cover
Contact Name
Muhammad Arief Rizka
Contact Email
m.ariefrizka@ikipmataram.ac.id
Phone
+6281803688544
Journal Mail Official
jlppm@ikipmataram.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) Alamat: Jl. Pemuda Nomor 59.A Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 24427667     DOI : 10.33394
Core Subject : Education,
Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran (JK) contains scientific articles from research in Education, Teaching and Learning which include : 1. Formal/School Education 2. Nonformal/Community Education 3. Informal/Family Education
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1: Maret 2018" : 14 Documents clear
Penerapan Pembelajaran Kontekstual (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Mengidentifikasi Teks Drama di Kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Mataram) I Gusti Ayu Adi Dauti Antari
Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran Vol 4, No 1: Maret 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.891 KB) | DOI: 10.33394/jk.v4i1.901

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam menemukan dan menghubungkan antara materi pelajaran dengan kehidupan nyata. Agenda Drama Kelas dalam perayaan HUT SMAN 1 Mataram dijadikan sebagai waktu yang tepat dalam mempraktekkan metode CTL untuk pembelajaran “mengidentifikasi teks drama”. PTK ini dirancang dalam dua siklus, selanjutnya diberikan uraian atas terapan kedua metode dan dianalisis dengan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode ceramah-diskusi diperoleh hasil belajar dengan rata-rata nilai 87,71 dan variasi nilai 1,99. Pada PTK siklus kedua diperoleh rata-rata nilai 94,09 dengan variasi 1,76. Hasil belajar dengan kedua metode tersebut tergolong sangat tinggi. Pada PTK siklus kedua mampu meningkatkan hasil belajar dan hasil semakin merata. Berdasarkan uji beda terbukti bahwa hasil belajar mengalami peningkatan yang singnifikan.
Strategi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pokok Bahasan Perlindungan dan Penegakan Hak Asasi Manusia dengan Model Active Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA-4 SMA Negeri 3 Mataram Sitti Ramlah
Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran Vol 4, No 1: Maret 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.327 KB) | DOI: 10.33394/jk.v4i1.906

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian tindakan kelas ini diadakan di SMAN 3 Mataram dengan model siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini yakni dari tiap siklus diperoleh pada siklus pertama nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa X MIA-4 SMA Negeri 3 adalah 74,85, pada siklus II menjadi 88,12. Sehingga dapat dikatakan model active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Karakter Empati Dalam Konseling Teman Sebaya Pada Masa Remaja Erna Fitriatun; Nopita Nopita; Sri Erni Muliyani Muliyani
Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran Vol 4, No 1: Maret 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.736 KB) | DOI: 10.33394/jk.v4i1.897

Abstract

Masa remaja adalah masa yang sarat akan konflik atau masalah-masalah, baik itu masalah pribadi, sosial, akademik juga karier. Masalah-masalah ini perlu cepat ditanggapi dan dientaskan, karena apabila masalah-masalah ini dibiarkan berlarut-larut dan tidak dientaskan maka dapat menghambat remaja untuk berkembang dengan optimal menuju masa dewasanya. Selanjutnya, di dalam dunia pendidikan masalah-masalah remaja tersebut dapat diatasi dengan adanya layanan bimbingan konseling teman sebaya. Dimana layanan konseling teman sebaya ini dapat dilakukan jika siswa memiliki karakter empati. Karakter empati merupakan keterampilan dasar dalam menjalin hubungan sosial yang dapat diajarkan, dikembangkan dan dilatih. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk pembentukan karakter empati siswa melalui kegiatan konseling teman sebaya dengan metode yang digunakan adalah library research.
Mengukur Pengetahuan Konten Pedagogik Guru Matematika: Suatu Kajian Literatur Ita Chairun Nissa
Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran Vol 4, No 1: Maret 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.389 KB) | DOI: 10.33394/jk.v4i1.902

Abstract

Mengajar adalah proses yang kompleks dan multidimensi yang membutuhkan pengetahuan dan pemahaman mendalam diberbagai bidang serta kemampuan untuk mensintesis, mengintegrasikan, dan menerapkan pengetahuan itu dalam berbagai situasi, kelompok dan individu yang beragam. Pengetahuan itu dikenal dengan istilah pengetahuan konten pedagogik yang merupakan integrasi pengetahuan konten dan pengetahuan pedagogik yang digunakan untuk menafsirkan materi pelajaran dan menentukan strategi untuk membuatnya mudah dipahami oleh siswa. Mengukur pengetahuan konten pedagogik bukanlah hal yang mudah, karena proses itu merupakan internal konstruk yang tidak dapat diamati secara langsung. Berbagai pendekatan telah digunakan dengan instrumen yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga mampu memberikan informasi yang kuat. Artikel ini akan membahas beberapa pendekatan dan instrumen yang pernah dikembangkan para peneliti untuk mengukur pengetahuan konten pedagogik.
Pengaruh Teknik Asertif Training Terhadap Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa MTs. Penyaring Kabupaten Sumbawa Besar Suryadi Suryadi; I Made Gunawan
Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran Vol 4, No 1: Maret 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.371 KB) | DOI: 10.33394/jk.v4i1.907

