cover
Contact Name
Yoga Pristyanto
Contact Email
infos@amikom.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
infos@amikom.ac.id
Editorial Address
Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Yogyakarta Jl. Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta Telp. (0274) 884 201 ext. 613
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Information System Journal (INFOS)
ISSN : 2655190X     EISSN : 2655142X     DOI : -
Core Subject : Science,
Sistem Informasi Decision Support System Financial Technology Multimedia AR/VR Application IT Governance UI/UX e-commerce
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2021): Information System Journal (INFOS)" : 8 Documents clear
PEMBUATAN ANIMASI 2D TERBENTUKNYA GUNUNG BERAPI DAN DAMPAK YANG DITIMBULKAN BAGI LINGKUNGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MOTION GRAFIK Amse Ambri; Alfie Nur Rahmi
Information System Journal Vol. 4 No. 2 (2021): Information System Journal (INFOS)
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/infosjournal.2021v4i2.666

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan kepadatan gunung berapi terbanyak didunia.beberapa gunung api diIndonesia mengalami peningkatan aktivitas. Masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 3km dari atas puncak gunung. Virus Corona Disease (Covid-19) menjadi perhatian seluruh dunia jumlah kasus yang meningkat diIndonesia membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk menetapkan protokol menjaga jarak interaksi social. Pengetahuan tentang bencana alam dan dampak yang ditimbulkan baik dari sisi positif dan negatif perlu dipahami oleh masyarakat. Pentingnya edukasi dari permasalahan gunung berapi sebagai salah satu bencana alam dan protocol kesehatan untuk menjaga jarak yang terjadi diIndonesia membuat penulis membuat “Animasi 2D Terbentuknya Gunung Berapi Dan Dampak Yang Ditimbulkan Bagi Lingkungan Menggunakan Teknik Motion Grafik”. Penggunaan animasi membantu menyederhanakan pesan, dengan adanya media ini diharapkan masyarakat dapat lebih mudah memahami proses terbentuknya gunung berapi dan dampat yang ditimbulkan oleh gunung berapi.
PERANCANGAN VIDEO ANIMASI 2D “METAMORFOSIS KATAK” MENGGUNAKAN TEKNIK MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Moch Farid Fauzi; Titaj Setio Wibowo
Information System Journal Vol. 4 No. 2 (2021): Information System Journal (INFOS)
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/infosjournal.2021v4i2.670

Abstract

Banyak pelajaran yang bisa dicontohkan langsung oleh alam dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Salah satunya berkaitan dengan makhluk hidup, seperti sebuah proses metamorfosis pada katak. Metamorfosis katak merupakan metamorfosis sempurna karena bentuk tubuhnya yang berbeda pada setiap fase metamorfosisnya. Proses pembelajaran metamorfosis katak akan lebih mudah dipahami oleh siswa jika disajikan dalam sebuah penjelasan dan contoh yang detail. Lembaga riset dan penelitian komputer, Computer Technology Research (CTR), menyatakan bahwa orang lebih mampu mengingat 80% dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus. Penulis bermaksud membuat video animasi 2D pada proses metamorfosis katak guna menunjang proses pembelajaran pada siswa agar dapat lebih mudah dalam menangkap pembelajaran karena disajikan dalam bentuk animasi dan juga dilengkapi dengan informasi yang detail. Animasi ini dibangun dengan menggunakan Adobe After Effect 2020 sebagai salah satu aplikasi utama dalam proses penganimasian dengan teknik motion graphic.
Sistem Pendukung Keputusan Diagnosa Penyakit dan Kegagalan Tumbuh Serta Pemilihan Jenis Pupuk pada Tanaman Kakao Menggunakan Metode Analytical Hierachy Proses Dandy Apviano Dandy; Nur aini aini
Information System Journal Vol. 4 No. 2 (2021): Information System Journal (INFOS)
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/infosjournal.2021v4i2.671

