cover
Contact Name
Ansar
Contact Email
ansar.fai@umi.ac.id
Phone
+6281354397912
Journal Mail Official
eljour@umi.ac.id
Editorial Address
Jl. Urip Sumoharjo Km. 05 Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Education and Learning Journal
ISSN : -     EISSN : 27209156     DOI : http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v2i1
Core Subject : Education,
Education and Learning Journal (ELJour) is a Journal published by the departement of Education, Faculty of Islamic Religion, Universitas Muslim Indonesia. ELJour is an open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of education, learning and other matters relating to education such as: Islamic Education, Curriculum and teaching methodology, Contemporary issues in education and learning, Development in education and learning, Education and learning technology, Education and learning research, Educational Psychology, Innovations in education and learning, Management Education, Special Education, and, vocational education. These topics are addressed in full-length academic articles, critical statements on current issues, developmental practice, and reviews of books based education and learning. The journal presents an innovative platform for researchers, students, practitioners and educators to both learn from and contribute to the field. All articles are subject to initial Editor screening and then a rigorous double-blind peer-review process before publication. This journal is published twice a year on January and July and published on online version is free to access and download.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2020): January" : 10 Documents clear
Petunjuk Al-Qur’an Tentang Belajar Dan Pembelajaran Ahmad Wakka
Education and Learning Journal Vol 1, No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v1i1.43

Abstract

Tuntunan agama Islam pada khususnya, sejak awal penyebarannya di dunia ini telah mengajak dan mendorong umat manusia agar bekerja keras mencari kesejahteraan hidup di dunia dan kebahagian di akhirat, Antara etos kerja untuk duniawi dan ukhrawi tidak boleh di pisahkan, melainkan menjadi etos kerja yang terintegrasikan satu sama lain dan saling berkaitan secara kontinyu, termasuk etos ilmiah mendorong ke arah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Serta sumber motivasi dari al-Qur’an. Berfikir tentang fenomena ciptataan Allah swt. dan Pendidikan Islam tugas pokoknya menelaah dan menganalisa serta mengembangkan pemikiran, informasi, dan fakta-fakta kependidikan dibangun dengan nilai- nilai ajaran Islam.
Aplikasi Strategi Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Subaedah Subaedah
Education and Learning Journal Vol 1, No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v1i1.35

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui strategi pembelajaran  yang diterapkan di MAN 03 Daya Makassar, (2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa, (3) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah ex post facto bertujuan untuk mengetahui dan melihat pengaruh yang ditimbulkan dalam aplikasi strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Peneliti tidak melakukan kontrol terhadap variabel karena manifestasinya sudah terjadi, atau dapat dikatakan bahwa variabel-variabel dalam penelitian tidak dapat dimanipulasi. Pengambilan data awal lewat observasi dan survey, variabel terikat ditentukan lebih dulu serta uji validasi lewat triangulasi. Instrumen penelitian: obeservasi, wawancara, angket dan dokumetasi. Analisis data menggunakan kriteria yang diindikatorkan menerima dan menolak H0 Hasil penelitian dengan apabila t hitung lebih kecil atau sama dengan t tabel maka H0 diterima (thit ≤ ttbl = H0 diterima) pada taraf signifikansi α = 0.05 dan derajad bebas (db) = . Hasil penelitian menunjukan pretest kemampuan siswa pada K.E dan K.K hampir sama. Perbedaan ada pada nilai rerata kelas dan nilai maksimum sebesar 0.06.. Nilai rerata pretest pada kelas eksperimen sebesar 9.50 dan pada kelas kontrol sebesar 9.44. Nilai maksimum pada kelas eksperimen sebesar 14 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 15. Perbedaan hanya sebesar 1 angka. Adapun nilai yang sama adalah nilai median sebesar 10, nilai mode sebesar 10, dan nilai minimum sebesar 6. Pada postest terjadi perbedaan rerata, median, mode, minimum, dan maksimum pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen rerata postest sebesar 16.55 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 19.04. Perbedaan rerata sebesar 2.49. Nilai median kelas eksperimen sebesar 17 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 20. Perbedaaan mediannya sebesar 3 angka. Nilai mode pada kelas eksperimen sebesar 18 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 20. Perbedaan modenya sebesar 2 angka. Nilai minimum pada kelas eksperimen sebesar 11 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 13. Perbedaan nilai minimumnya sebesar 2 angka. Nilai maksimum pada kelas eksperimen sebesar 22 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 23. Perbedaan nilai maksimumnya sebesar 1 angka.
Memahami Karakteristik Berliterasi Peserta Didik Di Sekolah Abd Rahim Mansyur
Education and Learning Journal Vol 1, No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v1i1.44

