cover
Contact Name
Hariadi Ahmad
Contact Email
hariadiahmad78@ikipmataram.ac.id
Phone
+6281917416409
Journal Mail Official
bk_fip@ikipmataram.ac.id
Editorial Address
Jalan Pemuda No 59 A Kota Mataram Nusa Tenggara Barat Kampus Universitas Pendidikan Mandalika, Gedung GD Lantai III Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN : 25031708     EISSN : 27227340     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram fip.ikipmataram.ac.id, Sejak tahun 2019 diterbitkan secara cetak dan Online melalui ojs.ikipmataram.ac.id. Pada bulan Juni 2020 mendapat E ISSN: 2722-7340, JRbk diterbitkan Dua Kali dalam Setahun yaitu pada bulan April dan Oktober Setiap tahun. JRbk Menerima Artikel dari penulis yang berupa Hasil Penelitian, Hasil Pengembangan, Kajian Pustaka dalam Bidang Pendidikan, Psikologi, dan Bidang Bimbingan dan Konseling.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1 Edisi April 2017" : 7 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COPERATIVE LEARNING TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 MATARAM Mustamiin M. Zainal; Elias Sumirna
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1 Edisi April 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v2i1.750

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran cooperative learning merupakan suatu model pembelajaran yang digunakan untuk mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada siswa. Tanggung jawab merupakan memberikan intensitif kepada siswa untuk saling membantu satu sama lain dan untuk saling mendorong melakukan usaha yang maksimal. Tanggung jawab rendah akan membawa dampak kurangnya bekerja sama antara teman dalam satu kelompok. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini  apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning  Terhadap Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas VIII SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Sedangkan tujuan dari penelitian ini  adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas VIII SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket sebagai metode pokok sedangkan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai pelengkap. Populasi pada penelitian ini ini adalah 64 orang siswa dan sanpelnya 7 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 9, 142 dan setelah dikonsultasikan t-tabel dengan taraf signifikansi 5% dengan d.b 6 diperoleh 2,447 ini berarti bahwa t-hitung > t-tabel (9,142 > 2,447), maka diambil kesimpulan ada Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Sikap Tanggung jawab Pada Siswa Kelas VIII SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Artinya hasil penelitian ini signifikan. Kata Kunci: Cooperative Learning dan Sikap Tanggung Jawab
PENGARUH TEKNIK BIBLIO EDUKASI TERHADAP RASA RENDAH DIRI PADA KELAS XI DI SMANEGERI 8 MATARAM Hariadi Ahmad; Karunia Dini
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1 Edisi April 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v2i1.743

Abstract

Biblio edukasi adalah tehnik dalam Bimbingan Konseling menggunakan bahan bacaan, dalam penelitian ini menggunakan cerpen. Rasa rendah diri adalah dimana seseorang merasa kurang mampu bersosialisasi di lingkungan sosialnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Penerapan Biblio Edukasi Teradap Pengaruh rasa Rendah Diri pada siswa kelas XI SMAN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini bertujuan Ingin mengetahui penerapan biblio edukasi terhadap rasa rendah diri pada siswa kelas XI SMAN 8 Mataram Tahun Pelejaran 2016/2017.Dalam penelitian ini jumlah populasinya 691 siswa sedangkan subjek penelitian yakni N= 9 siswa Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling (hanya kelas XI Asta IPS 3). Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi sebagai metode pokok, metode dokumentasi, metode angket.Tehnikan analisis data menggunakan analisis statistic dengan rumus t-hitung.Berdasarkan analisis data yang digunakan dalam statistic menggunakan rumus t-hitung, di peroleh t-hitung 2,643 sedangkan dari daftar distribusi t-tabel pada taraf nyata 5% diperoleh 1,379.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (2,643 > 1,379), yaitu hipotesis H0 yang diuji ditolak berbunyi Tidak ada pengaruh penerapan biblio edukasi terhadap rasa rendah diri pada siswa kelas XI Asta 3 di SMAN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Dan hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berbunyi ada pengaruh pengaruh penerapan biblio edukasi terhadap rasa rendah diri pada siswa kelas XI Asta 3 di SMAN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017, artinya hasil penelitian ini “signifikan”.Kata Kunci: Biblio Edukasi, Rasa Rendah Diri.
Kepemimpinan Perempuan Dalam Islam (Studi Gaya Kepemimpinan Hajjah Supiatun Shafwan M.A dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hakim Kediri Lombok Barat) Ramzi Muhajirin; Eliyana Eliyana
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1 Edisi April 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v2i1.751

