cover
Contact Name
Isa Hafidz
Contact Email
complete@ittelkom-sby.ac.id
Phone
+6231-8280800
Journal Mail Official
complete@ittelkom-sby.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik Elektro, Institut Teknologi Telkom Surabaya Ketintang Str. No. 156, Surabaya, East Java 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Computer, Electronic, and Telecommunication (COMPLETE)
ISSN : 27234371     EISSN : 27235912     DOI : -
COMPLETE (ISSN 2723-4371, E-ISSN 2723-5912) is a national open scientific journals which seeking innovation, creativity, and novelty. Either letters, research notes, articles, supplemental articles, or review articles in the field of Electrical, Computer, and Telecommunication technology. Scope of the journal include : - Technology utilization of maritime resources - Strengthening infrastructuremaritime - Technology and management safety transportation - Industrial strengthening technology transportation - Supporting infrastructure and transportation system - Operational efficiency - Electronics technology - Telecommunication technology - Computer technology - System security - Advanced robotics technology - Technology and disaster management - Advanced power electronics - Application of power system - Renewable energy - Chips technology - Smart iot devices - 5g technology and ecosystems - Technology and management environment This journal published twice a year, in July and December. Editors invite research lecturers, the reviewer, practitioners, industry, and observers to contribute to this journal. The language used in the form of Indonesian and English. The author will not be charged any fees in the publication process.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2023): July" : 5 Documents clear
Rancang Bangun Sistem Kendali Nilai Klorin Pada Kandungan Air Laut Menggunakan Metode Fuzzy Logic Dimas Bagas Wicaksono; Dimas Adiputra; Isa Hafidz
Journal of Computer, Electronic, and Telecommunication Vol. 4 No. 1 (2023): July
Publisher : Institut Teknologi Telkom Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52435/complete.v4i1.217

Abstract

Populasi manusia yang terus meningkat termasuk di Indonesia menyebabkan peningkatan konsumsi energi listrik. Salah satu pembangkit listrik di Indonesia adalah PT Pembangkit Jawa Bali (PJB), yang merupakan anak perusahaan dari PT. Beberapa proses untuk mendapatkan energi listrik yaitu ada pretreatment , demineralization, dan salah satunya ada proses desalination plant. Desalination plant merupakan proses pengurangan kadar garam pada air laut yang akan diubah menjadi air tawar karena air laut yang menjadi air tawar akan digunakan untuk bahan baku memroduksi bahan baku PLTGU. Proses desalination plant di dalamnya terdapat proses antiscalant yang bertujuan untuk menghilangkan kadar klorin yang terdapat kandungan air laut. Kadar klorin hal yang perlu diperhatikan karena bisa merusak peralatan pembangkit lainnya. Proses antiscalant pada PT. Pembangkit Jawa Bali Unit Pembangkit Gresik untuk mengetahui kadar klorinnya masih dalam secara manual dengan cara pengambilan sampel dan dibawa ke dalam laboratorium untuk dideteksi berapa kadar klorin yang terdapat dalam air laut. Penghilangan kadar klorin bisa menggunakan pencampuran bahan kimia antara NaOH dan H2O. Permasalahan pada proses antiscalant bisa digaris bawahi, bahwa untuk penelitian ini mengambil sistem kendali yang menggunakan metode Fuzzy Logic Mamdani. Sehingga dengan adanya metode tersebut bisa untuk melakukan pengendalian berapa banyak bahan kimia yang akan dituangkan ke dalam tangki secara otomatis, dan tidak melakukan secara manual dengan membawa sampel ke laboratorium serta hasil yang diperoleh bisa secara maksimal dan tidak merusak peralatan pembangkit.
Implementation of Extreme Learning Machine for Water Quality Control in Vannamei Shrimp Ponds Faris Robby Zakariya; Mat Syai'in; Ryan Yudha Adhitya
Journal of Computer, Electronic, and Telecommunication Vol. 4 No. 1 (2023): July
Publisher : Institut Teknologi Telkom Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52435/complete.v4i1.322

Abstract

The application of science and technology knowledge is crucial in supporting the Indonesian Government's program to increase the production of Litopenaesus Vannamei shrimp. This research collaborates with shrimp pond farmers to develop technology that supports the cultivation of vaname shrimp. The water quality affect the harvest results, and the water parameters such as pH, dissolved oxygen (DO), alkalinity, salinity, and temperature should be monitored and adjusted if the parameters exceed the predetermined limits. We have developed an Extreme Learning Machine-based water quality management system tailored to the geographic conditions of Indonesia. This tool uses sensors to read data from the pond water, which is then processed by a microcontroller and displayed in a web-based information system. This tool helps farmers determine the water conditions and condition it accordingly. Based on experimental result error dari data training adalah 0.0001 dan error pada data testing yaitu sebesar 0.1851, it can be seen the Extreme Learning Machine has good performance for this research.
Pengenalan Gestur Jari Tangan Sebagai Media Pembelajaran Berhitung Bagi PAUD Berbasis Visi Komputer dan Deep Learning: Pengenalan Gestur Jari Tangan BerbasisVis i Komputer Dan Deep Learning Heri Pratikno; Muhammad Rifki Pratama; Yosefine Triwidyastuti; Musayyanah
Journal of Computer, Electronic, and Telecommunication Vol. 4 No. 1 (2023): July
Publisher : Institut Teknologi Telkom Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52435/complete.v4i1.355

