cover
Contact Name
Hariadi Ahmad
Contact Email
hariadiahmad78@ikipmataram.ac.id
Phone
+6281917416409
Journal Mail Official
bk_fip@ikipmataram.ac.id
Editorial Address
Jalan Pemuda No 59 A Kota Mataram Nusa Tenggara Barat Kampus Universitas Pendidikan Mandalika, Gedung GD Lantai III Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN : 25031708     EISSN : 27227340     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram fip.ikipmataram.ac.id, Sejak tahun 2019 diterbitkan secara cetak dan Online melalui ojs.ikipmataram.ac.id. Pada bulan Juni 2020 mendapat E ISSN: 2722-7340, JRbk diterbitkan Dua Kali dalam Setahun yaitu pada bulan April dan Oktober Setiap tahun. JRbk Menerima Artikel dari penulis yang berupa Hasil Penelitian, Hasil Pengembangan, Kajian Pustaka dalam Bidang Pendidikan, Psikologi, dan Bidang Bimbingan dan Konseling.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2021): Volume 6 Nomor 1 Edisi Aprl 2021" : 18 Documents clear
PENGARUH KONSELING INDIVIDU TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS XI DI SMAN 1 BATULAYAR Aluh Hartati; Mona Nimitha Balensky
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 1 (2021): Volume 6 Nomor 1 Edisi Aprl 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v6i1.4075

Abstract

Konseling individu merupakan proses pemberian bantuan secara profesional melalui hubungan khusus secara pribadi oleh seorang ahli (konselor) kepada individu yang sedang mengalami suatu masalah (klien) secara langsung (tatap muka), dengan tujuan agar klien dapat meningkatkan pemahaman tentang dirinya, merubah perilaku, mengembangkan potensi diri sesuai dengan keputusan yang diambil serta membantu menyelesaikan masalah yang dialami sehingga bermuara pada teratasinya masalah tersebut. Konseling individu memiliki fungsi sebagai pemahaman, pencegahan, pengentasan, pemeliharaan dan advokasi. Adapun tahap-tahap dalam konseling individu a) tahap awal, b) tahap inti, c) tahap akhir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada Pengaruh Konseling Individu Terhadap Perilaku Bullying pada siswa kelas XI  di SMAN 1 Batulayar Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian adalah untuk mengatasi pengaruh Konseling Individu Terhadap Perilaku Bullying pada siswa kelas XI  di SMAN 1 Batulayar Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik sampling yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Pupolasi dalam penelitian ini adalah 107 siswa, sampel yang digunakan adalah 4 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan rumus chi kuadrat, berdasarkan analisis nilai X2  sebesar 8.39 dengan nilai X2tabel pada taraf signifikan 5% dengan db (N-1) = 3 sebesar 7.82. Dengan demikian nilai X2lebih besar dari pada nilai X2tabel (8,39 < 7.82) sehingga dapat di simpulkan ada pengaruh konseling individu terhadap perilaku bullying pada siswa kelas XI di SMAN 1 Batulayar Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah “Signifikan”.Kata Kunci : Konseling Individu, Perilaku Bullying
Layanan Cyber Counseling pada Siswa saat Masa Pandemi Covid-19 Brigitta Anastasya Indri Pratiwi; Abdul Muhid; Siti Alfiyah Nasiroh
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 1 (2021): Volume 6 Nomor 1 Edisi Aprl 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v6i1.3476

Abstract

Situasi pandemic Covid-19 memaksa guru bimbingan dan konseling untuk beradaptasi akibat adanya peraturan study from home bagi siswa sehingga bimbingan dan konseling yang semula dilakukan dengan tatap muka kini beralih menjadi konseling online atau dalam istilah bimbingan dan konseling disebut cyber counseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan cyber counseling pada siswa dimasa pandemic Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan cyber counseling dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dinyatakan efektif dan disarankan dalam situasi pandemic covid-19.
PENGARUH IMPLEMENTASI ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP KARAKTER DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SD LAB UNDIKSHA Muhammad Hafizin; Khaerul Huda
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 1 (2021): Volume 6 Nomor 1 Edisi Aprl 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v6i1.3863

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan implementasi asesmen portofolio terhadap pendidikan karakter dan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan Single Factor Independent Group Design dengan jumlah sampel sebanyak 68 orang siswa kelas IV SD Lab UNDIKSHA. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk karakter dan tes untuk literasi sains. Data dianalisis dengan menggunakan multi analisis varians. Hasil penelitian menunjukan uji hipotesis pertama nilai F= 6,026 dengan signifikansi 0,017<0,05 yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima, terdapat perbedaan karakter siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi asesmen portofolio dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi asesmen konvensional. Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa F= 14,538 dengan 0,000<0,05 yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima, terdapat perbedaan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi asesmen portofolio dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi asesmen konvensional. Uji hipotesis ketiga menunjukan bahwa F= 7,965 dengan 0,001<0,05 yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima, terdapat perbedaan karakter dan literasi sains siswa secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi asesmen portofolio dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi asesmen konvensional.
PENGARUH TEKNIK KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS X SMK NURUL ISLAM SEKARBELA Dewi Rayani; I Made Gunawan; Firman Erdiansyah
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 1 (2021): Volume 6 Nomor 1 Edisi Aprl 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v6i1.4080

