cover
Contact Name
Teunku
Contact Email
jma@gmail.ac.id
Phone
+6282177533332
Journal Mail Official
jma@gmail.ac.id
Editorial Address
Jl. ZA. Pagar Alam No.7, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 40115
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Multimedia Android
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Multi Media dan Android (JMA ) adalah media aplikasi ilmiah yang ditulis oleh dosen, peneliti, dan mahasiswa di bidang Komputer , dll, JMA menerbitkan makalah penelitian asli, yang direview dan melalui mekanisme secara online. semua makalah direview setidaknya oleh dua orng reviewer. JMA diterbitkan dan dicetak oleh lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mitra Indonesia dan diterbitkan dua kali dalam setiap volume (Maret & September )
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2020)" : 16 Documents clear
PENERAPAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA ECOMMERCE BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : PT KIMIA FARMA) M.reza redo; Ridwan Yusuf
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract The data processing process related to sales data and the availability of goods that are currently running still uses conventional recording, namely the absence of a system that can process data automatically to speed up the processing of Customer Relationship Management (CRM) is a method used to facilitate the communication process between consumers and companies for the purpose of creating a sense of comfort in consumers against the company. One proof of the need for a system desired by the owner of PT.KIMIA FARMA is to want to have a system that can help promote and introduce his own business and also increase sales without even having to require a large cost in conducting the advertising process. research title "The Application of Customer Relationship Management Methods in E-Commerce (Case Study: PT.KIMIA FARMA)". The purpose of this research is to help improve the strategy and loyalty of customers and increase the sales power of PT.KIMIA FARMA. Abstrak Abstrak – Proses pengolahan data terkait data penjualan dan ketersediaan barang yang berjalan saat ini masih menggunakan pencatatan konvensional, yaitu belum adanya suatu sistem yang dapat mengolah data secara otomatis untuk mempercepat proses pengolahan Customer Relation Management (CRM) adalah suatu metode yang digunakan untuk mempermudah proses komunikasi antara konsumen dan perusahaan untuk bertujuan menimbulkan rasa nyaman pada diri konsumen terhadap perusahaan. Salah satu bukti kebutuhan akan sistem yang diinginkan oleh pemilik PT.KIMIA FARMAadalah ingin memiliki suatu sistem yang dapat membantu mempromosikan dan mengenalkan usaha miliknya dan juga meningkatkan penjualan tanpa meski harus membutuhkan biaya yang besar dalam melakukan proses periklanannya.Berdasarkan permaslahan diatas maka penulis terarikuntuk mengangakat judul penelitian “PenerapanMetodeCustomer Relationship Management PadaE-Commerce (StudiKasus : PT.KIMIA FARMABandar Lampung”. Tujuan dari penelitian ini Untuk membantu meningkatkan strategi dan loyalitas dari para pelanggandan meningkatkan daya penjualan yang dimiliki oleh PT.KIMIA FARMA. Kata kunci : E-Commerce, PT.KIMIA FARMA, Customer Relation Management, konvensional
Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kalirejo untoro upsiswanto; adi prasetia nanda
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract E-learning Berbasis Android that has not been implemented causes the material provided by the teacher in the subject is not updated, E-learning Berbasis Android Based Android that is applied should have a good impact on the learning process because it allows teachers to make updates that occur in accordance with the conditions of the curriculum being studied. For this reason, an innovative and interactive learning concept or method needs to be developed at SMA N 1 Kalirejo in order to foster interest in ICT lessons. This can be done by including E-learning Berbasis Android in it and can produce more interactive lessons that can please students. Therefore the purpose of this research is to develop learning media that can facilitate the learning process of students in the science of Information and Communication Engineering, to enhance learning and assist students in understanding computer subjects in the field of Information and Communication Technology (ICT). This research is useful as one of an alternative media learning online. With E-learning Berbasis Android, it is easy for students and teachers to interact with each other even if they are not in school activities.           