cover
Contact Name
Agus Fahmi
Contact Email
fahmieal2@gmail.com
Phone
+6285214422886
Journal Mail Official
visionary@undikma.ac.id
Editorial Address
Prodi AP Undikma, GD. lantai 3 Jl. Pemuda No. 59/A Mataram Phohe : 085214422886 Email : jurnalvisionary@gmail.com
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu Pendidikan, tenaga kependidikan, manajemen, administrasi, dan keilmuan lainnya.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2020): April" : 8 Documents clear
METODE PENELITIAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN (ALTERNATIF METODOLOGI DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI) BAGIAN 1 M Iqbal; Ahmad Muslim
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 8, No 1 (2020): April
Publisher : Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v5i1.3125

Abstract

Selama ini, penelitian skripsi mahasiswa masih terbatas pada aspek yang berhubungan langsung pembelajaran atau mungkin mengenai pengelolaan kependidikan. Tidak banyak ditemukan skripsi mahasiswa kependidikan yang fokus membahas isu kebijakan. Tulisan ini merupakan tulisan pertama yang mencoba menawarkan alternatif berbeda bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas skripsinya. Metode penelitian kebijakan pada dasarnya adalah sama dengan metode penelitian pada umumnya. Yang membedakannya adalah penelitian kebijakan berarti mengangkat tema mengenai kebijakan. Alternatif metode pertama yang dapat digunakan oleh mahasiswa adalah metode deskriptif, yang terdiri dari 3 jenis, yaitu deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan deskriptif campuran. Pemilihan jenis penelitian akan banyak ditentukan oleh formulasi dari rumusan masalahnya dan jenis data yang akan diperoleh. Data yang biasanya berupa data primer, dapat beralih ke data sekunder, terlebih lagi di era pandemi Covid-19 saat ini. Teknik pengumpulan data yang relevan untuk metode deskriptif ini adalah dokumentasi, dengan tetap memungkinkan untuk menggunakan teknik yang lain, namun diposisikan sebagai teknik pengumpulan data pendukung. Sedangkan untuk analisis datanya, maka alternatif yang tersedia adalah dengan menggunakan statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan analisis logis untuk data kualitatif. Dari ketiga jenis penelitian deksriptif ini, jenis yang paling komprehensif adalah jenis campuran, karena peneliti akan dapat memberikan narasi mengenai suatu kebijakan sekaligus memberi tahu pembaca mengenai implementasi dari kebijakan tersebut. Kata kunci: Penelitian Kebijakan, Deskriptif Kuantitatif, Deskriptif Kualitatif, Deskriptif Campuran
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 5 BANYUMULEK KABUPATEN LOMBOK BARAT M Zainal Mustamiin
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 8, No 1 (2020): April
Publisher : Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v5i1.3119

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai didalam penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Banyumulek dengan menerapkan model Problem Based-Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data aktivitas guru dan siswa diambil menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa dan guru pada siklus I dan II  menujukkan bahwa, persentasi ketercapaian siswa pada siklus I adalah 53%. Pada siklus II persentasi ketercapaian siswa adalah 80%, sedangkan dari hasil observasi aktivitas terhadap guru pada siklus I dan siklus II  menujukkan bahwa persentasi ketercapaian guru pada siklus I adalah 80%,  dan pada siklus II persentasi ketercapaian guru adalah 100%,  dan hasil evaluasi siswa pada siklus I diperoleh persentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 71.42%, sedangkan pada siklus II diperoleh persentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 89.29%. Sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17.78%, ini menandakan bahwa  dengan penerapan metode Problem Based-Learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok pengerjaan hitung bilangan pecahan di kelas V SD Negeri 5 Banyumulek tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Prestasi Belajar, Problem Based Learning 
MANAJEMEN PERKANTORAN MODERN Baiq Rohiyatun
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 8, No 1 (2020): April
Publisher : Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v5i1.3127

