cover
Contact Name
Hastuti Diah Ikawati
Contact Email
hastutiikawati@gmail.com
Phone
+62817259116
Journal Mail Official
mandalikaindo@gmail.com
Editorial Address
Alamat: Jalan Candi Pawon No. 7, Getap Barata, Kel. Cakranegara Selatan Baru, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, NTB. 83238 Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM)
ISSN : -     EISSN : 27455955     DOI : -
This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other reports for publication. This journal is published every month since August 2020.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): Februari" : 5 Documents clear
PENGARUH KONSELING RATIONAL EMOTIVE THERAPY TERHADAP KECEMASAN PENOLAKAN TEMAN SEBAYA DI SMP NEGERI 3 KUTOWINANGUN, KABUPATEN KEBUMEN, JAWA TENGAH Bambang Eko Priyono
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 2 No. 2 (2021): Februari
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v2i2.280

Abstract

Masalah yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Konseling Rational Emotive Therapy Terhadap Kecemasan Penolakan Teman Sebaya Sisa Kelas XI di MA Rabithatussa’adah Lendang Tengak Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Konseling Rational Emotive Therapy Terhadap Kecemasan Penolakan Teman Sebaya Sisa Kelas XI di MA Rabithatussa’adah Lendang Tengak Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020.. Jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-experimental Design (nondesign) atau eksperimen tidak murni, dan salah satu bentuk eksperimennya adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah 5 orang siswa yang diambil dari hasil sosiometri dan diperkuat dari hasil angket. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok. Untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu: nilai t hitung sebesar 10,778 dan nilai t table pada taraf signifikansi 5 % dengan N=4 sebesar 2,132. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada table (10,778 > 2,132 ) sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini ”signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Nol () di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah Ada Pengaruh Konseling Rational Emotive Therapy Terhadap Kecemasan Penolakan Teman Sebaya Siswa di SMP Negeri 3 Kutowinangun, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MEMPERKUAT AKSELERASI PERFORMAN SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI I SUNGAILIAT Arman
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 2 No. 2 (2021): Februari
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v2i2.304

Abstract

Penghargaan diri adalah kenyakinan bahwa indvidu merasa cukup berharga di depan orang lain dan pada dirinya sendiri. Sementara ketegaran diri adalah adalah kenyakinan individu terhadap kapasitasnya untuk mempengaruhi situasi yang dia hadapi dalam hidupnya dimasa depan. Penghargaan diri lebih present focused atau percaya diri sementara ketegaran diri lebih future-looking belief atau pembahruan atas semangat kedirian untuk perubahan yang lebih baik. Menanamkan tujuan pendidikan untuk membentuk karakter positif dan mengembangkan wawasan terhadap praktik pembelajaran yang berwawasan luas menerima apa adanya kondisi peserta didik. Langkah-langkah yang semestinya dilakukan dengan mengubah persepsi terhadap mata pelajaran Matematika agar disukai oleh peserta didik. Pengelolaan terhadap sumber belajar secara holistic untuk memancing agar mereka menyenangi atas apa yang dipelajari serta tabungan pengetahuan pada penggunaan bagi kehidupanya kelak. Dalam rangka menciptakan proses pembelajaran ini dengan meningkatkan rasa percaya diri untuk memperkuat ketepatan dan kecepatan (akselerasi) terhadap pencapaian dari pembelajaran bidang studi Matematika kelas XI IPS. Membuka akses pembelajaran baik secara lisan, tulisan ataupun jika perlu melalui pesan WhatsApp (WA). Penyedian informasi secara group elektronik untuk memberikan kemudahan terhadap materi, soal ataupun jawaban akan lebih cepat sampai merujuk kepada keterampilan digital mereka,tanpa harus menunggu jam tatap muka, waktu belajar serta menunggu jadwal pertemuan berikutnya. Kelebihanya akan semakin menambah durasi waktu belajar yang panjang dan pembelajaranpun semakin mengasikan, dengan memanfaatkan waktu istirahat dirumah ataupun waktu lainya. Keterampilan belajar bersifat intensional atau bertujuan untuk memperoleh informasi yang disajikan atau ketika mereka mengulang kembali materi yang disampaikan akan memberikan reaksi baru yang berbeda-beda. Pada proses berikutnya akan memberikan stimulus pada indera sensitifnya membuka wawasanya untuk semakin dewasa menyikapinya. Pada akhirnya akan memperkuat rasa percaya diri (self estem), meningkat kemampuan menguasai pengetahuan baru, dihargai oleh orang lain dan diperhatikan oleh pendidik serta dibimbing dengan perhatian penuh sebagai peserta didik. Mengembangkan kapasitas diri lebih produktif karena diberikan peluang untuk melakukan kerjasama tampa perlu menghadapi kendala belajarnya. Untuk itu pembelajaran harus mengarah kepada learning should have context atau proses pembelajaran tidak berarti jika tak mampu memberikan dampak terhadap masa depan dan kehidupan didik diluar sekolah. Sehinga mampu mewujudkan peserta didik yang berkualitas , berkarakter , berkeunggulan local maupun global yang berbasis imtaq, iptek , berwawasan lingkungan serta berbudaya hidup sehat.
PENGARUH PENERAPAN KONSELING REALITA TERHADAP KEJUJURAN PADA SISWA SMP NEGERI 3 KUTOWINANGUN, KABUPATEN KEBUMEN, JAWA TENGAH Bambang Eko Priyono
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 2 No. 2 (2021): Februari
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v2i2.305

