cover
Contact Name
Hastuti Diah Ikawati
Contact Email
hastutiikawati@gmail.com
Phone
+62817259116
Journal Mail Official
mandalikaindo@gmail.com
Editorial Address
Alamat: Jalan Candi Pawon No. 7, Getap Barata, Kel. Cakranegara Selatan Baru, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, NTB. 83238 Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM)
ISSN : -     EISSN : 27455955     DOI : -
This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other reports for publication. This journal is published every month since August 2020.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): Januari" : 5 Documents clear
BELAJAR UNTUK MENJADI PELAJAR YANG BERKARAKTER Lety
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 2 No. 1 (2021): Januari
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v2i1.438

Abstract

Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh. Penulis memberikan maksud dari penulisan skripsi yang berjudul “Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Di SMP Negeri 26 Surabaya” Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai keagamaan dalam pembentukan karakter religius siswa di sekolah SMP Negeri 26 Surabaya? Apa faktor pendukung dan penghambat internalisi nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa di sekolah SMP Negeri 26 Surabaya? Untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa di sekolah SMP Negeri 26 Surabaya.Peneliti mengunakan jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang pengumpulan datanya di lapangan. Penelitian lapangan merupakan study terhadap kehidupan sosial masyrakat secara langsung. Proses internalisasi nilai-nilai agama di SMP Negeri 26 Surabaya dilakukan menghasilkan : Perencanaan kegiatan keislaman yang dilakukan oleh sekolah atas dasar sekepakatan semua guru. 1. Membaca doa-doa dan surat pendek, 2. Tata cara melaksanakan ibadah yaitu sholat sunnah dhuha berjamaah sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung, 3. Menyambut hari besar Islam, 4. Kegiatan pondok Rhomadon.Faktor pendukung dan penghambat dalam internasisasi nilai-nilai agama dalam meningkatkan karakter religius di SMP Negeri 26 Surabaya yaitu, Faktor pendukung : Faktor dari dalam. Faktor dari luar yaitu : Keluarga, Guru, Fasilitas, Masyarakat. Faktor Penghambat : Faktor dari dalam, Faktor dari luar yaitu : Keluarga, Lingkunggan sekolah, Media Informasi dan masyarakat.
PERAN GURU DALAM MENYIKAPI MODALITAS GAYA BELAJAR YANG BERAGAM DAN MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN Umi Kalsum
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 2 No. 1 (2021): Januari
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v2i1.439

Abstract

Tujuan penulisan artikel adalah untuk memberikan gambaran bagaimana peran seorang guru dalam menyikapi modalitas belajar peserta didik yang beragam. Proses pendidikan saat ini yang semakin maju mendorong guru untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya agar mampu menghadapi berbagai macam modlitas belajar sisiwa yang beragam. Jadi dapat kita simpulkan pada dasarnya peran guru dalam proses belajar mengajar adalah menciptakan suasana dan lingkungan belajar yang efektif sehingga kegiatan belajar dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan sehingga hasil siswa dapat memuaskan.
PEMANFAATAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR Syarifah Hairunnisa Irtawanti
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 2 No. 1 (2021): Januari
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v2i1.440

Abstract

Model pembelajaran berbasi teknologi dengan menggunakan e-learning akan merubah budaya belajar dalam proses pembelajaran. Dimana proses pembelajaran akan sangat fleksibe karena dapat di sesuaikan dengan waktu dan kondisi siswa. Tujuan umum dari penulisan artikel ini untuk menghambarkan pemanfaatan atau penggunaan e-learning di sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar. Analisis yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi literatur dengan menelaah 8 jurnal, 1 proseding semnas dan 1 skripsi yang terkait dengan judul artikel ini.
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK SISTEM REGULASI MANUSIA DI KELAS XI SMAN 1 PRAYA BARAT DAYA Rindawan, Erna Fitriatun, dan Baiq Susdiana Fibrianti
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 2 No. 1 (2021): Januari
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v2i1.441

Abstract

Salah satu kelemahan proses pembelajaran yang dilaksanakan para guru adalah kurang adanya usaha pengembangan kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran konsep sistem regulasi manusia melalui pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kontekstual, sekaligus menguji kelayakan terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Jenis penelitian adalah Research and Develovment. Teknik pengumpulan data dengan instrumen. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengembangkan LKS berbasis kontekstual mempunyai 3 (tiga) tahap penilaian, yaitu penilaian dari ahli isi dan media, kelompok kecil dan lapangan dengan menggunakan angket. Berdasarkan data hasil penilaian produk LKS berbasis kontekstual, maka produk yang telah dikembangkan cukup layak untuk dijadikan sebagai bahan ajar khususnya pada materi sistem regulasi manusia dalam proses pembelajaran biologi. Hasil analisis variabel kemampuan berpikir kritis pada subjek penelitian maupun pada data secara klasikal menunjukkan skor rata-rata sebesar 3,6 tergolong kategori kritis dan menunjukkan bahwa siswa sudah menunjukkan peningkatan kemampuan tingkat berpikirnya. Data hasil belajar menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat yang ditunjukkan dengan jumlah siswa yang memperoleh skor ≥ 65 sebanyak 70% siswa dengan nilai rata-rata sebesar 66,8. Demikian dari hasil belajar secara klasikal berada pada kategori tuntas dan terbukti dari siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 sebanyak 71% siswa. Maka, pengembangan LKS berbasis kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
PERBEDAAN KINERJA GURU HONORER DENGAN PEGAWAI NEGERI SIPIL Yayan Ansori Pernanda
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 2 No. 1 (2021): Januari
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v2i1.442

Abstract

Setiap organisasi atau instansi dalam melaksanakan program selalu diarahkan untuk mencapai tujuannya. Salah satu faktor yang menjadi kriteria untuk mencapai kelancaran tujuan suatu organisasi atau instansi adalah dengan mengukur kinerja nya. Kinerja pegawai sangatlah harus diperhatikan karena merupakan salah satu kunci keberhasilan. Suatu instansi tidak hanya ada pegawai PNS tetapi ada juga pegawai Non PNS. Pegawai Negeri Sipil adalah unsur aparatur negara yang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, jujur, adil, dan merata dalam penyelenggaraan tugas negara, pemerintahan, dan pembangunan. Pegawai Non PNS tidak bisa mengambil keputusan yang lebih sama seperti dengan pegawai PNS dan jarang ada yang menempati jabatan struktural penting dalam instansi. Sifatnya hanya membantu yang ditugaskan langsung oleh atasan dan kepala bagian.

Page 1 of 1 | Total Record : 5