cover
Contact Name
Teunku
Contact Email
jma@gmail.ac.id
Phone
+6282177533332
Journal Mail Official
jma@gmail.ac.id
Editorial Address
Jl. ZA. Pagar Alam No.7, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 40115
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Multimedia Android
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Multi Media dan Android (JMA ) adalah media aplikasi ilmiah yang ditulis oleh dosen, peneliti, dan mahasiswa di bidang Komputer , dll, JMA menerbitkan makalah penelitian asli, yang direview dan melalui mekanisme secara online. semua makalah direview setidaknya oleh dua orng reviewer. JMA diterbitkan dan dicetak oleh lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mitra Indonesia dan diterbitkan dua kali dalam setiap volume (Maret & September )
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020)" : 14 Documents clear
APLIKASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID budi usmanto; teuku muhammad fawa'ti; desto prani barajannoto
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Bahasa Inggris ialah salah satu pembelajaran untuk bisa menguasai bahasa dunia. Pada dasarnya bahasa inggris digunakan agar anak mampu berbahasa inggris pada usia dini. Pengenalan kosakata bahasa inggris ini biasanya dilakukan oleh anak anak usia dini. Dimana mereka sangat aktif dalam menghapal dan keinginan yang besar dalam belajar, tetapi dalam pembelajaran. Anak memiliki daya serap yang berbeda beda dalam belajar dan mengenal sesuatu. Cara mengajar kepada anak anak lebih sulit dibandingkan metode belajar usia remaja. Cara belajar kepada anak anak hampir 90% menggunakan cara yang kreatif dan menarik agar anak anak mampu mengingat apa yang dipelajari. Maka dari itu, pada zaman sekarang sangat diperlukan Media pembelajaran mobile dimana tampilan bentuk visual yang sangat menarik dan memberikan banyak manfaat untuk kepentingan dalam dunia pendidikan. Pemakaian Aplikasi mobile pembelajaran dalam proses mengajar juga membangkitkan motivasi belajar dan membawa pengaruh psikologi terhadap anak didik, dengan adanya aplikasi mobile dapat dimanfaatkan sebagai alat dalam proses pembelajaran yang interaktif karena lebih menyenangkan dimana pembelajaran adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, gambar, audio, video dan animasi. Aplikasi mobile ini juga bisa di instal di berbagai smarphone. Ini memungkinkan bentuk pengalihan kepada anak anak ketika mereka jenuh. Bisa disuruh melihat aplikasi mobile tersebut. Karna dengan adanya aplikasi mobile ini, kapan saja anak anak mampu untukbelajar. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi mobile, Kosakata Bahasa Inggris, Android ABSTRACT English is one of learning to master the language of the world. Basically English is used for children able to speak English at an early age. The introduction of English vocabulary is usually done by young children. Where they are very active in memorizing and great desire in learning, but in learning. Children have different absorptive capacity in learning and know something. How to teach to children is more difficult than adolescent learning methods. How to learn to children almost 90% using a creative and interesting way so that children are able to remember what is learned. Therefore, in today's very necessary mobile learning media where the display of visual form is very interesting and provide many benefits for the interests of the world of education. The use of mobile learning applications in the teaching process also stimulates learning motivation and brings psychological influence to students, with the application of mobile can be used as a tool in interactive learning process because it is more fun where learning is a combination of several elements of text, images, audio, video And animation. This mobile application can also be installed on various smarphone. This allows the form of diversion to a child when they are saturated. Can be told to see the mobile application. Because with this mobile application, whenever children are able tolearn. Keywords: Learning Media, Mobile app, English Vocabulary, Android
SISTEM INFORMASI PENJUALAN KOPI BUBUK TANJUNG SAKTI BERBASIS WEB ragis adamsi miwantara; iin marliana; oktavia nilasari; tito budi raharto
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penerapan sistem informasi dapat mendukung sebuah organisasi dalam mencapai keunggulan kompetitif diseluruh bidang usaha. Dalam rangka mencapai keunggulan kompetitif maka sebuah organisasi harus mampumemperoleh informasi yang berkualitas. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkansistem informasi penjualan pada Kopi TanjungSakti, yang mendukung perusahaan dalam mengelola kegiatanoperasional dan pelaporan. Dengan dikembangkannya sistem informasi ini diharapkan dapat membantuperusahaan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan dapat mempersingkat waktu layanan kepadapelanggan dan mengurangi tingkat kesalahan yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing perusahaan. Kata kunci: sistem informasi penjualan, kopi tanjungsakti Abstract The application of information systems can support an organization in achieving competitive advantage in all fields of business. In order to achieve competitive advantage, an organization must be able to obtain quality information. One way that can be done is to develop a sales information system at Tanjung Sakti Coffee, which supports companies in managing operational and reporting activities. The development of this information system is expected to help companies in increasing customer satisfaction and can shorten service time to customers and reduce error rates which will ultimately increase the company's competitiveness. Keywords: sales information system, kopi tanjungsakti