Keywords : E-learning Berbasis Android, online, methods, Information Technology, and  ICT. AbstrakE-learning Berbasis Android yang belum diterapkan menyebabkan materi yang diberikan oleh guru dalam mata pelajaran tersebut tidak diperbarui, E-learning Berbasis Android Berbasis Android yang diterapkan seharusnya memberikan dampak yang baik untuk proses belajar-mengajar karena memungkinkan guru untuk membuat pembaruan yang terjadi sesuai dengan kondisi kurikulum yang dipelajari.Untuk itu suatu konsep atau metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif pun perlu dikembangkan di SMA N 1 Kalirejo agar dapat menumbuhkan minat terhadap pelajaran TIK. Hal tersebut dapat dilakukan dengan  menyertakan E-learning Berbasis Android Berbasis Androiddi dalamnya dan dapat menghasilkan pelajaran yang lebih interaktif dapat menyenangkan peserta didik.Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran  yang dapat mempermudah proses belajar siswa dalam ilmu Teknik Informasi dan Komunikasi, untuk meningkatkan pembelajaran dan membantu  siswa  dalam  memahami  mata pelajaran  komputer  pada  bidang  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).Penelitian ini bermanfaat sebagai salah satu pembelajaran media alternative secara online. Dengan adanya E-learning Berbasis Android memudahkan siswa dan guru saling berinteraksi walaupun tidak dalam kegiatan sekolah. Kata Kunci : E-learning Berbasis Android, online, metode, Teknologi Informasi,dan TIK. 
Sistem Informasi Barang Jaminan Pada BMT ASSYAFIYAH METRO Berbasis Android Adi prasetia nanda; M Ikhsan
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract BMT Asyafiyah Metro is one of the company engaged in automobile loan financing services. The process of withdrawal and settlement of the collateral was performed by recording the withdrawal of data books and completion of the collateral data book, so have difficulty in the process of data retrieval and report generation. Software development methods in this study using a model of SDLC (System Development Life Cycle). Design and manufacture of this application, using Microsoft Visual Basic 6.0, Microsoft SQL Server 2000, Crystal Report 8.0. This collateral information system, aimed at facilitate the search process and the data reporting and data completion of the withdrawal of the collateral. Key Words: Withdrawal, Settlement, Printed Collateral Abstrak BMT Asyafiyah Metro ini merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa pembiayaan kredit kendaraan bermotor. Proses penarikan dan penyelesaian barang jaminan masih dilakukan dengan pencatatan pada buku data penarikan dan buku data penyelesaian barang jaminan sehingga mengalami kesulitan dalam proses pencarían data dan pembuatan laporan. Metode pengembangan perangkat lunak pada penelitian ini menggunakan model SDLC ( System Development Life Cycle ). Perancangan dan pembuatan Aplikasi ini, menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0, Microsoft SQL Server 2000, Crystal Report 8.0. Sistem informasi barang jaminan ini, bertujuan mempermudah dalam proses pencarian dan pembuatan laporan data penarikan dan data penyelesaian barang jaminan. Kata Kunci : Penarikan, Penyelesaian, Barang Jamina
Aplikasi Penghitungan Zakat Untuk Umat Muslim Pondok Al Awaabin Sukarame randi prasetia nugraha; ali hafiz; adi prasetia
