cover
Contact Name
Zuliyan Agus Nur Muchlis Majid
Contact Email
zuliyanagus@gmail.com
Phone
+6282233469949
Journal Mail Official
p2m@polihasnur.ac.id
Editorial Address
https://ejournal.polihasnur.ac.id/index.php/pha/about/editorialTeam
Location
Kab. barito kuala,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Phasti: Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur
Published by Politeknik Hasnur
ISSN : 24608289     EISSN : 25033220     DOI : https://doi.org/10.46365/pha
Phasti menerbitkan jurnal tentang berapa aspek teknik informatika dasar dan terapan. Phasti memiliki cakupan yang luas, menerima submission dari berbagai disiplin ilmu teknik informatika untuk mempublikasikan hasil studi teoritis dan eksperimental Intelligent decision support systems Education intelligence:Web Service, Mobile Service Intelligent decision support systems System Modelling Antrian Online: Web Service, Mobile Service E-Commerce: Web Service, Mobile Service Infografis: Web Service, Mobile Service E-Goverment: Web Service, Mobile Service Strategic information systems
Articles 61 Documents
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PROMOSI BERBASIS WEB PADA PLASMA MEDIA Rahimi Fitri; Surya Hady Siswanto; Dewi Aprianti
Phasti: Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur Vol 1 No 01 (2015): PHASTI: Oktober 2015
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Hasnur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46365/pha.v1i01.173

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari telah memanfaatkan sistem informasi untuk meningkatkan keefektifan kinerja dan ketepatan waktu dalam pengolahan data. Kemungkinan yang terjadi jika menggunakan sistem manual yaitu memerlukan tenaga dan menyita waktu yang cukup banyak serta cukup rumit. Selain itu juga sering ditemukan berbagai macam kesulitan, seperti hasil yang tidak sesuai dengan yang direncanakan. Tujuan dari penulisan Penelitian ini adalah menyelesaikan permasalahan yang ada,dengan maksud meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja. Dan tujuan yang ingin dicapai adalah membangunperancangan dan implementasi media promosi berbasis web pada plasma media. Jenis penelitian ini merupakan metode penelitian terapan dan objek penelitian pada Plasma Media. Pengembangan sistem yang dilakukan menggunakan metode System Develovment Live Cycle (SDLC) yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, dan pemeliharaan. Sehingga pengembangan sistem sesuai dengan kebutuhanuser. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah sebuah media Promosi Berbasis Web pada Plasma Media yang diharapkan dapat mempermudah pemesanan dan pelayanan dengan efisien dan efektif dalam melakukan promosi. Kata kunci: Media, Promotion, Information , Website
SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN NILAI SISWA PADA SMA NEGERI 3 BANJARMASIN Abdul Rozaq; Gusti Renny Erwina Permatasari; Riza Andriani
Phasti: Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur Vol 1 No 01 (2015): PHASTI: Oktober 2015
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Hasnur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46365/pha.v1i01.174

Abstract

Sistem pengolahan data nilai siswa pada SMAN 3 Banjarmasin belum begitu optimal dan belum akurat informasinya, sehingga kemudahan cara kerja dan pengolahan data dalam jumlah yang besar dengan ketelitian yang tinggi belum didapati pada sekolahan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah agar proses penginputan dan pembuatan laporan data raport siswa dapat menghasilkan informasi yang lengkap dan menghemat waktu, serta penyajian informasi dapat diberikan secara cepat dan tepat sesuai dengan dengan kebutuhan karena informasi tersimpan dalam database. Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu satu bulan. Penelitian ini menghasilkan menghasilkan sistem informasi pengolahan nilai siswa yang berbasis Borland Delphi 7.0 dan MySQL Server 5.0, yang dapat mengoptimalkan kinerja guru dalam penginputan data nilai siswa dan pembuatan laporan nilai siswa, serta pencetakan raport siswa yang lengkap dan tepat waktu. Kata Kunci : Perencanaan, Analisis, Desain, Implementai, Sistem Informasi
ANALISIS TREN PENCARIAN PADA MESIN PENCARI TENTANG PROVINSI KALIMANTAN SELATAN Wahyu Ridhoni
Phasti: Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur Vol 1 No 01 (2015): PHASTI: Oktober 2015
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Hasnur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46365/pha.v1i01.175

Abstract

The objective of this research is knowing 10 things what most searched by Google’s user about Kalimantan Selatan. Google Trends data for last 5 years from 2010 until 2014 were used as raw material. The first step is started to get primary keywords, generated from explore feature on Google Trends. From this step the secondary specific keyword will be produced. All of the secondary keywords will be analyzed to find the relevancy with the objective of research. Rank calculation was done at the final step. It’s based on index of each Google Trends keyword. The result of this research is the top 10 search keywords about Kalimantan Selatan : (1) Banjarmasin Post, (2) CPNS, (3) Peta, (4)LowonganKerja, (5) BKD, (6) Lagudaerah, (7) Hotel, (8) Bank, (9) LPSE, and (10)Wisata. Keywords: Trend Analysis, Google Trends, Kalimantan Selatan, Search Engine
E-TOEFL BERBASIS ANDROID DI POLITEKNIK HASNUR Evi Lestari Pratiwi; Novia Nastika Sari
Phasti: Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur Vol 1 No 01 (2015): PHASTI: Oktober 2015
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Hasnur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46365/pha.v1i01.176

