cover
Contact Name
Unna Ria Safitri
Contact Email
agrj.uby@gmail.com
Phone
+6281542611152
Journal Mail Official
jurnalekobisfeuby@gmail.com
Editorial Address
Jl. pandanaran No. 405 Boyolali 57313 » Tel / fax : (0276)321328 / 331088
Location
Kab. boyolali,
Jawa tengah
INDONESIA
Ekobis: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi
Published by Universitas Boyolali
ISSN : 25023055     EISSN : 26221756     DOI : https://doi.org/10.36596/ekobis
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekobis diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali secara berkala (setiap 6 bulan) pada bulan Juni dan Desember dengan tujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang Ilmu Manajemen dan Akuntansi berupa kajian konseptual dan hasil penelitian.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2021)" : 12 Documents clear
KUALITAS PELAYANAN RADIO JAYA PEMUDA INDONESIA ( JPI ) FM SOLO DI SURAKARTA (Suatu Analisis Tanggapan Monitor Aktif) A.Fidhdiarr Ariestanto T.N.K
EKOBIS Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36596/ekobis.v9i1.44

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui komponen-komponen kualitas pelayanan ( tangibles, realibility, responsiveness, assurance dan emphaty ) yang paling dominan yang ada di radio JPI FM Solo dan Untuk mengetahui kepuasan konsumen mengenai kualitas pelayanan jasayang ada di radio JPI FM Solo. Hipotesis komponen reliability dan emphaty yang paling dominan dalam pelayanan yang ada di radio JPI FM Solo dan Tidak ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata kualitas pelayanan yang diharapkan dengan rata-rata kualitas pelayanan yang dirasakan / diterima konsumen radio JPI FM Solo. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang dimaksudkan untuk melakukan pengamatan yang cermat akan fenomena sosial tertentu, yang ditujukan untuk pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai sehingga memerlukan beberapa konsumen yang dijadikan sampel untuk diselidiki perilakunya. Hasil penelitian bahwa berdasarkan penilaian skala yang ada, sebenarnya semua hasil dari nilai yang dirasakan bernilai tinggi. Meskipun demikian berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, kualitas pelayanan Radio JPI FM pada umumnya masih kurang baik.Terlihat bahwa dari 5 dimensi kualitas pelayanan yang ada, tidak satupun bernilai positif.Kualitas pelayanan yang bernilai negatif ini menunjukkan bahwa pelayanan yang dirasakan konsumen lebih rendah daripada yang mereka harapkan.
PENGARUH DISIPLIN KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT SAHABAT UNGGUL INTERNASIONAL KABUPATEN SEMARANG Novi Octaviani; Dasmadi Dasmadi; Unna Ria Safitri
EKOBIS Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36596/ekobis.v9i1.456

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh antara disiplin kerja, lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Sahabat Unggul Internasional Kabupaten Semarang. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner.” Dari 4000 karyawan diambil sampel sebanyak 364 responden. Dengan menggunakan teknik regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22. Kemudian dibaca output yang dihasilkan seberapa besar pengaruh disiplin kerja, lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Uji regresi linier berganda mendapatkanhasil RSquare sebesar 43,6%. Sehingga dapat diketahui bahwa 43,6% variabel disiplin kerja, lingkungan kerja dan kepuasan kerja mempengaruhi variabel kinerja karyawan. Sedangkan sisanya 56,4% dipengaruhi variabel lain. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa variabel disiplin kerja, lingkungan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT Sahabat Unggul Internasional Kabupaten Semarang melalui uji simultan maupun uji parsial. ABSTRACT “The purpose of this study is to determine the influence of work discipline, work environment and job satisfaction on employee performance at PT Sahabat Unggul Internasional Semarang. “In this study using quantitative methods with data collection techniques through questionnaires. The sample in this study were 364 respondents. The technique analysis used is multiple linear regression with SPSS 22. Then look at the resulting output how much influence the work discipline, work environment and job satisfaction on employee performance in hypothesis testing. From regression analysis tes, explained that 43,6% variabel of work discipline, work environment and job satisfaction. Meanhile 56,4% influenced by other variables. From the results of this study it is concludedthat work discipline, work environment and job satisfaction through partial test and simultaneous test have a positive and significant effect on employee performance at PT Sahabat Unggul Internasional Semarang.
PENGARUH RASIO HARGA KEUNTUNGAN, RASIO KEUNTUNGAN SETIAP LEMBAR SAHAM, RASIO PENGEMBALIAN ASET, DAN RASIO HUTANG ATAS MODAL TERHADAP HARGA SAHAM PADA SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG LISTING DI BEI TAHUN 2015-2019 Etty Lutfiyati; Alean Kistiani Hegy Suryana; Milka Susana Theorupun
EKOBIS Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36596/ekobis.v9i1.461