Abstract

ABSTRAK Gaya kepemimpinan itu menjadi sangat penting dan akan mempengaruhi pola kepemimpinan yang akan mengarahkan nasip dari suatu organisasi, terlebih dalam konteks ini kepemimpinan perempuan menjadi daya tarik dari penelitian ini, karena perempuan tidak semuanya lemah dan bisa menjadi pemimpin dalam lembaga pendidikan, seperti halnya Hajjah Supiatun Shafwan M.A bisa menjdi pemimpin di Institut Agama Islam Nurul Hakim. Gaya kepemimpinan Hajjah Supiatun Shafwan M.A dapat di lihat dalam enam gaya kepemimpinan di antaranya adalah Gaya kepemimpinan Otoriter, militeristis, faternalistis, Kharismatis, “Laissez Faire” atau secara bebas dan gaya kepemimpinan Demokratis, dalam skripsi ini peneliti bertujuan untuk mencermati gaya kepemimpinan yang di terapkan Hajjah Supiatun Shafwan M.A selaku rektor Institut Agama Islam dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hakim. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif  Deskriptif, di mana peneliti itu mencermati gaya yang di gunakan Hajjah Supiatun Shafwan M.A dalam meningkatkan Mutu. Sumber data Dapat di peroleh dari dua sumber yaitu data Primer dan Skunder. Pengumpulan data-data yang valid peneliti menggunakan tiga metode di antaranya adalah: metode observasi / pengamatan, Interview (Wawancara), dan metode Dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat di peroleh adalah bahwa gaya kepemimpinan Hajjah Supiatun Shafwan M.A dalam meningkatkan Mutu Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hakim di lihat darai ke enam gaya kepemimpinan tersebut bahwa lebih kepada Gaya kepemimpinan Demikratis dengan ciri-ciri: keputusan dan kebijakan dibuat bersama antara pimpinan dan bawahan; komunikasi berlangsung timbal-balik antar pimpinan dan bawahan; pengawasan terhadap sikap, tingkah laku perbuatan atau kegiatan bawahan dilakukan secara wajar; prakarsa dapat datang dari pimpinan maupun bawahan; banyak kesempatan bagi bawahan untuk menyampaikan saran, pertimbangan atau pendapat; tugas-tugas kepada bawahan diberikan dengan lebih bersifat permintaan daripada instruktif; pujian dan kritikan seimbang; pimpinan mendorong prestasi sempurna para bawahan dalam batas kemampuan masing masing; pimpinan meminta kesetiaan bawahan secara wajar; terdapat suasana saling percaya, saling hormat menghormati dan saling harga menghargai; dan tanggung jawab keberhasilan organisasi dipikul bersama pimpinan dan bawahan.Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Nurul Hakim.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn HADI M. SAMSUL; Maskun Maskun
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1 Edisi April 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v2i1.745

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran aptitude treatment interaction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pkn kelas VII MTs Nurul Wahyi Mujur Lombok TengahTahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen, dengan pendekatan desain pre eksperimen dalam bentuk one grup desain pree-tes dan post-tes desain. penelitian ini merupakan penelitian populasi karena jumlah subyek atau respondennya sebanyak 30 orang siswa, pengumpulan data yang digunakan adalah jenis tes pilihan ganda. jenis data yang digunakan adalah data kuantitatip dan sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Hasil analisis yang dapat diambil bahwa taraf signifikan 5%nilai t-tertera bilangan 2,046 oleh bilangan yang diperoleh 12,23  lebih besar dari bilangan yang ada dalam tabel maka, hepotesis yang diajukan dalam penelitian ini berbunyi “Ada pengaruh pembelajaran Aptitude Treatment Interaction untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas VII MTs Nurul Wahyi Mujur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017.”diterima. penggunaan model pembelajaran Apritude Treatment Interaction merupakan salah satu cara yang dapat diterapkan untuk meningkatkan ranah kognitip siswa yang ditunjukkan dengan perbaikan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction dapat meningkatkan nilai akademik siswa yang berhubungan dengan hasil belajar sehingga memberikan keuntungan kepada siswa baik secara individu maupun kelompok atau tugas-tugas akademik sehingga siswa memahami konsep-konsep yang dianggap sulit dapat menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction.Kata Kunci : Aptitude treatment interaction (ATI) dan hasil belajar.
PENGARUH KONSELING KELUARGA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK TUNA GRAHITA DI SLB DHARMA WANITA KOTA MATARAM Zainar Wiwiek Sri Utami
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1 Edisi April 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v2i1.752