Abstract

Seiring perubahan zaman yang mengglobal pada abad ke 21, kehidupan perkantoran pun ikut berubah. Perubahan itu terjadi hampir pada semua unsur perkantoran mulai dari bentuk organisasi, pola komunikasi, mekanisme kerja, manajemen data dan informasi, pengawasan, dan pengembangan kerja, perlengkapan dan fasilitas kantor, hingga tata ruang perkantoran. Dalam pengelolaan perkantoran dewasa ini, perubahan-perubahan tersebut tentu tidak dapat diabaikan. Manajemen perkantoran modern berkenaan dengan penyelenggaraan semua kegiatan yang bertalian dengan pelaksanaan pekerjaan kantor yang modern dan serba otomatis. Otomatisasi perkantoran tidak bisa dipisahkan dari teknologi perkantoran sebab otomatisasi merupakan bentuk pengembangan teknologi.Kata kunci: manajemen, perkantoran modern.
PERSEPSI SISWA MENGENAI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER YANG COCOK UNTUK GENERASI MUSLIM MILENIAL DI KOTA MATARAM M Faqih
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 8, No 1 (2020): April
Publisher : Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v5i1.3120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi siswa mengenai pendidikan karakter yang cocok untuk generasi muslim milenial di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuanitatif dengan teknik survey. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik Slovin. terpilih 25 sekolah tingkat menengah atas. Jumlah responden sebanyak 325 orang yang dipilih secara acak (random sampling). Hasil survey menemukan bahwa (1) sebanyak 95% siswa menegah atas di Kota Mataram adalah muslim milenialis.(2) ada sembilan karakter siswa muslim milenial; (3) ada tujuh prinsip pendidikan karakter yang cocok untuk siswa muslim milenial; (4)menemukan manajemen pendidikan karkter yang cocok dengan siswa muslim milenial; (5) Budayasekolah yang cocok dengan generasli muslim milenial; (6) Kepemimpinan sekolah yang cocok untuk generasi muslim milenial. Survey merekomendasikan agar (1) ke depan sekolah perlu merancang pendidikan karakter yang sesuai dengan karakter generasi muslim milenial dan prinsip pendidikan karakter muslim milenial. (2) ke depan sekolah perlu merancang budaya sekolah yang sesuai prinsip dan karakter generasi muslim milenial; (3) menyiapkan kepemimpinan sekolah yang cocok dengan karakter dan prinsip pendidikan karakter generasi muslim milenial. Kata Kunci: Persepsi Siswa, Manajemen, Pendidikan Karakter, Generasi Muslim Milenial
ANALISIS RASIO PERMODALAN BMT AL IQ-TISHODY MATARAM Menik Aryani
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 8, No 1 (2020): April
Publisher : Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v5i1.3121

Abstract

This study is entitled "Capital Analysis Ratio of BMT Al Iq-Tishody Mataram" The purpose of this study is to determine the level of sharia health and compliance in the AL-Iqtishody Mataram BMT 2019 on aspects of capital based on cooperative classification standards according to the cooperative ministerial decree and small business and intermediate number 07 / Per / Dep.6 / IV / 2016. Analyze cooperative financial statements based on the Decree of the Minister of Cooperatives and Small and Medium Enterprises Number 07 / Per / Dep.6 / IV / 2016, Evaluate the financial performance of cooperatives. This study uses 1 type of assessment of health aspects and components in the form of: Capital. The assessment will find out how healthy Al Iq-tishody BMT is in terms of finance, and how obedient in predetermined sharia principles. From these calculations the BMT Al Iq-tishody was classified as "Fairly Healthy" Cooperative. This is because it has an unfavorable value because BMT AL-Iqtishody does not yet have a sharia supervisory board, does not yet have equity participation and financing originating from Islamic financial institutions and also cooperative management does not yet have an educational certificate for management of Islamic financial institutions issued by competent parties. Keywords: Capital, Sharia Health and Sharia compliance
EKSISTENSI PENGELOLAAN TATA USAHA PADA LEMBAGA TINGGI SWASTA Agus Fahmi
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 8, No 1 (2020): April
Publisher : Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v5i1.3117

