cover
Contact Name
Teunku
Contact Email
jma@gmail.ac.id
Phone
+6282177533332
Journal Mail Official
jma@gmail.ac.id
Editorial Address
Jl. ZA. Pagar Alam No.7, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 40115
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Multimedia Android
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Multi Media dan Android (JMA ) adalah media aplikasi ilmiah yang ditulis oleh dosen, peneliti, dan mahasiswa di bidang Komputer , dll, JMA menerbitkan makalah penelitian asli, yang direview dan melalui mekanisme secara online. semua makalah direview setidaknya oleh dua orng reviewer. JMA diterbitkan dan dicetak oleh lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mitra Indonesia dan diterbitkan dua kali dalam setiap volume (Maret & September )
Articles 44 Documents
Game Mengenal Huruf ARAB Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor Untuk Anak Usia 5-7 Tahun saiful isnandar; budi sutomo
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractIn the world of education, many parents want children to be able to learn basic lessons. One of the basic lessons is letters. But many parents have difficulty when going to give teaching about letter recognition because, children feel bored when studying. Therefore we need an assistance program to facilitate learning to recognize letters for children aged 4-7 years. This application is in the form of letter recognition, exercises, separating letters, and a string of sentences in the form of sound. This application is built and can be run on android. This application was built using MIT App Inventor as a program editor. Testing this application is done by distributing questionnaires to respondents. From the results obtained the conclusion that this application can help respondents to learn to recognize letters. Keyword: Android Mobile, MIT App Inventor, Studying Alphabet AbstrakDalam dunia pendidikan, banyak orang tua ingin agar anak-anak dapat mempelajari pelajaran dasar. Salah satu pelajaran dasar tersebut adalah adalah huruf. Namun banyak orang tua mengalami kesulitan saat akan memberikan pengajaran tentang pengenalan huruf karena, anak-anak merasa bosan saat belajar. Oleh karena itu diperlukan program bantu untuk memudahkan dalam belajar mengenal huruf untuk anak usia 5-7 tahun. Aplikasi ini berupa pengenalan huruf, latihan, huruf pisah, dan rangkai kalimat dalam bentuk suara.Aplikasi ini dibangun dan dapat dijalankan pada android. Aplikasi ini dibangun menggunakan MIT App Inventor sebagai editor program.Pengujian aplikasi ini dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada responden. Dari hasil yang diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini dapat membantu responden untuk belajar mengenal huruf.Kata Kunci : Android Mobile, MIT App Inventor, Belajar Mengenal Huruf   
ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN MENERAPKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENCARI POLA PENJUALAN DI CAFE muhammad reza redo; teuku muhammad fawa'ti; oktavia nilasari; mirzon fikri
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Effective promotion can boost sales figures. To define and develop the promotion to be more focused and targeted, cafes need to identify target market and buying motives. One way to recognize the condition of the market is knowing the tastes of consumer purchasing, which can be observed through the purchase transaction data. Apriori algorithm can be used in the sales process, by giving the relationship between the sales data, in this case is food or drinks ordered so that would be obtained consumer's purchasing patterns. By using data mining metode that is market basket analysis and apriori algorithm, resulting association rules that showed consumer buying patterns and how strong an item affect another items. From the analysis and testing has been done seven times test system using transaction data Jurney Coffee during the period December 2015 (31 days) by changing the parameters of minimum support and minimum confidence. Of the seven trials it can be concluded that the combination of items menu that can be created for the process of development promotion into a package menu is kopi merapi => roti bakar dan teh hijau => roti bakar. Keyword : consumen shop, Apriori Algorithm, Cafe seller Abstrak Promosi yang efektif dapat meningkatkan angka penjualan.Untuk menentukan dan mengembangkan promosi agar lebih terarah dan tepat sasaran, kafe perlu mengidentifikasi pasar sasaran dan motif membeli. Salah satu cara untuk mengenali kondisi pasar adalah mengetahui selera beli konsumen, yang dapat diamati melalui data-data transaksi pembelian. Algoritma apriori dapat dimanfaatkan dalam proses penjualan, dengan memberikan hubungan antar data penjualan, dalam hal ini adalah makanan atau minuman yang dipesan sehingga akan didapat pola pembelian konsumen. Dengan menggunakan metode data mining yaitu market basket analysis dan algoritma apriori, dihasilkan aturan asosiasi yang menunjukkan pola beli konsumen dan seberapa kuat suatu item mempengaruhi item lain. Dari hasil analisa dan pengujian telah dilakukan ujicoba sistem sebanyak tujuh kali mengunakan data transaksi kafe Jurney Coffee selama periode bulan Desember 2015 (31 hari) dengan merubah parameter minimum support dan minimum confidence maka dapat disimpulkan kombinasi menu item yang dapat di buat untuk proses pengembangan promosi menjadi menu paket yaitu kopi merapi => roti bakar dan teh hijau => roti bakar. Kata Kunci : Pembelian Konsumen, Algoritma Apriori, Penjualan Cafe
