cover
Contact Name
Iman Nurjaman
Contact Email
jurnalceria@gmail.com
Phone
+6281542117322
Journal Mail Official
jurnalceria@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol, Kota Tangerang, Banten, Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23019905     EISSN : 2775409X     DOI : http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2
Core Subject : Education,
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus dalam penelitian dalam bidang pendidikan dan anak usia dini. Artikel ilmiah yang termasuk dalam jurnal ini adalah metode pengajaran, media pembelajaran, permasalahan anak usia dini dalam pendidikan, dan hal lain yang terkait pada anak usia dini.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2023): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI BUSY BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK BIMBAT AUDI KECAMATAN SERPONG KOTA TANGERANG SELATAN TK Islam Kinasih
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 11, No 2 (2023): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v11i2.7832

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan merancang, mendesain, membuat dan menguji kelayakan sebuah produk yaitu berupa media edukasi yang layak digunakan untuk pembelajaran Bahasa Ekspresif dalam hal mengenal bermacam ekspresi atau perasaan dalam berimajinasi dengan sebuah cerita. Media yang dihasilkan dalam penelitian berupa “ Media Edukasi Busy Book untuk anak usia 5 - 6 tahun”. Dan menggunakan pengembangan produk dengan penelitian dan pengembangan dari Brog and Gall. Penelitian ini menggunakan dua sekolah yaitu di Bimbat Audi dan Ar – Rayhan dengan menggunakan kelompok kecil dan kelompok besar. Dan kelayakan dari media edukasi busy book diperoleh dari hasil validasi para ahli materi, desaian, bahasa ekspresif dan termasuk praktisi PAUD. Validasi dari ahli materi memperoleh presentase 80% yang dikategorikan “Layak”. Penliaian dari desain pada media busy book memperoleh presentase 82% yang dikategorikan “Sangat Layak”. Dalam ahli bahasa ekspresif mendapatkan presentase 90% yang dikategorikan “Sangat Layak”. Dan untuk Praktisi PAUD kelompok kecil dan besar presentase yang didapat kelompok kecil 84%-86% kategorikan “Sangat Layak”, dan kelompok besar presentase 84% dikategorikan “Sangat Layak”. Diartikan produk dalam pengembangan bahasa ekspresif untuk anak usia 5 – 6 tahun dikategorikan “Sangat Layak” digunakan pada saat pembelajaran. Kata kunci: Media edukasi busy book, Bahasa ekspresif, Anak usia 5 – 6 tahun
Penggunaan Metode keteladanan Dalam Nilai Moral Dan Agama Anak Usia 5 – 6 Tahun TK Ar Rayhan Evy Fitria; Widad Rayhani
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 11, No 2 (2023): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v11i2.7837

Abstract

Individu dengan usia empat sampai enam tahun, sering disebut sebagai anak usia prasekolah atau usia Taman Kanak – Kanak. Mereka berkembang melalui tahapan dan setiap peningkatan usia kronologis, akan menampilkan ciri – ciri perkembangan yang khas. Pada usia 5 – 6 tahun ini anak memiliki karakter yaitu meniru. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Metode Keteladanan di TK Ar Rayhan dan untuk mengetahui Perkembangan Nilai dan Moral Anak Usia Dini dengan menggunakan Metode Keteladanan. Dan Penelitian ini berfokus pada penggunaan Metode Uswah Hasanah dalam membentuk karkter Nilai Moral dan Agama anak usia 5 – 6 tahun dan perkembangan Nilai Moral dan Agama anak usia 5 – 6 tahun.Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode analisis isi berupa analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggnakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. peneliti akan menganalisis data menggunakan pemikiran James Spradley, yang dikenal sebagai alur langkah maju.Dalam penggunaan metode keteladanan ini pihak sekolah TK Ar Rayhan terutama guru-gurunya telah memberikan contoh yang baik
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE WAFA Di KELAS A RA AL-FALAHIYYAH Nurul Fitria Kumala Dewi; Belisa Bia
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 11, No 2 (2023): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v11i2.7838

