cover
Contact Name
Wira Bharata
Contact Email
wrbharata@fisip.unmul.ac.id
Phone
+6281218880540
Journal Mail Official
adbisnis.unmul@gmail.com
Editorial Address
3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences Department of Bussines Administration Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 23555408     EISSN : 23555416     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL is a journal that publishes current original research on business studies using an interdisciplinary perspective. This publication contains various scientific writings in the form of research results, theoretical and conceptual studies, practical applications from academics and business practitioners. The following are suggested areas of interest: Marketing Management Information System Human resources Entrepreneurship Operation Management Consumer Behavior Financial Strategic Management Taxation Corporate Governance Auditing Business Ethics Knowledge Management
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis" : 10 Documents clear
Stres Kerja Dan Lingkungan Kerja Non Fisik: Studi Pada Kinerja Karyawan PT Lestari Berkat Sejahtera Paramita Septi Susanti
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i1.9750

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi. Peran sumber daya manusia akan sangat menentukan keberhasilan atau kegagalan dalam mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Semakin baik kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan maka akan semakin baik kinerja perusahaan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh stres kerja dan lingkungan kerja non fisik terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Lestari Berkat Sejahtera, dengan jumlah sampel 100 orang. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji F, uji t dan uji dominan, sedangkan untuk menganalisis data digunakan Regresi Linier Berganda. Perhitungan statistik dilakukan dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 26. Dari kedua variabel antara stres kerja dan lingkungan kerja non fisik yang berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan adalah variabel lingkungan kerja non fisik. Saran untuk manajemen perusahaan harus menyediakan sistem coaching, counseling dan mentoring dari atasan kepada bawahannya sesuai kebutuhan bawahan.
Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Kedai Kopi Siliwangi Juanda 8 Samarinda Akbar Adil Hakim
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i1.9565

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis SWOT yang dilakukan Kedai Kopi Siliwangi dalam melakukan bauran pemasaran dan mengetahui implementasi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan tergolong sebagai penelitian lapangan (field research). Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini menunjukkan dalam implementasi SWOT di Kedai Kopi Siliwangi Samarinda dalam kekuatan terdapat kualitas produk yang dihasilkan, harga terjangkau, promosi penjualan langsung, dan lokasi yang strategis. Dalam kelemahan terdapat kurangnya konsentrasi kerja pegawai, keuntungan yang kecil, tidak ada tempat pembuangan air, dan jangkauan promosi yang tidak luas. Dalam peluang terdapat luasnya pangsa pasar, memperluas tempat usaha, dan kebutuhan masyarakat yang berkembang. Dalam ancaman terdapat munculnya pesaing baru dan kondisi jalan. Kemudian di dalam implementasi strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan, Kedai Kopi Siliwangi menjalankan strategi porduk dengan menemukan supplier yang murah, strategi harga dengan membuat harga yang terjangkau, strategi tempat dengan menemukan lokasi yang strategis, dan strategi promosi dengan metode promosi word of mouth.
Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warunk Upnormal Cafe Sri Reski Amrullah
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i1.9805

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (i) menguji pengaruh variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Warunk Upnormal Café di Samarinda, (ii) menguji pengaruh variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada Warunk Upnormal Café di Samarinda, (iii) menguji variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen pada Warunk Upnormal Café di Samarinda. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu kualitas produk (X1) dan kualitas pelayanan (X2) serta variabel dependen yaitu kepuasan konsumen (Y). Metode analisis menggunakan metode kuantitatif. Populasi tidak terhingga dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Penelitian ini menggunakan metode “Purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian kepustakaan, riset internet, dan penelitian lapangan berupa wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian ini (i) dari hasil perhitungan Uji F (simultan) menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Warunk Upnormal Cafe Samarinda, (ii) dari hasil analisis Uji t (parsial) menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Warunk Upnormal Cafe Samarinda, (iii) dari hasil standardized coefficients beta terbesar adalah variabel kualitas pelayanan (X2) sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel yang paling berpengaruh adalah variabel kualitas pelayanan (X2).
Faktor-Faktor Prediktor Keputusan Pembelian: Studi Pada Konsumen Percetakan Mbak-An Samarinda Farid Kharisudin Al barkah
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i1.9804

Abstract

Dampak dari Covid-19 dan persaingan usaha yang semakin meningkat pada tahun 2020 pendapatan di Percetakan Mbak-An mengalami penurunan yang sangat drastis yaitu 79.5%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah metode kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden, alat untuk mengukur data menggunakan skala likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan bantuan software statistic SPSS versi 25. Hasil uji t (parsial) menunjukkan setiap variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Hasil uji f (simultan) menunjukkan Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Percetakan Mbak-An.
Strategi Pengembangan Kapal Pesut Kita Sebagai Daya Tarik Wisata Di Kota Samarinda Nor Anisa Belia
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i1.9874

