cover
Contact Name
Kamal
Contact Email
assegafkamal@gmail.com
Phone
+6281341108090
Journal Mail Official
assegafkamal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Di Ponegoro No 14
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Trend : Pemasaran, Produksi, Keuangan, SDM, Akuntansi dan Sistem Informasi Manajemen
Published by Universitas Alkhairaat
ISSN : 2088107X     EISSN : 27226565     DOI : https://doi.org/10.31970/trend.v8i2.193
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi Trend : Pemasaran, Produksi, Keuangan, SDM, Akuntansi dan Sistem Informasi ManajemenJurnal Trend adalah jurnal yang terbit dua kali dalam satu tahun, jurnal ini di terbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat, jurnal ini merupakan hasil riset dalam dunia Ekonomi Manajemen, mencakup Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Sumber Daya Manusia.Jurnal Trend adalah jurnal yang berada di bawah program studi Manajemen yang telah diterbitkan semenjak tahun 2012. Jurnal Trend adalah media publikasi ilmiah berisi hasil-hasil penelitian, kajian, pemikiran, dan analisis kritis mengenai kebijakan di bidang ekonomi, Fakultas Ekonomi  Universitas Alkhairaat menerbitkan JKE sebagai media bagi para akademisi untuk mengkomunikasikan berbagai penelitian, kajian, pemikiran, dan analisis kritis terhadap kebijakan ekonomi.ISSN ONLINE : 2722-6565ISSN CETAK : 2088-107X
Articles 116 Documents
ANALISIS PENGELOLAAN DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS PADA KABUPATEN PARIGI MOUTONG Akhmad Akhmad
Jurnal Ekonomi Trend Vol 1 No 2 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v1i2.26

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mnegethaui dan menganalisis pengelolaan Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus Pada Kabupaten Parigi Moutong. Efektifitas pengelolaan dana alokasi umum menunjukkan persentase cukup efektif, hal ini nampak dari perbandingan antara target dan realisasi sama dengan satu atau persentase yang dihasilkan sebesar 100%, sehingga dapat dikatakan bahwa penerimaan dana tersebut efektif.Efisiensi pengelolaan pendapatan asli daerah terhadap belanja daerah yang dilakukan oleh Kabupaten Parigi Moutong tahun 2009 sebesar 10.6% dengan kategori tidak efisien. Tahun 2010 besarnya efeisiensi sebesar 97.9% dengan kategori tidak efisiensi. Tahun 2011 besarnya efisiensi belanja daerah terhadap pendapatan daerah Kabupaten Parigi Moutong sebesar 90%.Besarnya kontribusi Dana Alokasi Umum terhadap Pendapatan daerah pada Kabupaten Parigi Moutong selama tiga tahun terakhir mengalami mengalami penurunan, tahun 2009 besarnya kontribusi sebesar 73%, tahun 2010 mengalami penurunan 69% dan tahun 2011 besarnya kontribusi sebesar 66%, yang artinya menunjukkan ketergantuangan kepada pemerintah pusat semakin berkurang.
ANALISIS KEPUASAN NASABAH PADA BANK MANDIRI CABANG KABUPATEN MOROWALI Marjun Marjun
Jurnal Ekonomi Trend Vol 1 No 2 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v1i2.27

Abstract

Tujuan penelitian ini: untuk mengetahui dan menganalisis keunggulan produk, rasa percaya, kualitas layanan, dan citra perusahaan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah pada PT. Bank Mandiri Kantor Cabang Kabupaten Morowali.Untuk mengetahui dan menganalisis faktor manakah yang berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah pada PT. Bank Mandiri Kantor Cabang Kabupaten Morowali.Metode analisis menggunakantabel frekuensi dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang melakukan transaksi dan dilakukan secara purposive sampling sebanyak 70 orang di mana responden yang sudah menjadi nasabah selama 5 tahun.
PENGARUH PENGALAMAN KERJADAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KESEHATAN KABUPATEN PARIGI MOUTONG Abd Rahman
Jurnal Ekonomi Trend Vol 1 No 2 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v1i2.28

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Mengetahui pengaruh pengalaman kerja dan semangat kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong. (2). Mengetahui pengaruh pengalaman kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong. (3). Mengetahui pengaruh semangat kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong. Adapun hasil penelitian yang di dapatkan dilapangan bahwa nilai adjust (R-Square/R2)sebesar 0.278 menunjukkan bahwa pengalaman kerja dan semangat kerja mempunyai pengaruh sebesar 27% terhadap kinerja pegawai sedangkan selebihnya 73% dijelaskan variabel - variabel lainnya diluar dan variabel dalam model penelitian. Pengalaman kerja dan semangat kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada kantor Dinas Kesehatan kabupaten Parigi Moutong hipotesis pertama dinyatakan terbukti. Pengalaman kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada kantor Dinas Kesehatan kabupaten Parigi Moutong, hipotesis kedua dinyatakan terbukti. Semangat kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada kantor Dinas Kesehatan kabupaten Parigi Moutong, hipotesis ketiga dinyatakan terbukti.
PERANAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA PT. COLUMBUS KABUPATEN PARIGI MOUTONG Muhammad Umar
Jurnal Ekonomi Trend Vol 1 No 2 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v1i2.29

