cover
Contact Name
Nursyamsu
Contact Email
nursyamsu627@gmail.com
Phone
+6285326312012
Journal Mail Official
jurnaljiebi@iainpalu.ac.id
Editorial Address
Jalan Diponegoro No.23, Lere, Palu Bar., Kota Palu, Sulawesi Tengah 94221
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam
ISSN : 29620872     EISSN : 26866633     DOI : https://doi.org/10.24239/jiebi
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam menerima naskah asli bidang Ekonomi Islam, antara lain laporan penelitian, laporan kasus, penerapan teori, kajian kritis, dan tinjauan pustaka. Penyebaran Ekonomi Islam meliputi (namun tidak terbatas pada): Keuangan Syariah dan Pasar Modal, Perbankan Islam, Manajemen Bisnis, Kewirausahaan, dan Pariwisata Islam, Akuntansi Islam dan Pelaporan Islam, Manajemen Risiko Syariah dan Asuransi Syariah, Keuangan Sosial Islam dan Industri Halal.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020)" : 6 Documents clear
Persepsi Investor Pemula Terhadap Pembelian Saham Syariah di Indonesia Muhammad Ulinnuha; Diah Eko Susilowati; Kharis Fadlullah Hana
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.554 KB) | DOI: 10.24239/jiebi.v2i1.20.1-14

Abstract

Pasar modal telah menjadi fenomena baru di kehidupan masyarakat dunia. Dalam memutuskan berinvestasi di pasar modal, banyak faktor yang mempengaruhi, seperti persepsi atas risiko, return, ataupun nilai sesuai syariat Islam. Penelitian ini didasarkan pada fenomena masalah persepsi oleh investor yang akan berinvestasi di pasar modal, terutama dalam pembelian saham Syariah dari berbagai sudut pandang investor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengembangkan sejauh mana persepsi investor pemula dalam membeli saham Syariah di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan datanya yaitu mengambil sampel untuk wawancara lebih lanjut dengan sejumlah responden yang berjumlah 17 investor dari berbagai sekuritas. Sehingga peneliti dapat mengumpulkan pemecahaan permasalahan yang dialami oleh seorang investor dalam pembelian saham syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi investor pemula terhadap pembelian saham Syariah di Indonesia dilihat dari beberapa indikator, seperti neutral information, accounting information, dan social relevance, yang mana ketiga indikator tersebut menghasilkan persepsi oleh investor pemula, yaitu kegiatan perusahaan berdasarkan prinsip-prinsip Syariah, sebagai bentuk dukungan dalam memajukan perekonomian Indonesia, dan pola berfikir fundamental. Sehingga akan memberikan pengaruh kepada investor pemula dalam pengambilan keputusan terhadap pembelian saham Syariah di Indonesia.
Analisis Tanggung Jawab Pegadaian Syariah Palu Plaza Terhadap Barang Jaminan yang Hilang dan Rusak Hilal Malarangan; Irfan Irfan; Ahmad Haekal; Rabaniyah Istiqamah
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (812.481 KB) | DOI: 10.24239/jiebi.v2i1.21.15-35

Abstract

Tulisan ini membahas tanggung jawab pengadaian syariah terhadap barang jaminan yang hilang dan rusak. Pokok permasalahan adalah bagaimana bentuk tanggung jawab pegadaian syariah apabila barang jaminan yang dititipkan nasabah mengalami kehilangan dan kerusakan. Apakah bentuk tanggung jawab pegadaian syariah sudah sesuai dengan tinjauan ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan mengumpulkan data-data melalui, observasi, interview (wawancara), kemudian dari dokumen-dokumen. Penulis menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis, dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tanggung jawab yang diberikan oleh pegadaian syariah Palu Plaza telah sesuai dengan ketentuan ekonomi Islam, yaitu melakukan upaya ansitipasi terhadap barang jaminan nasabah dan memberikan ganti rugi kepada nasabah yang mengalami kehilangan atau kecurian barang jaminannya dengan cara mengganti dengan uang atau mengantinya dengan barang yang sama sesuai dengan kesepakatan bersama antara nasabah dan pihak pegadaian. Ansitipasi yang dilakukan oleh pihak pegadaian syariah selain dari tempat penyimpanan yang dijaga dengan ketat. Pegadaian Syariah juga mengansuransikan barang jaminan tersebut.
Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Kuota Internet Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palu Ermawati Ermawati; Atika Husaini; Irham Pakkawaru
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1131.097 KB) | DOI: 10.24239/jiebi.v2i1.22.36-58