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Zakat is a worship that not only has the value of a vertical relationship (between humans and God), but, zakat also has a horizontal worship value (between humans and fellow humans), because with zakat human life will become harmonious, the rich get inner satisfaction because it can help fellow and the poor can make use of the gifts from the rich. With zakat, the needs of the Ummah can be fulfilled, including poverty alleviation. History has proven that the application of the zakat program carried out by the Companions of the Prophet was able to address the needs of the Ummah, even during the reign of the caliph Umar bin Abdul Aziz until no one was entitled to receive zakat because the entire population had become muzakki>. There is a reality in a large village whose inhabitants are 100% Muslim, many residents are rich and there is an Amil Zakat Institution in the village, however, poverty alleviation has not been found in the poor population through zakat due to limited funds and distribution patterns. Therefore, researchers created a program to manage zakat, namely the Application of Zakat Calculation for Muslims, to make it easier and more efficient.  Keyword: Calculation of Zakat, For Muslims, it is intensive, horizontal worship  Abstrak Zakat merupakan ibadah yang tidak hanya memiliki nilai hubungan vertikal (antara manusia dengan Tuhan), tetapi, zakat juga memiliki nilai ibadah horizontal (antara manusia dengan sesama manusia), karena dengan zakat kehidupan manusia akan menjadi harmonis, si kaya memperoleh kepuasan batin karena dapat menolong sesama dan si miskin dapat memanfaatkan harta pemberian dari si kaya. Dengan zakat kebutuhan-kebutuhan ummat dapat terpenuhi, termasuk diantaranya pengentasa kemiskinan. Sejarah telah membuktikan bahwa penerapan program zakat yang telah dilakukan oleh para sahabat Nabi dapat mengatasi kebutuhankebutuhan ummat, bahkan pada masa pemerintahan kholifah Umar bin Abdul Aziz  sampai tidak ada yang berhak menerima zakat karena seluruh penduduknya suda menjadi muzakki. Terdapat sebuah kenyataan pada suatu desa besar yang penghuninya 100% muslim, banyak penduduknya yang kaya dan terdapat Lembaga Amil Zakat di desa tersebut, namun, belum ditemukan adanya pengentasan kemiskinan pada penduduk yang miskin melalui zakat karena keterbatasan dana dan pola pendistribusianya. Oleh karena itu, peneliti membuat suatu program untuk mengelola zakat yaitu, Aplikasi Penghitungan Zakat untuk Umat Muslim, agar lebih mudah dan itensif.  Kata Kunci : Penghitungan Zakat, Untuk Umat Muslim, itensif, ibadah horizontal
Sistem Informasi Penyewaan Bus Pariwisata Pada CV. Putra Remaja Berbasis Android saiful isnandar; randy prastia nugraha
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract CV. PUTRA REMAJA Tour& Travelis located atYosSudarsostreetBanjar Agung, Tulang Bawang West. CV. PUTRA REMAJA Tour& Travelissacompany engagedin thefield oftourismtravelagents. The servicebureauservingthetouristbus rental, tour packages, hotelvouchers, travel between cities, rent carandplaneticketing. On theCV. PUTRA REMAJA Tour& Travelissa data collection systemin theleasingprocessisstoredin a collection offiles, andrecordedin the bookrentalpaymentsinthe payment process, whichmaybethis cancauseflawsormistakes made byofficers. A buildup offiles thatmakeslowincheckingthe dataorinformationrequiredbus. Andbusesthat will behiredif it isreturnedornotthe absence of informationaboutbusdelays, the information obtainedonlyfrom thebusdriverso that the reportis lessaccuraterefund. Based onexisting problems, so that thedesignedsystembus rentaltouristinformationon theCV. PUTRA REMAJA Tour& Travel Tulang Bawang in the form ofan applicationprogramusingMicrosoft VisualBasic 6.0andMicrosoftSQLServeras thedatabase. Keywords: Rental, BusTourism Abstrak CV. PUTRA REMAJA Tour & Travelberlokasi di JalanYosSudarsjalanBanjar Agung, Tulang Bawang Barat. CV. PUTRA REMAJA Tour & Travelperusahaan yang bergerak di bidang agen perjalanan wisata. Layanan ini melayani sewa bus pariwisata, paket wisata, voucher hotel, perjalanan antar kota, sewa mobil dan tiket pesawat. DiCV. PUTRA REMAJA Tour & Travelissa sistem pendataan dalam proses pelepasan disimpan di kantor koleksi, dan mencatat pembayaran sewa buku dalam proses pembayaran, yang mungkin dapat menyebabkan kesalahan atau kesalahan yang dilakukan oleh petugas. Penumpukan file yang membuat pemeriksaan data atau informasi menjadi bus lambat. Dan bus yang akan digunakan jika dikembalikan bukan tidak adanya informasi tentang keterlambatan bus, maka informasi yang diperoleh hanya dari driver yang laporannya kurang akurat. Berdasarkan salah satu permasalahan yang ada, sehingga dirancanglah informasi sewa selubung untuk wisatawan pada CV. PUTRA REMAJA Tour & Travel Tulang Bawang dalam bentuk program aplikasi menggunakan Microsoft VisualBasic 6.0 dan Server MicrosoftSQL sebagai database. Kata Kunci: Sewa, BusTourism Kata Kunci: Sewa, BusTourism