Abstract

Kapal Pesut Kita merupakan wisata air yang menawarkan jasa menyusuri sungai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengindentifikasi bagaimana strategi pengembangan Kapal Pesut Kita dalam menarik kunjungan wisatawan serta apa saja kendala yang dihadapi pengelola dalam pengembangan Kapal Pesut Kita selama pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dimana penelitian melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi langsung dengan key informan dan informan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi pengembangan Kapal Pesut Kita Accesbilities menuju objek wisata Kapal Pesut Kita sudah memiliki petunjuk atau plang nama tempat wisata, untuk Amenities yang ada di Kapal Pesut Kita telah menambah fasilitas protokol kesehatan selama pandemi Covid-19, sedangkan Attraction akan menambahkan tarian daerah dan mengunjungi tempat wisata lain. Untuk mengembangkan objek wisata Kapal Pesut Kita diharapkan dengan meningkatkan daya tarik wisata dalam meningkatkan kunjungan wisata selama pandemi Covid-19 di objek wisata Kapal Pesut Kita.
Strategi Promosi Wisata Buatan Istana Bunga Jembayan Di Kalimantan Timur Desty Firnanda Dewi
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i1.9839

Abstract

Kegiatan promosi yang efektif merupakan hal yang sangat esensial dalam pengembangan sebuah daya tarik wisata di suatu tempat. Strategi promosi merupakan salah satu alat pemasaran yang dapat digunakan untuk menginformasikan, membujuk, dan meningkatkan calon wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisa serta mengidentifikasi sejauh mana strategi promosi yang ada di daya tarik wisata Istana Bunga Jembayan di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data wawancara dan data observasi, dan dokumentasi dengan metode analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Istana Bunga Jembayan memiliki 4 strategi promosi yang telah diterapkan yaitu advertising, sales promotion, public relation, dan direct marketing. Promosi yang paling berpengaruh terhadap peningkatan kunjungan yaitu periklanan melalui media sosial, karena medianya sangat mudah diakses masyarakat luas.
Strategi Pengelolaan Ekowisata Tulung Ni Lenggo Oleh Kelompok Sadar Wisata Kecamatan Batu Putih Di Kabupaten Berau Aditya Ihza Yudistyra
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i1.9851

Abstract

Kelompok sadar wisata Danau Tulung Ni Lenggo dibentuk oleh masyarakat Kampung Tembudan sebagai penggerak di bidang kepariwisataan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengelolaan ekowisata Tulung ni Lenggo oleh kelompok sadar wisata dan untuk menemukan faktor penghambat dan pendukung. Jenis penelitian yang dilakukan ini deskriptif kualitatif dengan pendekatan dan metode studi kasus, dengan fokus penelitian dari indikator yang diteliti, yaitu Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, dan Hospitality yang berdasar pada konsep pembangunan berkelanjutan dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Strategi Pengelolaan Ekowisata Tulung ni Lenggo yang dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata Kecamatan Batu putih Kabupaten Berau sudah cukup baik bisa dilihat dengan kondisi real di ekowisata Tulung ni Lenggo sudah ada beberapa aspek yang terkelola dengan baik tapi ada beberapa fasilitas penunjang yang tidak terkelola bahkan belum terealisasikan. Strategi pengelolaan yang dilakukan Kelompok Sadar Wisata Kampung Tembudan yang menjadi faktor penghambat adalah minimnya sumber daya manusia yang profesional pada bidangnya dan akses yang kurang memadai. Faktor pendukungnya adalah banyaknya dukungan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau berupa fasilitas dan pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat di bidang pariwisata, besarnya partisipasi masyarakat yang berperan aktif, dan dukungan dari beberapa tokoh masyarakat di Kecamatan Batu Putih untuk meningkatkan partisipasi dan antusias dalam Kelompok Sadar Wisata. 
Analisis Pengelolaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Material Requirement Planning Dalam Efisiensi Biaya Persediaan (Studi Pada Usaha Kecil Menengah Amplang Keramat Sanga-Sanga). Novi Sujana
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i1.9869

