cover
Contact Name
nursyamsu
Contact Email
jurnaljiebi@iainpalu.ac.id
Phone
+6285326312012
Journal Mail Official
jurnaljiebi@iainpalu.ac.id
Editorial Address
Jl. Diponegoro No. 23 Kota Palu
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
JIEBI
ISSN : -     EISSN : 26866633     DOI : https://doi.org/10.24239/jiebi.v1i2.14.110-128
(JIEBI) Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam accepts original manuscripts in the field of Islamics Economics, including research reports, case reports, application of theory, critical studies, and literature reviews. The spread of Islamic Economics include (but not limited to): 1. Islamic Finance and Capital Market 2. Islamic Banking 3. Management of Islamic Business, Entrepreneurship, and Tourism 4. Islamic Accounting and Islamic Reporting 5. Islamic Risk Management and Sharia Insurance 6. Islamic Social Finance 7. Halal Industry
Articles 44 Documents
Potensi Industri Produk Makanan Halal Di Kota Palu Nurdin Nurdin; Novia Novia; Arif Rahman; Ririn Suhada
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.582 KB) | DOI: 10.24239/jiebi.v1i1.1.1-12

Abstract

Industri makanan yang bersertifikasi halal sudah semakin menjadi kebutuhan bagi masyarakat Muslim. Pemerintah di berbagai daerah semakin mendorong pengusaha untuk menngurus sertifikat halal bagi produk mereka. Kota Palu sebagai salah satu kota yang berpenduduk mayoritas Muslim dan juga memiliki jumlah usaha kecil yang paling banyak bergerak di bidang makanan dapat menjadi peluang peningkatan jumlah produk halal yang bersertifikasi halal. Namun saat ini belum ada penelitian yang melakukan seberapa besar potensi industri produk halal di Kota Palu. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan bahan-bahan tertulis, dipereoleh hasil bahwa potensi industri makanan untuk tumbuh menjadi insdustri halal semakin tinggi. Sejumlah informan mengakui bahwa mereka sangat ingin mengurus sertifikat halal bagi produk mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kurangnya informasi yang diterima sedalam ini terkait proses pengurusan sertifikat halal merupakan masalah utama yang menghambat pengusaha mengurus sertifikat halal. Ke depan juga perlu ada penelitian lanjutan terhadap pengaruh masa berlaku sertifikat halal dengan minat mengurus sertifikat halal oleh industri kecil di bidang makanan karena ada indikasi pengusaha menginginkan masa berlaku serifikat yang lebih lama.
Efektivitas Penghimpunan Zakat Profesi Oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sulawesi Tengah Abd Hakim B. Saleh; Hilal Malarangan; Irham Pakawaru
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.64 KB) | DOI: 10.24239/jiebi.v1i1.2.13-28

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji efektifitas penghimpunan zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data yang Penulis gunakan melalui penelitian kualitatif, dalam pengolahan dan analisa data Penulis menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan Zakat Profesi yang dihimpun oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sulawesi Tengah belum begitu efektiv dan memiliki permasalah yang beragam. Ketidak efektivan penghimpunan zakat profesi yang dilakukan BAZNAS Provinsi Sulawesi Tengah disebabkan beberapa faktor berupa sosialisasi yang kurang maksimal, minimnya kesadaran masyarakat, minimnya biaya operasional, serta regulasi tentang zakat yang belum memiliki status hukum yang kuat sebagai dasar untuk memnghimpun zakat kepada masyarakat khususnya dalam hukum positif.
Pengelolaan Dana Wakaf oleh Alkhairaatdi Kota Palu Triska Rosmala; Nursyamsu Nursyamsu; Ahmad Haekal
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.815 KB) | DOI: 10.24239/jiebi.v1i1.3.29-41

Abstract

Alkhairaat merupakan salah satu penyelenggara pendidikan berbasis masyarakat yang melibatkan masyarakat dalam sistem pendidikan nasional melalui wakaf. Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui pengelolaan dana wakaf oleh Pengurus Besar Alkhairaat di Kota Palu; dan (b) mengetahui efisiensi pengelolaan dana wakaf oleh Pengurus Besar Alkhairaat di Kota Palu. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah (a) metode deskripsi untuk menggambarkan manajemen keuangan pada objek penelitian; dan (b) metode analisis tabel untuk menghitung tingkat efisiensi pengelolaan dana wakaf dilihat dari sisi pengeluaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) pengelolaan dana wakaf oleh Pengurus Besar Alkhairaat belum menunjukkan sebuah manajemen yang sempurna, di mana masih ada fungsi manajemen yang belum diterapkan dengan baik, yaitu perencanaan anggaran; dan (b) tingkat efisiensi pengelolaan dana wakaf oleh Pengurus Besar Alkhairaat pada tahun 2018 adalah 102%, artinya pengelolaan dana wakaf tersebut belum efisien karena pengeluaran rata-rata per bulan (Rp138.746.358,33) lebih besar dari pemasukan rata-rata per bulan (Rp141.783.912,50).
Efektivitas Program Nasional Penanggulangan Kemiskinan (PNPM-Mandiri) dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Desa Lakea II Kabupaten Buol Nasrin Nasrin; Ermawati Ermawati; Uswatun Hasanah
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.132 KB) | DOI: 10.24239/jiebi.v1i1.4.42-62

