cover
Contact Name
Nursyamsu
Contact Email
nursyamsu627@gmail.com
Phone
+6285326312012
Journal Mail Official
jurnaljiebi@iainpalu.ac.id
Editorial Address
Jalan Diponegoro No.23, Lere, Palu Bar., Kota Palu, Sulawesi Tengah 94221
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam
ISSN : 29620872     EISSN : 26866633     DOI : https://doi.org/10.24239/jiebi
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam menerima naskah asli bidang Ekonomi Islam, antara lain laporan penelitian, laporan kasus, penerapan teori, kajian kritis, dan tinjauan pustaka. Penyebaran Ekonomi Islam meliputi (namun tidak terbatas pada): Keuangan Syariah dan Pasar Modal, Perbankan Islam, Manajemen Bisnis, Kewirausahaan, dan Pariwisata Islam, Akuntansi Islam dan Pelaporan Islam, Manajemen Risiko Syariah dan Asuransi Syariah, Keuangan Sosial Islam dan Industri Halal.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2022)" : 6 Documents clear
Analisis SWOT Pengembangan Usaha Istana Hijab Kota Palembang Fenny Malinda; Dian Pertiwi; Aziz Septiatin
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 4 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/jiebi.v4i2.99.176-185

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kondisi usaha Istana Hijab Kota Palembang yang mengalami kemajuan usaha yang signifikan. Untuk mengetahui perkembangan usaha tersebut maka dibutuhkanlah suatu strategi dengan melakukan penelitian menggunakan analisis SWOT Pengembangan Usaha Istana Hijab Kota Palembang. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis data yang sudah terkumpul mengenai Analisis SWOT Pengembangan Usaha. Penelitian ini dilakukan pada Toko Istana Hijab. metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan data sekunder. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan usaha yang diterapkan pada usaha Istana Hijab berada pada kuadran I yang berarti kondisi usaha berada pada strategi agresif. Hal ini menunjukkan bahwa usaha Istana Hijab dapat menggunakan kekuatan dan memanfaat peluang dengan baik.
Penerapan PSAK 109 Pada Akuntansi Zakat, Infak dan Sedekah Di LAZ Al-Kasyaf Kabupaten Bandung Alfani Wanda; Iwan Setiawan; Mia Laswi Wardiyah
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 4 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/jiebi.v4i2.100.112-132

Abstract

Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Kasyaf Kabupaten Bandung merupakan LAZ yang bergerak dalam penghimpunan dan penyaluran dana ZIS. LAZ memerlukan pencatatan akuntansi ZIS berdasarkan PSAK 109. Namun penerapan PSAK 109 masih belum maksimal diterapkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini mununjukan bahwa: 1) Pengelolaan penghimpunan dan penyaluran dana ZIS masih disajikan dalam satu laporan keuangan 2) Proses akuntansi ZIS di LAZ Al-Kasyaf menggukan metode pencatatan sangat sederhana, dimana ketika ada penghimpunan dana dicatat saat kas diterima, diakui sebagai penambahan dana dan pengeluaran dana dicatat saat kas dikeluarkan, diakui sebagai pengurangan dana 3) Kesesuaian akuntansi ZIS di LAZ Al-Kasyaf dengan PSAK 109 belum sesuai pada keseluruhan dari ke empat elemen yang ada. Pada elemen pengakuan dan pengukuran, terdapat 8 paragraf yang sudah sesuai dan 3 paragraf yang belum sesuai. Pada elemen penyajian belum sesuai, karena menyajian laporan keuangan belum memisahkan antara dana ZIS dan dana amil pada laporan posisi keuangan. Pada elemen pengungkapan belum sesuai pada keseluruhan dari komponen pada paragraf 39, paragraf 40, dan paragraf 41.
Pengaruh Attraction, Amenites, Accessibilities, Infrastructure Terhadap Kepuasan Pengunjung ke Tempat Wisata Taman Oval Markoni Nizhamuddin AB
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 4 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/jiebi.v4i2.102.133-141