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara penerapan pengelolaan bahan baku dengan metode MRP. Selain itu untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode MRP dalam meningkatkan efisiensi biaya bahan baku amplang dalam proses produksi pada CV. Amplang Keramat Sarijaya. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen kunci, partisipan penuh sekaligus pengumpul data, sedangkan instrumen yang lain sebagai penunjang dan teknik pengumpulan data yang digunakan pada metode kualitatif adalah interview (wawancara), observasi, dan dokumentasi.Analisis data dilakukan menggunakan metode MRP dengan teknik lot sizing Lot For Lot (LFL), Economic Order Quantity (EOQ) dan Periodic Order Quantity (POQ). Adapun hasil penelitian yang didapat yaitu, analisis perhitungan MRP dengan teknik lot sizing yaitu Period Order Quantity (POQ) menghasilkan total biaya pemesanan bahan baku yang paling minimum dan digunakan sebagai solusi untuk pengendalian persediaan bahan baku pada CV.Amplang Keramat Sarijaya. Karena dalam penggunaan metode ini memiliki detail rincian dari kebutuhan bahan baku sampai waktu yang digunakan sebagai untuk tunggu kedatangan bahan baku. Penerapan sistem MRP pada CV. Amplang keramat sarijaya dapat membantu perusahaan dalam upaya meminimalkan persediaan bahan baku sehingga biaya persediaan dapat lebih efisien 8,4% untuk bahan baku amplang, dan 50% untuk Biaya simpan dan biaya pemesanan selama periode 9 bulan produksi.Kata Kunci    : Persediaan, Metode MRP, Efisiensi Biaya
Analisa Pelayanan Barista Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Coffe Shop Starbucks Prayogo Dwi Setyo Utomo
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i1.9853

Abstract

Persaingan bisnis yang ketat saat ini membuat pengusaha di bidang kuliner juga harus memiliki strategi yang efektif. Setiap Coffe Shop mempunyai cara tersendiri dalam upaya meningkatkan dan memberi kepuasan terhadap konsumen. Kepuasan konsumen dianggap hal yang sangat penting bagi kelangsungan bisnis sebuah perusahaan dimana konsumen menuntut pelayanan yang baik untuk diberikan kepada konsumen agar tidak ditinggalkan oleh para pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Analisa Pelayanan Barista Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Coffe Shop Starbucks Jalan S. Parman. Fokus penelitian ini yaitu pada Analisa Pelayanan Barista Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Coffe Shop Starbucks Jalan S. Parman. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT yang dimulai dari analisis berbagai data yang berhasil dikumpulkan peneliti di lapangan. Data diperoleh baik dari studi pustaka dan penelitian lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah pelayanan jasa yang diterapkan di Starbucks S Parman masih ada yang belum optimal dengan dimensi pelayanan yaitu reliabilitas, daya tanggap, jaminan dan empati. Sedangkan yang sudah diterapkan adalah Tangibles (bukti fisik). Hasil dari Analisis data SWOT yaitu SO > WT artinya kekuatan dan peluang melebihi Kelemahan dan Tantangan dan bisnis berpotensi berkembang. Saran untuk manager store bisa memperbaiki dan meminimalisir kelemahan-kelemahan serta mengantisipasi berbagai ancaman, kemungkinan yang akan terjadi di masa yang akan datang.
Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Pemandian Serayu Lestari Kota Samarinda Vichi Veriansyah
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i1.9854

Abstract

Vichi Veriansyah, NIM 1602095112, Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Pemandian Serayu Lestari Kota Samarinda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Pemandian Serayu Lestari Kota Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis data menggunakan analisis SWOT dan analisis deskriptif kualitatif berupa data reduction (reduksi data) data display (penyajian data)conclusing / drawing / verification (kesimpulan). Strategi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan sangat penting perannya dalam menunjang pertumbuhan perusahaan dan mencapai target pendapatan, berupa strategi produk berupa dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas fasilitas dan spot-spot yang ada serta meningkatkan pelayanan kepada pengunjung. Strategi harga yang dapat dilakukan adalah dengan membuat program bundling harga tiket masuk dan fasilitas berbayar lainnya sehingga pengunjung yang datang tidak hanya menikmati fasilitas pemandian saja namun juga fasilitas berbayar lainnya dengan persepsi harga yang lebih murah, dimana hal ini tentu dapat meningkatkan pendapatan. Salah satu upaya terkait strategi lokasi yang bisa dilakukan adalah dengan bekerjasama dengan Pemerintah, misalnya dengan penyediaan moda transportasi seperti bus, maupun bekerjasama dengan masyarakat sekitar. Strategi promosi dengan memaksimalkan penggunaan media sosial, baik dengan menggunakan fitur adsense, review oleh pada trip advisor maupun dengan mengunggah berbagai fasilitas dan keunikan yang dimiliki di media sosial sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

Page 1 of 1 | Total Record : 10