Abstract

Konseling Realita sangat penting bagi siswa di sekolah, karena terapi realita adalah pendekatan yang didasarkan pada anggapan tentang adanya suatu kebutuhan psikologis dan fisiologis pada seluruh kehidupan manusia sebagai tujuan hidup yaitu individu mencapai kehidupan dengan identitas berhasil. Kejujuran adalah kesesuaian dalam berkata kepada orang lain tanpa melebih-lebihkan atau tanpa mengurangi kalimat yang harus disampaikan. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah : Apakah Ada Pengaruh Penerapan konseling Realita Terhadap Kejujuran Pada Siswa SMP Negeri 3 Kutowinangun, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah Ada Pengaruh Penerapan konseling Realita Terhadap Kejujuran Pada Siswa SMP Negeri 3 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket sebagai metode pokok, sedangkan metode wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Analisis data yang digunakan analisis t test. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh hasil penelitian yaitu nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (4,816 > 2,042) dan dengan kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai t-hitung yang diperoleh adalah Signifikan. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa Ada Pengaruh Penerapan Konseling Realita Terhadap Kejujuran Pada Siswa SMP Negeri 3 Kutowinangun, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.
PENGARUH MODUL DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB KONSEP PROTISTA MIRIP HEWAN KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 6 GARUT Sriwahjuningsih, Nurhasanah,N.Y, dan Hernawati, D.
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 2 No. 2 (2021): Februari
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v2i2.306

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul digital terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 6 Garut dengan sub konsep Protista Mirip Hewan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan desain Nonequivalent Control Group Design kepada 66 partisipan secara between subject (pemberian perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelompok). Teknik analisis data menggunakan uji statistik non parametrik, dimana uji hipotesisnya menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan asymp sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena 0,000 < α = 0,05 , maka Ho ditolak artinya terdapat pengaruh modul digital terhadap hasil belajarsiswa kelas X di SMAN 6 Garut. Data yang diperoleh di analisis menggunakan metode analisis uji gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil analisis di peroleh bahwa penggunaan pengaplikasian modul digital dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penggunaan media dengan modul digital dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen ( = 0,20). Sedangkan pada kelompok kontrol yang hanya diberikan media seperti biasa yaitu power point mengalami penurunan ( = -0,02). Berdasarkan hasil uji gain ternormalisasi, kelompok eksperimen masuk kedalam kriteria rendah ( = 0,20 < 0,30) sedangkan kelompok kontrol masuk kedalam kriteria terjadi penurunan ( = -0,02 < 0,00).
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KEMATANGAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KUTOWINANGUN, KABUPATEN KEBUMEN, JAWA TENGAH Bambang Eko Priyono
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 2 No. 2 (2021): Februari
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v2i2.307

Abstract

Kecerdasan Linguistik sangat diperlukan untuk menjaga ruang kelas agar tidak pasif. Kecerdasan Linguistik akan mampu membuat peserta didik menjadi lebih aktif, kreatif, dan inovatif. Metode penentuan subyek penelitian menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 116 siswa, sedangkan sampel yang digunakan 29 siswa. Untuk menganalisis data menggunakan rumus r product moment. Berdasarkan hasil perhitungan nilai yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 0,582 sedangkan nilai dalam tabel angket dengan taraf signifikan 5% dan N-1= 28 adalah 0,582 > 0,374 ini menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh dalam penelitian ini adalah lebih besar dari pada nilai tabel, maka dapat dikemukakan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Di SMP Negeri 3 Kutowinangun, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.”Signifikan”.

Page 1 of 1 | Total Record : 5