Abstract

Konseling behavioral merupakan proses komunikasi bantuan yang penting dalam menanggulangi masalah perilaku membolos. dalam proses konseling behavioral sangat dibutuhkan guna untuk melakukan perubahan tingkah laku.  Sedangkan etika berkomunikasi dalam belajar adalah norma, nilai, atau ukuran tingkah laku baik dalam kegiatan berkomunikasi di lingkungan sekolah. dalam proses belajar sangat dibutuhkan proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu dakah Pengaruh Teknik Konseling Behavioral Terhadap Perilaku Membolos Pada Siswa di Kelas X di SMK Nurul Islam Sekarbela Tahun Pelajaran 2020/2021?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik konseling behavioral terhadap perilaku membolos siswa Kelas X di SMK Nurul Islam Sekarbela. Desain penelitian ini yaitu one group pre-test-post-test design. dengan  populasi berjumlah  31 siswa, dan  sampel sebanyak 9 orang yang terindikasi memiliki tingkat perilaku membolos yang tinggi berdasarkan hasil pre-test. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebagai metode pokok dan observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan rumus t-test. Adapu hasil analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar (8.975), sedangkan untuk nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar (1.860). Karena thitung lebih besar dari nilai ttabel(8.975>1,860) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh teknik konseling behavioral terhadap perilaku membolos siswa kelas X SMK Nurul Islam Sekarbela Tahun Pelajaran 2020/2021. “Signifikan”.Kata Kunci : Teknik Konseling Behavioral, Perilaku Membolos 
KORELASI ANTARA EMPATI DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA DI SMA NEGERI 3 MATARAM I Made Sonny Gunawan
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 1 (2021): Volume 6 Nomor 1 Edisi Aprl 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v6i1.3859

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara empati dengan perilaku cyberbullying pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Mataram. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 144 orang siswa dari empat kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner empati dan skala sikap perilaku cyberbullying yang dikembangkan berdasarkan indikator dari masing-masing variabel penelitian. Analisis data menggunakan bantuan SPSS korelasi Bivariat Pearson. Bedasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa empati berkorelasi signifikan terhadap perilaku cyberbullying pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Mataram.
HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA SISWA MADRASAH ALIYAH RAUDLATUSSHIBYAN NW BELENCONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Hariadi Ahmad; Lidya Lali Wurru; Jessica Festy Maharani
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 1 (2021): Volume 6 Nomor 1 Edisi Aprl 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v6i1.3865

Abstract

Abstract. Marriage is designed to form a harmonious and eternal family in accordance with Law number 1 of 1974. Therefore it is the responsibility of parents in teaching various knowledge, value and norm as well as role model in behavior to children. It was found that children with disharmony family background will experience the disorder of personality, emotional, antisocial and behavioral disorder (delinquent). The purpose of this study was to know the relationship between family harmony with aggressive behavior in students of the Belencong Aliyah Raudlatushibyan NW Madrasah in Academic Year of 2019/2020. Family harmony is characterized by a form of two-way communication, mutual respect for opinion, mutual love and the attitude of parents who protect children. Aggressive behavior intended in this research is in the form of physical, psychological, verbal and non-verbal aggressive The design of this study used quantitative research that is a causal relationship. The sample in this study were 21 students from disharmony families. Data collection technique using the questionnaire method as the main method, observation, interview and documentation as a complementary method. By the result of data analysis using statistical method with Product Moment analysis showed that the value of r-count <r-table was 0.871 <1.729 then the null hypothesis (Ho) was rejected and the alternative hypothesis (Ha) was accepted at a significance level of 5% so that it can be interpreted that there is a Relationship Between Family Harmony with Aggressive Behavior Students of the Belencong Aliyah Raudlatushibyan Madrasah in Academic Year of  2019/2020.Key word: harmony family, aggressive.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN WARNA MELALUI MEDIA PERMAINAN BOLA PLASTIK PADA SISWA KELOMPOK B TK HADI SAKTI Baiq Sarlita Kartiani
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 1 (2021): Volume 6 Nomor 1 Edisi Aprl 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v6i1.4092