Abstract

Sekarang ini pengguna android sudah berkembang dengan sifatnya yang open source sehingga banyak berbagai macam bentuk smartphone yang dengan mudah mengadopsi sistem operasi android dan harganya yang terjangkau pun menjadi banyak peminat dari masyarakat. E-TOEFL adalah electronic TOEFL digunakan agar dapat membantu pengguna/mahasiswa untuk persiapan prediction test yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja, membantu pengguna yang tidak memiliki kesempatan untuk melakukan les private. E-toefl ini dibangun berbasis android dengan menggunakan bahasa pemograman java android dan development tool menggunakan eclips dan database sqlite. E-toefl yang dibangun ini terdiri atas beberap fitur diantaranya adalah soal listening, reading dan structure. Pengguna dapat melihat nilai dari soal yang sudah dikerjakan. Berdasarkan analisis kelayakan sistem yang dilihat dari kelayakan teknis, operasional, ekonomi. Rancangan E-TOEFL berbasis android ini layak untuk diperlengkap dengan soalsoal sehingga dapat diterapkan untuk test TOEFL yang sesungguhnya. Kata Kunci : E-Toefl, Android, Java Android, Eclips, Sqlite
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN GIZI HARIAN ATLET SEPAKBOLA DENGAN METODE LINEAR PROGRAMMING (Studi KasusPada Martapura FC) Billy Sabella; Oni Soesanto; Andi Farmadi
Phasti: Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur Vol 1 No 01 (2015): PHASTI: Oktober 2015
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Hasnur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46365/pha.v1i01.177

Abstract

Suatu sistem pendukung keputusan yang diharapkan dapat digunakan untuk pengaturan makanan dan penentuan menu makanan atlet sepakbola agar tercapainya asupan gizi yang optimal, yaitu asupan gizi yang dapat diperbaiki dan mempertahankan status gizi agar tidak terjadi kurang gizi atau lebih gizi (kegemukkan) sebagai salah satu faktor pendukung tercapainya prestasi atlet.Pengaturan dilakukan melalui proses perhitungan kalori yang dibutuhkan masing-masing atlet dengan memperhatikan Indeks Massa Tubuh (IMT), Basal Metabolic Rate (MBR), Specific Dynamic Action (SDA), aktivitas fisik dan faktorpertumbuhan. Sedangkan kecukupan gizi ditentukan dari Energi, Karbohidrat, Protein dan Lemak sebagai sumber kalori yang dibutuhkan atlet. Pemrograman Linier dengan masalah minimalisasi yang diharapkan dapat memberikan solusi penentuan perhitungan kebutuhan gizi atlet. Kata Kunci : Indeks Massa Tubuh (IMT), Basal Metabolic Rate (MBR), Specific Dynamic Action (SDA), Energi, Karbohidrat, Protein , Lemak dan Pemrograman Linier.
RANCANG BANGUN APLIKASI VOICE OVER INTERNET PROTOCOL (VoIP) PADA JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN Ronny Faslah
Phasti: Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur Vol 1 No 01 (2015): PHASTI: Oktober 2015
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Hasnur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46365/pha.v1i01.178

Abstract

Voice Over Internet Protocol (VoIP) merupakan salah satu aplikasi yang menggabungkan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi dimana prinsip-prinsip telekomunikasi jarak jauh telah diterapkan pada sistem komputer melalui jaringan lokal maupun internet secara langsung. Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin menempati dua gedung yang terpisah dimana belum terdapat sarana komunikasi antar ruangan yang cukup memadai. Akan tetapi Jurusan Administrasi Bisnis sudah memiliki jaringan komputer baik menggunakan kabel maupun wireless yang mencakup seluruh ruangan yangada di jurusan tersebut. Melihat kebutuhan akan sarana komunikasi di Jurusan Administrasi Bisnis baik yang berbasis teks (chatting) maupun berbasis audio, maka perlu dirancang suatu aplikasi yang bisa melakukan komunikasi berbasis teks dan audio dengan memanfaatkan teknologi VoIP dan jaringan komputer yang ada. Aplikasi dibuat menggunakan bahasa pemrograman Delphi dengan memanfaatkan komponen khusus yang dibuat untuk mengubah teks maupun audio menjadi format digital dan ditransmisikan menggunakan protokol IP. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi yang dibuat dapat menjadi sarana komunikasi berbasis teks maupun audio yang diharapkan dapat memperlancar komunikasi antar ruangan di Jurusan Administrasi Bisnis. Kata Kunci : Voice over Internet Protocol, VoIP, chat, audio, LAN.
RANCANG BANGUN GAME ONLINE “WADAI 41” DENGAN ADOBE FLASH Wahyu Ridhoni; Inayatul Ulya Ahyati
Phasti: Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur Vol 2 No 01 (2016): PHASTI: April 2016
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Hasnur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46365/pha.v2i01.179