Abstract

Sektor industri barang konsumi adalah perusahaan sasaran penelitian ini. Memakai metode purposive sampling diambil 29 sampel, dari 55 populasi. Selama lima periode observasi diperoleh 145 data sekunder yang kemudian diolah dalam SPSS. Rasio harga keuntungan berpengaruh positif tapi tidak signifikan, dikarenakan nilai signifikan lebih besar dari 0,05 yaitu 0,734 dan t hitung 0,340. Harga saham secara parsial dipengaruhi oleh rasio keuntungan setiap lembar saham dan rasio pengembalian aset yang signifikan dan positif, diketahui dari nilai t hitung 5,634 dan 8,728 serta signifikan 0,000. Rasio hutang atas modal berpengaruh negatif dan tidak signifikan karena nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu 0,403 dan t hitung -0. Secara simultan Rasio harga keuntungan, rasio keuntungan seriap lembar saham, rasio pengembalian aset dan rasio hutang atas modal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham, dengan signifikansi 0,05 dan nilai f 4,062. ABSTRACT The consumer goods industry sector is the target company for this study. Using purposive sampling method, 29 samples were taken from 55 populations. During the five observation periods, 145 secondary data were obtained which were then processed in SPSS. The profit price ratio has a positive but insignificant effect, because the significant value is greater than 0.05, namely 0.734 and t count 0.340. Share price is partially influenced by the profit ratio of each share and the ratio of return on assets which is significant and positive, it is known from the t-count value of 5,634 and 8,728 and significant 0,000. Debt to equity ratio has a negative and insignificant effect because the significance value is greater than 0.05, namely 0.403 and t count -0. Simultaneously, the profit price ratio, profit ratio of each share, asset return ratio and debt to equity ratio have a significant effect on stock prices, with a significance of 0.05 and a value of f 4.062.
PENGARUH MOTIVASI KERJA, PELATIHAN DAN PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA GURU DI SMK DWIJA DHARMA BOYOLALI DI BOYOLALI Cahyo Anggoro Sakti; Nuning Lisdiana; Listyowati Puji Rahayu
EKOBIS Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36596/ekobis.v9i1.463

Abstract

Peneliti0melakukan0penelitian ini di SMK Dwija Dharma Boyolali dengan jumlah guru sebanyak 35 (tiga puluh lima) guru dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel yang sesuai dengan judul terhadap kinerja guru di SMK Dwija Dharma Boyolali di Boyolali. Peneliti menggunakan metode Kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuisoner yang diberikan dan diisi oleh semua guru SMK Dwija Dharma Boyolali tanpa ada paksaan dari pihak anapun. Peneliti menggambil semua populasi sebanyak 35 guru menjadi sampel. Penenlitian ini menggunakan beberapa uji yang penulis gunakan. Dengan hasil tes tersebut penelti mendapatakan hasil penelelitian yaitu menunjukan bahwa variabel peltihan dan pendikan berpengaruh positif terhadap kinerja guru di SMK Dwija Dharma Boyolali, variabel motivasi kerja secara parsial dan signifikan tidak mempengaruhi kinerja guru di SMK Dwija Dharma Boyolali. Pengaruh dari variabel-variabel tersebut mendapatkan hasil sebesar 45,9% dan sisanya adalah factor-faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini yaitu sebesakr 55,1% ABSTRACT Researchers conducted this research at SMK Dwija Dharma Boyolali with a total of 35 (thirty five) teachers and this study aims to determine how the influence of variables according to the title on teacher performance at SMK Dwija Dharma Boyolali in Boyolali. Researchers used quantitative methods with data collection techniques through questionnaires given and filled in by all teachers of SMK Dwija Dharma Boyolali without any coercion from any party. Researchers took all populations of 35 teachers as samples. This research uses several tests that the authors use. With the results of the test, the research obtained the results of the study, which showed that the training and education variables had a positive effect on the performance of teachers at SMK Dwija Dharma Boyolali, the work motivation variable partially and significantly did not affect the performance of teachers at SMK Dwija Dharma Boyolali. The effect of these variables got a result of 45.9% and the rest were other factors not included in this study, namely 55.1%
ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN PEMBELIAN ANAKAN MURAI BATU PRESTASI ( STUDI KASUS PADA AZIS BIRDFAM DI BOYOLALI TAHUN2020 ) Muhammad Azis Rahmanto; Dasmadi Dasmadi; A. Fidhdiarr Ariestanto TNK
EKOBIS Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36596/ekobis.v9i1.465

