cover
Contact Name
Hastuti Diah Ikawati
Contact Email
hastutiikawati@gmail.com
Phone
+62817259116
Journal Mail Official
mandalikaindo@gmail.com
Editorial Address
Alamat: Jalan Candi Pawon No. 7, Getap Barata, Kel. Cakranegara Selatan Baru, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, NTB. 83238 Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM)
ISSN : -     EISSN : 27455955     DOI : -
This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other reports for publication. This journal is published every month since August 2020.
Articles 188 Documents
MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL Afdaluddin
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 1 No. 1 (2020): Agustus
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v1i1.98

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari bimbingan klasikal di dalam meningkatkan minat baca. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-5 di SMP Negeri 1 Masbagik sebanyak 32 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes evaluasi. Analisis data menggunakan teknik aktivasi data dan teknik tes hasil belajar. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan bimbingan klasikal efektif di dalam meningkatkan minat baca siswa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Akhmad Rakhmadi
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 1 No. 1 (2020): Agustus
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v1i1.99

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX.C SMPN 1 Wanasaba, Semester genap, Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan dalam tiga proses yaitu observasi kelas, pelaksanaan siklus I dan pelaksanaan siklus II. Dimulai dari observasi kelas untuk mengetahui langkah awal apa saja yang rancang selanjutnya dilakukan pelaksanaan siklus I dan II kemudian diteliti apakah ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS). Data hasil kerja siswa dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan tujuan mendapatkan kesimpulan akan keefektifan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa semula 23 orang dari 30 siswa tidak tuntas dengan persentase ketuntasan 23,3% menjadi 26 orang tuntas dari 30 siswa dengan persentase ketuntasan 86,6 % pada siklus II. Dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dapat diambil kesimpulan bahwa hasil dan ketuntasan belajar siswa dapat ditingkatkan serta menciptakan suasana belajar kerjasama siswa bekerja secara tim secara kooperatif.
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER Baderin
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 1 No. 1 (2020): Agustus
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v1i1.100

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan prestasi belajar siswapada mata pelajaran matematika melalui metode numbered heads together. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) dengan subyek penelitian siswa kelas IX-K di SMP Negeri 1 Terara yang berjumlah 30 orang. Metode pengumpul data menggunakan test hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan rata-rata. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan metode numbered heads together dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL Fathiyah
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 1 No. 1 (2020): Agustus
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v1i1.101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari bimbingan klasikal di dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 di SMP Negeri 1 Masbagik sebanyak 34 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes evaluasi. Analisis data menggunakan teknik aktivasi data dan teknik tes hasil belajar. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan bimbingan klasikal efektif di dalam meningkatkan kedisiplinan siswa.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING FATMAH
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 1 No. 1 (2020): Agustus
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v1i1.102

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang wajib di ikuti para siswa, dengan materi pokok meliputi empat keterampilan berbahasa yaitu membaca, berbicara, mendengarkan dan menulis, yang dikembangkan secara terpadu. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-B SMP Negeri 1 Wanasaba kecamatan Wanasaba kabupaten Lombok Timur yang merupakan tempat tugas peneliti.Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan 2 siklus.Subyek penelitian kelas VII-BSMP Negeri 1 yang berjumlah 33 siswa dan terdiri atas 16 siswa laki-laki dan17 siswa perempuan dengan usia rata-rata 12-13 tahun.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas, dapat di simpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran rolle playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran bahasa indonesia di Kelas VII.B SMPN 1 Wanasaba. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai skor aktivitas siswa, dan nilai rata-rata kelas serta tingkat ketuntasan secara klasikal pada tiap siklus mengalami peningkatan baik pada siklus I maupun siklus II.
DIMENSI KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA Edy Sunaryoto
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v1i2.113