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada Pengaruh Konseling Metode penentuansubyek penelitian menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Populasi dalampenelitian ini sebanyak 26 orang tua siswa tuna grahita, sedangkan sampel yang digunakan 10orang tua siswa tunagrahita. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakanadalah metode angket sebagai metode pokok, dan observasi, wawancara, dokumentasi sebagaimetode pelengkap. Dalam menganalisis data menggunakan rumus analisis t-test. Setelahdilaksanakan analisis data diperoleh hasil penelitian atau t hitung N = 9 dalam penelitian iniadalah sebesar = 24,42 sedangkan tabel dengan taraf signifikan 5% menunjukkan harga t tabel =2,262 ini menunjukkan bahwa (24,42 > 2,262), hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkanhipotesis nihil (Ho) ditolak. Yang berarti hasil penelitian ini adalah ’’signifikan” dengandemikian dapat ditarik kesimpulan bahwa ada Pengaruh Konseling keluarga terhadapkemandirian anak tuna grahita di SLB Dharma Wanita Kota Mataram. Dari hasil analisis di atasdemikian nilai t-hitung hasil penelitian ini lebih besar dari nilai t-tabel  yakni 24,42 > 2,262,maka hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan alternatif  (Ha) diterima pada taraf signifikansi 5%sehingga penelitian ini dinyatakan ’’Signifikansi”. Berarti ada Pengaruh Konseling keluargaterhadap kemandirian anak tuna grahita di SLB Dharma Wanita Kota MataramKata kunci: Konseling Keluarga, Kemandirian, Anak Tuna Grahita
PENGARUH METODE FISH BOWL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI MTs AL-AKHYAR BAGIK POLAK KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Maria Yunita; Mujiburrahman Mujiburrahman
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1 Edisi April 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v2i1.747

Abstract

Melihat penomena saat ini adalah guru masih cenderung menggunakan metode ceramah atau konvensional dalam proses belajar mengajar dikelas. Proses pembelajaran yang seperti itu kurang efektif karena siswa hanya diberi kesempatan sebagai pendengar setia penjelasan dari guru sehingga terjadi one way instruction dan kurang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Metode Pembelajaran Fish Bowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTs Al-Akhyar Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Fish Bowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTs Al-Akhyar Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Rancangan penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah One group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  VIII di SMP di MTs Al-Akhyar Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat yang jumlah sampelnya 24 orang. Metode untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan studi populasi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, maka digunakan metode tes sebagai metode utama dan metode dokumentasi merupakan metode pendukung. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t test. Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar  7,432 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan N=24  lebih besar dari pada nilai t pada tabel (7,432 > 2,069), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi ada Pengaruh Metode Pembelajaran Fish Bowl terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTs Al-Akhyar Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016.Kata kunci: Metode Fish Bowl, Hasil Belajar.
Pelaksanaan Pendidikan Inklusif di lembaga Paud Al-Khair dalam Memberikan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Huda Khairul; Iman Nurul
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1 Edisi April 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v2i1.749

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan bukan sekedar mengesahkan asumsi peneliti, namun, lebih pada tujuan dari penelitian, yaitu: Mengetahui Bagaimana  pelakasanaan Pendidikan Inklusif di lembaga Paud Al-Khair Udayana di Kota Mataram. Sehingga mampu membuat pemikir/pendidik pendidikan anak usia dini bersikap aktif untuk mengarahkan agar peserta didik mampu mengaktualisasikan pemnbelajaran yang berpusat pada anak dengan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkatkan potensi pada diri anak. Model penelitian dilakukan berdasarkan penyusunan data menurut Miles dan Huberman, tahapan yang dilalui yaitu reduksi data, display data dan kesimpulan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang digunakan untuk menjelaskan hasil penelitian. Penelitianini bukan sekedar bertujuan mengesahkan asumsi peneliti, namun, lebih pada tujuan dari penelitian, yaitu: Mengetahui Bagaimana  pelakasanaan Pendidikan Inklusif di lembaga Paud Al-Khair Udayana Mataram? Tahapan yang sudah dilaksanakan selama penelitian berlangsung, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga Paud Al-Khairiyah belum maksimal dalam penerapan pembelajaran pendidikan inklusif bagi anak ABK dikarenakan masih kurannya tenaga profesional, masih harus menggali konpetensi keperibadian, konpetensi sosial dan konpetensi pedagogik serta melakukan sosialisasi atau pelatihan tentang pentingnya pendidikan inklusif untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus.Kata Kunci : Pendidikan Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus.

Page 1 of 1 | Total Record : 7