cover
Contact Name
Ilham Safar
Contact Email
ilhamsafar25@gmail.com
Phone
+6281340202750
Journal Mail Official
manorunifa@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof Abdurahman Basalamah No. 101
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Manor: Jurnal Manajemen dan Organisasi Review
Published by Universitas Fajar
ISSN : 26570130     EISSN : 2716148X     DOI : 10.47354
Core Subject : Economy, Humanities,
Fokus dan ruang lingkup MANOR: Jurnal Manajemen dan Organisasi Review adalah: 1. Manajemen Sumber Daya Manusia 2. Manajemen Pemasaran 3. Manajemen Keuangan 4. Manajemen Operasional 5. Manajemen Bisnis
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review" : 8 Documents clear
PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CATATAN SIPIL KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG Mujahid Mujahid; Paradiba Hekza Nugraha
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 2 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v2i2.245

Abstract

Abstract Broadly speaking, this study aims to determine the effect of intrinsic and extrinsic motivation on employee performance at the Office of Civil Registry Office of the Regency. Sidenreng Rappang. This type of research in this thesis is quantitative research. The sample in this study were employees of the Civil Registry Office of Kab. Sidenreng Rappang, amounting to 32 people. Data analysis was performed using quantitative methods. Based on the results of the partial test (t test) for the effect of X1 on Y is 0.840> 0.05 and the t-test value is -0.204 <t table 1.693 and for the effect of X2 on Y is 0.006 <0.05 and the t-value of 2.969. So that X1 has no effect on Y and X2 has an effect on Y. Keyword: Intrinsic Motivation, Extrinsic Motivation, Employee Performance Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi instrinsik dan ekstrinsik terhadap kinerja pegawai pada Kantor Dinas Catatan Sipil Kab. Sidenreng Rappang. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah Pegawai Kantor Dinas Catatan Sipil Kab. Sidenreng Rappang yang berjumlah 32 orang. Analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0,840 > 0,05 dan nilai t hitung -0,204 < t tabel 1,693 dan untuk pengaruh X2 terhadap Y adalah sebesar 0,006 < 0,05 dan nilai t hitung 2,969. Sehingga X1 tidak terdapat pengaruh terhadap Y dan X2 terdapat pengaruh terhadap Y. Kata Kunci: Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Kinerja Pegawai
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA BERORGANISASI Putri Bayina Rahma Nurdi; Syutri Laikuallo; Alifia Meiliska
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 2 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v2i2.246

Abstract

Abstract Students are intellectual human being who will become the next successor of the nation in the future. Together in student organizations is a learning tool for every student to be able to develop intellectual abilities. In three consecutive years, the management student association experienced a significant increase in the organization, the increase in students who were actively involved in the student organization, especially the management study program, indicated that the management student association set a great goals so students chose to be involved in the organization. Based on research conducted on students who are active in the management association organization Fajar University of Makassar, from the results of in-depth interviews conducted, researchers found 5 reasons that influence students actively organizing, namely interesting activities, motivation from seniors, new friends, communication skills and work experience. Keywords: Student, Organization, Interest Abstrak Mahasiswa merupakan insan intelektual yang akan menjadi generasi penerus bangsa di masa depan.berhimpun dalam organisasi kemahasiswaan merupakan sarana belajar bagi setiap mahasiswa untuk bisa mengembangkan kemampuan intelektual. Dalam tiga tahun berturut-turut himpunan mahasiswa manajemen mengalami peningkatan signifikan dalam berorganisasi, meningkatnya mahasiswa yang ikut terlibat aktif dalam himpunan organisasi mahasiswa khususnya prodi manajemen menandakan bahwa himpunan mahasiswa manajemen mempunyai tujuan yang baik sehingga mahasiswa memilih untuk ikut terlibat dalam organisasi tersebut. Bersadarkan penelitian yang di lakukan pada mahasiswa yang aktif dalam organisasi himpunan manajemen Universitas Fajar Makassar. Dari hasil wawancara mendalam yang di lakukan, peneliti menemukan 5 alasan yang mempengaruhi mahasiswa aktif berorganisasi yaitu kegiatan menarik, motivasi dari senior, teman yang baru, kemampuan berkomunikasi dan pengalaman dunia kerja. Kata kunci: Mahasiswa, Organisasi, Minat
PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN Tri Kasmir; Ramlawati Ramlawati
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 2 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v2i2.242