Abstract

The academic management system at Tertiary Education Institutions is the core of the implementation of Higher Education activities that regulate all matters including the effectiveness of implementation, information, service quality, and efficient use of resources. Management strategy is a process or series of decision-making activities that are fundamental and comprehensive, accompanied by determining how to carry it out, which is made by the leadership and implemented by all levels in an organization to achieve goals. In the implementation of Private Higher Education (PTS) it is imperative that the quality of academic services be carried out in a directed, disciplined manner, with total quality, and ensures the realization of the quality of higher education properly. So far, many higher education institutions, especially private universities, have always put aside academic services, even only as a symbol for academic services within the institution. In fact, when viewed from various perspectives it is common knowledge that effective academic services will have a positive effect on the quality of the institution. Therefore it is very important to determine a strategy that supports the achievement of goals, because strategic is a large-scale planning (called strategic planning) that is oriented towards a far-reaching future (called a vision), and is determined as the decision of the highest leadership (decisions that are fundamental and principle), in order to enable the organization to interact effectively (called a mission), in an effort to produce something (operational planning to produce goods and / or services and services) of quality, directed at optimizing the achievement of goals (called strategic objectives) and various objectives (operational objectives). ) organization (Nawawi, 2003). Keywords: Existence Management, Private College 
PENGARUH INOVASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SMKN 9 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Hardiansyah Hardiansyah; Eka Mardianti; Lu`luin Najwa
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 8, No 1 (2020): April
Publisher : Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v5i1.3122

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah ada pengaruh inovasi kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru di SMK Negeri 9 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru di SMK Negeri 9 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik populasi, jumlah populasi sebanyak 48 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok sedangkan metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis statistik dengan rumus Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai sebesar 2,099 selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai  sebesar 1,677 pada taraf signifikan 5% dengan N = 48. Kanyataan tersebut menunjukkan bahwa nilai  lebih besar dari nilai  atau 2,099 > 1,677, maka hasil analisis data dalam penelitian ini dinyatakan Signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Inovasi Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Di SMK Negeri 9 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019”. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa inovasi kepala sekolah berperan dalam meningkatkan motivasi kerja guru di sekolah. Inovasi yang dilakukan kepala sekolah membuat para guru termotivasi bekerja lebih aktif dan selalu ingin meningkatkan hasil kerjanya. Dari hasil penelitian ini terdapat hal-hal yang baik yaitu kepala sekolah mampu mendorong guru agar lebih semangat dan memiliki tanggung jawab dalam pekerjaannya. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian yang lebih dalam lagi terhadap aspek-aspek yang masih kurang yaitu kepala sekolah dalam membimbing para guru mengembangkan bahan ajar dan guru yang belum puas dengan gaji yang diterimanya sebagai guru. Kata kunci : Inovasi Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru
PENGARUH BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP KEMANDIRIAN Ani Endriani; Ivan Aswansyah; Ade Sanjaya
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol 8, No 1 (2020): April
Publisher : Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v5i1.3118

Abstract

Bimbingansosial adalah seperangkat usaha bantuan kepada peserta didik agar dapat menghadapi sendiri masalah-masalah sosial yang dialaminya, mengadakan penyesuaian  sosial, memilih kelompok sosial, memilih jenis-jenis kegiatan sosial dan kegiatan rekreatif yang bernilai guna, serta berdaya upaya sendiri dalam memecahkan masalah-masalah sosial yang dialaminya. Kemandirianadalah kemampuan untuk mengelola semua milik kita, tahu bagaimana mengelola waktu, berjalan dan berfikir secara mandiri, disertai kemampuan untuk mengambil resiko dan memecahkan masalah yang adadalamdirikita. Rumusan masalah dalampenelitianiniadalahapakahadapengaruhbimbingansosial terhadapkemandirianpadasiswakelas VII SMPN 1 Jonggat Lombok Tengah.Tujuandalampenelitianini adalahinginmengetahuipengaruhbimbingansosial terhadapkemandirianpadasiswakelas VII SMPN 1 Jonggat Lombok.Adapun jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-experimental Design (nondesign) atau eksperimen tidak murni, dan salah satu bentuk eksperimennya adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Jonggat Lombok Tengah sejumlah 150 orang siswa, sampel yang digunakan adalah 30 orang siswa yang diambil dari 20% dari jumlah populasi, hasil wawancara dan diperkuat dari hasil angket. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-test. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini t hitung lebih besar dari t tabel (12,568>2,045) dengan demikian penelitian ini signifikan sehingga kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Ada Pengaruh Bimbingan Sosial Terhadap Kemandirian Pada Siswa Kelas VII SMPN1 Jonggat Lombok Tengah. Kata Kunci :BimbinganSosial, Kemandirian

Page 1 of 1 | Total Record : 8