Abstract

Guru, sesungguhnya dan seharusnya, merupakan lapangan kerja profesi yang mampu melahirkan kepuasan dan kebahagiaan lahir batin. Orang tua, masyarakat luas dan pemerintah, menempatkan guru pada tempat yang lebih terhormat di lingkungannya. Dari tangan guru diharapkan akan terbentuk manusia-manusia Indonesia yang cerdas, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dengan kalimat lain dapat dinyatakan bahwa orang tua, masyarakat luas dan pemerintah memercayakan tugas mulia membentuk generasi bangsa Indonesia berkarakter emas kepada setiap guru di setiap lembaga pendidikan tempat mereka bertugas masing-masing. Untuk mewujudkan harapan semua pihak terhadap profesi guru, serta untuk menjadikan profesi guru sebagai lapangan kerja yang mampu melahirkan kepuasan dan kebahagiaan lahir batin, dibutuhkan kerja keras dan kreatifitas “luar biasa” dari seorang guru. Jika guru dalam melaksanakan tugas serta pekerjaan profesinya dengan standar kerja yang “biasa-biasa” saja, maka profesi guru yang mulia justru dikhawatirkan akan menghasilkan ketidakpuasan, ketidakbahagiaan, bahkan dapat menimbulkan nyeri psikologis berkepanjangan pada diri guru. Rasa ketidakpuasan, ketidakbahagiaan dan bahkan nyeri psikologis yang berkepanjangan akan dirasakan oleh guru apabila mengetahui prestasi hasil belajar peserta didiknya sangat rendah di semua ranah, baik aspek sikap, keterampilan maupun pengetahuan. Guru kecewa karena merasa semua jerih payahnya dalam mendidik, melatih dan mengajar peserta didik melalui proses pembelajaran di kelas, dianggap telah gagal tanpa makna
EFEKTIFITAS DAUN LAMTORO BAGI PERTUMBUHAN TUNAS DAUN TANAMAN CABE PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IX Evy Aldiyah
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v1i2.114

Abstract

Tanaman cabe rawit merupakan komoditas pertanian penting di Indonesia meskipun bukan kebutuhan pokok. Agar tanaman lebih cepat produktif maka untuk pertumbuhannya diberikan upaya pemupukan. Berkembangnya penggunaan pupuk sintetis dinilai tidak praktis bahkan merusak lingkungan, sehingga digalakkan penggunaan pupuk alami berbahan dasar ekstrak daun tumbuhan. Pupuk alami yang digunakan pada penelitian adalah berbahan dasar ekstrak daun lamtoro (Leucaena leucochepala L). Selain dapat menyuburkan tanaman, pupuk ini relatif aman dan ekonomis serta ramah lingkungan dalam penggunaannya. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui keefektifan ekstrak daun lamtoro terhadap pertumbuhan tunas daun tanaman cabe rawit (Capsicum frustescens L) dan berapa lama munculnya tunas daun setelah pemberian pupuk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Eksperimental di Laboratorium, untuk menilai pengaruh suatu perlakuan terhadap objek. Penelitian dilakukan terhadap objek yang berupa tanaman cabe rawit, terdiri dari 3 perlakuan dengan konsentrasi cairan pupuk yang berbeda (10 gr/L, 25 gr/L dan 40 gr/L). Parameter penelitian dilakukan terbatas pada munculnya tunas daun setelah 7 hari diberikan pupuk lamtoro dengan penambahan 0,5 gram vetsin. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada konsentrasi pupuk menengah (25 gr/L) cukup efektif mempengaruhi pertumbuhan tunas daun tanaman cabe, dibandingkan dengan konsentrasi pupuk rendah (10 gr/L) dan konsentrasi pupuk tinggi (40 gr/L). Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa tumbuhan memiliki batas optimum dalam penyerapan unsur hara, asupan nutrisi yang berlebihan juga membuat pertumbuhan tanaman menjadi kurang baik. Konsentrasi pupuk daun lamtoro 25 gr/L cukup efektif mempengaruhi pertumbuhan tunas daun tanaman cabe rawit. Hasil dari penelitian ini disumbangkan sebagai materi pengayaan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IX semester ganjil pada KD 3.2. Menganalisis sistem perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan serta penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan
MELALUI PENDEKATAN PAIKEM DAPAT MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA MAPEL KEAGAMAAN DI MAN 1 KOTA SEMARANG Kasnawi
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v1i2.115