APLIKASI CLOUD STORAGE MENGGUNAKAN FIREBASE BERBASIS ANDROID ridho prasetyo; iin marliana; desto prani barajannoto; tito budi raharto; nikie kinarya sabila
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Cloud storage merupakan perkembangan teknologi penyimpanan data berbasis awan, dan Firebase yang menyediakan berbagai macam layanan salah satunya yaitu Firebase storage, merupakan salah satu teknologi dalam bidang tersebut. Teknologi cloud storage memungkinkan pengguna android melakukan penyimpanan data tanpa memerlukan penyimpanan fisik, khusus untuk pengguna android sendiri penggunaan cloud storage akan sangat berguna sebagai media penyimpanan alternatif ataupun media backup agar data tidak mudah hilang. Perancangan aplikasi cloud storage menggunakan firebase berbasis android ini menggunakan metodologi waterfall, yaitu metode mengembangkan perangkat lunak yang diawali dengan menganalisa kebutuhan, mendesain tampilan aplikasi, membangun aplikasi, penginputan kode program, dan melakukan pengujian aplikasi. Hasil atau keluaran yang akan dicapai yaitu dihasilkannya aplikasi cloud storage yang dapat menyimpan berbagai jenis ekstensi file, mudah digunakan, dan dapat berjalan dengan baik pada platform android. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama teknologi Cloud Storage sangat berguna sebagai media penyimpanan data agar data tidak mudah hilang, kedua pembuatan aplikasi android dengan Angular dapat di build dengan Cordova agar dapat berjalan pada platform android, ketiga Firebase memiliki banyak fitur dan layanan yang dapat digunakan dalam pengembangan aplikasi android, salah satunya adalah firebase storage. Kata kunci: cloud storage, aplikasi android, Firebase, Angular Abstract Cloud storage is a development of cloud-based data storage technology, and Firebase which provides a variety of services, one of which is Firebase storage, is one of the technologies in the field. Cloud storage technology allows Android users to store data without requiring physical storage, specifically for Android users themselves the use of cloud storage will be very useful as an alternative storage media or backup media so that data is not easily lost. The design of cloud storage applications using Android-based firebase uses the waterfall methodology, which is a method of developing software that begins by analyzing needs, designing the appearance of applications, building applications, inputting program code, and testing applications. The results or outputs that will be achieved are the resulting cloud storage applications that can store various types of file extensions, are easy to use, and can run well on the Android platform. The conclusion of this research is that the first Cloud Storage technology is very useful as a data storage medium so that data is not easily lost, secondly making an Android application with Angular can be built with Cordova to run on the Android platform, thirdly Firebase has many features and services that can be used in Android application development, one of which is Firebase Storage. Keywords: cloud storage, android app, Firebase, angular
APLIKASI PEMBELAJARAN HARDWARE KOMPUTER BERBASIS MULTIMEDIA ryandi marendra; oktavia nilasari; tito budi raharto; sudrajat setiawan
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Di dalam dunia pendidikan dan pembelajaran, multimedia merupakan bagian penting dan berharga. Multimedia dalam pembelajaran yang baik akan membantu para tenaga pengajar untuk mempermudah penyampaian kepada para siswa. Multimedia memiliki peran penting dalam aplikasi pembelajaran interaktif. Pembelajaran interaktif merupakan sistem pembelajaran yang tepat dalam dunia teknologi, selain akses yang mudah, dan juga cara penggunaan yang mudah di sampaikan oleh tenaga pengajar dan mudah di mengerti oleh para siswa, sistem pembelajaran interaktif ini merupakan aplikasi yang layak dan tepat untuk di gunakan para tenaga pengajar untuk menyampaikan materi, meberikan ujiian (quiz) kepada siswa. Metode yang digunakan dalam aplikasi pembelajaran hardware komputer, menggunakan pendekatan terstruktur seperti unit modelling languange (UML), sedangkan untuk pengembangan sistemnya menggunakan waterfall model, dan perancangan sistem menggunakan use case diagram. Kemudian aplikasi pembuatan menggunakan Macromedia Flash 8. Kata Kunci : Multimedia, Pembelajaran Interaktif, Macromedia Flash 8. Abstract In the world of education and learning, multimedia is an important and valuable part. Multimedia in good learning will help the teaching staff to facilitate the delivery to students. Multimedia has an important role in interactive learning applications. Interactive learning is an appropriate learning system in the world of technology, in addition to easy access, and also ways of use that are easily conveyed by the teaching staff and easily understood by students, this interactive learning system is a suitable and appropriate application for use by the staff instructor to deliver the material, give a test (quiz) to students. The method used in computer hardware learning applications, uses a structured approach such as unit modeling languange (UML), while for the development of the system using the waterfall model, and system design using use case diagrams. Then the manufacturing application uses Macromedia Flash 8. Keywords: Multimedia, Interactive Learning, Macromedia Flash 8.
ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN MENERAPKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENCARI POLA PENJUALAN DI CAFE muhammad reza redo; teuku muhammad fawa'ti; oktavia nilasari; mirzon fikri
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Effective promotion can boost sales figures. To define and develop the promotion to be more focused and targeted, cafes need to identify target market and buying motives. One way to recognize the condition of the market is knowing the tastes of consumer purchasing, which can be observed through the purchase transaction data. Apriori algorithm can be used in the sales process, by giving the relationship between the sales data, in this case is food or drinks ordered so that would be obtained consumer's purchasing patterns. By using data mining metode that is market basket analysis and apriori algorithm, resulting association rules that showed consumer buying patterns and how strong an item affect another items. From the analysis and testing has been done seven times test system using transaction data Jurney Coffee during the period December 2015 (31 days) by changing the parameters of minimum support and minimum confidence. Of the seven trials it can be concluded that the combination of items menu that can be created for the process of development promotion into a package menu is kopi merapi => roti bakar dan teh hijau => roti bakar. Keyword : consumen shop, Apriori Algorithm, Cafe seller Abstrak Promosi yang efektif dapat meningkatkan angka penjualan.Untuk menentukan dan mengembangkan promosi agar lebih terarah dan tepat sasaran, kafe perlu mengidentifikasi pasar sasaran dan motif membeli. Salah satu cara untuk mengenali kondisi pasar adalah mengetahui selera beli konsumen, yang dapat diamati melalui data-data transaksi pembelian. Algoritma apriori dapat dimanfaatkan dalam proses penjualan, dengan memberikan hubungan antar data penjualan, dalam hal ini adalah makanan atau minuman yang dipesan sehingga akan didapat pola pembelian konsumen. Dengan menggunakan metode data mining yaitu market basket analysis dan algoritma apriori, dihasilkan aturan asosiasi yang menunjukkan pola beli konsumen dan seberapa kuat suatu item mempengaruhi item lain. Dari hasil analisa dan pengujian telah dilakukan ujicoba sistem sebanyak tujuh kali mengunakan data transaksi kafe Jurney Coffee selama periode bulan Desember 2015 (31 hari) dengan merubah parameter minimum support dan minimum confidence maka dapat disimpulkan kombinasi menu item yang dapat di buat untuk proses pengembangan promosi menjadi menu paket yaitu kopi merapi => roti bakar dan teh hijau => roti bakar. Kata Kunci : Pembelian Konsumen, Algoritma Apriori, Penjualan Cafe
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU(PPDB) ONLINE PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SMA GLOBAL SURYA BERBASIS ANDROID Randi Prasetya; Ali Hafiz; Adi Prasetya Nanda
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakDari perkembangan teknologi yang demikian pesat berdampak bagi seluruh kehidupan khususnyapenyediaaninformasibagisuatuorganisasi/instansiatauperusahaanyang membutuhkan sistem pengelolaan data secara cepat, tepat dan akurat. Untuk menunjang efektifitas, produktifitas dan efisiensi dalam suatu organisasi/instansi atau perusahaan dalam menyelesaikan masalah manajemen,terutama memberikan pelayanan kepada masyarakat yang  khususnya kepada calon siswa baru SMA Global Surya  Bandar Lampung. Pengelolaan informasi pendaftaran siswa baru secaraonlinebertujuan untuk menciptakan kinerja yang efektif danefisienkarenalebihmudahmendapatkaninformasidantidakperlumembuangbanyakbiaya yang harus dikeluarkan.Sistem ini dapat lebih efisiensi dari segi biaya, tenaga dan waktu, sehingga efektif dalam mencapai tujuan.Dalam pengaksesan sistem yang selama ini yang terkadang mengalami hambatan dalam mengimplementasikan informasi, seperti penerimaan siswa baru serta sistem pembayaran yang masih rentan terhadap hilangnya bukti pembayaran dalam pencatatan. Penelitin ini adalah berjudul “ Pengembangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru secara Online pada SMA Global Surya  Berbasis Web”.Kata Kunci : Sistem Informasi, Pendaftaran, Web, Internet
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN WEDDING AWARD DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS WEB Teuku Muhammad Fawaati; Oktavia nilasari
