cover
Contact Name
Drs. I Gusti Ngurah Agung Suprastayasa, M.Ed
Contact Email
p3m@ppb.ac.id
Phone
+628174744649
Journal Mail Official
jpar@ppb.ac.id
Editorial Address
Jl. Dharmawangsa, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Jurnal Kepariwisataan
ISSN : 14125498     EISSN : 25811053     DOI : -
Journal of Tourism Studies (Jurnal Kepariwisataan/JPAR) is aimed to spread critical analysis from researchers and academic practitioners on various travel and tourism issues local, national and internationally. The writing is published after undergoing a peer-review process by providing an exclusive analysis on social and political issues from various perspectives. Journal of Tourism Studies provides high quality study outcomes and new thoughts for academic practitioners, researchers and decision makers to break down the complexity and dynamics of contemporary sociopolitical changes. Published two times a year, JPAR provides itself as a medium for – also invites- researcher, academic practitioners and intellectuals to submit their critical writings and to contribute to the development of social and political sciences. Topics of this Journal focuses on tourism specialization areas include: Tourism culture and cultural heritage in a tourism perspective (local culture, history & tourism, cultural heritage environment and so on) Health, Safety and Security Issues for the Tourism Industry Tourism and economic growth Study Travel (Museums and conservation, festivals and events in the tourism industry) New Tourism Trends (special interest tourism, dark tourism, medical tourism, sports tourism and so on) Ecotourism and sustainable tourism Planning tours, new tourist destinations, climate and tourism MICE in tourism (meetings, incentives, conventions and exhibitions, MICE marketing and management) Information and communication technology, data collection on Tourism, trend tourism & forecasting, social media Impact of terrorism on tourism and crisis management
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Kepariwisataan" : 18 Documents clear
FRONT MATTER VOL. 11 NO 1 2012 Team, Editorial
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN ·NIAT MENGINAPKEMBALI TAMU PADA VILLA Suprastayasa, I Gusti Ngurah Agung; Arcana, I Nyoman
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkonfirmasi pengaruk kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan niat menginap kembali tamu pada villa di Bali Data dikumpulkan dengan metode judgmental sampling denganjufrlah responden sebanyak200 orang wisatawan yang menginap di berbagai villd di Kabupaten . Denpasar; Badung dan, Gianyar, · Propinsi Bali. Variabel dala penelitian ini adalah kualztas pelayanan sebagai vanabel exogenous (X), kepuasan sebagai variabel interviening (YI) dan niat menginap kembali seb_bgai variabel endogenous (Y2). Seluruh variabel 4alanr:penelitian inidiuku11 dengdn skala Likert lima tingkatan, yaitu sang at tidak setuju (1) sampai dengJn sangat setuju .
PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA RGANISASI HOTEL BINTANG LIMA DENGAN BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI Wiryanata, I Gusti Ngurah Agung; Sri Rukmiyati, Ni Made; Mareni, Ni Ketut
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan good corporate governance merupakan langkah penting untuk membangun dan memulihkan kepercayaan pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan dan perusahaan yang menjalankan good corporate governance secara baik dan berkelanjutan akan memiliki nilai lebih. good corporate governance dalam industri perhotelan akan memberikan dampak pada pelayanan hotel terhadap tamu. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah good corporate governance berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi dan apakah budaya organisasi mempengaruhi kinerja organisasi hotel bintang lima.
-FAKTOR PENDORONG PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN ATRAKSI WISAATA: KASUS PURI ANYAR KERAMBITAN Mirah Darmayanty, I Gusti Ayu
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memahami phenomena partisipasi masyarakat dalam pengembangan atraksi wisata di Puri Anyar Kerambitan, Tabanan, Bali Sebagai sebuah penelitian kualitatif, penelitian ini difokuskan pada bentuk,faktor-faktor penyebab pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengembangan atraksi wisata. penelitian ini didasarkan pada teori partisipasi,pariwisata berbasi masyarakat dan teori hegemomi.