Abstract

Berdasarkan hasil identifikasi masalah yaitu kurangnya kemampuan anakmengenal warna, sehingga pada penelitian ini yang akan dikembangkan adalah kemampuan anakdalam mengenal warna. Penelitian ini dilaksanakan di TK Hadi Sakti dengan tujuan perbaikan pembelajaran pada anak siswa kelompok B yaitu untukmeningkatkan kemampuan mengenal warna melalui media permainan bola plastik warna warni. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukandengan dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 yang diawali dengan kegiatan perencanaanpembelajaran, kemudian pelaksanaan pembelajaran, dilanjutkan pada tahap pengamatan (observasi) dan refleksi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila telah memenuhi persentase 90% dengan kriteria Baik sekali.Perbandingan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I dan siklus 2 menunjukkan peningkatan yang signifikan.Pada siklus I kegiatan aktivitas guru mendapatkan nilai 71% dengan kriteria cukup baik.Sedangkan pada siklus II hasil penelitian menunjukkan peningkatan menjadi 92% dengan kriteria nilai baik sekali.Hasil yang diharapkan daripenelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengenal warna dan anak bisa memanfaatkan benda-benda yang ada disekitarnya untuk media pembelajaran agar lebih menarik dalam mengenal warna.Kata Kunci: Pengenalan Warna, Media pembelajaran
HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENYIMAK DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN Ni Ketut Alit Suarti; Salamah Salamah; Aluh Hartati
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 1 (2021): Volume 6 Nomor 1 Edisi Aprl 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v6i1.3860

Abstract

Salah satu perkembangan kognitif pada anak usia dini yang cukup penting adalah perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa ini tentunya berkaitan dengan kemampuan membaca anak usia dini. Membaca pada anak usia dini memiliki banyak tantangan, sehingga diperlukan metode yang dapat membantu proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan menyimak dengan kemampuan membaca pada anak usia 5 – 6. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif emperis karena data sudah ada pada masing-masin anak. Data dikumpulkan dengan metode pedoman observasi yang selanjutnya. Data tersebut dianalisis dengan uji Paired T-Test menggunakan aplikasi SPSS forWindows. Hasil analisis data menunjukan nilai rhitung  sebesar 12,253, sedangkan nilai rtabel dengan taraf signifikansi 5% pada df 14 diperoleh 2,145. Hal ini menunjukkan bahwa rhitung yang diperoleh dalam penelitian ini lebih besar dari pada nilai rtabel (12,253 >2,145). Oleh karena itu dapat dikemukakan bahwa hipotesis Nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kemampuan menyimak dengan kemampuan membaca pada peserta didik usia 5 – 6 tahun.
MEREDUKSI PRASANGKA ETNIK SISWA DENGAN TEKNIK RESTRUCTURING COGNITIVE SUATU KERANGKA KONSEPTUAL Hasrul Hasrul; Hariadi Ahmad
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 1 (2021): Volume 6 Nomor 1 Edisi Aprl 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v6i1.3875

Abstract

Abstrak. Bangsa Indonesia disebut sebagai salah satu negara yang memiliki ragam budaya. Keragaman tersebut merupakan wujud dari bangsa multikultur  yang terlihat dari perbedaan bahasa, suku, etnis, dan keyakinan agama serta kebiasaan-kebiasaan kultural lainnya. Perbedaan budaya dalam kategori latar belakang suku dan etnis, sering kali memunculkan prasangka yang membuat seseorang dinilai terlebih dahulu sebelum dia dikenal lebih mendalam. Jika prasangka dan stereotipe negatif dibiarkan terus-menerus dan meluas, maka konflik  berskala besar tidak dapat hindari karena individu telah memiliki benih-benih permusuhan sejak usia sekolah. Artikel ini bertujuan untuk menawarkan kerangka konseptual terhadap konselor mengenai upaya untuk mereduksi prasangka etnik siswa melalui teknik cognitive restructuring. Cognitive restructuring adalah salah satu teknik konseling dalam pendekatan cognitive therapy yang bertumpu pada  restrukturisasi  atau pembenahan  kognitif  yang menyimpang.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK B TK HADI SAKTI M. Chaerul Anam; Ahmad Zainul Irfan; Baiq Sarlita Kartiani
Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 1 (2021): Volume 6 Nomor 1 Edisi Aprl 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/realita.v6i1.4094

Abstract

Penggunaan Metode Bermain Peran dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak pada Kelompok B TK Hadi Sakti dilakukan untuk memberikan nuansa baru agar anak dapat menerima pembelajaran yang diberikan. Melalui  Metode Bermain Peran diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan berbicara anak Kelompok B TK Hadi Sakti Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat dapat tercapai melalui Metode Bermain Peran. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan lembar observasi dan ceklist. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi. Penelitian ini terbagi menjadi 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. pada siklus pertama nilai rata- rata anak masih adalah 70, masih dikatakan cukup baik, kemudian peneliti melanjutkan ke siklus II, pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 88 atau sangat baik, maka oleh peneliti diselesaikan sampai siklus II. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Hadi Sakti, hal ini dibuktikan oleh adanya peningkatan keberhasilan pada siklus II engan nilai rata-rata 88.

Page 1 of 2 | Total Record : 18