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakMempersiapkan sebuah pesta pernikahan memang tidak mudah,banyak sekali yang harus dipersiapkan,seperti melakukan survei untuk gedung dan kateringatan mengingat detail-detail acara yang akan di lakukan terutama jika pernikahan dilakukan sesuai dengan adat istiadat suku tertentu, hal ini tentu nya akan menghabiskan banyak energi dan waktu,padahal akan lebih baik jika calon pengantin mempersiap kan fisik dan mental dalam menghadapi pernikahan yang sudah di depan mata. Banyak calon pengantin memilih menggunakan jasa wedding organizer, karena selain tidak memiliki wakt uyang cukup,wedding organizer akan membantu semua persiapan pernikahan dariawal sampai akhir acara. Keputusan dalam memilih wedding organizer bukan lah suatu keputusan yang mudah,ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan antara lain adalah budgetyang dimiliki oleh calon pengantin, karena dari budgetini lah yang akan menentukan seperti apa konsepyang diberikanoleh weddingor ganizer.Maka dariitu diperlukan suatu sistem pendukung keputusan wedding awardsebagai bahan rekomendasi bagi calon pasangan pengantin untuk memilih wedding organizerterbai kbagi acara pernikahannya.Metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam proses pengambilan keputusan pemilihan wedding award adalah Metode TOPSIS.Hal ini di karenakan metode TOPSIS mampu melakukan perangkingan terhadap alternatif terpilih.Dimana alternatif terpilih yang terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif,tetapi juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Kata Kunci : widing organizer, sistem pedukung keputusan, metode topsis 
ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN MENERAPKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENCARI POLA PENJUALAN DI CAFE muhammad reza redo; teuku muhammad fawa'ti; oktavia nilasari; mirzon fikri
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Effective promotion can boost sales figures. To define and develop the promotion to be more focused and targeted, cafes need to identify target market and buying motives. One way to recognize the condition of the market is knowing the tastes of consumer purchasing, which can be observed through the purchase transaction data. Apriori algorithm can be used in the sales process, by giving the relationship between the sales data, in this case is food or drinks ordered so that would be obtained consumer's purchasing patterns. By using data mining metode that is market basket analysis and apriori algorithm, resulting association rules that showed consumer buying patterns and how strong an item affect another items. From the analysis and testing has been done seven times test system using transaction data Jurney Coffee during the period December 2015 (31 days) by changing the parameters of minimum support and minimum confidence. Of the seven trials it can be concluded that the combination of items menu that can be created for the process of development promotion into a package menu is kopi merapi = roti bakar dan teh hijau = roti bakar. Keyword : consumen shop, Apriori Algorithm, Cafe seller Abstrak Promosi yang efektif dapat meningkatkan angka penjualan.Untuk menentukan dan mengembangkan promosi agar lebih terarah dan tepat sasaran, kafe perlu mengidentifikasi pasar sasaran dan motif membeli. Salah satu cara untuk mengenali kondisi pasar adalah mengetahui selera beli konsumen, yang dapat diamati melalui data-data transaksi pembelian. Algoritma apriori dapat dimanfaatkan dalam proses penjualan, dengan memberikan hubungan antar data penjualan, dalam hal ini adalah makanan atau minuman yang dipesan sehingga akan didapat pola pembelian konsumen. Dengan menggunakan metode data mining yaitu market basket analysis dan algoritma apriori, dihasilkan aturan asosiasi yang menunjukkan pola beli konsumen dan seberapa kuat suatu item mempengaruhi item lain. Dari hasil analisa dan pengujian telah dilakukan ujicoba sistem sebanyak tujuh kali mengunakan data transaksi kafe Jurney Coffee selama periode bulan Desember 2015 (31 hari) dengan merubah parameter minimum support dan minimum confidence maka dapat disimpulkan kombinasi menu item yang dapat di buat untuk proses pengembangan promosi menjadi menu paket yaitu kopi merapi = roti bakar dan teh hijau = roti bakar. Kata Kunci : Pembelian Konsumen, Algoritma Apriori, Penjualan Cafe
APLIKASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID budi usmanto; teuku muhammad fawa'ti; desto prani barajannoto
