5i2.2787

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk pembelajaran berupa media interaktif berbasis Adobe Flash Professional CS6. Adobe Flash Professional CS6 adalah alat pengeditan yang digunakan pengembang dan desainer untuk membuat presentasi, aplikasi, dan konten yang melibatkan pemirsa dengan menampilkan audio dan video. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Reserch and Development). Tahapan pengembangan produk ini dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).  Hasil penelitian ini berupa produk media interkatif bahasa Indonesia kelas X berbasis Adobe Flas Pro Cs6 pada materi Puisi. Adapun uji kelayakan produk berupa media interaktif yang dilakukan pada ahli materi, ahli media, ahli praktisi, dan respon peserta didik. Hasil persentase dari para ahli tersebut yaitu ahli media 96,92%, ahli materi 93,33%, ahli praktisi 91,81%, dan respon peserta didik 84,8%. Dari jumlah persentase tersebut maka produk media interaktif bahasa Indonesia berbasis Adobe Flash Professional CS6 mendapat rata-rata persentase sebesar 91,71% dengan kriteria kelayakan “Sangat Layak”. 
Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Studi Kasus Menggunakan Video pada Pembelajaran Daring Lili Sadeli
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 5 No. 2 (2023): Oktober Edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v5i2.2806

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong mahasiswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran. Pembelajaran dengan studi kasus berbantu video pembelajaran pada pembelajaran daring diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Dengan menggunakan metode quasy experiment, penelitian ini melibatkan 75 mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeritas Pasundan. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan dari framework Ennis. Indikator berpikir kritis di antaranya; (1) membawa penjelasan yang bersifat elementer dari suatu masalah, (2) mengumpulkan informasi dasar, (3) membuat inferensi, (4) membawa penjelasan lebih lanjut, dan (5) sampai pada kesimpulan yang terbaik. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa secara signifikan (sig. 0.000) dengan N-gain sebesar 0,78 termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat direkomendasikan bahwa model studi kasus dengan berbantu video pada pembelajaran daring dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hal ini dapat dikembangkan di masa yang akan datang dengan mengadopsi berbagai model atau metode pembelajaran yang lebih inovatif. 
Analisis Kata Serapan Bahasa Asing pada Cerpen Kompas "Elisa Mengaku Kawin dengan Telepon Selulernya" Karya Zaenal Radar T Sugiarti Sugiarti; Sundari Sundari; Yusnita Anggraeni
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 5 No. 2 (2023): Oktober Edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v5i2.2816

Abstract

Bahasa merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia karena bahasa digunakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi  satu sama lain. Bahasa tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dan akan terus mengikuti perkembangan kehidupan manusia. Perkembangan zaman yang semakin modern juga mengarah pada perkembangan kosakata bahasa Indonesia. Salah satu ciri  bahasa Indonesia adalah munculnya kata serapan dari bahasa asing.  Bahasa Indonesia juga terus mengalami perubahan, terutama dalam hal kosakata. Bahasa asing yang mempengaruhi perkembangan kosakata bahasa Indonesia selain itu bahasa daerah adalah bahasa Sansekerta, Arab dan Inggris. Kata serapan adalah kata yang berasal dari bahasa asing atau bahasa daerah, yang kemudian digunakan dalam bahasa Indonesia. Fokus penelitian ini adalah menemukan dan menganalisis kata serapan dari cerpen karya Zaenal Radar T, Elisa Mengaku Kawin dengan Telepon Selulernya. Teknik pengumpulan data yang digunakan mengikuti langkah-langkah berikut: 1. mengidentifikasi isi cerita pendek yang terdapat kata serapan dari bahasa asing, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Jawa 2. mengklasifikasikan kata serapan dari bahasa asing 3. Analisis makna serapan dari bahasa asing, 4. Menguraikan hasil analisis bacaan dan teknik penarikan kesimpulan, teknik menyimak dan teknik mencatat. Selain itu, teknik analisis data meliputi identifikasi, klasifikasi, interpretasi dan deskripsi. Hasilnya adalah 2 kata serapan bahasa Jawa dan  21 kata bahasa Inggris.
Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Program Acara “Kick Andy” di Metro TV Lailatul Janah; Indah Sulmayanti; Yopi Novanda
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 5 No. 2 (2023): Oktober Edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v5i2.2843

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pematuhan kesantunan berbahasa dalam program acara “Kick Andy” di Metro TV, sesuai dengan rumusan masalah yaitu bagaimanakah penggunaan prinsip kesantunan berbahasa dalam program acara “Kick Andy” di Metro TV? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini memakai teknik pengumpulan data berupa teknik simak dan catat, dengan menggunakan teknik analisis reduksi data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian peneliti menemukan 61 data yang menerapkan prinsip kesantunan. Hal ini terlihat dari empat video yang diteliti oleh peneliti tayangan bulan Desember 2022, diantaranya: (1) Muda Berkarya di Desa, terdapat 16 maksim; (2) Benih Cinta dari Cinta, terdapat 10 maksim; (3) Air Kehidupan, terdapat 18 maksim; dan (4) Climb To The Top, terdapat 17 maksim. Berdasarkan hasil analisis maksim yang paling banyak digunakan yaitu maksim kedermawanan, maksim pujian, dan maksim kesepakatan. Hal ini menunjukkan dalam acara Kick Andy mengutamakan kesepakatan dalam berinteraksi. Selain mengutamakan kesepakatan dalam berinteraksi, narasumber yang diundang juga memiliki rasa jiwa berbagi yang tinggi. Bukan  hanya materi, tetapi juga berupa bantuan yang diberikan untuk membantu orang lain. Selain itu, Andi F.N sebagai pembawa acara juga banyak memberikan pujian kepada narasumber sehingga acara yang bawakan tidak monoton. 
Pengembangan E-Modul pada Materi Teks Cerita Pendek Kelas XI SMA Negeri 1 Belitang Jaya Rosa Sintia; Fisnia Pratami; Lailatul Fitriyah
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 5 No. 2 (2023): Oktober Edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v5i2.2846

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sumber pembelajaran modul elektronik “Menganalisis Unsur-Unsur Pembangun Teks Cerpen”. Proses penelitian ini antara lain: (1) Identifikasi potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Pengembangan desain produk, (4) Validasi desain, (5) Implementasi perubahan desain, dan (6) Melakukan pengujian produk. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara yang dilakukan kepada guru bahasa Indonesia kelas XI, dan penggunaan lembar validasi yang dibangun dengan skala likert. Selain itu, kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data mengenai validitas produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang melibatkan analisis deskriptif. Secara khusus, teknik ini melibatkan penghitungan rata-rata skor skala likert berdasarkan temuan analisis atau evaluasi yang dilakukan oleh para ahli. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengembangan produk bahan ajar e-modul telah terlaksana dengan sukses. (2) Penilaian terhadap berbagai aspek yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli praktisi, dan siswa menghasilkan penilaian yang positif terhadap produk bahan ajar yang dikembangkan. Secara spesifik penilaian ahli materi memperoleh persentase sebesar 86,6%, validasi ahli media mencapai 79%, validasi ahli praktisi memperoleh persentase sebesar 88%, dan penilaian siswa memperoleh skor sebesar 89,3%. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul yang dirancang untuk tujuan menganalisis unsur-unsur pembangun teks cerita pendek dianggap sesuai.  

Page 1 of 1 | Total Record : 7