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan periode perkembangan yang penting dalam kehidupan anak, salah satu pertumbuhan yang penting adalah aspek kognitif. Berhitung termasuk dalam kemampuan kognitif yang meliputi kemampuan menghafal, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mensintesis, dan kemampuan mengevaluasi. Guna meningkatkan kemampuan berhitung bagi anak-anak maka harus diketahui bagaimana cara mengaplikasikan hitungan tersebut dalam dunia nyata. Pada penelitian ini memberikan solusi bagaimana cara belajar berhitung yang menyenangkan serta tidak membosankan bagi anak-anak menggunakan media pembelajaran berhitung yang interaktif melalui pengenalan bentuk gestur jari-jari kedua tangan berbasis visi komputer dan deep learning secara realtime. Adapun visi komputer pada penelitian ini menggunakan framework MediaPipe, sedangkan metode deep learning yang digunakan adalah arsitektur Convolutional Neural Network (CNN). Hasil pengujian yang telah dilakukan pada penelitian ini, akurasi deteksi kesepuluh jari tangan untuk proses berhitung dari metode MediaPipe sebesar 89,9% dengan frame per second-nya antara 20-25 FPS. Metode CNN persentase akurasi deteksinya 20% dengan nilai FPS-nya antara 10-12 FPS, manfaat dari hasil penelitian ini bisa memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, menstimulasi, dan mendukung perkembangan anak secara holistik.
Perancangan Sistem Sortir Limbah Plastik Warna Berdasarkan Warna Menggunakan PLC Fayola Liyani; Aulia Rahma Annisa; Ardiansyah Al Farouq; Ryan Yudha Adhitya
Journal of Computer, Electronic, and Telecommunication Vol. 4 No. 1 (2023): July
Publisher : Institut Teknologi Telkom Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52435/complete.v4i1.365

Abstract

Produksi dan penggunaan terhadap plastik sekali pakai yang semakin meningkat, sehingga diperlukan proses daur ulang pada limbah sampah plastik yang efisien untuk mengurangi dampak negatifnya. Dalam proses daur ulang, diperlukan tahapan proses penyortiran limbah sampah plastik berdasarkan warna. Saat ini, proses penyortiran limbah sampah plastik masih dilakukan secara manual dan membutuhkan tenaga kerja manusia. Pada penelitian sebelumnya sudah terdapat inovasi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu sistem sortir barang berdasarkan warna menggunakan arduino. Pada penelitian ini penulis mengusulkan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan sistem sortir limbah plastik berdasarkan warna menggunakan PLC, dengan deteksi webcam sebagai input dan pneumatik sebagai output. Metode pengambilan deteksi warna menggunakan OpenCV python untuk memproses video dalam analisis citra dan untuk komunikasi PLC dengan PC menggunakan python serial. Proses awal yaitu saat warna dideteksi oleh webcam setelah itu pneumatik akan aktif mendorong limbah plastik tersebut sesuai warnanya. Hasil percobaan menunjukkan bahwa sistem ini 100% akurat dalam keberhasilan penyortiran warna merah, biru dan hijau. Dalam proses deteksi warna, dibutuhkan waktu rerata yang berbeda antar warna, yakni 6,78 detik, 7,78 detik, dan 8,87 detik untuk warna merah, hijau, dan biru secara berurutan.
Implementasi dan Optimalisasi Solar PV sebagai Sumber Tenaga Listrik untuk Memenuhi Beban Elektronik di Kampung Oase Ondomohen Surabaya Moch. Fikry Fathul Yaqin; Isa Hafidz; Khaula Lora Amifia
Journal of Computer, Electronic, and Telecommunication Vol. 4 No. 1 (2023): July
Publisher : Institut Teknologi Telkom Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52435/complete.v4i1.370

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) memiliki konsep yang sederhana yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik yang mana cahaya matahari adalah salah satu bentuk energi yang memiliki sifat renewable energy. Penelitian yang dilakukan ini adalah merancang dan mengoptimalisasi solar PV sebagai sumber pembangkit listrik yang akan digunakan untuk menjalankan pompa air hidroponik. Pengamatan yang dilakukan adalah pengambilan data terkait irradiance matahari dan kualitas daya listrik yaitu analisis pada drop tegangan di kampung oase ondomohen. Alat ukur yang digunakan berupa multimeter dan energy meter untuk mengukur dan memonitoring hasil keluaran pompa air bertenaga PLTS yang bersistem internet of things. IoT yang digunakan berupa mikrokontroller Esp8266 dengan aplikasi Blynk Iot. Solar photovoltaic nantinya dimanfaatkan untuk pompa air hidroponik di salah satu kampung wisata Surabaya, yaitu Kampung Oase Ondomohen. Dengan dibangunnya Solar photovoltaic beserta pengembangan teknologinya ini menunjukkan hasil bahwa solar PV layak digunakan sebagai renewable energy untuk memenuhi kebutuhan beban pompa air dan dapat meningkatkan kembali produktivitas masyarakat sehari-hari, yaitu utamanya untuk mendukung budidaya ikan dan tanaman tanpa menggunakan media tanah atau hidroponik. Penggunaan analisis ekonomis menunjukkan pengembalian biaya investasi selama 19.6 tahun pemakaian.

Page 1 of 1 | Total Record : 5