APLIKASI PEMBELAJARAN HARDWARE KOMPUTER BERBASIS MULTIMEDIA ryandi marendra; oktavia nilasari; tito budi raharto; sudrajat setiawan
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Di dalam dunia pendidikan dan pembelajaran, multimedia merupakan bagian penting dan berharga. Multimedia dalam pembelajaran yang baik akan membantu para tenaga pengajar untuk mempermudah penyampaian kepada para siswa. Multimedia memiliki peran penting dalam aplikasi pembelajaran interaktif. Pembelajaran interaktif merupakan sistem pembelajaran yang tepat dalam dunia teknologi, selain akses yang mudah, dan juga cara penggunaan yang mudah di sampaikan oleh tenaga pengajar dan mudah di mengerti oleh para siswa, sistem pembelajaran interaktif ini merupakan aplikasi yang layak dan tepat untuk di gunakan para tenaga pengajar untuk menyampaikan materi, meberikan ujiian (quiz) kepada siswa. Metode yang digunakan dalam aplikasi pembelajaran hardware komputer, menggunakan pendekatan terstruktur seperti unit modelling languange (UML), sedangkan untuk pengembangan sistemnya menggunakan waterfall model, dan perancangan sistem menggunakan use case diagram. Kemudian aplikasi pembuatan menggunakan Macromedia Flash 8. Kata Kunci : Multimedia, Pembelajaran Interaktif, Macromedia Flash 8. Abstract In the world of education and learning, multimedia is an important and valuable part. Multimedia in good learning will help the teaching staff to facilitate the delivery to students. Multimedia has an important role in interactive learning applications. Interactive learning is an appropriate learning system in the world of technology, in addition to easy access, and also ways of use that are easily conveyed by the teaching staff and easily understood by students, this interactive learning system is a suitable and appropriate application for use by the staff instructor to deliver the material, give a test (quiz) to students. The method used in computer hardware learning applications, uses a structured approach such as unit modeling languange (UML), while for the development of the system using the waterfall model, and system design using use case diagrams. Then the manufacturing application uses Macromedia Flash 8. Keywords: Multimedia, Interactive Learning, Macromedia Flash 8.
Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penggajian Buruh Pada Cv Lampung Robusta Coffee Berbasis Android adi prasetia nanda; m ikhsan; ridwan yusuf
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractCV Lampung Robusta Coffee is a company that sells agricultural produce in the form of coffee, chocolate and others. Since its inception until now the system used in the processing of payroll data, especially labor payroll is still using a manual system for recording and calculating payroll. In the case of labor payroll calculations and bookkeeping, there are often errors in recording and calculations that cause labor payroll data to be inaccurate, so the administration must recalculate and replace the wrong records. For that we need a system that is able to accommodate data into a database and a system that is able to calculate assessments based on the type of work accurately. Based on the background of the problems above, the writer takes the title "Analysis and Design of Labor Payroll Information Systems in CV Lampung Robusta Coffee". For the method of system development using the waterfall and analysis of system development using Pieces Analysis which aims to identify problems, an analysis of performance, information, economy, application security, efficiency, and customer service must be carried out. Keywords : Robusta Coffee, database, efficiency, Pieces Analysis, and waterfall Abstrak CV Lampung Robusta Coffee merupakan perusahaan yang menjual hasil bumi berupa kopi, coklat dan lain-lain. Sejak awal berdirinya hingga saat ini sistem yang digunakan dalam pengolahan data penggajian khususnya penggajian buruh masih dengan sistem manual untuk pencatatan dan perhitungan penggajianya. Dalam hal perhitungan dan pembukuan penggajian buruh sering terjadi kesalahan dalam pencatatan dan perhitungannya yang menyebabkan data penggajian buruh kurang akurat sehingga bagian administrasi harus menghitung ulang dan mengganti pencatatan yang salah. Untuk itu  diperlukan sistem yang mampu menampung data ke dalam database serta sistem yang mampu menghitung pengajian berdasakan jenis pekerjaan dengan akurat. Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka penulis mengambil judul “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penggajian Buruh pada CV Lampung Robusta Coffee”. Untuk Metode pengembangan sistemnya memakai waterfall dan analisa pengembangan sistemnya menggunakan Analisis Pieces yang bertujuan untuk  mengidentifikasi masalah, harus dilakukan analisis terhadap kinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi, efisiensi, dan pelayanan pelanggan.  Kata Kunci : Robusta Coffee, database, efisiensi, Analisis Pieces,dan waterfall 
APLIKASI CLOUD STORAGE MENGGUNAKAN FIREBASE BERBASIS ANDROID ridho prasetyo; iin marliana; desto prani barajannoto; tito budi raharto; nikie kinarya sabila
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Cloud storage merupakan perkembangan teknologi penyimpanan data berbasis awan, dan Firebase yang menyediakan berbagai macam layanan salah satunya yaitu Firebase storage, merupakan salah satu teknologi dalam bidang tersebut. Teknologi cloud storage memungkinkan pengguna android melakukan penyimpanan data tanpa memerlukan penyimpanan fisik, khusus untuk pengguna android sendiri penggunaan cloud storage akan sangat berguna sebagai media penyimpanan alternatif ataupun media backup agar data tidak mudah hilang. Perancangan aplikasi cloud storage menggunakan firebase berbasis android ini menggunakan metodologi waterfall, yaitu metode mengembangkan perangkat lunak yang diawali dengan menganalisa kebutuhan, mendesain tampilan aplikasi, membangun aplikasi, penginputan kode program, dan melakukan pengujian aplikasi. Hasil atau keluaran yang akan dicapai yaitu dihasilkannya aplikasi cloud storage yang dapat menyimpan berbagai jenis ekstensi file, mudah digunakan, dan dapat berjalan dengan baik pada platform android. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama teknologi Cloud Storage sangat berguna sebagai media penyimpanan data agar data tidak mudah hilang, kedua pembuatan aplikasi android dengan Angular dapat di build dengan Cordova agar dapat berjalan pada platform android, ketiga Firebase memiliki banyak fitur dan layanan yang dapat digunakan dalam pengembangan aplikasi android, salah satunya adalah firebase storage. Kata kunci: cloud storage, aplikasi android, Firebase, Angular Abstract Cloud storage is a development of cloud-based data storage technology, and Firebase which provides a variety of services, one of which is Firebase storage, is one of the technologies in the field. Cloud storage technology allows Android users to store data without requiring physical storage, specifically for Android users themselves the use of cloud storage will be very useful as an alternative storage media or backup media so that data is not easily lost. The design of cloud storage applications using Android-based firebase uses the waterfall methodology, which is a method of developing software that begins by analyzing needs, designing the appearance of applications, building applications, inputting program code, and testing applications. The results or outputs that will be achieved are the resulting cloud storage applications that can store various types of file extensions, are easy to use, and can run well on the Android platform. The conclusion of this research is that the first Cloud Storage technology is very useful as a data storage medium so that data is not easily lost, secondly making an Android application with Angular can be built with Cordova to run on the Android platform, thirdly Firebase has many features and services that can be used in Android application development, one of which is Firebase Storage. Keywords: cloud storage, android app, Firebase, angular
Sistem Informasi Penjualan Kerajinan Tangan Berbasis Android Adi prasetia nanda; aly hapiz; syaiful isnandar
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Now a day, technology have  become a necessity in daily life. It has develop rapidly all around the world.Therefore, this technology, especially web technology and internet can be use to be a marketing medium that very helpful in sale process to reach broader general consumers that not limited by distance and time.This Web-Based Handicraft Sales Application aims to facilitate the work of Employees in the cashier, warehouse and management to do a sales and purchases the goods like handicrafts, payment of goods to suppliers, oversee the running of work systems and  also determine the next steps of the data presented.Last, with the use of this database system, the process of making web-based handicraft sales system which will be made computerized to get information simply, quicly, and accurately