cover
Contact Name
Kamal
Contact Email
assegafkamal@gmail.com
Phone
+6281341108090
Journal Mail Official
assegafkamal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Di Ponegoro No 14
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Trend : Pemasaran, Produksi, Keuangan, SDM, Akuntansi dan Sistem Informasi Manajemen
Published by Universitas Alkhairaat
ISSN : 2088107X     EISSN : 27226565     DOI : https://doi.org/10.31970/trend.v8i2.193
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi Trend : Pemasaran, Produksi, Keuangan, SDM, Akuntansi dan Sistem Informasi ManajemenJurnal Trend adalah jurnal yang terbit dua kali dalam satu tahun, jurnal ini di terbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat, jurnal ini merupakan hasil riset dalam dunia Ekonomi Manajemen, mencakup Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Sumber Daya Manusia.Jurnal Trend adalah jurnal yang berada di bawah program studi Manajemen yang telah diterbitkan semenjak tahun 2012. Jurnal Trend adalah media publikasi ilmiah berisi hasil-hasil penelitian, kajian, pemikiran, dan analisis kritis mengenai kebijakan di bidang ekonomi, Fakultas Ekonomi  Universitas Alkhairaat menerbitkan JKE sebagai media bagi para akademisi untuk mengkomunikasikan berbagai penelitian, kajian, pemikiran, dan analisis kritis terhadap kebijakan ekonomi.ISSN ONLINE : 2722-6565ISSN CETAK : 2088-107X
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2013)" : 4 Documents clear
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) GO PUBLIK Akhmad Akhmad
Jurnal Ekonomi Trend Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v2i1.30

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui Kinerja keuangan PT.Asuransi Jiwasraya Tahun 2010-2012 berdasarkan Rasio Likuiditas. (2). Untuk mengetahui Kinerja Keuangan PT. Asuransi Jiwasraya tahun 2010-2012 berdasarkan Rasio Solvabilitas. (3). Untuk Mengetahui Kinerja Keuangan PT. Asuransi Jiwasraya tahun 2010-2012 beradasrkan Rasio Rentabilitas. Adapun hasil-hasil dari penelitian yaitu rasio – rasio likuiditas selama periode penelitian dari tahun 2010 – 2012 terlihat mengalami peningkatan. Dimana nilai current ratio pada awal periode penelitian pada tahun 2010 sebesar 2,4kemudian meningkat menjadi 2,7 pada akhir periode penelitian di tahun 2012. Sedangkan dengan nilai cash ratio pada tahun 2010 sebesar 51,9 turun menjadi 29,7 pada tahun 2012.Dilihat dari rasio – rasio leverage selama periode penelitian dari tahun 2010– 2012 terlihat nilai total debt to equity ratioawal periode penelitian pada tahun 2010 sebesar 6,2 kemudian turun menjadi 4,6 pada akhir periode penelitian di tahun 2012, peningkatan total debt to equity ratiomenunjukkan penurunan kemampuan perusahaan karena terjadi peningkatan kewajiban yang lebih besar dibanding peningkatan aktiva . Begitu pula dengan total debt to total assetratiopada tahun 2010 sebesar 0,9 menjadi sebesar 0.8 pada tahun 2012.Dilihat dari rasio – rasio rentabilitas selama periode penelitian dari tahun 2010 – 2012 terlihat nilai gross profit margin awal periode penelitian pada tahun 2010 sebesar 16% kemudian turun menjadi 15% pada akhir periode penelitian di tahun 2012, hal ini menandakan terjadi penurunan kinerja perusahaan dalam menghasilkan laba kotor dimana persentase laba kotor dalam penjualan mengalami penurunan. Sedangkan dengan nilai net profit margin pada tahun 2010 sebesar 20% menjadi 16% pada tahun 2012.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA BANK RAKYAT INDONESIA UNIT TATURA KOTA PALU Marjun Marjun
Jurnal Ekonomi Trend Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v2i1.31

