cover
Contact Name
Hariadi Ahmad
Contact Email
hariadiahmad78@ikipmataram.ac.id
Phone
+6281917416409
Journal Mail Official
bk_fip@ikipmataram.ac.id
Editorial Address
Jalan Pemuda No 59 A Kota Mataram Nusa Tenggara Barat Kampus Universitas Pendidikan Mandalika, Gedung GD Lantai III Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN : 25031708     EISSN : 27227340     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram fip.ikipmataram.ac.id, Sejak tahun 2019 diterbitkan secara cetak dan Online melalui ojs.ikipmataram.ac.id. Pada bulan Juni 2020 mendapat E ISSN: 2722-7340, JRbk diterbitkan Dua Kali dalam Setahun yaitu pada bulan April dan Oktober Setiap tahun. JRbk Menerima Artikel dari penulis yang berupa Hasil Penelitian, Hasil Pengembangan, Kajian Pustaka dalam Bidang Pendidikan, Psikologi, dan Bidang Bimbingan dan Konseling.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1 Edisi April 2019" : 13 Documents clear
PENGARUH KONSELING BEHAVIORISTIK TERHADAP PERILAKU MENOLONG PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 5 MATARAM Aluh Hartati; Haeratunnisa Haeratunnisa
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1 Edisi April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v4i1.2144

Abstract

Konseling Behavioristik konseling yang menerapkan aneka ragam tekhnik dan prosedur yang berorientasi kepada pengubahan prilaku menyimpang dengan proses belajar, dan setiap tingkah laku dapat di pelajari melalui belajar dan dimodifikasi sesuai harapan untuk mengubah prilaku buruk pada individu. Sedangkan perilaku menolong adalah suatu bentuk tindakan yang positif yang dilakukan dengan sukarela tanpa ada paksaan dari orang lain serta atas inisiatif diri sendiri yang dilakukan semata-mata hanya untuk memberikan bantuan atau menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan apapun. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimanakah Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Perilaku Menolong Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 5 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Ingin mengetehui Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Perilaku Menolong Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 5 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah 107 siswa. Sampel yang digunakan adalah 8 orang siswa yang memiliki perilaku menolong rendah. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok dan metode observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu: nilai t hitung sebesar 5.532 dan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5 % dengan N=7 sebesar 2.365. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada tabel (5.532  > 2,365) sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini ”signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Nol (H_0) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah Ada Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Perilaku Menolong Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 5 Mataram, artinya hasil penelitian ini “signifikan”
UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI METODE KETELADANAN PADA ANAK USIA DINI Abdurrahman Abdurrahman
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1 Edisi April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v4i1.2150

Abstract

Pembentukan sikap dan penanaman nilai-nilai dipengaruhi berbagai factor terutama lingkungan, yaitu lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Artinya, walaupun di sekolah guru berusaha memberikan contoh yang baik, akan tetapi manakala tidak didukung oleh lingkungan baik keluarga dan masyarakat, maka penanaman nilai-nilai dan pembentukan sikap akan sulit dilaksanakan. Oleh karena itu, pembentukan sikap memerlukan upaya semua pihak, baik lingkungan, sekolah, masyarakat maupun keluarga. Keluarga adalah unit terkecil dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Sejak dari awal setiap individu mengalami hidup, tumbuh dan berkembang di dalam keluarga. Karena alasan itulah setiap keluarga diyakini sebagai unit pertama dan utama yang mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan anak serta meletakkan dasar-dasar keutamaan pribadi untuk keselamatan hidup di dunia dan di akhirat. Pendidikan dalam keluarga cukup luas mencakup keseluruhan perkembangan kepribadiannya baik dalam dimensi kegiatannya maupun dalam dimensi nilai-nilai yang dinamakan kepada anak. Semua itu menjadi tanggung jawab orang tua untuk merawat, mengasuh, membimbing dan mendidik anak sehingga bertumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya. Untuk menumbuh kembangkan anak, orang yang wajib memberikan makanan yang halal lagi baik agar sehat jaminannya. Selain itu anak harus dibimbing dan di biasakan dalam sikap patuh, berbudi luhur, berdisiplin sebagai hamba Allah yang taat
PENGARUH TEKNIK SHAPING TRHADAP PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT Evan Setiadi; Lalu Jaswandi
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1 Edisi April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v4i1.2155