Abstract

Pendidikan dibangun dengan pencerahan keaksaraan sebagai pilar dasar kompetensi yang paling dini dibutuhkan peserta didik. Saat ini, upaya pendidikan keaksaraan untuk meningkatkan keterbacaan peserta didik gencar dilakukan melalui literasi yang dicanangkan oleh pemerintah melalui pendidikan formal. Konsep pendidikan literasi berorientasi meningkatkan minat baca peserta didik. Konsep pendidikan ini terkoneksi dengan Gerakan Literasi Sekolah yang dicanangkan oleh pemerintah. Seluruh ekosistem pendidikan harus memiliki pemahaman tentang literasi untuk memaksimalkan pelaksanaannya pada jenjang pendidikan masing-masing. Pelaksanaan pendidikan literasi peserta didik di sekolah mengimplementasikan tiga tahapan untuk menjamin keberlangsungan pendidikan literasi di sekolah, yaitu; melakukan pembiasaan, melakukan pengembangan, dan kesinambungan proses pembelajaran keaksaraan. Tahapan pembiasan, pengembangan, dan pembelajaran dilakukan dengan intensitas pelaksanaan secara berulang ditunjang medium bacaan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan pelaksanaan pendidikan literasi di sekolah.
Penerapan Model PAIKEM dalam Meningkatkan Hasil Belajar Abdul Malik
Education and Learning Journal Vol 1, No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v1i1.38

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan, 1 pertemuan untuk evaluasi. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan pelaksanaan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang penerapan model PAIKEM bidang studi Alqur'an Hadis dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B di SMP Cokroaminoto Tamalanrea Makassar. Adapun instrumen penelitian yang dilakukan dilapangan yaitu: observasi langsung, angket tertutup dan tes esay. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII B  Sekolah Menengah Pertama Cokroaminoto Tamalanrea Makassar dengan jumlah siswa 16 orang. Pengumpulan data dilakukan secara bertahap yang diperoleh dari pengamatan pada saat berlangsungnya proses pembelajaran selama penelitian, dan data dari tes hasil belajar pada tiap siklus. Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif, yaitu menjelaskan hasil-hasil tindakan selama proses belajar mengajar, dan secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu skor rata-rata, tabel frekuensi, nilai minimum, nilai maksimum, dan presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dan kualitas pembelajaran ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam pembelajaran sesuai dengan hasil observasi selama tindakan kelas berlangsung dan Nilai rata-rata mulai siklus 1 sampai siklus 2, setelah dianalisis dari hasil penelitian yaitu dari pra siklus 62,18%, atau kriteria tingkat keberhasilan siswa dianggap “Gagal”, siklus 1 70,62%,  kriteria tingkat keberhasilan siswa berada pada “Baik”, dan siklus II 82,62%, atau kriteria tingkat keberhasilan siswa berada pada “Sangat Baik”.
Teori Kepribadian dan Perbedaan Individu Bisyri Abdul Karim
Education and Learning Journal Vol 1, No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v1i1.45

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menemukan teori-teori kepribadian dan perbedaan individu. Adapun latar belakang tulisan ini, adalah bahwa manusia adalah makhluk sosial yang mengandung niat bahwa manusia tidak dapat dipisahkan dari individu lain yang berinteraksi satu sama lain, terutama yang berkaitan dengan interaksi yang disengaja. Perbedaan individu mengenai variasi yang terjadi, baik variasi dalam aspek fisik maupun psikologis. Perbedaan-perbedaan ini mempengaruhi perilaku mereka di rumah dan di lingkungan lain. Dalam teori kepribadian, setiap orang secara otomatis mengungkapkan karakteristik yang berbeda dari kepribadian lain. Setiap orang memiliki karakteristik khusus dan unik. Kehidupan seseorang meliputi berbagai aspek, khususnya aspek emosional, aspek psikologis sosial dan sosial budaya, serta kemampuan intelektual yang sepenuhnya terintegrasi ke dalam faktor lingkungan kehidupan.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akhmad Syahid; Syamsul Bachri
Education and Learning Journal Vol 1, No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v1i1.32