Abstract

Kemampuan membaca huruf hijaiyyah anak di RA Al-Falahiyyah masih terlihat kurang berkembang. Adapun sistem pembelajaran yang digunakan masih monoton. Maka dari itu ada beberapa anak yang belum berkembang dalam kemampuan membaca huruf hijaiyyah. Dan pada dasarnya di RA Al-Falahiyyah ini belum diterapkannya metode apapun dalam pembelajarannya, sehingga peneliti merasa terdorong dan dan termotivasi untuk melakukan penelitian ini dengan menggunakan metode wafa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui metode wafa, penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas A RA Al-Falahiyyah dengan jumlah siswa 8 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen lembar observasi kemampuan membaca huruf hijaiyah dengan bentuk ceklis. Untuk kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila minimal 75% dari total jumlah anak yang sudah meningkat kemampuan membaca huruf hijaiyah. Keberhasilan kemampuan membaca huruf hijaiyah dikatakan meningkat secara klasikal apabila telah mencapai minimal 75% maka dikatakan berhasil tuntas minimal 80% bilamana pelaksanaan tindakan telah sesuai dengan skenario pembelajaran. Hal ini dapat diartikan bahwa keberhasilan dari kemampuan membaca huruf hijaiyah meningkat apabila dengan menggunakan metode wafa.Kata kunci: membaca huruf hijaiyah, metode wafa
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN ANGKLUNG DI TK WIDYA BHAKTI Iman Nurjaman; Selvianih Debora
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 11, No 2 (2023): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v11i2.7839

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan emosional anak usia 5-6 tahun melalui bermain musik angklung di TK Widya Bhakti. Subyek pada penelitian ini adalah 7 anak usia 5-6 tahun pada kelas B di TK Widya Bhakti. Kondisi awal dari 7 anak terdapat 5 anak yang masih rendah dalam kemampuan emosional. Khususnya dalam mengelola emosi dan memahami orang lain. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas. Alat pengumpul data terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam rangkaian langkah dengan tiga siklus, dimana sati siklus terdiri dari empat tahapan yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada siklus I, Siklus II, dan Siklus III maka dapat penulis simpulkan bahwa metode bermain angklung dapat meningkatkan kemampuan emosional anak usia 5—6 tahun di kelompok B pada TK Widya Bhakti. Hal ini terlihat dari adanya“Ceria”peningkatan kemampuan emosional anak. Indikator keberhasilan adalah sebagai berikut: meningkatnya kemampuan emosional anak apabila telah mencapai (75%) atau berkembang sesuai harapan. Dari hasil analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil yaitu (64.28 %) atau mulai berkembang, siklus II diperoleh hasil (71.42 %) atau berkembang sesuai dengan harapan, dan siklus III diperoleh hasil yaitu (77.38 %) atau berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa dengan bermain musik angklung dapat meningkatkan emosional anak usia 5—6 tahun. Kata kunci: Angklung, ,Anak Usia Dini, Emosional.
Upaya Pengenalan Salat Tarawih Anak Usia Dini dalam Struktural Fungsional Talcatt Parsons di Desa Kadipolo Berbah Yogyakarta Nur Cahyati Ngaisah; Maemonah -
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 11, No 2 (2023): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v11i2.7699

Abstract

Pengenalan salat tarawih dikenalkan kepada anak melalui pembiasaan mengajak anak shalat berjama’ah di tempat ibadah. Anak akan terbiasa melihat dan mendengarkan orang salat sehingga anak akan mudah menghafalnya. Perbedaan antar masyarakat dalam pelaksanaan shalat tarawih antara NU dan Muhamadiyyah di teliti melalui teori Talcatt Parsons dalam struktural fungsional. Penelitian dilakukan di desa Kadipolo Berbah Yogyakarta dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui observasi dan literatur. Penelitian ini bertujuan untuk pengenalan salat tarawih anak usia dini dalam struktural fungsional melalui teori Talcatt Parsons melalui konsep AGIL.
PENINGKATAN KEMAMPUAN NATURALIS MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ANNISA QUROTA A’YUN KEC. SINDANG JAYA Titi Rachmi; Nurkholipah Ipah
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 11, No 2 (2023): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v11i2.7840

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan naruralis setelah melakukan metode proyek pada anak usia 5-6 tahun di Paud Annisa Qurota A’yun kec. Sindang Jaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga siklus tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi,serta refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun kelompok B Paud Annisa Qurota A’yun kec. sindang jaya, yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Fokus penelitian adalah kemampuan naturalis anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrument non-tes seperti observasi atau pengamatan, catatan lapangan, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan naturalis anak melalui metode proyek dapat dibuktikan rata-rata skor kemampuan naturalis dalam satu kelas pada siklus I sebesar 43,75 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 61,25 dan pada siklus III sebesar 87,5 Kata Kunci : kemampuan Naturalis, Metode Proyek, dan Penelitian Tindakan

Page 1 of 1 | Total Record : 6