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem kerja PNPM mandiri dalam pengembangan usaha mikro kecil menengah dan efektivitas PNPM mandiri dalam pengembangan usaha mikro kecil menengah di Desa Lakea II Kec. Lakea Kab. Buol. Adapun hasil dari penelitian ini, 1) bahwa PNPM Mandiri Pedesaan menggunakan dua sistem kerja dalam pengembangan UMKM yaitu sitem pemberian langsung modal usaha serta pemberian pinjaman dana modal usaha bagi para pelaku UMKN yang ada di Desa Lakea II. Tentunya hal tersebut memiliki prosedur tersendiri untukmendapatkan bantuan tunai secara langsung ataupun peminjaman modal usaha. Kemudian efektifitas dari pada pengembangan Usaha Mikro Menegah (UMKM) telah berjalan dengan baik, hal ini memilki dampak yang baik terhadap pelaku usaha yang ada di Desa Lakea II. Dengan adanya bantuan tunai ataupun pinajaman modal usaha sangat membantu dalam mengembangkan usaha. Dalam hal ini, pemerintah setempat memiliki peran penting dalam tercapainya tujuan yang lebih efektif dalam menjalankan sebuah program PNPM Mandri Desa Lakea II. Adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh PNPM Mandiri Pedesaan adalah, karena masih ada beberapa pelaku usaha kurang aktif dalam mengikuti Musyawarah Antar Desa (MAD), dalam memanfaatkan pinjaman dari PNPM Mandiri Pedesaan, di karenakan para pelaku usaha berfikir bahwa untuk mendapatkan pinjaman modal usaha sama saja dengan meminjam dana di bank-bank.
Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Usaha Percetakan Pada CV. Tinta Kaili dalam Perspektif Ekonomi Islam Warni Lestari; Sitti Musyahidah; Rabaniah Istiqamah
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.094 KB) | DOI: 10.24239/jiebi.v1i1.5.63-84

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Strategi marketing mix yang terdiri dari produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion) telah terealisasi, dimana setiap konsumen mempunyai perbedaan serta alasan mengkonsumsi barang dan jasa. Alasan tersebut membuat perusahaan harus memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, yang selanjutnya menciptakan kesadaran dan ketertarikan pelanggan kepada produk dan jasa yang bersangkutan. Metode penelitian dilakukan yaitu deskripsi (description) adalah salah satu jenis metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apaadanya. Hasil penelitian yang dilakukan penulis bahwasannya penerapan marketing mix yang ada di percetakan CV. Tinta Kaili sangat berpengaruh terhadap meningkatnya usaha ini hingga berkembangnya dan maju, tetap eksis hinga saat ini dilihat dari usaha yang ada di perusahaan itu sendiri. Dengan adanya penerapan nilai – nilai Islami dalam menjalankan usaha yang dirintis serta tak luput perhatian seorang pemimpin dan kerjasama tim yang baik dalam bekerja. Perspektif ekonomi Islam dalam memasarkan produknya sangat memperhatikan etika–etika bisnis. Dalam ekonomi Islam juga menerapkan pemasaran atau promosi untuk menawarkan, menginformasikan, menjual produk atau jasa di pasar. Karena dengan memasarkan atau mempromosikanmasyarakat akan mengetahui keberadaan produk atau jasa.
Strategi Pemasaran Produk Khas Daerah oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Palu dalam Perspektif Ekonomi Syariah Muh. Rif’an; Sitti Aisyah; Fatma Fatma; Ferdiawan Ferdiawan
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.282 KB) | DOI: 10.24239/jiebi.v1i1.6.85-107

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana strategi pemasaran produk khas daerah oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Palu (Dalam perspektif ekonomi syariah) dan Untuk memahami kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Palu dalam memasarkan produk khas daerah Kota Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, verivikasi guna mendapatkan data yang benar-benar valid dan dapat di pertanggungjawabkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk khas daerah oleh Dinas perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Palu terbagi atas dua yaitu promosi dan penjualan adapun yang termasuk dalam promosi yaitu promosi yang di lakukan melalalui media elektronik dan juga mempromosikan melaluli acara-acara besar daerah yang di adakan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan,Koperasi dan UKM Kota Palu. Kendala yang dihadapi oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Palu dalam memasarkan produk khas daerah Kota Palu (Dalam perspektif ekonomi syariah), adalah belum mempunyai outlet sendiri yang di sediakan oleh pemerintah.
Penerapan Etika Bisnis Islam di Rumah Makan Kaledo Stereo Palu Giska Giska; Nurwanita Nurwanita; Ibrahim R. Mangge; Moh. Anwar Zainuddin
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.425 KB) | DOI: 10.24239/jiebi.v1i1.7.108-124