Sistem Informasi Penjualan Kerajinan Tangan Berbasis Android Adi prasetia nanda; aly hapiz; syaiful isnandar
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Now a day, technology have  become a necessity in daily life. It has develop rapidly all around the world.Therefore, this technology, especially web technology and internet can be use to be a marketing medium that very helpful in sale process to reach broader general consumers that not limited by distance and time.This Web-Based Handicraft Sales Application aims to facilitate the work of Employees in the cashier, warehouse and management to do a sales and purchases the goods like handicrafts, payment of goods to suppliers, oversee the running of work systems and  also determine the next steps of the data presented.Last, with the use of this database system, the process of making web-based handicraft sales system which will be made computerized to get information simply, quicly, and accurately will be easier.By using this database system, the process of making web-based handicraft sales system which will be made computerized will be easier to get the information simply, quckly, and accurately. Keywords : Handicraft, system information, website Abstrak Masalah Teknologi telah menjadi kebutuhan di dalam kehidupan sehari-hari. Seperti pada saat ini dimana teknologi terbilang berkembang dengan pesat. Dengan melihat perkembangan teknologi web dengan internet sebagai media pemasaran sangat membantu proses penjualan guna menjangkau konsumen umum yang lebih luas dan tidak dibatasi oleh waktu dan jarak.Aplikasi Penjualan Kerajinan Tangan Berbasis Web ini bertujuan untuk memudahkan kerja Pegawai di bagian kasir, gudang dan management untuk melakukan transaksi penjualan maupun pembelian barang berupa kerajinan tangan, pembayaran barang kepada supplier, mengawasi jalannya sistem kerja serta dapat menentukan langkah selanjutnya dari data yang disajikan dan Dengan adanya system database, akan memudahkan dalam pembuatan Sistem penjualan Kerajinan Tangan berbasis Web yang akan dibuat secara komputerisasi untuk mendapatkan informasi dengan mudah, cepat dan akurat Kata Kunci : kerajinan tangan, sistem informasi, website 
Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penggajian Buruh Pada Cv Lampung Robusta Coffee Berbasis Android adi prasetia nanda; m ikhsan; ridwan yusuf
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractCV Lampung Robusta Coffee is a company that sells agricultural produce in the form of coffee, chocolate and others. Since its inception until now the system used in the processing of payroll data, especially labor payroll is still using a manual system for recording and calculating payroll. In the case of labor payroll calculations and bookkeeping, there are often errors in recording and calculations that cause labor payroll data to be inaccurate, so the administration must recalculate and replace the wrong records. For that we need a system that is able to accommodate data into a database and a system that is able to calculate assessments based on the type of work accurately. Based on the background of the problems above, the writer takes the title "Analysis and Design of Labor Payroll Information Systems in CV Lampung Robusta Coffee". For the method of system development using the waterfall and analysis of system development using Pieces Analysis which aims to identify problems, an analysis of performance, information, economy, application security, efficiency, and customer service must be carried out. Keywords : Robusta Coffee, database, efficiency, Pieces Analysis, and waterfall Abstrak CV Lampung Robusta Coffee merupakan perusahaan yang menjual hasil bumi berupa kopi, coklat dan lain-lain. Sejak awal berdirinya hingga saat ini sistem yang digunakan dalam pengolahan data penggajian khususnya penggajian buruh masih dengan sistem manual untuk pencatatan dan perhitungan penggajianya. Dalam hal perhitungan dan pembukuan penggajian buruh sering terjadi kesalahan dalam pencatatan dan perhitungannya yang menyebabkan data penggajian buruh kurang akurat sehingga bagian administrasi harus menghitung ulang dan mengganti pencatatan yang salah. Untuk itu  diperlukan sistem yang mampu menampung data ke dalam database serta sistem yang mampu menghitung pengajian berdasakan jenis pekerjaan dengan akurat. Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka penulis mengambil judul “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penggajian Buruh pada CV Lampung Robusta Coffee”. Untuk Metode pengembangan sistemnya memakai waterfall dan analisa pengembangan sistemnya menggunakan Analisis Pieces yang bertujuan untuk  mengidentifikasi masalah, harus dilakukan analisis terhadap kinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi, efisiensi, dan pelayanan pelanggan.  Kata Kunci : Robusta Coffee, database, efisiensi, Analisis Pieces,dan waterfall 
Game Mengenal Huruf ARAB Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor Untuk Anak Usia 5-7 Tahun saiful isnandar; budi sutomo
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractIn the world of education, many parents want children to be able to learn basic lessons. One of the basic lessons is letters. But many parents have difficulty when going to give teaching about letter recognition because, children feel bored when studying. Therefore we need an assistance program to facilitate learning to recognize letters for children aged 4-7 years. This application is in the form of letter recognition, exercises, separating letters, and a string of sentences in the form of sound. This application is built and can be run on android. This application was built using MIT App Inventor as a program editor. Testing this application is done by distributing questionnaires to respondents. From the results obtained the conclusion that this application can help respondents to learn to recognize letters. Keyword: Android Mobile, MIT App Inventor, Studying Alphabet AbstrakDalam dunia pendidikan, banyak orang tua ingin agar anak-anak dapat mempelajari pelajaran dasar. Salah satu pelajaran dasar tersebut adalah adalah huruf. Namun banyak orang tua mengalami kesulitan saat akan memberikan pengajaran tentang pengenalan huruf karena, anak-anak merasa bosan saat belajar. Oleh karena itu diperlukan program bantu untuk memudahkan dalam belajar mengenal huruf untuk anak usia 5-7 tahun. Aplikasi ini berupa pengenalan huruf, latihan, huruf pisah, dan rangkai kalimat dalam bentuk suara.Aplikasi ini dibangun dan dapat dijalankan pada android. Aplikasi ini dibangun menggunakan MIT App Inventor sebagai editor program.Pengujian aplikasi ini dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada responden. Dari hasil yang diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini dapat membantu responden untuk belajar mengenal huruf.Kata Kunci : Android Mobile, MIT App Inventor, Belajar Mengenal Huruf   
PENERAPAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA ECOMMERCE BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : PT KIMIA FARMA) M.reza redo; Ridwan Yusuf
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract The data processing process related to sales data and the availability of goods that are currently running still uses conventional recording, namely the absence of a system that can process data automatically to speed up the processing of Customer Relationship Management (CRM) is a method used to facilitate the communication process between consumers and companies for the purpose of creating a sense of comfort in consumers against the company. One proof of the need for a system desired by the owner of PT.KIMIA FARMA is to want to have a system that can help promote and introduce his own business and also increase sales without even having to require a large cost in conducting the advertising process. research title "The Application of Customer Relationship Management Methods in E-Commerce (Case Study: PT.KIMIA FARMA)". The purpose of this