Abstract

Tanaman kakao merupakan tanaman tropis yang sangat cocok untuk budidaya tanah dan iklim Indonesia. Saat ini Kakao merupakan salah satu komoditas andalan perkebunan dan merupakan salah satu bidang usaha yang memberikan kesempatan kerja di Indonesia.Sistem pendukung keputusan ini dibuat untuk mempermudah dalam membudidayakan tanaman kakao agar menghasilkan buah yang berkualitas. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) berbasis web. Sistem ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada tanaman kakao seperti serangan penyakit/hama, gagal tumbuh, dan pemilihan jenis pupuk yang tepat.Hasil akhir dari penelitian ini adalah terciptanya sistem pengambilan keputusan yang dapat menentukan penyakit/hama, penyebab/akibat gagal tumbuh, dan pemilihan jenis pupuk yang tepat untuk tanaman kakao.
SISTEM PERAMALAN PENJUALAN KALUNG JENITRI PADA JENITRI RIYADI KALIPURU DESA PUJOTIRTO KEBUPATEN KEBUMEN Rinda; Supriatin upie; Firman Asharudin
Information System Journal Vol. 4 No. 2 (2021): Information System Journal (INFOS)
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/infosjournal.2021v4i2.675

Abstract

Penjualan jenitri setiap tahunnya mengalami perkembangan yang pesat terutama untuk kalung jenitri. Oleh karena itu, banyak pengusaha jenitri yang ingin meramalkan jumlah penjualan. Jenitri Riyadi Kalipuru merupakan salah satu toko yang melakukan penjualan kalung jenitri. Jumlah penjualan kalung jenitri mencapai lebih dari 100 kalung setiap bulannya. Permasalahan yang dihadapi oleh Jenitri Riyadi Kalipuru yaitu pemilik usaha tidak dapat meliihat perkembangan usahanya, terjadi kekurangan atau kelebihan persediaan dan laporan penjualan berbentuk konvensional.Data pada penelitian ini menggunakan data penjualan kalung jenitri bulan Januari 2018 sampai Agustus 2020 dengan metode perhitungan yang digunakan adalah Single Moving Average (SMA). Rata-rata bergerak tunggal atau Single Moving Average adalah suatu metode peramalan yang dilakukan dengan mengambil sekelompok nilai pengamatan, mencari nilai rata-rata tersebut sebagai ramalan untuk periode yang akan datang. Selain itu, metode pengembangan sistem menggunakan Agile Development. Hasil dari penelitian ini adalah sistem peramalan penjualan jumlah kalung jenitri. Hasil dari implementasi metode single moving average adalah peramalan bulan September 2020. Peramalan penjualan jumlah kalung jenitri dengan 3 periode adalah 207 kalung. Tingkat keakuratan peramalan dihasilkan menggunakan MAD dan MAPE. Dengan nilai MAD 43.021 dan MAPE 0.181 (18%).
Penelitian PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK UNTUK KLASIFIKASI JENIS KELAMIN BERDASARKAN CITRA WAJAH Haris Anggriawan; Nor Hikmah
Information System Journal Vol. 4 No. 2 (2021): Information System Journal (INFOS)
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/infosjournal.2021v4i2.679

Abstract

In this study, the 2DPCA feature extraction method and SOM classification were used to classify human sex based on facial images. The trial was conducted on 100 facial images consisting of 50 male facial images and 50 female facial images. The 100 facial image data used were divided into 70 training data and 30 test data. Based on the test results, the best accuracy obtained is 86.67% using a start learning rate of 0.6 and a maximum iteration of 10000. level of accuracy, where a larger maximum iteration value results in a higher level of accuracy.
Analisis Sentimen Mengenai Vaksin Sinovac Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM) dan K-Nearest Neighbor (KNN) Anna Baita; Yoga Pristyanto; Nuri Cahyono
Information System Journal Vol. 4 No. 2 (2021): Information System Journal (INFOS)
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/infosjournal.2021v4i2.687