Abstract

Abstract This study aims to test, analyze and find out: 1) Does motivation affect performance; 2) Does work discipline affect performance; and 3) Whether motivation and work discipline simultaneously influence performance. The design in this study uses quantitative research methods, the population as well as the sample reaches 50 people. Methods of data collection using interviews, observation and literature study. This research was analyzed using quantitative techniques with the help of SPSS 26 software. The conclusions in this study are: 1) Motivation has an effect on performance; 2) Work discipline has an effect on performance and 3) Motivation and work discipline have a simultaneous effect on the performance of the employees of the Office of Women's Empowerment and Child Protection in Pangkajene dan Kepulauan. Keywords: Motivation, Work Discipline and Employee Performance Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji, menganalisis dan mengetahui : 1) Apakah Motivasi berpengaruh terhadap kinerja; 2) Apakah disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja; dan 3) Apakah motivasi dan disiplin kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja. Desain dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, populasi sekaligus sampel mencapai 50 orang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi pustaka. Penelitian ini dianalisis dengan teknik kuantitatif dengan bantuan software SPSS 26. Kesimpulan dalam penelitian ini yakni : 1) Motivasi berpengaruh terhadap kinerja; 2) Disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja dan 3) Motivasi dan disiplin kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja pegawai Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Kata Kunci : Motivasi, Disiplin kerja dan Kinerja Pegawai
CITRA MEREK PRODUK SMARTPHONE XIAOMI PADA MAHASISWA DI KOTA MAKASSAR Dita Haritza; Novita Kumala Sari
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 2 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v2i2.248

Abstract

Abstract Brand Image is one of the consumer's decisions including students to use a Xiaomi smartphone product. This study aims to determine the Xiaomi Smartphone Product Brand Image for Students in Makassar City. This research is a qualitative research with a qualitative descriptive analysis approach that uses informants as many as 11 students with status on several campuses in Makassar City. Data in this study were collected through Library Research Techniques and Field Research by means of interviews and Observations. From the results of this study it can be concluded that Xiaomi smartphone products are products that students are interested in for their own needs and desires, and with the quality and differentiation that Xiaomi smartphone products can make power to form a positive brand image from users in this case students. Keywords : Brand Image, Product and Smartphone Abstrak Citra Merek merupakan salah satu keputusan konsumen termasuk mahasiswa untuk menggunakan sebuah produk smartphone Xiaomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Citra Merek Produk Smartphone Xiaomi pada Mahasiswa di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif yang menggunakan informan sebanyak 11 orang berstatus mahasiswa pada beberapa kampus di Kota Makassar. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui Teknik Penelitian Pustaka (Library Research) dan Penelitian Lapangan (Field Research) dengan cara wawancara dan Observasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produk smartphone Xiaomi merupakan produk yang diminati oleh mahasiswa atas kebutuhan dan keinginan sendiri, serta dengan adanya kualitas dan pembeda yang dimiliki produk smartphone Xiaomi dapat menjadikan kekuatan hingga terbentuk citra merek yang positif dari pengguna dalam hal ini mahasiswa. Kata Kunci : Citra Merek, Produk dan Smartphone
PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN KUALITAS PEMBELAJARAN KEUANGAN TERHADAP PENGGUNAAN FINTECH MAHASISWA MANAJEMEN DAN AKUNTANSI UNIVERSITAS FAJAR Muhammad Saleh; Fatima Sari F
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 2 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v2i2.243

Abstract

Abstract This study aims to determine and analyze the effect of financial literacy and the quality of financial learning on the use of fintech. The subjects in this study were students who had programmed financial management and used fintech, totaling 60 people who were determined by purposive sampling. Data were collected using a Likert scale questionnaire method. Test requirements analysis using the normality test, multicollinearity test and heterokedacity test. The analytical method used is multiple regression analysis. The results of this study indicate that: (1) financial literacy has a significant effect on the use of fintech with a significance value of 0.030 < 0.05 (2) The quality of financial learning influences the use of fintech with a significance value of 0.007 < 0.05 (3) financial literacy and the quality of financial learning has a significant effect on the use of fintech with a significance value of 0,000 < 0.05. The contribution value given from the independent variable to the dependent variable is 29.1%. Keywords: financial literacy, quality of financial learning, use of fintech Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi keuangan dan kualitas pembelajaran keuangan terhadap penggunaan fintech. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang sudah memprogramkan manajemen keuangan dan menggunakan fintech, berjumlah total 60 orang yang ditetapkan secara purposive sampling. Data dikumpulkan denga metode pembagian kuesioner dengan skala likert. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedasitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan fintech dengan nilai signifikansi sebesar 0,030 < 0,05 (2) Kualitas pembelajaran keuangan berpengaruh terhadap penggunaan fintech dengan nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0,05 (3) literasi keuangan dan kualitas pembelajaran keuangan berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaaan fintech dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai kontribusi yang diberikan dari variabel bebas ke variabel terikat sebesar 29,1%. Kata kunci : literasi keuangan, kualitas pembelajaran keuangan, penggunaan fintech.
ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN MAHASISWA MANAJEMEN ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS FAJAR TERHADAP PRODUK E-MONEY Abdul Majid Bakri; Nurhikmah Ramadhani; Ariska Ariska
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 2 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v2i2.249