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapa etika bisnis Islam pada sebuah rumah makan yaitu RM. Kaledo Stereo Palu. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. sehingga peneliti mengumpulkan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil peneltian menunjukan bahwa RM. Kaledo Stereo Palu menerapkan etika bisnis adapun etika bisnis yang diterapkan Memberikan produk dan jasa yang berkualitas sesuai dengan tuntutan konsumen. Memberikan harga yang sesuai dengan kualitas produk dan pelayanan yang terbaik cepat dan tepat Bersaing dengan cara sehat Bekerja sama dan tekun bekerja, dan membayar gaji karyawan tepat waktu. Etika bisnis yang diterapkan telah sesuai dengan etika bisnis Islam seperti, membayar gaji karyawan sebelum kering keringat, menjalin silaturahmi dengan mitra kerja, menjual barang halal, dan menetapkan harga sesuai dengan kualitas produk.
Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Motivasi Terhadap Keputusan Memilih Produk Tabungan Emas di Pegadaian Syari’ah Aulia Hidayah; Hilal Malarangan; Fatma Fatma
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.702 KB) | DOI: 10.24239/jiebi.v1i2.10.18-38

Abstract

Pada penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh promosi, kualitas pelayanan, dan motivasi terhadap keputusan memilih produk tabungan emas di pegadaian syariah. Sampel penelitian ini adalah nasabah tabungan emas di pegadaian syariah cabang palu plaza.Penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, angket/kuesioner dokumentasi, dan studi pustaka dengan jumlah sampel sebanyak 92 sampel. Tekni pengambilan sampel yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda. Analisis data akan dilakukan setelah mentabulasi data kemudian melakukan uji validitas dan realibilitas lalu dilanjutkan dengan mengolah data menggunakan aplikasi SPSS versi 16.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, sesuai dengan rumusan masalah dapat disimpulkan bahwa kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan memilih produk, sedangkan promosi dan motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih produk.Dari Kesimpulan diatas disarankan, pegadaianharuslah memberikan informasi yang sangatjelas dan mudah dipahami oleh nasabah serta perlu adanya rasa perhatian yang bersifat Individual oleh pegawai kepada nasabah ketika melakukan promosi baik secara langsung maupun dalam bentuk media/brosur.
Pengaruh Pendidikan dan Pekerjaan Terhadap Kemiskinan Rumah Tangga dengan Lingkungan Sebagai Variabel Moderating di Kecamatan Bolano Kabupaten Parigi Moutong Indrawati Indrawati; Ermawati Ermawati; Rabaniyah Istiqamah
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.301 KB) | DOI: 10.24239/jiebi.v1i2.11.38-69

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah variabel pendidikan, pekerjaan berpengaruh terhadap kemiskinan rumah tangga dan apakah variabel kesehatan lingkungan merupakan variabel modereting. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh rumah tangga miskin. Sampel dari penelitian ini berjumlah 95 responden. Teknik pengambilan sampel purposive sampling.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan analisis residual. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan menggunakan SPSS Statistics 21.0 menunjukkan bahwa secara parsial variabel pendidikan berpengaruh positif (+) dan signifikan terhadap kemiskinan rumah tangga dengan besaran pengaruhnya 32,1%, sedangkan variabel pekerjaan berpengaruh negatif (-) dan tidak signifikan dengan besaran pengarunhnya 12,8%, dan secara simultan variabel pekerjaan dan pendidikan berpengaruh terhadap kemiskinan rumah tangga dengan besar pengaruhnya 7,7%. Sedangkan variabel lingkungan bukan sebagai variabel moderating karena pada uji residual tahap pertama (X1) dan tahap kedua (X2) menunjukkan hasil yang positif pada nilai coefficients beta dan nilai sig > 0,05.
Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimah Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Palu Afriyani Sasnita; Siti Musyahidah; Nursyamsu Nursyamsu
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.9 KB) | DOI: 10.24239/jiebi.v1i2.12.70-88

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika bisnis Islam terhadap keputusan pembelian busana Muslimahpada mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Dengan menggunakan tehnik proportionalstratified random sampling, sampel yang digunakan 83 responden, yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah mahasiswi yang pernah berbelanja busana Muslimah. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian adalah uji validitas, dan uji reliabilitas. Selanjutnya analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode Analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa etika bisnis Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian busana Muslimah pada mahasiswi jurusan ekonomi syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu serta telah memenuhi syarat uji regresi sederhana yakni hasil olahan data menunjukan bahwa perolehan model persamaan regresi yaitu Y= 12,380 + 0,436X. Koefisien regresi variabel etika bisnis Islam (X) berpengaruh terhadap keputusan pembelian busana Muslimah pada mahasiswi jurusan ekonomi syariah IAIN Palu sebesar 0,436, uji koefisien kolerasi menunjukan bahwa R sebesar 0,349 ini menunjukan bahwa variabel etika bisnis Islam (X) memiliki pengaruh kontribusi sebesar 34,9% terhadap keputusan pembelian busana Muslimah (Y). Sedangkan sisanya (100% - 34,9% = 65,1%) dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar variabel yang diteliti.