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peranan strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan PT. Columbus Kabupaten Parigi MoutongDeskripsi Strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan PT. Columbus Cabang Kabupaten Parigi Moutong adalah strategi stabilitas (stability). Yaitu yaitu menekankan pada tidak bertambahnya produk, pasar dan fungsi- fungsi perusahaan, lebih pada upaya peningkatan efesiensi dalam rangka peningkatan kinerja dan keuntungan. Strategi ini relatif memiliki resiko yang rendah dan biasanya dilakukan produk yang tengah dalam posisi kedewasaan (Maturity). Posisi kedewasaan tahap penurunan terlihat pada penjualan absolut PT. Columbus Cabang Kabupaten Parigi Moutong mulai menurun. Hal tersebut juga tampak dari promosi yang dilakukan yang masih diimplementasikan secara tradisional hanya sebatas dari mulut ke mulut pembeli, padahal pada kenyataannya persaingan dari luar perusahaan akan dapat terjadi kapan saja dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti internet
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) GO PUBLIK Akhmad Akhmad
Jurnal Ekonomi Trend Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v2i1.30

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui Kinerja keuangan PT.Asuransi Jiwasraya Tahun 2010-2012 berdasarkan Rasio Likuiditas. (2). Untuk mengetahui Kinerja Keuangan PT. Asuransi Jiwasraya tahun 2010-2012 berdasarkan Rasio Solvabilitas. (3). Untuk Mengetahui Kinerja Keuangan PT. Asuransi Jiwasraya tahun 2010-2012 beradasrkan Rasio Rentabilitas. Adapun hasil-hasil dari penelitian yaitu rasio – rasio likuiditas selama periode penelitian dari tahun 2010 – 2012 terlihat mengalami peningkatan. Dimana nilai current ratio pada awal periode penelitian pada tahun 2010 sebesar 2,4kemudian meningkat menjadi 2,7 pada akhir periode penelitian di tahun 2012. Sedangkan dengan nilai cash ratio pada tahun 2010 sebesar 51,9 turun menjadi 29,7 pada tahun 2012.Dilihat dari rasio – rasio leverage selama periode penelitian dari tahun 2010– 2012 terlihat nilai total debt to equity ratioawal periode penelitian pada tahun 2010 sebesar 6,2 kemudian turun menjadi 4,6 pada akhir periode penelitian di tahun 2012, peningkatan total debt to equity ratiomenunjukkan penurunan kemampuan perusahaan karena terjadi peningkatan kewajiban yang lebih besar dibanding peningkatan aktiva . Begitu pula dengan total debt to total assetratiopada tahun 2010 sebesar 0,9 menjadi sebesar 0.8 pada tahun 2012.Dilihat dari rasio – rasio rentabilitas selama periode penelitian dari tahun 2010 – 2012 terlihat nilai gross profit margin awal periode penelitian pada tahun 2010 sebesar 16% kemudian turun menjadi 15% pada akhir periode penelitian di tahun 2012, hal ini menandakan terjadi penurunan kinerja perusahaan dalam menghasilkan laba kotor dimana persentase laba kotor dalam penjualan mengalami penurunan. Sedangkan dengan nilai net profit margin pada tahun 2010 sebesar 20% menjadi 16% pada tahun 2012.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA BANK RAKYAT INDONESIA UNIT TATURA KOTA PALU Marjun Marjun
Jurnal Ekonomi Trend Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v2i1.31

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui kualitas layanan yang terdiri dari realibility, responsiveness, assurance, emphaty, tangible secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tatura Kota Palu.(2). Untuk mengetahui realibility berpengaruh terhadap berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PTBank Rakyat Indonesia Unit Tatura Kota Palu. (3). Untuk mengetahui responsiveness berpengaruh terhadap berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tatura Kota Palu. (4). Untuk mengetahui assurance berpengaruh terhadap berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tatura Kota Palu. (5). Untuk mengetahui emphaty berpengaruh terhadap berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PTBank Rakyat Indonesia Unit Tatura Kota Palu. (6). Untuk mengetahui tangible berpengaruh terhadap berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tatura Kota Palu. Adapun hasil penelitian yang di dapatkan dilapangan bahwa nilai adjust (R-Square/R2)sebesar0.985 menunjukkan bahwa kehandalan (X1), ketanggapan (X2), keyakinan (X3), empati (X4), berwujud (X5) mempunyai pengaruh sebesar 98% terhadap loyalitas nasabah, sedangkan selebihnya 2% dijelaskan variabel - variabel lainnya diluar dan variabel dalam model penelitian.
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) CABANG KOTA PALU Abd Rahman
Jurnal Ekonomi Trend Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v2i1.32

