cover
Contact Name
Zaedun Na'im
Contact Email
leadershipjurnal@gmail.com
Phone
+6282330512288
Journal Mail Official
zaedunnaim82@gmail.com
Editorial Address
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/mpi/pages/view/Editorial%20Team
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 27217108     EISSN : 27150399     DOI : https:/doi.org/10.32478/leadership
Core Subject : Education,
Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang terbit berkala dan diterbitkan oleh STAI Ma`had Aly Al-Hikam Malang. Jurnal ini dikhususkan untuk mengkaji seputar ilmu Manajemen Pendidikan Islam. Pengelola sangat mengapresiasi atas kontribusi dalam bentuk artikel dari kalangan akademisi dalam disiplin ilmu manajemen pendidikan Islam untuk dipublikasikan dan disebarluaskan melalui mekanisme seleksi naskah, telaah dan penyuntingan. Seluruh artikel yang dipublikasikan merupakan pandangan dan gagasan yang bersifat individu dari para penulis tidak mewakili jurnal ini ataupun lembaga afiliasi penulis. LEADERSHIP: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember Fokus telaah di Jurnal Leadership sebagai berikut: 1. ilmu manajemen pendidikan Islam 2. Issue manajemen pendidikan di sekolah, madrasah atau pesantren 3. Peningkatan mutu pendidikan di sekolah, madrasah atau pesantren
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020): JUNI" : 8 Documents clear
Peran Kepemimpinan Kyai dalam Manajemen Strategi Pendidikan Pesantren Maulida Qurratul Aini
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2020): JUNI
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/leadership.v1i2.445

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan dan menganalisis tentang pesantren yang merupakan lembaga pendidikan Islam yang sangat tertua di Indonesia. Sebab pesantren sangatlah penting peranannya dalam perkembangan pendidikan di Indonesia, terutama dalam bidang pendidikan agama dan moral. Berdirinya pesantren di tengah-tengah masyarakat bukan hanya sebagai lembaga pendidikan, melainkan juga sebagai lembaga syiar agama. Eksistensi seorang kyai dalam sebuah pesantren menempati posisi yang central. Kyai merupakan titik pusat bagi pergerakan sebuah pesantren. Oleh karena itu peran kyai dalam pesantren yang cukup sangat baik untuk menumbuhkembangkan  nilai-nilai agama di tengah masyarakat, maka perlu sekali bagi organisasi pesantren untuk mengevolusi penataan organisasinya dengan menerapkan manajemen strategi dalam penerapan pola asuh dan pola pendidikan bagi para santri-santrinya. Hal ini diperlukan karena untuk menghadapi perkembangan masyarakat yang semakin modern khususnya perkembangan teknologi saat ini.
Evaluasi Strategik Kepala Sekolah Demi Tercapainya Tujuan Lembaga Pendidikan Risa Kharisma
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2020): JUNI
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/leadership.v1i2.446

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pendeskripsian evaluasi strategik perspekif pendidikan. Metode penelitian pada penelitian ini adalah kajian pustaka, dengan mempelajari materi-materi mengenai tema penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat berbagai tujuan, prinsip, urgensi, dan langkah-langkah yang harus ditempuh dalam menjalankan evaluasi strategik pada lembaga pendidikan. Prinsip-prinsip yang harus dipegang untuk melaksanakan evaluasi ini diantaranya seperti prinsip continuity, comprehensive, objective, kriteria, dan kegunaan. Dan juga langkah-langkah yang harus ditempuh dalam evaluasi ini diantaranya menganalisis faktor internal eksternal, menilai kinerja, dan mengambil tindakan korektif.
KEPEMIMPINAN KEPALA PONDOK PESANTREN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM LINGKUNGAN BERBAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUTTAUHID MALANG Mochammad Faris Aresy
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2020): JUNI
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/leadership.v1i2.441