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh produk, harga, kualitas pelayanan Azis Birdfam di Boyolali. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan studi dokumen yang dilakukan pada bulan mei tahun 2020 sampai juli tahun 2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan berdasarkan bertepatan, semua sampel data telah dianalisis dari analisis regresi linier berganda memperoleh nilai adjusted R Square sebesar 4,9 % variabel produk, harga, kualitas pelayanan berdampak pada loyalitas pelanggan sedangkan selisihnya 95,1 % berdampak oleh variabel lain seperti ikatan emosional, kepercayaan, kemudahan, kepuasan pelanggan dan pengalaman dengan perusahaan. Hasil pengkajian ini merumuskan bahwa produk, harga dan kualitas pelayanan menggunakan uji secara parsial memiliki dampak berdasarkan relevan terhadap loyalitas pelanggan pada Azis Birdfam di Boyolali. ABSTRACT This study aims to determine the effect of product, price, service quality of Azis Birdfam in Boyolali. The data collection techniques used interviews, questionnaires and document studies conducted in May 2020 to July 2020. The sampling technique used was coincidental, all data samples were analyzed from multiple linear regression analysis to obtain an adjusted R Square value of 4.9%. product variables, price, service quality have an impact on customer loyalty, while the 95.1% difference has an impact on other variables such as emotional ties, trust, convenience, customer satisfaction and experience with the company. The results of this study formulate that the product, price and service quality using a partial test has an impact based on relevance to customer loyalty to Azis Birdfam in Boyolali.
PENGARUH PELATIHAN MOTIVASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN SPINING 2 PT. SARI WARNA ASLI II BOYOLALI Latif Budi Pramono; Unna Ria Safitri; Hari Purwanto
EKOBIS Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36596/ekobis.v9i1.468

Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang hampir seluruh perusahan di tuntut untuk menambah kemampuan sumber daya manusianya agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Maka penulis melakukan penelitian yang berhubungan dengan kinerja karyawan. Bagian Spining 2 PT. Sari Warna Asli II Boyolali merupakan departemen baru. Esensi dari penelitian ini iyalah agar dapat mengukur dan bisa mengetahui tingkat kerja karyawan pada konsep pelatihan, motivasii serta kompensasi pada kerja spinning 2 PT Sari Warna Asli II Boyolali. Pada penelitian yang di lakukan metode yang di gunakan iyalah metode kuantitatif. Cara pengambilan data melalui kuesioner dan stadi dokumen. Dengan populasi 635 karyawan, sampel pada data ini adalah 250 responden karyawan bagian Spining 2 PT. Sari Warna Asli II Boyolali. Teknik penyelidikan data yang dipakaiyaitu regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 22. Hasil riset ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pelatihan,motivasi, dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial terhadap produktivitas karyawan. In this era of globalization, almost all companies are required to increase the capacity of their human resources so that company goals can be achieved. So the authors conducted research related to employee performance. Spining Section 2 PT. Sari Warna Asli II Boyolali is a new department. The essence of this research is to be able to measure and be able to know the work level of employees on the concept of training, motivation and compensation at spinning 2 work at PT Sari Warna Asli II Boyolali. In research, the method used is the quantitative method. How to collect data through questionnaires and document stadi. With a population of 635 employees, the sample in this data is 250 respondents employees of the Spining 2 PT. Sari Warna Asli II, Boyolali. The data investigation technique used is multiple linear regression using SPSS 22. The result of this researc can be concluded thats training, motivation, and compensation have a positive and significant effect simultaneously and partially on employee productivity..
PENGARUH PENETAPAN JAM KERJA, PEMBERIAN INSENTIF DAN PENYELESAIAN KONFLIK DENGAN STRATEGI KOMPROMI TERHADAP PENGINGKATAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN SHOFA MARWAH GROUP BOYOLALI TAHUN 2019 Danissa Agustin; Unna Ria Safitri; Listyowati Puji Rahayu
EKOBIS Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36596/ekobis.v9i1.469