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap keputusan pembelian kuota internet dikalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel peneilitian ini berjumlah 92 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified sampling dan proportional sampling. Variabel independen dalam penelitan ini yaitu penggunaan media sosial (X), sedangkan untuk variabel dependennya yaitu pembelian kuota Internet. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket (kuesioner), teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang menggunakan bentuk persamaan Y = b0 + b1X1 + b2X2+ei dengan bantuan program komputer IBM SPSS 21.0. Untuk menganalisis pengaruh variabel independen terhadap veriabel dependen digunakan uji t. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan menggunakan SPSS Statistics 21.0 menunjukkan bahwa variabel penggunaan media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian kuota internet yang dibuktikan dengan nilai Thitung 7.124 > Ttabel 1,661 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0.000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolah dan H1 diterima yang artinya bahwa variabel penggunaan media sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Vixion Siti Aisyah; Agustiawan Agustiawan; Nurwanita Nurwanita; Fatma Fatma
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (907.861 KB) | DOI: 10.24239/jiebi.v2i1.23.59-75

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai kualitas produk dan desain berpengaruh secara parsial dan secara serempak terhadap keputusan pembelian motor yamaha vixion pada organisasi vixion di kota Palu. Lokasi pada penelitian ini di wilaya kota palu provinsi Sulawesi Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota organisasi vixion di Kota Palu yang berjumlah 8 organisasi yaitu Vixion Young Riders Community, Rider Vixion Independen, Yamaha Vixion Club Indonesia, Vixion Jari-Jari Palu Vixion Ruji Squad Palu Celebes Vixion Club Dan Vixion Independen Club yang jumlah keseluruhan anggota 282 anggota. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sample random sampling sebanyak 74 orang, dengan menggunakan rumus slovin untuk menentukan jumlah sampel. Teknik pengumpulan data adalah melalui teknik observasi, kuesioner, dan wawancara, SPSS 21 For Windows. Dan teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang terdiri dari kualitas produk, dan desain secara serempak berpengaruh terhadap keputusan pembelian Motor Yamaha Vixion Studi Pada Organisasi Vixion di Kota Palu . Sedangkan, secara parsial desain berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Motor Yamaha Vixion Studi Pada Organisasi Yamaha Vixion di Kota Palu, sedangkan kualitas produk berpengaruh tetapi tidak signifikan. Nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel independen yang diteliti mampu menjelaskan 11,3% pengaruhnya terhadap variabel dependen (Keputusan Pembelian Motor Yamaha Vixion Studi Pada Organisasi Yamaha Vixion di Kota Palu, sedangkan sisanya 88,7% dijelaskan oleh variabel independen yang lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Tinjauan Ekonomi Islam Pada Prospek Industri Daur Ulang Sampah Plastik Siti Musyahidah; Nia Manora Prasanti; Uswatun Hasanah; Ferdiawan Ferdiawan
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1014.897 KB) | DOI: 10.24239/jiebi.v2i1.24.74-89

Abstract

Tulisan ini membahas permasalahan perekonomian masyarakat dan permasalah sampah yang semakin mengganggu di kota Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode pendekatan kualitatif deskriftif yang berisi gambaran tentang latar pengamatan, orang, tindakan, dan pembicaraan. Adapun sumber datanya adalah informan yaitu ketua anggota dan beberapa anggota yang bekerja di industri Tondo Mandiri. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriftif dengan menggambarkan dan menginterprensikan data dan temuan-temuan yang peneliti peroleh dari lapangan serta fakta-fakta yang ada. Hasil penelitian Tondo Mandiri tidak mempunyai prospek yang baik untuk kemajuan usaha kedepannya dikarenakan masalah dan hambatan yang dihadapinya. Kemudian ditinjau dari Ekonomi Islam Penulis memandang industri ini secara umum tidak bertentangan dengan ketentuan dalam syariat Islam, namun belum dapat sepenuhnya dikatakan sesuai dengan tinjauan Ekonomi Islam, karena ada beberapa hal yang dilakukan oleh para pekerja yang belum memenuhi syarat untuk dikatakan sesuai dengan aturan Syariat Islam.
Pengaruh Modal Kerja dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kelurahan Kabonena Nursyamsu Nursyamsu; Irfan Irfan; Ibrahim R. Mangge; Moh. Anwar Zainuddin
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (863.794 KB) | DOI: 10.24239/jiebi.v2i1.25.90-105

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh modal kerja dan jam kerja terhadap pendapatan pedagang kaki lima di Kelurahan Kabonena. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikanmodal kerja terhadap pendapatan pedagang kaki lima di Kelurahan Kabonena. Kemudian untuk mengetahui pengaruh signifikan jam kerja terhadap pendapatan pedagang kaki lima dan pengaruh modal dan jam kerja secara simultan terhadap pendapatan pedagang kaki lima di Kelurahan Kabonena. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian verikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 70 responden dan teknik pengambilan sampelnya dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kemudian data dianalisis dengan uji asumsi klasik, regresi berganda dan uji hepotesis, di bantu dengan program SPSS versi 21. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa variabel modal kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang kaki lima di Kelurahan Kabonena. Kemudain variabel jam kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang kaki lima di Kelurahan Kabonena. Selanjutnya variabelmodal kerja dan jam kerja juga berpengaruh secara simultan terhadap pendapatan pedagang kaki lima di Kelurahan Kabonena.

Page 1 of 1 | Total Record : 6