cover
Contact Name
Fanni Zulaiha
Contact Email
fanni.zulaiha@gmail.com
Phone
+6285295611291
Journal Mail Official
fanni-zulaiha@unucirebon.ac.id
Editorial Address
Jalan Dr Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS)
ISSN : 26227789     EISSN : 2622822X     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) or called "Journal of Physics and Science Education" (in english) is a journal that focuses on research on physics education, other science education (chemistry, biology, and Natural Science), and science (theory and application of physics, chemistry, and biology). JPFS has been registered with LIPI with [p-ISSN 2622-7789 | e-ISSN 2622-822X]. JPFS publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of natural science education in primary education, secondary education and higher education. Additionally, this journal also covers the issues of environmental education & environmental science. This journal is published twice a year in March and September while the first issue is in September 2018.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2020): Maret" : 5 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Mela Amalia; Adiman; Sri Hastuti
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 3 No. 1 (2020): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.641 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v3i1.75

Abstract

Hasil belajar IPA siswa kelas V SD di kecamatan Gegesik tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar IPA ini disebabkan oleh pembelajaran yang bersifat teacher centered dan guru hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Siswa pun merasa bahwa IPA adalah mata pelajaran yang sulit, karena selain berhitung siswa juga harus menghafal. Berdasarkan hasil pendahuluan tersebut, peneliti merancang pembelajaran dengan model SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) pada pokok bahasan alat pernapasan pada manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) pada pokok bahasan alat pernapasan pada manusia terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Bayalangu Kidul. Penelitian ini menggunakan desain True Eksperimental Design dengan bentuk desain penelitiannya Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik Sampling Jenuh. Sampel penelitian yang berjumlah 40 siswa, dibagi rata menjadi dua kelompok secara random (acak). Instrumen yang digunakan adalah soal tes bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen 77,75 dan kelompok kontrol 58,25. Berdasarkan hasil uji hipotesis statistik dengan menggunakan uji N-Gain diperoleh rata-rata pre-test dan posttest sebesar 63,32% dan kelompok kontrol 29,23%. Selain itu berdasarkan uji T memperoleh bahwa nilai= 7,014 > ttabel= 2,024 makaditerima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Bayalangu pada materi alat pernapasan pada manusia.
Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Menggunakan Media Kartu Terhadap Minat Belajar IPA Kelas IV SD Moh. Adim; Endang Sri Budi Herawati; Naufalia Nuraya
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 3 No. 1 (2020): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.206 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v3i1.76

Abstract

Masalah utama yang ditemukan di SD Negeri Karanganom II Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon adalah rendahnya minat belajar mata pelajaran IPA. Kondisi ini terjadi karena pembelajaran dilakukan secara konvensional yang berpusat pada guru (Theacher Centered Learning). Guru sebagai pusat informasi dan siswa menerima materi secara pasif. Hal ini menyebabkan siswa jenuh dan bosan karena waktu belajar siswa sebagian besar digunakan untuk mengerjakan tugas, mendengarkan guru ceramah dan mengerjakan latihan. Untuk itulah penelitian ini merancang sebuah pembelajaran aktif dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan media kartu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model CTL dengan media kartu pada materi bahasan bagian-bagian tumbuhan terhadap minat belajar siswa IPA siswa kelas IV SD Negeri Karanganom II Kecamatan Lemahwungkuk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model Preksperimental Design menggunakan bentuk desain One Group Pretest Posttest. Sampel diambil menggunakan teknik sampling jenuh, sebanyak 39 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sebelum dilakukan treatment, minat siswa terhadap pembelajaran IPA rata-rata adalah 54,75 (kategori respon cukup). Sedangkan setelah adanya treatment nilai rata-rata minat siswa menjadi 71,25 (kategori respon kuat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TCL menggunakan media kartu terhadap minat belajar IPA materi bagian-bagian tumbuhan. Hal ini terlihat dari hasil uji T dimana thitung 5,152 > ttabel 2,042 sehingga H1 diterima. Adapun besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran TCL menggunakan media kartu terhadap minat belajar IPA siswa ditunjukkan oleh Koefisien Determinasi (R Square) sebesar 57,3 yang berarti pengaruhnya masuk kategori kuat.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Alat Pencernaan Manusia Pada Siswa Kelas V di SDN 2 Suranenggala Lor Kec. Suranenggala Kab. Cirebon Tahun Ajaran 2017/2018 Dewi Waci; Yati; Naufalia Nuraya
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 3 No. 1 (2020): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.797 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v3i1.77

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon dan hasil belajar siswa kelas V terhadap mata pelajaran IPA materi alat pencernaan manusia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh kelas V SDN 2 Suranenggala Lor T.A. 2017/2018. Dengan teknik sampel jenuh, diperoleh sampel penelitian kelas kontrol (VA) dan kelas eksperimen (VB). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk pilihan ganda yang telah dilakukan uji validasi instrumen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPA materi alat pencernaan manusia sangat kuat serta ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa
Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD Negeri 1 Kertawangun Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon Muhamad Galuh Subagja Bayana; Suteja; Dicky Surachman
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 3 No. 1 (2020): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.606 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v3i1.78

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) respon siswa terhadap pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together (NHT) pada pembelajaran IPA SDN 1 Kertawangun Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon materi pokok sumber daya alam dan (2) adakah pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam SDN 1 Kertawangun Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 4 SDN 1 Kertawangun Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon yang berjumlah 50 siswa. Teknik sampling menggunakan sampling jenuh. Sampel yaitu kelas IVA (kelas eksperimen) sebanyak 25 siswa dan kelas IVB (kelas control) sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisa data menggunakan uji N-Gain dan uji t. Hasil penelitian yaitu (1) respon siswa terhadap model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together (NHT) Sangat Tinggi dan (2) ada pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam SDN 1 Kertawangun Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan (Make A Match) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Benda dan Sifatnya Kelas V SD Negeri 1 Weru Kidul Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon Arbiyah; Yati; Gita Erlangga Kurniawan
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 3 No. 1 (2020): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.163 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v3i1.79

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) terhadap hasil belajar siswa pembelajaran IPA pokok bahasan benda dan sifatnya kelas V SD Negeri 1 Weru Kidul Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pretest–posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Weru Kidul. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian adalah kelas VA (kelas eksperimen) berjumlah 20 siswa dan kelas VB (kelas control) sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan uji regresi dan uji t. Hasil penelitian didapatkan bahwa (1) 83% peserta didik memiliki respon positif dan 17% memiliki respon negatif, maka nilai respon dikategorikan Sangat Kuat, (2) ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran mencari pasangan (make a match) terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Weru Kidul Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon sebesar 69,3%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5