Abstract

Strategi pembangunan karakter dapat dilakukan dari sosialisasi, pendidikan, pemberdayaan, pembudayaan, dan kerja sama dengan memperhatikan kondisi lingkungan dan kebutuhan masyarakat serta pendekatan multidisiplin yang tidak menekankan pada indoktrinasi. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan dan pendekatan PAIKEM. Adapun model dari penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Semarang, Propinsi Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Semarang yang mengajar mata pelajaran keagamaan di kelas XI-MIPA 4, yakni sebanyak 3 orang (pendidik mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, Aqidah Ahklaq, dan Fiqih). Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan sekolah ini diperoleh melalui observasi dan catatan data lapangan, wawancara, hasil tes dan catatan hasil refleksi/diskusi yang dilakukan oleh peneliti dan teman kolaborasi. Penentuan teknik tersebut didasarkan ketersediaan sarana dan prasana dan kemampuan yang dimiliki peneliti dan mitra peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Semarang dapat berjalan efektif, maka keterlaksanaan pengembangan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa akan meningkat.
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Nur Ismah
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v1i2.116

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana skenario pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak melalui metode demonstrasi (2) Apakah melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi anggota tata surya pada siswa kelas IX-C MTs Mazro’atul Huda Karanganyar. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas IX-C MTs. Mazro’atul Huda Karanganyar. Dari hasil observasi secara langsung di kelas IX-C pada kondisi awal penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif. Obyek penelitian ini adalah di MTs. Mazro’atul Huda Karanganyar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan metode demonstrasi dengan menggunakan media audio visual yaitu kelas IX-C yang jumlahnya ada 33 peserta didik. Pada penelitian ini, peneliti memperoleh rata-rata hasil belajar kelas IX-C pada tahun ajaran 2020 / 2021 adalah 66,17 dan 65,95%. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan aktivitas belajar peserta didik adalah 59,83% dan rata-rata tes akhir 72,88 dengan prosentase ketuntasan belajar 66,67%. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi dan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus II aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 76,88 % dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 82,78 sedangkan prosentase ketuntasan belajarnya mencapai 87,87%. Dari tahap-tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA dengan sebelumnya. Namun dari penelitian tersebut terdapat peserta didik yang dari tahap siklus I dan siklus II masih mempunyai nilai skor terakhir dan nilai tes akhirnya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena kurang adanya motivasi belajar yang muncul pada diri peserta didik. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan pemahaman siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan metode demonstrasi dengan mengunakan media audio visual Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
KANTIN KEJUJURAN SEBAGAI LABORATORIUM MORAL MENCIPTAKAN SISWA YANG BERKARAKTER DI SMP NEGERI 38 MEDAN Popi Wahyuni
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v1i2.117

Abstract

Penguatan pendidikan karakter ialah upaya pemerintah dalam memperkuat karakter siswa melalui penyelarasan hati, jiwa, pikiran dan raga berdasarkan dengan nilai pancasila, dari 18 nilai karakter yang harus diterapkan siswa, kejujuran ialah perilaku yang sangat mendasar di sekolah. Kejujuran ialah suatu karakter yang harus terus ditanamkan agar ketika siswa berada di lingkungan masyarakat mereka selalu bersikap jujur. Hal ini sesuai dengan Sistem Pendidikan Nasional yang tertera di UU Nomor 20 tahun 2003 yang bertujuan membentuk karakter bangsa. Salah satu bentuk program yang sudah diterapkan dalam membentuk karakter siswa adalah kantin kejujuran. SMP Negeri 38 Medan telah menerapkan pendidikan karakter salah satunya dengan mendirikan kantin kejujuran dari tahun 2010, tujuan penulisan artikel ini adalah (1) mendeskripsikan bagaimana kantin kejujuran sebagai laboratorium moral dapat menciptakan siswa yang berkarakter pada SMP Negeri 38 Medan, (2) mendeskripsikan bagaimana model pelaksanaan kantin kejujuran di SMP Negeri 38 Medan. Untuk menjawab permasalahan di atas penulis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Teknik dalam mengumpulkan data-data ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penerapan pendidikan karakter melalui kantin kejujuran sebagai laboratorium moral telah menghasilkan karakter jujur, mandiri dan bertanggung jawab pada siswa SMPN 38 Medan, hal ini dapat dilihat dari keuntungan penjualan kantin kejujuran yang meningkat, siswa lebih mandiri dan bertanggung jawab dalam setiap tindakan.

Page 1 of 19 | Total Record : 188