will be easier.By using this database system, the process of making web-based handicraft sales system which will be made computerized will be easier to get the information simply, quckly, and accurately. Keywords : Handicraft, system information, website Abstrak Masalah Teknologi telah menjadi kebutuhan di dalam kehidupan sehari-hari. Seperti pada saat ini dimana teknologi terbilang berkembang dengan pesat. Dengan melihat perkembangan teknologi web dengan internet sebagai media pemasaran sangat membantu proses penjualan guna menjangkau konsumen umum yang lebih luas dan tidak dibatasi oleh waktu dan jarak.Aplikasi Penjualan Kerajinan Tangan Berbasis Web ini bertujuan untuk memudahkan kerja Pegawai di bagian kasir, gudang dan management untuk melakukan transaksi penjualan maupun pembelian barang berupa kerajinan tangan, pembayaran barang kepada supplier, mengawasi jalannya sistem kerja serta dapat menentukan langkah selanjutnya dari data yang disajikan dan Dengan adanya system database, akan memudahkan dalam pembuatan Sistem penjualan Kerajinan Tangan berbasis Web yang akan dibuat secara komputerisasi untuk mendapatkan informasi dengan mudah, cepat dan akurat Kata Kunci : kerajinan tangan, sistem informasi, website 
SISTEM INFORMASI PENJUALAN KOPI BUBUK TANJUNG SAKTI BERBASIS WEB ragis adamsi miwantara; iin marliana; oktavia nilasari; tito budi raharto
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penerapan sistem informasi dapat mendukung sebuah organisasi dalam mencapai keunggulan kompetitif diseluruh bidang usaha. Dalam rangka mencapai keunggulan kompetitif maka sebuah organisasi harus mampumemperoleh informasi yang berkualitas. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkansistem informasi penjualan pada Kopi TanjungSakti, yang mendukung perusahaan dalam mengelola kegiatanoperasional dan pelaporan. Dengan dikembangkannya sistem informasi ini diharapkan dapat membantuperusahaan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan dapat mempersingkat waktu layanan kepadapelanggan dan mengurangi tingkat kesalahan yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing perusahaan. Kata kunci: sistem informasi penjualan, kopi tanjungsakti Abstract The application of information systems can support an organization in achieving competitive advantage in all fields of business. In order to achieve competitive advantage, an organization must be able to obtain quality information. One way that can be done is to develop a sales information system at Tanjung Sakti Coffee, which supports companies in managing operational and reporting activities. The development of this information system is expected to help companies in increasing customer satisfaction and can shorten service time to customers and reduce error rates which will ultimately increase the company's competitiveness. Keywords: sales information system, kopi tanjungsakti
Sistem Informasi Penyewaan Bus Pariwisata Pada CV. Putra Remaja Berbasis Android saiful isnandar; randy prastia nugraha
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract CV. PUTRA REMAJA Tour& Travelis located atYosSudarsostreetBanjar Agung, Tulang Bawang West. CV. PUTRA REMAJA Tour& Travelissacompany engagedin thefield oftourismtravelagents. The servicebureauservingthetouristbus rental, tour packages, hotelvouchers, travel between cities, rent carandplaneticketing. On theCV. PUTRA REMAJA Tour& Travelissa data collection systemin theleasingprocessisstoredin a collection offiles, andrecordedin the bookrentalpaymentsinthe payment process, whichmaybethis cancauseflawsormistakes made byofficers. A buildup offiles thatmakeslowincheckingthe dataorinformationrequiredbus. Andbusesthat will behiredif it isreturnedornotthe absence of informationaboutbusdelays, the information obtainedonlyfrom thebusdriverso that the reportis lessaccuraterefund. Based onexisting problems, so that thedesignedsystembus rentaltouristinformationon theCV. PUTRA REMAJA Tour& Travel Tulang Bawang in the form ofan applicationprogramusingMicrosoft VisualBasic 6.0andMicrosoftSQLServeras thedatabase. Keywords: Rental, BusTourism Abstrak CV. PUTRA REMAJA Tour & Travelberlokasi di JalanYosSudarsjalanBanjar Agung, Tulang Bawang Barat. CV. PUTRA REMAJA Tour & Travelperusahaan yang bergerak di bidang agen perjalanan wisata. Layanan ini melayani sewa bus pariwisata, paket wisata, voucher hotel, perjalanan antar kota, sewa mobil dan tiket pesawat. DiCV. PUTRA REMAJA Tour & Travelissa sistem pendataan dalam proses pelepasan disimpan di kantor koleksi, dan mencatat pembayaran sewa buku dalam proses pembayaran, yang mungkin dapat menyebabkan kesalahan atau kesalahan yang dilakukan oleh petugas. Penumpukan file yang membuat pemeriksaan data atau informasi menjadi bus lambat. Dan bus yang akan digunakan jika dikembalikan bukan tidak adanya informasi tentang keterlambatan bus, maka informasi yang diperoleh hanya dari driver yang laporannya kurang akurat. Berdasarkan salah satu permasalahan yang ada, sehingga dirancanglah informasi sewa selubung untuk wisatawan pada CV. PUTRA REMAJA Tour & Travel Tulang Bawang dalam bentuk program aplikasi menggunakan Microsoft VisualBasic 6.0 dan Server MicrosoftSQL sebagai database. Kata Kunci: Sewa, BusTourism Kata Kunci: Sewa, BusTourism