Abstract

Pada dunia modern yang menuntut perusahaan memiliki sumber daya manusia (SDM) agar dapat di kelola dengan srategi agar tercapai secara optimal, maka penulis melakukan penelitian yang berhubungan dengan tingkat produktivitas karyawan pada sebuah perusahaan di Boyolali yang membidangi beberapa usaha di bebebrapa sektor usaha yang berbeda[1]. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan adanya pengaruh antara jam kerja, insentif, dan kompromi terhadap produktivitas karyawan Shofa Marwah Group Boyolali[2]. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan studi dokumen[3]. Dengan populasi 132 karyawan, sampel pada data ini adalah 100 responden karyawan Shofa Marwah Group Boyolali. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 22[4]. Hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa jam kerja, insentif dan kompromi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap produktivitas karyawan[5]. Namun hanya jam kerja yang berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap produktivitas karyawan. ABSTRACT In the modern world that requires companies to have human resources that can be managed properly so that company goals can be achieved optimally, the authors conducted research related to the level of employee productivity at a company in Boyolali which is in charge of several businesses in several different business sectors[1]. This study aims to determine and prove the influence of working hours, incentives, and compromise on employee productivity of Shofa Marwah Group Boyolali. This research uses quantitative methods with data collection techniques through questionnaires and document studies. With a population of 132 employees, the sample in this data is 100 respondents of employees of the Boyolali Shofa Marwah Group.The data analysist techniques used is multiple linear regresion using SPSS 22[2]. The result of thits study can be concluded t working hours, incentives and compromise have a positive and significant effect simultaneously on employee productivity. However, only working hours have a positive and partially significant effect on employee productivity[3].
PENGARUH PROFITABILITAS DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN SEMEN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014 SAMPAI 2018 Mukhamad Khabib; Yunita Niqrisah Dwi Pratiwi; Alean Kistiani H.S
EKOBIS Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36596/ekobis.v9i1.471

Abstract

Peningkatan jumlah kebutuhan hunian karena adanya peningkatan penduduk dan didukung adanya program Presiden Jokowi terkait Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Nawa Cita 2016 mendorong meningkatnya industri semen sebagai bahan baku dari pembangunan infrastruktur tersebut. Hal ini menjadikan alasan bahwa sub sektor industri semen dapat dijadikan emiten atau tempat investasi bagi para pemilik modal (investor). Penentuan emiten bagi para investor harus didasarkan pada status perusahaan yang mempertimbangkan beberapa parameter seperti profitabilitas perusahaan tersebut dan kebijakan dividennya. Profitabilitas menunjukkan upaya perusahaan memperoleh keuntungan yang berkaitan dengan modal, aset, serta penjualan dengan rasio hitung NPM, ROA dan ROE. Sedangkan kebijakan dividen merupakan kebijakan perusahaan atas laba yang diperoleh dan dapat dihitung dengan rasio DPR serta DPS. Minat investor berdampak pada harga saham. Keuntungan berupa NPM dan ROA serta tingkat dividen berupa DPR tidak berpengaruh secara parsial (uji-t) terhadap harga saham, tetapi rasio ROE dan DPS berpengaruh secara parsial terhadap harga saham. Berdasarkan uji F terlihat bahwa profitabilitas dan kebijakan dividen dengan nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti secara simultan berpengaruh terhadap harga saham.
MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN YANG DIPENGARUHI OLEH KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE DAN EXPERIENTIAL MARKETING Kuwat Lailatun Nafiah; M. Trihudiyatmanto
EKOBIS Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36596/ekobis.v9i1.487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, brand image, dan experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Loyalitas pelaggan sangat penting bagi perkembangan sebuah perusahaan, karena dengan adanya loyalitas mampu meningkatkan laba perusahaan. Sampel penelitian ini adalah mahasiwa fakultas ekonomi dan bisnis Unsiq pengguna sepeda motor merek Honda. Jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan purposive sampling melalui kuesioner dengan skala likert. Metode analisis menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan pengujian hipotesis Goodness of Fit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan brand image berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, experiential marketing tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas produk, brand image, dan kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan, experiential marketing tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Experiential marketing berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel intervening, kualitas produk dan brand image tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening.
KEPAHAMAN DAN KESIAPAN MAHASISWA ATAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI DENGAN ETIKA SEBAGAI MODERATING VARIABLE Ahmad Hafidh Agustin; Merlyana Dwinda Yanthi
EKOBIS Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36596/ekobis.v9i1.504

Abstract

This study aims to obtain empirical evidence regarding students' perceptions of their understanding and readiness as users of information technology in accounting information systems on information quality. Also, the following research was conducted to obtain empirical evidence of the influence of ethical aspects in the use of information technology on information quality. Purposive sampling was chosen as a method of collecting data from the respondents of undergraduate accounting students. Of the total population, 75 respondents were sampled. Data were analyzed using SPSS statistical analysis with descriptive test technique, multicollinearity test, heteroscedasticity test, classical assumption test, and absolute difference value test. The result is that the understanding and readiness of information technology users in the accounting information system affects the quality of accounting information and user ethics becomes a moderating variable that strengthens this influence.

Page 1 of 2 | Total Record : 12