FAKTOR PENENTU KEPUASAN WISATAWAN GROUP INCLUSIVE TOUR (GIT) VHONA TERHADAP PRODUK RESTORAN CHINA Dewi Hendriyani, I Gusti Ayu; Arcana, I Nyoman; Wirata, I Nengah
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepuasan wisatawan adalah_sebuah kondisi dinamis yang berhubungan dengan pemenuhan harapan wisatawan akan pengalaman layanan yang telah disediakan.Tujuan penelitian ini ada!ah untuk mengetahui faktor dan varia1{ l yang dapat memuaskan wisatawan China grup (GIT) pada produk restonm China di Kabupaten Badung. Faktor yang diobservasi terdiri dari 4 dengan 14 variabel yaitu OJ Faktor Suasana (4 variabel), (2). Faktor Makanan dabf Minuman (4 variabel), (3). Faktor Layanan (3_ variabel), (4). Faktor Kebersihah (3 variabel). Hasil dari penelitian tentang kepuasan wisatawull China Grup ( GIJJ pada produk . Restoran China di Kabupaten Badung secara keseluruhan berada pada kondisibaik.
PENGARUH KARAKTER INDIVIDU JENIS PEKERJAAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN HOTEL Ngurah Indrawati, Ida Ayu Agung
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tiga faktorutama uang sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan hotel dalam usahanya untuk memuaskan para wisatawan adalah karakter individu,jenis pekerjaan dan lingkungan kerja, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh individu,jenis pekerjaan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan hotel. penelitian ini dilakukan di hotel santika beach bali,sebuah hotel bintang empat yang terletah di kawasan tuban bali
KEARIFAN LOKAL DALAM PENGELOLAAN PRODUK HOTEL: KASUS HOTEL GRIYA SANTRIAN, SANUR Rai Sumariati, Dewa Ayu
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kearifan lokal merupakan kebijakan manusia dan komunitas dengan bersandar filosofi, nilai-nilai, etika, cara-cara dan perilaku yang melembaga manusia tradisional dalam mengelola berbagai sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumberdaya budaya untuk kelestarian sumber daya tersebut bagi kelangsungan hidup berkelanjutan untuk mencapai keseimbangan hidup lahir dan batin. Penelitian yang merupakan kajian budaya ini bertujuan untuk memahami dan menemukenali kearifan lokal yang diterapkan dalam pengelolaan produk hotel Griya Santrian.
PENGELOLAAN MUSEUM ARKEOLOGI GEDUNG ARCA SEBAGAI DAYA TARIKPARIWISATABUDAYA Wirata, I Nengah
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan peranan museum dan pengelolaan koleksi museum dalam tata pamern.ya sebagai sarana informasi dan daya tarik wisata budaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan data dikumpulkan dengan wawancara menda.lam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan koleksi museumArkeologi Gedung Arca Pejeng belum dilakukan secara modern dan didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dalam hal penataan koleksi, serta belum mampu memberika11 pelayanan yang diinginkan pengurzjun.g baik dari program yang dituangkan dalam pameran maupun program-program lain. Museum juga belum dapat men.arik minat masyarakat un.luk datang berkunjun.g ke museum. Pemanfaatan museum yang tidak optimal ini disebabkan lembaga tersebut tidak memahami dengan jelas manfaat museum dalam proses belajar mengajar. Di pihak lain museum dalam melaksanakan kegiatannya belum menyadari sepenuhnya kebutuhan. pendidikan., karena itu wisatawan dan masyarakat kurang tertarik pada pameran yang disajikan museum.
KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DALAM PARIWISATA Ayu Aryasih, Putu
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pariwisata ditinjau dari dimensi kultural dapat menumbuhkan suatu interaksi antara masyarakat tradisionaJ agraris dengan masyarak.at modem industrial. Melalui proses interaksi itu maka memungkink.an ada.nya suatu pola saling mempengaruhi yang pada akhimya akan mempengaruhi struktur kehidupan atau pola budaya masyarakat khususnya masyarakat yang menjadi tuan rumah. Dalam pariwisata, keberhasilan meningkatkan citra suatu daerah tujuan wisata dan tingkat kunjungan wisatawan ke suatu daerah tujuan wisata (DTW) tidak terlepas dari adaaya peran komunikasi dalam dimensi cultural yang mempengaruhi wisatawan dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda.
FRONT MATTER VOL. 11 NO 1 2012 Editorial Team
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52352/jpar.v11i1.244

Abstract

Page 1 of 2 | Total Record : 18