Abstract

Teknik shaping merupakan pembentukan perilaku baru yang sebelumnya belum ditampilkan dengan menggunakn respon-respon pembentukan perilaku untuk mendekati tingkah laku yang diinginkan dengan menggunakan penguat (reinforcement) dengan penguat dapat membentuk perilaku baru yang diinginkan secara bertahap sampai mendekati perilaku akhir, dengan memberikan beberapa penguat sepertian pemberian pujian dan hadiah. Perilaku menyontek adalah kegiatan, tindakan atau perbuatan curang yang menggunakan cara tidak sah untuk memalsukan hasil belajar dengan menggunakan pendampingan atau memanfaatkan informasi dari luar secara tidak sah pada saat dilaksanakan ujian untuk mendapatkan keuntungan sendiri. Dampak dari perilaku menyontek disini dapat membuat kepribadian siswa menjadi rendah sehinga siswa tidak berusah sendiri untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Pendidikan di Indonesia masih memiliki masalah yang terjadi terutama perilaku menyontek siswa, hal ini dipengaruhi oleh faktor diri sendiri dan lingkungan sekolah. Oleh karena itu pendidikan sebagai sarana pembentuk moral dan intelektual agar bebas dari perilaku yang negaif seperti perilaku menyontek. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Pengaruh Teknik Shaping Terhadap Perilaku Menyontek Pada siswa Siswa Kelas VIII SMPN 2 Narmada Kabupaten Lombok Barat tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode utama dan metode Observasi, Wawancara, Dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus ttest   Berdasarkan hasil perhitungan nilai thitung yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 3,916, sedangkan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% dan df = N - 1 = 9 – 1 = 8 adalah 2,306 atau (3,916>2,306), jadi nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: “Ada Pengaruh Teknik Shaping Terhadap Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Narmada Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini“signifikan”
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARATIF DALAM BAHASA INDONESIA MELALUI TEKNIK MIND MAPPING SISWA KELAS IV SDN 2 SEMOYANG Saharudin Saharudin; Khairul Huda
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1 Edisi April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v4i1.2145

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai peningkatan keterampilan menulis teks naratif dalam bahasa Indonesia tentang lingkungan sekolah melalui teknik mind mapping di kelas IV SDN 2 Semoyang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 semoyang. Penelitian di kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas menggunakan metode spiral atau siklus dari Stephen Kemmis dan MC. Tanggart. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan observasi, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes berupa soal pemahaman berupa uraian, instrument pemantau tindakan pembelajaran menggunakan teknik mind mapping dan catatan lapangan. Hasil yang diperoleh penelitian ini adalah adanya peningkatan keterampilan pemahaman konsep siswa pada materi lingkungan sekolah dengan menggunakan teknik mind mapping. Persentase kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus I 63,33%, dan siklus II mencapai 86,66%. Pemahaman siswa meningkat karena efektifitas pembelajaran melalui penerapan teknik mind mapping. Hasil dari data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia pada materi lingkungan sekolah menggunakan teknik mind mapping dapat meningkatkan keterampilan pemahaman konsep siswa yang diukur melalui lembar tes dan pengamatan tindakan yang dilakukan pada siklus I, dan siklus II. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep yang diperoleh akan semakin meningkat jika dalam pembelajaran menggunakan teknik yang tepat, efektif, dan menyenangkan
PENGARUH TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT Nita Sopiana; Ahmad Muzanni
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1 Edisi April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v4i1.2151

Abstract

Perilaku menyontek bukanlah hal baru, hal ini terus dilakukan secara terus menerus dari generasi ke generasi hingga menjadi sebuah kebiasaat. Kebiasaan buruk ini selain mengganggu tentu akan merugikan banyak pihak. Oleh sebab itu, di perlukannya  teknik self management untuk meminimalisir perilaku kecenderungan menyontak. Teknik self management adalah suatu cara yang dilakukan seseorang untuk mengontrol atau mengelola dirinya sendiri terhadat tingkah laku yang ingin diubah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Ada Pengaruh Tehnik Self Management Terhadap Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Narmada Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Tehnik Self Management Terhadap Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Narmada Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket sebagai metode pokok sedangkan observasi, dokumentasi dan wawancara sebagai metode pelengkap, analisis data menggunakan tumus t-tes dan analisis program SPSS, hasil bahwa analisis data dengan menggunakan hitungan manual dan program analisis SPSS memiliki nilai yang hampir sama yaitu: thitung = 17,405 dengan menggunakan hitungan manual dan thitung = 17,419 dengan menggunakan analisis SPSS. Dengan demikian nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,201 dengan taraf signifikansi α= 0,05 yaitu 5%, maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis Nihil (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, maka kesimpulan penelitian ini adalah: Ada Pengaruh Teknik Self Management Terhadap Perilaku Kecenderungan Menyontek Pada Siswa Kelas XI di SMAN 1 Narmada Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019.
PENGARUH TEKNIK DISKUSI TERHADAP SIKAP SOLIDARITAS PADA SISWA SMKN 4 MATARAM Rohmatul Ummah; H. M. Syarafuddin
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1 Edisi April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v4i1.2156