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi satu sama lain adalah model pembelajaran kooperatif tipe word square. Model pembelajaran tipe ini adalah peserta didik bekerja sama dalam kelompok kecil dan saling membantu dalam belajar dapat memotivasi peserta didik, memanfaatkan seluruh energi sosial peserta didik, saling mengambil tanggung jawab. Model pembelajaran tipe word square membantu peserta didik belajar menemukan topik-topik materi pelajaran sesuai dengan konten dan keadaan peserta didik dalam lingkungan mereka. Menemukan kata-kata yang sesuai dengan permasalahan yang diberikan selama pembelajaran.
Pengembangan Model Pembinaan Tahsin Qira’ah Al-Qur’an Berbasis Paikem Pada Mahasiswa Nuraeni Abdullah
Education and Learning Journal Vol 1, No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v1i1.41

Abstract

Bertitik  tolak  dari masalah  masih banyaknya  mahasiswa  baru Fakultas  Agama Islam Universitas Muslim Indonesia   yang belum mampu membaca al-Qur’an dengan  fasih  dan  tartil,  maka  penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengembangkan model pembinan tahsin qira’ah al-Qur’an berbasis PAIKEM ( Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) yang dilakukan  melalui lima fase:   (1) fase preliminary  investigation (investigasi awal), (2) fase design (desain), (3) fase realization/construction (realisasi/konstruksi),  (4) fase test, evaluation & revision (tes, evaluasi & revisi), dan (5) fase implementation (implementasi). Penelitian  ini  dilakukan  di  Fakultas  Agama  Islam,  dan  yang  menjadi  subyek penelitian adalah para Pembinan dalam Pelatihan berjumlah lima orang, dan obyeknya adalah mahasiswa peserta pelatihan berjumlah tiga puluh   orang. Pembinaan  dilakukan  dalam  bentuk  pelatihan  yang  dilakukan  sebanyak  enam belas  kali  pertemuan.  Pertemuan  pertama  dilakukan  free-test,  penyajian  materi dasar-dasar ilmu tajwid sebanyak empat   kali pertemuan; prakikum sebanyak sepuluh kali pertemuan; dan pertemuan terakhir dilakukan pos-test. Metode pengumpulan data adalah melalui tes praktikum membaca al-Qur’an terhadap semua peserta, wawancara dengan perwakilan mahasiswa dan hasil observasi dari pembina. Hasil   penelitian menunjukkan   bahwa penerapan   model pembinaan   tahsin qiraah  al-Quran berbasis PAIKEM pada mahasiswa FAI-UMI sangat efektif  berdasarkan  peningkatan  kualitas bacaan  al-Qur’an  mahasiswa  antara hasil free test dengan hasil pos test, dan juga  hasil observasi Tim Peneliti dan Pembina pada saat peroses pelatihan berlngsung. Penelitian ini melahirkan sebuah modul pembinaan  tahsin qira’ah al-Qur’an yang dapat bermanfaat sebagai pedoman bagi pembina   tahsin qira’ah dan atau guru TPA, dan juga para  mahasiswa  dan  atau  santri  TPA  sebagai  media  pembelajaran  tahsin  qira’ah  al- Qur’an.
Peranan Supervisi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Kota Makassar Rosmiati Rosmiati
Education and Learning Journal Vol 1, No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v1i1.33

Abstract

Penelitian ini bertujuan  mengetahui peranan supervisi pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Madrsah Aliyah Al-Hidayah kota Makassar. Supervisi  yang dilakukan departemen pendidikan nasional untuk mengejar ketertinggalan mutu pendidikan di Indonesia adalah kebijakan tentang pembenahan, penyempurnaan aspek substantif yang mendukung pendidikan, yaitu kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dalam pembinaan dan pengembangan tenaga kependidikan khususnya guru Madarasah. Supervisi pendidikan, adalah elemen strategis dalam pencapaian tujuan penedidikan.Baik tujuan pendidikan dalam konteks nasional, institusional, dan juga tujuan kurikuler. Dunia persekolahan saat  mengalami dilema di suatu sisi harus meningkatkan mutu pembelajaran, disisi yang lain mengahadapi tuntutan stakeholder, sedangkan pada waktu yang bersamaan,  terjadi perubahan yang signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi. Masyarakat menuntut agar lulusan persekolahan tidak terpojok dan teraliminasi dengan perubahan yang begitu deras tersebut. Berdasarkan uraian di atas, permasalahan utama yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana gambaran peranan supervisi Madrasah dalam  peningkatan kualitas  kinerja guru Madrasah Aliyah Al-Hidayah Kota Makassar. Metode yang dipakai dalam penelitian ini ex- post facto atau penelitan survey yang bersifat korelasional, di mana peneliti mendapatkan data berdasarkan gejala alam atau fenomena tertentu yang sudah tejadi, peneliti tidak ikut terlibat dalam proses terjadinya gejala tersebut . Jadi, peneliti hanya  melakukan survei tentang peranan Supervisi   Madrasah dan Peningkatan kinerja guru Madrsah Aliyah Al-Hidayah Kota Makassar yang terus berlansung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan supervisi dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam. peranan supervisi dalam membantu guru menyiapkan rencana pelaksanaan sebanyak 89,19 % atau kategori sangat tinggi. peranan supervisi dalam membantu guru melakukan perencanaan pengajaran 74,97 % atau kategori tinggi. peranan supervisi dalam membantu guru memahami pelaksanaan proses belajar mengajar 89,18 % atau kategori sangat tinggi. peranan supervisi dalam membantu guru melaksanakan evaluasi hasil belajar 78,37 % atau kategori tinggi.
Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Anak Panti Asuhan Melalui Pohon Cita-Cita Martini Martini; Ratika Nengsih
Education and Learning Journal Vol 1, No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v1i1.42