Abstract

Asertif training merupakan latihan keterampilan sosial yang diberikan pada individu yang diganggu kecemasan, tidak mampu mempertahankan hak-haknya, terlalu lemah, membiarkan orang lain merongrong dirinya, tidak mampu mengekspresikan amarahnya dengan benar dan cepat tersinggung. Tanggung jawab merupakan memberikan intensitif kepada siswa untuk saling membantu satu sama lain dan untuk saling mendorong melakukan usaha yang maksimal. Tanggung jawab rendah akan membawa dampak kurangnya bekerja sama antara teman dalam satu kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Teknik Asertif Training Terhadap Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa MTs Penyaring Kab Sumbawa Besar Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket sebagai metode pokok sedangkan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai pelengkap. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 5, 028 dan setelah dikonsultasikan t-tabel dengan taraf signifikansi 5% dengan d.b 6 diperoleh 2,447 ini berarti bahwa t-hitung>t-tabel (5,028> 2,447), maka diambil kesimpulan ada Pengaruh Teknik Asertif Training Terhadap Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa MTs Penyaring Kab Sumbawa Besar.
Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman dengan Metode Rollen Spiel pada Siswa Kelas XI Bahasa di SMA Negeri 3 Mataram Evi Rahmawati
Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran Vol 4, No 1: Maret 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.022 KB) | DOI: 10.33394/jk.v4i1.898

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jerman dengan metode Rollen Spiel pada siswa kelas XI Bahasa di SMAN 3 Mataram.  Sample penelitian dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas XI Bahasa. Penelitian dilakukan dalam 2 Siklus yang terdiri dari 4 tahap  yaitu Perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes awal dan tes akhir.  Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu peningkatan kualitas pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 dan perubahan hasil belajar secara positif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif empirik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Rollen Spiel dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jerman pada siswa kelas XI Bahasa di SMAN 3 Mataram.
Bilingualism In African And Middle East Communities In New York M. Ridwan Helmy
Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran Vol 4, No 1: Maret 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.232 KB) | DOI: 10.33394/jk.v4i1.903

Abstract

This paper is aimed at arguing chapter 9, 10 and 11 of the book “Bilingual Community Education and Multilingualism: Beyond a Heritage Language in a Global City by Ofelia Garcia, ZeenaZakharia, and BaharOtcu”, published in 2013. Arguing those three chapters, the reviewer explore the issue deeply, give arguments on the strengths and weaknesses of their analysis,and finally, the reviewer takes a conclusion.Examining these chapters, the reviewer identified that in chapter 9, the author showed the issue interestingly. Also, the authors were very good at presenting the issue of heritage language initiatives.It is obvious also to see that the way the writers presented the certain phrases add an attractiveness to read this chapter.However, it is hard not to argue that the authors have some constraints to explore deeply on specific languages of Africa. Since there are various languages in African society. In Chapter 10, the reviewer would say that the authors have shown their expertise perfectly, since they addressed the issue in a very comprehensive way on how and why the Iranian community in New York engage in bilingual community education, In Chapter 11, the authors showed their strength of the analysis. Also, the strength of this chapter is on the way the authors show their good knowledge politically by explaining what happened in the mid- 2000s in U.S. policy, and the implication of this policy. In chapter 10 and 11, the reviewers didn’t identify the weaknesses of the author.
Implementasi Pelatihan Lifeskill untuk Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Wanita Tuna Susila di Panti Sosial Karya Budi Rini Wahyu Winandi; Muhammad Arief Rizka
Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran Vol 4, No 1: Maret 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.333 KB) | DOI: 10.33394/jk.v4i1.908

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan implementasi pelatihan lifeskill bidang tata boga untuk meningkatkan motivasi berwiausaha wanita tuna susila dan (2) mendeskripsikan hasil dari penyelenggaraan program pelatihan lifeskill tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari pengelola program, instruktur dan warga belajar. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis model interaktif melalui tahapan reduksi data, display data, verifikasi & penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi pelatihan lifeskill bidang tata boga telah terselenggara dengan cukup baik, pengelola program menyelenggarakan kegiatan pelatihan dengan melalui tahapan manajemen program pelatihan seperti perencanaan pelatihan, pelaksanaan pelatihan, monitoring, evaluasi dan tindak lanjut. Dari keseluruhan kegiatan pelatihan warga belajar/peserta pelatihan dilibatkan dalam proses perencanaan sebagai bentuk meningkatkan partisispasi warga belajar dalam mensukseskan program pelatihan tata boga yang telah diselenggarakan; dan (2) Hasil penyelenggaraan program pelatihan lifeskill bidang tata boga yakni warga belajar memiliki motivasi untuk berwirausaha dan menguasai keterampilan dalam bidang tata boga serta pengelola panti memberikan modal bantuan usaha berupa alat-alat dapur atau fasilitas memasak yang berfungsi sebagai media pendukung bagi warga belajar untuk berwirausaha.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Batukliang Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Gemi Yuliati
Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran Vol 4, No 1: Maret 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.311 KB) | DOI: 10.33394/jk.v4i1.899

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batukliang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga tahapan, yaitu (a) plan/perencanaan, (b) do/pelaksanaan, dan (c) see/refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis mengggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batukliang.
Studi Kasus Regulasi Diri Afeksi Moral Pada Siswa Yang Menyontek Ratih Christiana
Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran Vol 4, No 1: Maret 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.092 KB) | DOI: 10.33394/jk.v4i1.904

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk memahami perilaku menyontek siswa dari perspektif self-regulation moral. Total 3 laki-laki dan 1 perempuan dilibatkan sebagai responden dalam studi kasus ini. Hasil penelitian menunjukkan ada enam bentuk pemikiran atau alasan yang mendasari perilaku menyontek. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi perilaku menyontek.

Page 1 of 2 | Total Record : 14