Abstract

Discussing is a guidance effort given to several individuals through group situations, with the target group being individuals who have the same problems so that students can help themselves in increasing their solidarity attitude. The formulation of the research problem is "Is There Influence of Discussion Techniques Against Solidarity Attitudes at XI grade Students of SMKN 4 Mataram in Academic Year 2018 / 2019". The purpose of the study was "Want to Know the Influence of Discussion Techniques Against Solidarity Attitudes at XI grade Students of SMKN 4 Mataram in Academic Year 2018 / 2019". Sampling technique used in this study is purposive sampling. The population in this study was 94 students, the sample used was 12 students. Data collection method used is questionnaire method as the main method and method of observation, interview and documentation as a complementary method. To analyze the data using the t-test formula, based on t count data analysis of 4.088 with t table value at 5% significance level with db (N-1) = 11 of 2.201. Thus the t count value is greater than the value of t in the table (4,088> 2,201), so it can be concluded that there is an Influence of Discussion Techniques Against Solidarity Attitudes at XI grade Students of SMKN 4 Mataram in Academic Year 2018 / 2019 is stated significant.
PENGARUH KONSELING BEHAVIORISTIK TERHADAP ZOOPHOBIA PADA SISWA SMPN 11 MATARAM Willy Hermawan Aprian; Farida Herna Astuti; Eneng Garnika
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1 Edisi April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v4i1.2146

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat ketakutan pada diri siswa terhadap cicak seperti hilangnya kendali siswa seperti adanya detak jantung berdebar lebih keras, keluarnya keringat yang berlebih, muka memerah, tangan mengepal erat. Hal tersebut menimbulkan dampak buruk bagi diri siswa, permasalahan ini dapat diatasi dengan menerapkan konseling behavioristik, yaitu menekankan pada tingkah laku siswa terhadap ketakutannya pada cicak untuk membantu mencari solusi pada permasalahan yang dihadapi siswa, sehingga siswa dapat membantu dirinya dalam menghilangkan phobia terhadap cicak agar berfungsi secara efektif dengan menggunakan konseling kelompok. Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Zoophobia Pada Siswa SMPN 11 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019” dan tujuan dalam penelitian ini “Ingin Mengetahui Apakah Ada Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Zoophobia Pada Siswa SMPN 11 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 168 siswa, sampel yang digunakan adalah 12 orang siswa dari Kelas VIII. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok dan metode observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test, berdasarkan analisis data t hitung sebesar 7,908 dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (N-1) = 11 sebesar 2,201. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada tabel (7,908>2,201), sehingga dapat disimpulkan Ada Ada Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Zoophobia Pada Siswa SMPN 11 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019 dinyatakan Signifikan.
KEMANDIRIAN ANAK MELALUI INTEGRASI OUTDOOR AND INDOOR LEARNING TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL Anita Afrianingsih; Nurul Iman; Mufid Mufid
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1 Edisi April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v4i1.2152

Abstract

Kemandirian anak sebagai salah satu aspek perkembangan bidang pengembangan pembiasaan program pembelajaran taman kanak-kanak mempunyai peranan penting, karena aspek kemandirian dimaksudkan untuk membina anak agar dapat menolong dirinya sendiri dalam rangka kecakapan hidup (life skill), serta memperoleh keterampilan dasar yang berguna untuk kelangsungan hidup anak. Melalui pemberian rangsangan, stimulasi dan bimbingan, diharapkan akan meningkatkan perkembangan perilaku dan sikap melalui pembiasaan yang baik, sehingga akan menjadi dasar utama dalam pembentukan pribadi anak sesuai dengan nilai-nilai yang ada di masyarakat. Pembelajaran kemandirian anak yang diarahkan untuk mengembangkan kecakapan hidup melalui kegiatan-kegiatan konkrit yang dekat dengan kehidupan anak sehari-hari mempunyai peranan penting. Keberhasilan kegiatan belajar mengajar yang mengembangkan aspek kemandirian anak sering meresahkan guru kelompok A pada taman kanak-kanak. Berdasarkan pengamatan mulai awal masuk sekolah sampai pertengahan semester I tahun pelajaran 2015/2016 menunjukkan bahwa kemandirian murid kelompok A masih kurang. Kondisi ini tercermin dari sikap anak tidak mau menerima tugas dari guru, dalam mengerjakan tugas tidak tuntas, anak kurang percaya diri untuk mampu mengerjakan tugas sendiri dan selalu meminta bantuan guru, serta kurang antusias dalam kegiatan belajar mengajar.
GAMBARAN KEMAMPUAN ADAPTASI PSIKOLOGIS PASIEN STROKE DI RSUD PROVINSI NTB Dewi Rayani; Dewi Nur Sukma Purqoti; Menik Aryani
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1 Edisi April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v4i1.2148