Abstract

The objective of this research is designing and developing an online game about Wadai 41. It is the traditional cake from Kalimantan Selatan. But Nowadays all kinds of cultural relics is considered old-fashioned and not as exciting new culture characterized by technology trends. Concerns occur where young people are more interested in gadgets and began indifferent to cultural heritage. This fact led to the need for cultural content packaged in a way that utilizes newer technology. Game is a technology products that is entertaining. This media is very close to young people , so it is suitable to deliver content with teenagers segmentation. The result of this research is wadai 41 can be designed to be an online game. The development uses Adobe Flash that connected with MySQL database throught PHP. Keywords: Game, Wadai 41, Traditional Cake, Kalimantan Selatan, Adobe Flash
PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA PADA PERMASALAHAN FUZZY LINEAR PROGRAMMING UNTUK OPTIMASI FORMULASI RANSUM UNGGAS Siska Dewi Lestari
Phasti: Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur Vol 2 No 01 (2016): PHASTI: April 2016
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Hasnur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46365/pha.v2i01.180

Abstract

Fuzzy linear programming adalah sebuah permasalahan linier programming dimana terdapat suatu koefisien kendala yang bersifat fuzzy. Adrizal dan Marimin (2004) telah melakukan optimasi dengan kendala- kendala fuzzy pada formulasi ransum unggas menyatakan bahwa dengan menggunakan metode fuzzy linear programming memberikan hasil yang lebih optimal dibandingkan dengan linear programming biasa. Lin (2008) menyatakan bahwa algoritma genetika merupakan suatu pemecahan sederhana pada permasalahan linear programming dimana koefisien kendala bersifat fuzzy. Penelitian ini dilakukan dengan merancang sebuah sistem dengan menggunakan metode algoritma genetika untuk menyelesaikan permasalahan fuzzy linear programming tentang formulasi ransum unggas yang telah diperkenalkan Adrizal dan Marimin (2004). Hasil akhir diperoleh bahwa penggunaan algoritma genetika untuk menyelesaikan masalah formulasi ransum unggas mampu memberikan hasil yang baik dibandingkan dengan menggunakan fuzzy linear programming, terutama lagi dibandingkan dengan metode konvensional. Kata Kunci : Algoritma Genetika, Fuzzy Linear Programming, Linear Programming, Formulasi Ransum Unggas
MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA POLITEKNIK HASNUR Evi Lestari Pratiwi; ainun Qomariah
Phasti: Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur Vol 2 No 01 (2016): PHASTI: April 2016
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Hasnur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46365/pha.v2i01.181

Abstract

Perkembangan teknologi yang selalu berkembang pesat sehingga metode pembelajaran semakin banyak menggunakan media pembelajaran online. Salah satu pembelajaran dengan mobile learning. Politeknik Hasnur memiliki E-learning yang berbasis web dan akan dikembangkan ke dalam perangkat mobile. Penelitian Mobile Learning Berbasis Android Pada Politeknik Hasnur Banjarmasin rmenggunakan aplikasi berbasis Android untuk Mahasiswa. Hasil percobaan yang telah dilakukan, dosen mampu menambahkan, menghapus serta memperbaharui Materi, Tugas, Berita, Nilai dan Mengunduh File Materi maupun Tugas. Mahasiswa dapat melihat Materi, Berita dan Nilai, Mengerjakan Tugas secara langsung dari Sistem maupun mengunduh File Tugas. Berdasarkan analisis kelayakan system yang dilihat dari kelayakan teknis, operasional, ekonomi melalui Pieces program bisa diterapkan sebatas ruang lingkup kampus. Kata Kunci : Android, Mobile Learning, Online, Eclipse, Pieces
SISTEM PREDIKSI JUMLAH PRODUKSI PADI PADA KABUPATEN BARITO KUALA DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-NEARESTNEIGHBOR (KNN) Reza Fauzan; Syarifah ,
Phasti: Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur Vol 2 No 01 (2016): PHASTI: April 2016
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Hasnur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46365/pha.v2i01.182

Abstract

The need for a prediction system of rice production in Barito Kuala Regency, the biggest contributor of rice in South Kalimantan is a reason for to make a research about the prediction of the rice production number. Specify of the number prediction of rice production in large numbers never be done by a manual system because it’s need a long time. Forethere,it’s need an algorithm that can to determine and to predict the number of the rice production automatically. This research method using the K-Nearest Neighbor because it has the principle of data searching with an identic number of K. Search for similarity data of data training which obtained from the Agricultural Department of Barito Kuala Regency with the testing data that included by user. The system with the K-Nearest Neighbor can make avalue precision of 90% and 50% recall. From these research, the system can to predict the number of production well. Key Words: Decision Support Systems, K-Nearest Neighbor, The Rice Production Number, Delphi, Information Retrieval.