Abstract

Communicating using Arabic is an obligation that must be done by students at Daruttauhid Islamic Boarding School in Malang. In implementing this policy it is necessary to have a figure to emulate who can also guide, and direct the civitas in shaping the Arabic language environment so that all process activities are carried out properly and smoothly. The purpose of this study is to describe the leadership and efforts of the head of Islamic boarding school in implementing the Arabic language environment program along with its supporting and inhibiting factors. This research uses descriptive qualitative research methods, with the type of case study research, where the research location is Daruttauhid Islamic Boarding School Malang. The data is obtained directly from the head of the hut and other competent parties in the hut. The process of collecting data uses interview observation and documentation techniques which are analyzed descriptively through the editing process with the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. From the results of this study indicate that (1) The leadership of Islamic boarding school heads in Daruttauhid Islamic Boarding School in Malang in implementing Arabic language programs using the type of authoritarian leadership that can be seen in the programs and regulations of Islamic boarding schools that run in an orderly and conducive manner and and sometimes with democratic leadership it can be seen with the monthly meetings and harmonious relations between the head of the hut with the religious teachers and students.(2) The efforts of the head of the boarding school at the Daruttauhid in developing an Arabic language environment program include forming a santri organization namely language section, holding Arabic conversation, provisioning Arabic vocabulary, additional lessons for basic class, Arabic speech training, watching films in Arabic. (3) Supporting factors that can launch this Arabic-language environmental activity are the religious teachers here are the majority of Middle Eastern graduate. The inhibiting factors are facing new students who cannot speak Arabic and students who are ashamed to express their words, the mixing of Indonesian or Javanese with Arabic.
MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS AKHLAK, NILAI, DAN MORAL DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR Aliva Erhan
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2020): JUNI
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/leadership.v1i2.447

Abstract

In the addition to the curriculum that is clearly written in the education program, Modern Islamic Boarding School Darussalam Gontor also implements a curriculum that relate to the transformation of student’s character, values, and morals. This curriculum is present in every student's social interaction and directly affect them.            This paper discusses a curriculum based on character, values, and morals in Modern Islamic Boarding School Darussalam Gontor. Namely matters relating to the transformation of morals, values and morals of students at Modern Islamic Boarding School Darussalam Gontor and social interaction of moral and values based curriculum at Modern Islamic Boarding School Darussalam Gontor.
Konsep Kepemimpinan Otoriter Dalam Lembaga Pendidikan Di Sekolah atau Madrasah Citra Ayu Anisa
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2020): JUNI
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/leadership.v1i2.443

Abstract

Pada artikel ini berfokus pada usaha mendeksripsikan konsep kepemimpinan otoriter dari beberapa pustaka dan literatur yang kemudian ditelaah kembali dan mendekripsikan konsep kepemimpinan otoriter yang dianggap dapat diterapkan dalam lembaga pendidikan di sekolah atau madrasah. Dalam artikel ini, dasar dari kepemimpinan yang ideal dan dapat dikatakan berhasil, apabila dapat memenuhi arti kata kepemimpinan dan juga fungsi kepemimpinan. Arti dari kepemimpinan adalah mempengaruhi orang lain untuk berbuat sesuai dengan ketentuan untuk mencapai tujuan. Dari hal tersebut, terdapat unsur memaksakan sesuatu pada orang lain agar melakukan sesuatu, yang dapat dikatakan sebagai bagian dari sifat otoriter yang bahkan menjadi arti dari kepemimpinan itu sendiri. Kepemimpinan otoriter dianggap sebagai cara atau gaya pemimpin yang memaksakan segala kebijakkan untuk diputuskan oleh dirinya sendiri dan harus dilaksanakan para anggota yang dipimpinnya, tanpa mau mendengarkan aspirasi dari para anggotanya. Tetapi dari studi atau kajian pustaka yang telah dilakukan dan yang kemudian ditelaah kembali, terbentuklah konsep kepemimpinan otoriter yang mungkin akan bisa diterapkan pada lingkungan sekolah atau madrasah, dan berpotensi untuk meningkatkan kualitas dari sekolah atau madrasah. Konsep kepmimpinan otoriter ini menekankan pada penyeimbangan antara hal – hal secara mutlak harus dilakukan dengan hal –hal yang perlu dipertimbangkan atau ditoleransi. Terdapat 5 (lima) point yang menjadi fokus utama dalam konsep kepemimpinan otoriter ini, yaitu bersedia mendengarkan keresahan warga sekolah, Kepala Sekolah menjadi teladan untuk para warga sekolah, Kepala Sekolah membuka diri tentang perspektif warga sekolah, Kepala Sekolah melakukan evaluasi diri, dan Kepala Sekolah berusaha memberikan toleransi pada hal – hal tertentu pada kondisi – kondisi tertentu.
Manajemen Krisis: Kepemimpinan Dalam Menghadapi Situasi Krisis Covid-19 M. Ibnu Ahmad
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2020): JUNI
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/leadership.v1i2.448