research is to help improve the strategy and loyalty of customers and increase the sales power of PT.KIMIA FARMA. Abstrak Abstrak – Proses pengolahan data terkait data penjualan dan ketersediaan barang yang berjalan saat ini masih menggunakan pencatatan konvensional, yaitu belum adanya suatu sistem yang dapat mengolah data secara otomatis untuk mempercepat proses pengolahan Customer Relation Management (CRM) adalah suatu metode yang digunakan untuk mempermudah proses komunikasi antara konsumen dan perusahaan untuk bertujuan menimbulkan rasa nyaman pada diri konsumen terhadap perusahaan. Salah satu bukti kebutuhan akan sistem yang diinginkan oleh pemilik PT.KIMIA FARMAadalah ingin memiliki suatu sistem yang dapat membantu mempromosikan dan mengenalkan usaha miliknya dan juga meningkatkan penjualan tanpa meski harus membutuhkan biaya yang besar dalam melakukan proses periklanannya.Berdasarkan permaslahan diatas maka penulis terarikuntuk mengangakat judul penelitian “PenerapanMetodeCustomer Relationship Management PadaE-Commerce (StudiKasus : PT.KIMIA FARMABandar Lampung”. Tujuan dari penelitian ini Untuk membantu meningkatkan strategi dan loyalitas dari para pelanggandan meningkatkan daya penjualan yang dimiliki oleh PT.KIMIA FARMA. Kata kunci : E-Commerce, PT.KIMIA FARMA, Customer Relation Management, konvensional
Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kalirejo untoro upsiswanto; adi prasetia nanda
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract E-learning Berbasis Android that has not been implemented causes the material provided by the teacher in the subject is not updated, E-learning Berbasis Android Based Android that is applied should have a good impact on the learning process because it allows teachers to make updates that occur in accordance with the conditions of the curriculum being studied. For this reason, an innovative and interactive learning concept or method needs to be developed at SMA N 1 Kalirejo in order to foster interest in ICT lessons. This can be done by including E-learning Berbasis Android in it and can produce more interactive lessons that can please students. Therefore the purpose of this research is to develop learning media that can facilitate the learning process of students in the science of Information and Communication Engineering, to enhance learning and assist students in understanding computer subjects in the field of Information and Communication Technology (ICT). This research is useful as one of an alternative media learning online. With E-learning Berbasis Android, it is easy for students and teachers to interact with each other even if they are not in school activities.           Keywords : E-learning Berbasis Android, online, methods, Information Technology, and  ICT. AbstrakE-learning Berbasis Android yang belum diterapkan menyebabkan materi yang diberikan oleh guru dalam mata pelajaran tersebut tidak diperbarui, E-learning Berbasis Android Berbasis Android yang diterapkan seharusnya memberikan dampak yang baik untuk proses belajar-mengajar karena memungkinkan guru untuk membuat pembaruan yang terjadi sesuai dengan kondisi kurikulum yang dipelajari.Untuk itu suatu konsep atau metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif pun perlu dikembangkan di SMA N 1 Kalirejo agar dapat menumbuhkan minat terhadap pelajaran TIK. Hal tersebut dapat dilakukan dengan  menyertakan E-learning Berbasis Android Berbasis Androiddi dalamnya dan dapat menghasilkan pelajaran yang lebih interaktif dapat menyenangkan peserta didik.Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran  yang dapat mempermudah proses belajar siswa dalam ilmu Teknik Informasi dan Komunikasi, untuk meningkatkan pembelajaran dan membantu  siswa  dalam  memahami  mata pelajaran  komputer  pada  bidang  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).Penelitian ini bermanfaat sebagai salah satu pembelajaran media alternative secara online. Dengan adanya E-learning Berbasis Android memudahkan siswa dan guru saling berinteraksi walaupun tidak dalam kegiatan sekolah. Kata Kunci : E-learning Berbasis Android, online, metode, Teknologi Informasi,dan TIK. 

Page 1 of 2 | Total Record : 16