Abstract

Dunia bermain setiap anak sangat ditentukan oleh cita-citanya. Pohon cita-cita anak memiliki gambaran keunikan   berkeinginan untuk menjadi orang yan berguna dan penuh makna dalam hidupnya dimasa akan datang, namun seiring dengan berjalannya waktu, terkadang situasi dan kondisi membuat anak tersebut kehilangan harapan untuk meraih apa yang diinginkan, hal ini  dipengaruhi oleh factor internal dan eksternal. Keadaan  ini harus menjadi acuan bagi para pihak yang terkait seperti orangtua,  guru dan masyarakat sekitar. Hal-hal yang dikhawatirkan terjadi adalah bukan hanya berkaitan pada diri pribadi anak tapi hal-hal yang akan ditimbulkan pada masyarakat, rekan anak lainnya. Sebagai bentuk kepedulian kepada anak maka peningkatan motivasi anak perlu diupayakan untuk membentuk integritas dan komitmen anak untuk sukses. Pengabdian kepada masyarakat melalui pohon cita-cita ini membantu anak untuk mengenal potensi dalam dirinya.  Melalui pendidikan karakter adalah hal yang sangat penting, karena merupakan salah satu pendekatan yang mendasar  dalam mendidik dan melahirkan peserta didik yang berjiwa Social dengan intelektual yang tinggi. Pengabdian yang dilaksanakan ini merubah mindset yang melahirkan suatu kemauan  untuk melakukan perubahan dalam dirinya  dengan tujuan untuk menjadi orang yang berguna rahmatan lil alamin. Kesadaran merubah mindset dan  menuntut ilmu Pendidikan  dalam rangka meraih apa yang dicita-citakan khususnya pada anak yatim piatu di Panti Asuhan Waturua Timor Timur Kecamatan Manggala Antang Kota Makassar.
Metodologi Tafsir “Al-Furqan Tafsir Qur’an” (Membaca Karya A. Hassan 1887-1958) Akhmad Bazith
Education and Learning Journal Vol 1, No 1 (2020): January
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v1i1.34

Abstract

Kitab tafsir yang monumental ini sedikit banyaknya mempengaruhi sejarah penafsiran al-Quran di Indonesia dan A. Hassan sebagai seorang ulama penulis masih dikenang hingga hari ini. Sepanjang hidupnya sosok A. Hassan menjadi sangat istimewa karena peranannya yang begitu penting dalam sejarah tafsir al-Qur’an di Indonesia. Beliau tidak saja dikenal sebagai seorang ulama penulis, politikus, namun juga sebagai tokoh pembaharu di Indonesia. Hasil karya terbesar beliau selesai ditulis sebanyak satu jilid lengkap dan mencakup seluruh ayat suci al-Qur’an 30 juz. Kitab tafsir ini ditulis dalam kurun waktu antara tahun 1920-an sampai dengan tahun 1950-an. Kajian metodologi tafsir yang digunakan oleh A.Hassan dalam kitabnya Al-Furqa>n Tafsir Qur’an, metode yang digunakan adalah metode terjemahan harfiyah, meski pada beberapa penafsirannya terdapat pula terjemahan maknawiyah. Dalam  menjelaskan ayat-ayat al-Qur’an cenderung ringkas dan padat, sehingga metode yang digunakan dalam tafsir ini termasuk dalam kategori metode tafsir ijmali.

Page 1 of 1 | Total Record : 10