Abstract

Stroke membawa dampak terhadap semua aspek kehidupan seseorang yang mengalaminya baik aspek sosial, fisik dan psikologis. Proses pemulihan pada kasus stroke membutuhkan waktu yang relatif lama maka dibutuhkan mekanisme koping yang baik untuk penderita stroke agar mampu beradaptasi dengan kondisinya. Upaya- upaya dalam menangani kasus psikologis pasien dapat dilakukan dengan cara terapi farmakologi dan non farmakologi. Tujuan  penelitian ini  adalahn  memberikan gambaran kemampuan adaptasi psikologis pasien stroke di RSUD Provinsi NTB. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Tehnik  pengambilan sampel yang digunakan yakni dengan Purposive Sampling. Analisa data yang digunakan adalah univariat dengan data disajikan dalam bentuk narasi, tabel distribusi frekuensi dan persentase. Hasil penelitian adalah adanya gambaran perilaku adaptasi yang masih dalam kategori maladaptive dikarenakan pasien masih belum dapat menata emosi secara tepat. Selain itu sebagian besar bekerja sebagai petani dan rata-rata responden dalam penelitian ini berusia 50 sampai dengan 65 tahun,dengan mayoritas jenis kelamin laki-laki, mayoritas berpendidikan SMA. Sehingga dibutuhkan upaya kolaboratif antara keluarga dan pelayan kesehatan untuk dapat meningkatkan kemampuan adaptsi psikologis pasien stroke.
PENGARUH TEKNIK VIDEO EDUKASI TERHADAP BERPIKIR POSITIF SISWA SMPN 16 MATARAM Hariadi Ahmad; Lalu Andry Adifa Maulana
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1 Edisi April 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v4i1.2153

Abstract

Individu sebagai mahluk sosial yang membutuhkan kehadiran orang lain, dibutuhkan adanya keselarasan diantara manusia itu sendiri, dalam setiap aspek kehidupan individu tidak lepas dari proses berpikir dan merasakan, berpikir positif merupakan keterampilan yang dimiliki individu dalam menerima situasi dan kondisi yang tengah dihadapi secara positif, sehingga individu tersebut memiliki kepuasan dalam hidupnya, meyakini kemampuan yang dimilikinya sehingga harga diri menjadi meningkat, serta berpikir secara optimis dalam meraih harapan kesuksesan akan masa depannya. Berpikir positif siswa yang rendah dapat diatasi dengan layanan bimbingan dan koseling dengan menggunakan teknik video edukasi, video edukasi merupakan media pembelajaran yang dibuat dalam bentuk video yang berisi materi layanan yang dikemas secara menarik, interaktif dan bersifat mendidik yang mengajarkan keterampilan dan dapat mempengaruhi sikap dengan tahapan pelaksanaan pembentukan rappor, pemberian stimulan berbentuk film, refleksi dan diskusi, pengembangan komitmen, uji coba komitmen dan melakukan perbaikan diri atau evaluasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah Ada Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berpikir Positif Siswa SMP Negeri 16 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Teknik Video Edukasi terhadap Berpikir Positif Siswa SMP Negeri 16 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019.  Jumlah sampel sebanyak 49 orang siswa. Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode pokok, observasi, dokumentasi, dan wawancara sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan analisis T-Test. Berdasarkan hasil perhitungan t-test dengan taraf signifikansi 5% = 2,021. Sedangkan nilai t-hitung hasil penelitian sebesar 4,810. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa nilai r hitung hasil penelitian ini lebih besar dari nilai r tabel  yakni 4,810 > 2,021 dapat disimpulkan bahwa: Ada Pengaruh Teknik Video Edukasi terhadap Berpikir Positif Siswa SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Maka penelitian ini dinyatakan “Signifikan”.

Page 1 of 2 | Total Record : 13