Abstract

Indonesia memiliki potensi beberapa daerah tempat wisata untuk menarik wisatawan, salah satunya adalah Kota Tarakan yang juga dikenal sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia. Penelitian ini mendeskripsikan dampak komponen produk wisata yang terdiri dari atraksi, amenitas, aksesibilitas, infrastruktur terhadap kepuasan berkunjung ditaman oval markoni, kota tarakan. Taman oval markoni merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki konsep ruang terbuka hijau. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang berada diwilayah taman markoni. (Usia 17-42 tahun) Sampel sebanyak 120 orang berkunjung ke Taman Oval Markoni berdasarkan karakteristiknya. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Attraction, Amenitas, Aksesibilitas, Infrastruktur berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung. Hal ini menunjukkan bahwa pengunjung dapat merasakan dampak yang sangat baik jika berkunjung pada tempat wisata taman oval markoni yang dimana tepat lokasinya berada di kota Tarakan provinsi Kalimantan utara. Dengan demikian akan memberikan dampak yang sangat bernilai khususnya bidang pariwisata dan berefek terhadap kebanggaan salah satu icon pariwisata kota tarakan sehingga dapat meberi konstribusi baik dibidang promosi maupun ekonomi.
Analisis Persepsi Nasabah, Kepercayaan dan Brand Image Terhadap Minat dan Keputusan Nasabah Menabung Cleanita Imra’atul Khasanah; Nur Huri Mustofa
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 4 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/jiebi.v4i2.104.93-111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Nasabah, Kepercayaan dan Brand Image Terhadap Minat dan Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank Jateng Syariah KCP Boyolali. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengolah data primer melalui kuesioner yang diberikan kepada nasabah Bank Jateng Syariah KCP Boyolali sebanyak 1001 responden (sampel jenuh). Data yang diperoleh diolah dengan SPSS Versi 22. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji instrument, uji statistik, uji asumsi klasik, dan analisis path. Berdasarkan uji penelitian yang dilakukan ditemukan hasil: (1) Persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung, (2) Kepercayaan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat menabung, (3) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung, (4) Minat berpengaruh positif terhadap Keputusan Menabung.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Jurusan Ekonomi Syariah Nuriatullah Nuriatullah; Mahmud; Muhammad Syafaat
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 4 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/jiebi.v4i2.107.158-175

Abstract

Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih jurusan ekonomi syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Datokarama Palu menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan ekonomi syariah dan perbankan syariah angkatan 2020-2021 dengan teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Tekhnik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa variabel faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel pengambilan keputusan. Selanjutnya secara parsial variabel faktor budaya dan social tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel pengambilan keputusan. Secara parsial variabel faktor pribadi dan factor psikologis berpengaruh signifikan terhadap variabel pengambilan keputusan. Pengaruh budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap pengambilan keputusan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri datokarama Palu sebesar 53% dan sisanya 47% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Pengaruh Biaya Pemasaran dan Pengelolaan Agen Terhadap Penambahan Nasabah Di PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Noor Riefma Hidayah; Muhammad Syafaat; Adma Nia Tiarti
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 4 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI UIN Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/jiebi.v4i2.109.142-157

Abstract

Penelitian ini mengkaji masalah tentang pengaruh biaya pemasaran dan pengelolaan agen terhadap penambahan nasabah baru di PT. Asuransi Jiwasraya (persero) Cabang Palu serta dari kedua variabel tersebut manakah yang paling berpengaruh terhadap penambahan nasabah baru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 522 orang dengan jumlah sampel 84 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik dengan menggunakan rumus Slovin. Data yang diperoleh melalui Teknik observasi dan penyebaran angket. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa biaya pemasaran dan pengelolaan agen berpengaruh positif dan signifikan terhadap penambahan nasabah baru. Nilai koefisien detreminasi (R2) menunjukkan bahwa variabel independent (biaya pemasaran dan pengelolan agen) yang diteliti mampu menjelaskan 3,81% pengaruhnya terhadap variabel dependen (penambahan nasabah pada PT. Asuransi Jiwasraya (persero) Cabang Palu), sedangkan sisanya 96,19% dijelaskan oleh variabel lain. Kesimpulan yang diperoleh disarankan agar PT. Asuransi Jiwasraya (persero) Cabang Palu, selain memberikan bonus dan komisi, sebaiknya juga memberikan intensif yang tidak terlalu tinggi setiap bulannya. Hal ini dimaksudkan agar Agen memiliki komitmen tinggi terhadap perusahaan Asuransi Jiwasraya, Sehingga, nantinya dapat meningkatkan penjualan polis Asuransi Jiwasraya (persero) Cabang Palu.

Page 1 of 1 | Total Record : 6