Aplikasi Penghitungan Zakat Untuk Umat Muslim Pondok Al Awaabin Sukarame randi prasetia nugraha; ali hafiz; adi prasetia
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Zakat is a worship that not only has the value of a vertical relationship (between humans and God), but, zakat also has a horizontal worship value (between humans and fellow humans), because with zakat human life will become harmonious, the rich get inner satisfaction because it can help fellow and the poor can make use of the gifts from the rich. With zakat, the needs of the Ummah can be fulfilled, including poverty alleviation. History has proven that the application of the zakat program carried out by the Companions of the Prophet was able to address the needs of the Ummah, even during the reign of the caliph Umar bin Abdul Aziz until no one was entitled to receive zakat because the entire population had become muzakki>. There is a reality in a large village whose inhabitants are 100% Muslim, many residents are rich and there is an Amil Zakat Institution in the village, however, poverty alleviation has not been found in the poor population through zakat due to limited funds and distribution patterns. Therefore, researchers created a program to manage zakat, namely the Application of Zakat Calculation for Muslims, to make it easier and more efficient.  Keyword: Calculation of Zakat, For Muslims, it is intensive, horizontal worship  Abstrak Zakat merupakan ibadah yang tidak hanya memiliki nilai hubungan vertikal (antara manusia dengan Tuhan), tetapi, zakat juga memiliki nilai ibadah horizontal (antara manusia dengan sesama manusia), karena dengan zakat kehidupan manusia akan menjadi harmonis, si kaya memperoleh kepuasan batin karena dapat menolong sesama dan si miskin dapat memanfaatkan harta pemberian dari si kaya. Dengan zakat kebutuhan-kebutuhan ummat dapat terpenuhi, termasuk diantaranya pengentasa kemiskinan. Sejarah telah membuktikan bahwa penerapan program zakat yang telah dilakukan oleh para sahabat Nabi dapat mengatasi kebutuhankebutuhan ummat, bahkan pada masa pemerintahan kholifah Umar bin Abdul Aziz  sampai tidak ada yang berhak menerima zakat karena seluruh penduduknya suda menjadi muzakki. Terdapat sebuah kenyataan pada suatu desa besar yang penghuninya 100% muslim, banyak penduduknya yang kaya dan terdapat Lembaga Amil Zakat di desa tersebut, namun, belum ditemukan adanya pengentasan kemiskinan pada penduduk yang miskin melalui zakat karena keterbatasan dana dan pola pendistribusianya. Oleh karena itu, peneliti membuat suatu program untuk mengelola zakat yaitu, Aplikasi Penghitungan Zakat untuk Umat Muslim, agar lebih mudah dan itensif.  Kata Kunci : Penghitungan Zakat, Untuk Umat Muslim, itensif, ibadah horizontal
Sistem Informasi Barang Jaminan Pada BMT ASSYAFIYAH METRO Berbasis Android Adi prasetia nanda; M Ikhsan
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract BMT Asyafiyah Metro is one of the company engaged in automobile loan financing services. The process of withdrawal and settlement of the collateral was performed by recording the withdrawal of data books and completion of the collateral data book, so have difficulty in the process of data retrieval and report generation. Software development methods in this study using a model of SDLC (System Development Life Cycle). Design and manufacture of this application, using Microsoft Visual Basic 6.0, Microsoft SQL Server 2000, Crystal Report 8.0. This collateral information system, aimed at facilitate the search process and the data reporting and data completion of the withdrawal of the collateral. Key Words: Withdrawal, Settlement, Printed Collateral Abstrak BMT Asyafiyah Metro ini merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa pembiayaan kredit kendaraan bermotor. Proses penarikan dan penyelesaian barang jaminan masih dilakukan dengan pencatatan pada buku data penarikan dan buku data penyelesaian barang jaminan sehingga mengalami kesulitan dalam proses pencarían data dan pembuatan laporan. Metode pengembangan perangkat lunak pada penelitian ini menggunakan model SDLC ( System Development Life Cycle ). Perancangan dan pembuatan Aplikasi ini, menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0, Microsoft SQL Server 2000, Crystal Report 8.0. Sistem informasi barang jaminan ini, bertujuan mempermudah dalam proses pencarian dan pembuatan laporan data penarikan dan data penyelesaian barang jaminan. Kata Kunci : Penarikan, Penyelesaian, Barang Jamina