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Bahasa Inggris ialah salah satu pembelajaran untuk bisa menguasai bahasa dunia. Pada dasarnya bahasa inggris digunakan agar anak mampu berbahasa inggris pada usia dini. Pengenalan kosakata bahasa inggris ini biasanya dilakukan oleh anak anak usia dini. Dimana mereka sangat aktif dalam menghapal dan keinginan yang besar dalam belajar, tetapi dalam pembelajaran. Anak memiliki daya serap yang berbeda beda dalam belajar dan mengenal sesuatu. Cara mengajar kepada anak anak lebih sulit dibandingkan metode belajar usia remaja. Cara belajar kepada anak anak hampir 90% menggunakan cara yang kreatif dan menarik agar anak anak mampu mengingat apa yang dipelajari. Maka dari itu, pada zaman sekarang sangat diperlukan Media pembelajaran mobile dimana tampilan bentuk visual yang sangat menarik dan memberikan banyak manfaat untuk kepentingan dalam dunia pendidikan. Pemakaian Aplikasi mobile pembelajaran dalam proses mengajar juga membangkitkan motivasi belajar dan membawa pengaruh psikologi terhadap anak didik, dengan adanya aplikasi mobile dapat dimanfaatkan sebagai alat dalam proses pembelajaran yang interaktif karena lebih menyenangkan dimana pembelajaran adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, gambar, audio, video dan animasi. Aplikasi mobile ini juga bisa di instal di berbagai smarphone. Ini memungkinkan bentuk pengalihan kepada anak anak ketika mereka jenuh. Bisa disuruh melihat aplikasi mobile tersebut. Karna dengan adanya aplikasi mobile ini, kapan saja anak anak mampu untukbelajar. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi mobile, Kosakata Bahasa Inggris, Android ABSTRACT English is one of learning to master the language of the world. Basically English is used for children able to speak English at an early age. The introduction of English vocabulary is usually done by young children. Where they are very active in memorizing and great desire in learning, but in learning. Children have different absorptive capacity in learning and know something. How to teach to children is more difficult than adolescent learning methods. How to learn to children almost 90% using a creative and interesting way so that children are able to remember what is learned. Therefore, in today's very necessary mobile learning media where the display of visual form is very interesting and provide many benefits for the interests of the world of education. The use of mobile learning applications in the teaching process also stimulates learning motivation and brings psychological influence to students, with the application of mobile can be used as a tool in interactive learning process because it is more fun where learning is a combination of several elements of text, images, audio, video And animation. This mobile application can also be installed on various smarphone. This allows the form of diversion to a child when they are saturated. Can be told to see the mobile application. Because with this mobile application, whenever children are able tolearn. Keywords: Learning Media, Mobile app, English Vocabulary, Android
SISTEM INFORMASI PENJUALAN KOPI BUBUK TANJUNG SAKTI BERBASIS WEB ragis adamsi miwantara; iin marliana; oktavia nilasari; tito budi raharto
Jurnal Multimedia dan Android (JMA) Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Jurnal Multimedia dan Android (JMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penerapan sistem informasi dapat mendukung sebuah organisasi dalam mencapai keunggulan kompetitif diseluruh bidang usaha. Dalam rangka mencapai keunggulan kompetitif maka sebuah organisasi harus mampumemperoleh informasi yang berkualitas. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkansistem informasi penjualan pada Kopi TanjungSakti, yang mendukung perusahaan dalam mengelola kegiatanoperasional dan pelaporan. Dengan dikembangkannya sistem informasi ini diharapkan dapat membantuperusahaan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan dapat mempersingkat waktu layanan kepadapelanggan dan mengurangi tingkat kesalahan yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing perusahaan. Kata kunci: sistem informasi penjualan, kopi tanjungsakti Abstract The application of information systems can support an organization in achieving competitive advantage in all fields of business. In order to achieve competitive advantage, an organization must be able to obtain quality information. One way that can be done is to develop a sales information system at Tanjung Sakti Coffee, which supports companies in managing operational and reporting activities. The development of this information system is expected to help companies in increasing customer satisfaction and can shorten service time to customers and reduce error rates which will ultimately increase the company's competitiveness. Keywords: sales information system, kopi tanjungsakti

Page 1 of 2 | Total Record : 14