Abstract

AbstrakDewasa ini dunia dikejutkan dengan wabah covid-19 yang berasal dari negara China yang kemudian menyebar ke hampir seluruh penjuru dunia. Pandemi covid-19 yang melanda dunia saat ini berdampak signifikan terhadap berbagai aspek; ekonomi social-budaya dan pendidikan. Dalam situasi yang tidak biasa ini, para pemimpin dalam berbagai level memberikan respon dengan cepat mulai dari kebijakan social distancing, physical distancing, bekerja dari rumah hingga kebiajakan belajar dari rumah. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai tindakan pemimpin dalam menjalankan manajemen krisis di tengah pandemi covid-19. Manajemen krisis dibutuhkan agar keberlangsungan organisasi tetap berjalan ditengah ketidakpastian berakhirnya krisis kesehatan. Pendekatan yang digunakan dalam artikel ini adalah studi pustaka, dimana penulis menggali berbagai literatur dan hasil-hasil penelitian dari berbagai jurnal internasional. Dalam artikel ini ditemukan bahwa setidaknya manajemen krisis yang berhasil dipandu oleh seorang pemimpin yang visioner, berkarakter sejati yang memiliki solusi dalam menghadapi ancaman sebelum, pada saat dan sesudah krisis.
PRINCIPAL LEADERSHIP (Kepemimpinan Kepala Sekolah) Husnil Mubarok
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2020): JUNI
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/leadership.v1i2.444

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan lembaga pendidikan adalah kepala sekolah. Kepala sekolah merupakan seorang pemimpin lembaga pendidikan yang mengatur sumber daya lembaga pendidikan untuk bersama-sama mewujudkan visi dan misi lembaga. Dapat dikatakan kepala sekolah merupakan ujung tombak yang bertanggung jawab dalam mengatur dan mengkoordinasikan sumber daya manusi untuk membangun lembaga pendidikan yang maju dan bermutu. Sehingga kepala sekolah ditutut untuk menguasai dan mengetahui hakikat kepemimpinan, dan strategi-strategi dalam meningkatkan kepemimpinan yang dijalankan.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH INTEGRATIF NU AL-HIKMAH Chafid Firman
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2020): JUNI
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/leadership.v1i2.449

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen implementasi kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah (penelitian di Madrasah Aliyah Integratif NU Al-Hikmah di Kabupaten Malang). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan penyajian data. Di Madrasah Aliyah Integratif NU Al-Hikmah di Kabupaten Malang, peneliti menemukan beberapa fakta tentang kegiatan implementasi kurikulum 2013, yaitu kurikulum 2013 yang menjadi kurikulum inti dalam kegiatan belajar mengajar di madrasah tersebut dipadukan dengan kurikulum untuk memperkuat segi keagamaan siswa yang menjadi ciri khas pendidikan Islam yang ada di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian, manajemen implementasi kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Integratif NU Al-Hikmah di Kabupaten Malang, yaitu: (1) perencanaan kurikulum 2013, (2) pengorganisasian kurikulum 2013, (3) implementasi kurikulum 2013, (4) evaluasi kurikulum 2013, (5) faktor penunjang dan penghambat implementasi kurikulum 2013, (6) hasil manajemen implementasi kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Integratif NU Al-Hikmah di Kabupaten Malang

Page 1 of 1 | Total Record : 8