Abstract

Pandemi COVID-19 yang bermula di Wuhan, Tiongkok, saat ini menjadi pandemi yang terjadi di berbagai negara di seluruh dunia. Upaya vaksinasi dilakukan untuk mengurangi tingkat penyebaran dari virus COVID-19. Pemberian vaksin memberikan dampak yang berbeda-beda, sehingga menimbulkan berbagai opini terhadap pemberian vaksin ini. Sentimen analisis dapat digunakan untuk mengalisa opini masyarakat terhadap pemberian vaksin ini. Dalam penelitian ini menggunakan algoritma SVM dan KNN untuk melakukan analisa mengenai sentimen masyarakat terhadap pemberian vaksin ini. Adapun opini di dapatkan dari aplikasi twitter dengan keyword sinovac. Dataset yang digunakan merupakan cuitan dalam bahasa Inggris. Proses pelabelan teks dilakukan secara otomatis menggunakan textblob. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma SVM memiliki performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan algoritma KNN. Akurasi algoritma SVM sebesar 0.7, sedangkan akurasi algoritma KNN sebesar 0.56.
PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE BRINGHARJO QR SHOP Ria Andriani; Fania Ellysabeth; Jeki Kuswanto
Information System Journal Vol. 4 No. 2 (2021): Information System Journal (INFOS)
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/infosjournal.2021v4i2.688

Abstract

UPT. Pusat Bisnis Pasar Bringharjo merupakan pusat pengelolaan kios yang berada di Jl. Margo Mulyo No. 16, Ngupasan, Kec Gondomanan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satunya fastfood yang berada di lantai tiga pasar Bringharjo Timur. Tempat makan yang terdapat di pasar Bringharjo sendiri masih menggunakan metode manual. Dimana para pengunjung akan mengantri ketika hendak memesan makanan, memilih makanan kemudian membayar total pembelanjaan di meja kasir. Di masa pandemi ini, mengantri sangat rentan dalam penyebaran virus Covid19 yang sedang melanda dunia, termasuk Indonesia. Tujuan dari perancangan ini ialah untuk menghasilkan desain user interface dan user experience untuk mempermudah pengunjung fastfood pasar Bringharjo dalam bertransaksi, sekaligus membantu mencegah penyebaran Covid19. Perancangan ini menggunakan metode User-Centered Design (UCD) sebagai proses pemecahan masalah. Metode ini menyesuaikan karakteristik pengguna selama proses perancangan dan diseimbangi dengan konteks serta lingkungan. Selain itu, pengguna berperan dalam mengoperasikan sistem dan menentukan persyaratan yang terdapat pada rancangan user interface dan user experience. Hasil akhir pada penelitian ini ialah rekomendasi user interface dan user experience aplikasi prototype Bringharjo Qr Shop yang memberikan pengalaman bertransaksi aman dan nyaman bagi pengunjung, serta memenuhi kebutuhan informasi yang pengunjung perlukan.
ALGORITMA OPTIMASI CHAOS PADA HOPFIELD NETWORK MODIFIKASI UNTUK PERSAMAAN NONLINEAR rina sari
Information System Journal Vol. 4 No. 2 (2021): Information System Journal (INFOS)
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/infosjournal.2021v4i2.693

Abstract

Kriptanalisis dapat digunakan untuk menguji keamanan kriptografi. Keamanan kriptografi ada pada sulitnya memecahkan permasalahan matematika. Pada kriptografi kunci public salah satunya adalah mencari akar untuk menyelesaikan system persamaan polynomial. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan Algoritma Optimasi Chaos dan Hopfield Network Modifikasi. Hasil penelitian menunjukkan Algoritma Optimasi Chaos dan Hopfield Network Modifikasi lebih baikdari pada Newton Raphson. Karena nilai awal yang diberikan pada Hopfield Network Modifikasi selalu dekat dengan solusi dan memberi hasil yang akurat.

Page 1 of 1 | Total Record : 8