cover
Contact Name
Hastuti Diah Ikawati
Contact Email
hastutiikawati@gmail.com
Phone
+62817259116
Journal Mail Official
mandalikaindo@gmail.com
Editorial Address
Alamat: Jalan Candi Pawon No. 7, Getap Barata, Kel. Cakranegara Selatan Baru, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, NTB. 83238 Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM)
ISSN : -     EISSN : 27455955     DOI : -
This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other reports for publication. This journal is published every month since August 2020.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 6 (2022): Juni" : 3 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PT.PABERIK TEKSTIL KASRIE)
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 3 No. 6 (2022): Juni
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v3i6.652

Abstract

Saat ini persaingan dalam bisnis tekstil sangat ketat. Persaingan antar perusahaan tekstil menuntut perusahaan untuk menciptakan strategi untuk menjaga kepercayaan konsumen. Strategi yang di kembangkan perlu memperhatikan beberapa aspek yang menciptakan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen merupakan hal yang sangat penting yang perlu diperhatikan oleh sebuah perusahaan. Karena semakin konsumen merasa puas, semakin menguntungkan bagi perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen PT.Paberik Tekstil Kasrie.Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah belanja di showroom handuk PT. Paberik Tekstil Kasrie. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling yaitu accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.Hasil penelitian uji t (uji parsial) menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan variapel kualitas produk berpengaruh negati dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dan hasil penelitian secara simultan variabel kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN POE DENGAN NOVICK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP EKONOMI SISWA KELAS X MIPA
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 3 No. 6 (2022): Juni
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v3i6.653

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep ekonomi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Konstruktivisme tipe POE (Predict-Observe-Explain) dengan model pembelajaran Konstruktivisme tipe Novick kelas X MIPA SMA Jawaahirul Hikmah Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design dan menggunakan penelitian posttest-only control design, dalam desain eksperimen sederhana terdapat dua kelompok eksperimen yang dipilih secara random.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Jawaahirul Hikmah Tulungagung. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sebanyak 30 orang dan kelas X MIPA 2 sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep ekonomi berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 nomor. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini mengacu pada statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data statistik deskriptif hasil postes peserta didik kelas eksperimen kontrol diperoleh nilai rata-rata 91,17. Sedangkan nilai postes kelas eksperimen diperoleh rata-rata 79,67. Adapun hasil analisis statistic inferensial dengan uji analisis independent sample t-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000, dengan nilai α = 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep ekonomi siswa dimana tes hasil kemampuan pemahaman model pembelajaran Konstruktivisme tipe POE (Predict-Observe-Explain) lebih tinggi dibandingkan hasil kemampuan pemahaman yang diajar menggunakan model pembelajaran Konstruktivisme tipe Novick kelas X MIPA SMA Jawaahirul Hikmah Tulungagung.
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KOTA BIMA
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 3 No. 6 (2022): Juni
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v3i6.656

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerj dan, motivasi terhadap kepuasan kerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Bima. Penelitian ini berjenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai PNS sebanyak 45 responden . sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Instrument penelitian menggunakan angket dengan skala likert. Analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji korelasi, uji determinasi, uji t (parsial) dan uji f (simultan ). Untuk menguji pangaruh antar variabel menggunakan SPSS ( statistical service product solutions ) versi 20.00. Hasil penelitian berdasarkan uji t (parsial) menunjukkan bahwa lingkungan kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja, motivasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja, sedangkan lingkungan kerja dan motivasi berpengaruh secara bersama – sama berpengaruh terhadap kepuasan kerja.

Page 1 of 1 | Total Record : 3