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kepuasaan Kerja dan Komitmen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kota Palu. (2). Untuk mengetahui dan menganalisis Kepuasaan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kota Palu. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis Komitmen berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kota Palu. Adapun hasil penelitian yang di dapatkan dilapangan bahwa nilai adjust (R-Square/R2)sebesar0.712 menunjukkan bahwa Kedisplinan Kerja danKomitmen kerja mempunyai pengaruh sebesar 71 % terhadap Kinerja Karyawan, sedangkan selebihnya 29 % dijelaskan variabel - variabel lainnya diluar dan variabel dalam model penelitian. Kepuasan kerja dan Komitmen kerja secara simultan berpengaruh siginifikan terhadap Kinerja karyawan pada Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Kota Palu, hipotesis pertama dinyatakan terbukti.Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja karyawan pada Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Kota Palu, hipotesis kedua dinyatakan terbukti. Komitmen kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja karyawan pada Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Kota Palu, hipotesis kedua dinyatakan terbukti.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN JASA PEGADAIAN KABUPATEN MOROWALI (STUDI DESA MATAN SALA) Muhammad Umar
Jurnal Ekonomi Trend Vol 2 No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v2i1.33

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengkaji dan menganalisis tarif, pelayanan, promosi,dan citra secara simultan berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian di desa Matan Sala Kabupaten Morowali.(2) Untuk mengkaji dan menganalisis tarif berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian di desa Matan Sala Kabupaten Morowali.(3) Untuk mengkaji dan menganalisis pelayanan berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian di desa Matan Sala Kabupaten Morowali.(4) Untuk mengkaji dan menganalisis promosi berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian di desa Matan Sala Kabupaten Morowali. (5) Untuk mengkaji dan menganalisis citra berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian di desa Matan Sala Kabupaten Morowali(6) Untuk mengkaji dan menganalisis faktor manakah yang dominan berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian di desa Matan Sala Morowali. Adapun hasil penelitian yang di dapatkan dilapangan bahwa nilai adjust (R-Square/R2)sebesar0.860 menunjukkan bahwa tarif (X1), promosi (X2), pelayanan (X3)dan citra (X4) mempunyai pengaruh sebesar 86% terhadap keputusan nasabah, sedangkan selebihnya 14% dijelaskan variabel - variabel lainnya diluar dan variabel dalam model penelitian. Tarif/premi, promosi, pelayanan dan citra secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pada Pegadaian Di Desa Matan Sala, hipotesis pertama dinyatakan terbukti. Tarif/premi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pada Pegadaian Di Desa Matan Sala, hipotesis kedua dinyatakan terbukti. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pada Pegadaian Di Desa Matan Sala, hipotesis ketiga dinyatakan terbukti. Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pada Pegadaian Di Desa Matan Sala, hipotesis keempat dinyatakan terbukti. Citra berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pada Pegadaian Di Desa Matan Sala, hipotesis kelima dinyatakan terbukti. Faktor yang paling berpengaruh adalah pelayanan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa pada Pegadaian Di Desa Matan Sala, hipotesis keenam dinyatakan tidak terbukti.
PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN KECAMATAN BALINGGI SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN KABUPATEN PARIGI MOUTONG Akhmad Akhmad
Jurnal Ekonomi Trend Vol 2 No 2 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v2i2.34

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui efektifitas penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Kecamatan Balinggi dalam meningkatkan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Kabupaten Parigi Moutong; (2). Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Kecamatan Balinggi terhadap penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Kabupaten Parigi Moutong. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: Tahun 2010 penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Kecamatan Balinggi sebesar 64,21% dengan kategori kurang efektif dan 9% dengan kategori sangat efisien, Tahun 2011 penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Kecamatan Balinggi sebesar 84,21% dengan kategori cukup efektif dan 9% dengan kategori sangat efisien, dan Tahun 2012 penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Kecamatan Balinggi sebesar 85,34% dengan kategori cukup efektif dan 9% dengan kategori sangat efisien. Besarnya kontribusi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Kecamatan Balinggi tahun 2010 sebesar 7.07 %, tahun 2011 dan 2012 sebesar 11.5%.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PADA PT. KALLA TOYOTA CABANG KABUPATEN MOROWALI Marjun Marjun
Jurnal Ekonomi Trend Vol 2 No 2 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v2i2.35

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk melihat sejauh mana pengaruh faktor (pelayanan, kualitas produk, harga, promosi) mempengaruhi keputusan konsumen membeli pada PT. Kalla Toyota Cabang Kabupaten Morowali. (2) Untuk menganalisis faktor yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen produk elektronik PT. Kalla Toyota Cabang Kabupaten Morowali.Adapun hasil penelitian yang di dapatkan dilapangan bahwa nilai adjust (R-Square/R2)sebesar0.965 menunjukkan bahwa pelayanan (X1), kualitas produk (X2), harga (X3) dan promosi (X4) mempunyai pengaruh sebesar 96% terhadap kepuasan konsumen, sedangkan selebihnya 4% dijelaskan variabel - variabel lainnya diluar dan variabel dalam model penelitian. faktor (pelayanan, kualitas produk, harga, dan promosi) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan dari hasil uji parsial ternyata kualitas pelayanan , produk, harga, dan promosi dan pelayanan dapatlah dikatakan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dengan demikian hipotesis pertama terbukti.

Page 1 of 12 | Total Record : 116