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui kualitas layanan yang terdiri dari realibility, responsiveness, assurance, emphaty, tangible secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tatura Kota Palu.(2). Untuk mengetahui realibility berpengaruh terhadap berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PTBank Rakyat Indonesia Unit Tatura Kota Palu. (3). Untuk mengetahui responsiveness berpengaruh terhadap berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tatura Kota Palu. (4). Untuk mengetahui assurance berpengaruh terhadap berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tatura Kota Palu. (5). Untuk mengetahui emphaty berpengaruh terhadap berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PTBank Rakyat Indonesia Unit Tatura Kota Palu. (6). Untuk mengetahui tangible berpengaruh terhadap berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tatura Kota Palu. Adapun hasil penelitian yang di dapatkan dilapangan bahwa nilai adjust (R-Square/R2)sebesar0.985 menunjukkan bahwa kehandalan (X1), ketanggapan (X2), keyakinan (X3), empati (X4), berwujud (X5) mempunyai pengaruh sebesar 98% terhadap loyalitas nasabah, sedangkan selebihnya 2% dijelaskan variabel - variabel lainnya diluar dan variabel dalam model penelitian.
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) CABANG KOTA PALU Abd Rahman
Jurnal Ekonomi Trend Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v2i1.32

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kepuasaan Kerja dan Komitmen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kota Palu. (2). Untuk mengetahui dan menganalisis Kepuasaan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kota Palu. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis Komitmen berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kota Palu. Adapun hasil penelitian yang di dapatkan dilapangan bahwa nilai adjust (R-Square/R2)sebesar0.712 menunjukkan bahwa Kedisplinan Kerja danKomitmen kerja mempunyai pengaruh sebesar 71 % terhadap Kinerja Karyawan, sedangkan selebihnya 29 % dijelaskan variabel - variabel lainnya diluar dan variabel dalam model penelitian. Kepuasan kerja dan Komitmen kerja secara simultan berpengaruh siginifikan terhadap Kinerja karyawan pada Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Kota Palu, hipotesis pertama dinyatakan terbukti.Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja karyawan pada Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Kota Palu, hipotesis kedua dinyatakan terbukti. Komitmen kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja karyawan pada Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Kota Palu, hipotesis kedua dinyatakan terbukti.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN JASA PEGADAIAN KABUPATEN MOROWALI (STUDI DESA MATAN SALA) Muhammad Umar
Jurnal Ekonomi Trend Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v2i1.33

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengkaji dan menganalisis tarif, pelayanan, promosi,dan citra secara simultan berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian di desa Matan Sala Kabupaten Morowali.(2) Untuk mengkaji dan menganalisis tarif berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian di desa Matan Sala Kabupaten Morowali.(3) Untuk mengkaji dan menganalisis pelayanan berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian di desa Matan Sala Kabupaten Morowali.(4) Untuk mengkaji dan menganalisis promosi berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian di desa Matan Sala Kabupaten Morowali. (5) Untuk mengkaji dan menganalisis citra berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian di desa Matan Sala Kabupaten Morowali(6) Untuk mengkaji dan menganalisis faktor manakah yang dominan berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian di desa Matan Sala Morowali. Adapun hasil penelitian yang di dapatkan dilapangan bahwa nilai adjust (R-Square/R2)sebesar0.860 menunjukkan bahwa tarif (X1), promosi (X2), pelayanan (X3)dan citra (X4) mempunyai pengaruh sebesar 86% terhadap keputusan nasabah, sedangkan selebihnya 14% dijelaskan variabel - variabel lainnya diluar dan variabel dalam model penelitian. Tarif/premi, promosi, pelayanan dan citra secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pada Pegadaian Di Desa Matan Sala, hipotesis pertama dinyatakan terbukti. Tarif/premi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pada Pegadaian Di Desa Matan Sala, hipotesis kedua dinyatakan terbukti. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pada Pegadaian Di Desa Matan Sala, hipotesis ketiga dinyatakan terbukti. Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pada Pegadaian Di Desa Matan Sala, hipotesis keempat dinyatakan terbukti. Citra berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pada Pegadaian Di Desa Matan Sala, hipotesis kelima dinyatakan terbukti. Faktor yang paling berpengaruh adalah pelayanan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pada Pegadaian Di Desa Matan Sala, hipotesis keenam dinyatakan tidak terbukti.

Page 1 of 1 | Total Record : 4