Abstract

Abstract This study aims to determine the understanding of Fajar University students towards e-money. The subjects in this study were students who used e-money products, totaling 68 people who were determined by the Slovin formula. Data collected by the method of distributing questionnaires with the Guttman scale. Test requirements analysis using averaged measures, percentages, and frequency distributions. The results of this study indicate that: From the number of statements 1 to the number of statements 10 overall the total respondents' answers were 5,090 divided by the number of respondents as many as 68, the results obtained were 74.85%. So the level of financial literacy of 2017 Fajar University management class of e-money products is at the current level of financial literacy with a value of 74.85%. Keywords : Students, Financial Literacy, E-Money Users. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa Universitas Fajar terhadap e-money. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang menggunakan produk e-money, berjumlah total 68 orang yang ditetapkan secara rumus slovin. Data dikumpulkan dengan metode pembagian kuisioner dengan skala guttman. Uji persyaratan analisis menggunakan rata-rata ukur, presentase, dan distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Dari jumlah pernyataan 1 sampai jumlah pernyataan 10 secara keseluruhan total jawaban responden sebesar 5.090 dibagi dengan banyaknya responden sebanyak 68, hasil yang diperoleh adalah 74,85%. Jadi tingkat literasi keuangan mahasiswa manajemen angkatan 2017 Universitas Fajar terhadap produk e-money berada pada tingkat literasi keuangan yang sedang dengan nilai 74,85%. Kata kunci : Mahasiswa, Literasi Keuangan, Pengguna E-Money.
PENGARUH STRATEGI CONTENT PADA E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASYARAKAT DI KOTA MAKASSAR Aminuddin Hamdat; Dini Oktaviani; Karina Widyana Nalle
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 2 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v2i2.244

Abstract

Abstract This study discusses and to determine the effect of content strategy one-commerce shopee on the purchasing decisions of the Makassar city community. This research was conducted in Makassar city with a population and a random sample of e-commerce shopee users, totaling 50 people with different ages and occupations (. Accidental Sampling). Analysis of the data used is descriptive analysis and calcic assumption test to describe the variables in the study and provide certainty that the regression equation obtained has accuracy in estimation, unbiased and consistent, while to analyze quantitative data using the Simple Regression Analysis tool. The results of the study are known to be insignificant, meaning that the data collected failed to prove the relationship between the Content (X) and Purchase Decision (Y) strategies, and that does not mean that the independent variable X does not affect the dependent variable Y completely, but the sample data does not succeeded in proving the relationship or the independent variable (the independent variable) under study was inappropriate or the lack of supporters of the independent variable. Keywords: Content Strategy, Purchasing Decisions, Shopee. Abstrak Penelitian ini membahas dan untuk mengetahui pengaruh strategi content pada e-comemerce shopee terhadap keputusan pembelian masyarakat kota makassar. Penelitian ini di laksanakan di kota Makassar denagan populasi dan sampel masyarakat pengguna e-commerce shopee secara acak yang berjumlah 50 orang dengan berbagai usia dan pekerjaan yang berbeda(.Accidental Sampling). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji asumsi kalsik untuk mendeskripsikan variable-variabel dalam penelitian dan memberikan kepastian bahwa persamaan regresi yang didapatkan memiliki ketepatan dalam estimasi, tidak bias dan konsisten, sedangkan untuk menganalisis data kuantitatif menggunakan alat Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian tersebut diketahui hasilnya tidak signifikan, maka artinya adalah data yang dikumpulkan tidak berhasil membuktikan keterkaitan antara strategi Content (X) dan Keputusan Pembelian (Y), dan bukan berarti variabel independen X tidak berpengaruh terhadap variabel dependen Y secara sepenuhnya, melainkan data sampel tidak berhasil membuktikan hubungan tersebut atau variabel independen (variabel bebas) yang diteliti kurang tepat atau kurangnya pendukung dari variabel bebas tersebut. Kata kunci : Strategi Content, Keputusan Pembelian ,Shopee
PENGARUH BUDAYA KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. KALLA INTI KARSA MAKASSAR Kamelia Sirong
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 2 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v2i2.251

Abstract

Abstract This study aims to identify and analyze how many the influence of work culture and how many from motivation on employee performance, either simultaneously or partially on PT. Inti Karsa Kalla Makassar. The sample used in this study are as much 55 people with the methods of sample saturated with the number of respondents is the entire population, the number of 55 people. This study uses multiple regression analysis. Based on the analysis of data and testing hypotheses of this study show that the F test results indicate that the work culture and motivation significantly affects the performance of employees. T test results also show that in partial work culture and motivation significantly affects the performance of employees. Determination coefficient of 0.731, which means that the role given by the combination of cultural variables on the performance and motivation of employees by 73,1% while the remaining 26,9% are influenced by some other factors not examined by investigators. Keywords: Work Culture, Motivation, Employee Performance Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh budaya kerja dan seberapa besar pengaruh dari motivasi terhadap kinerja karyawan, baik secara simultan maupun secara parsial pada PT. Kalla Inti Karsa Makassar. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 55 orang dengan metode sampel jenuh dengan jumlah responden merupakan seluruh populasi, yakni sejumlah 55 orang. Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Berganda. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesa penelitian ini memperlihatkan bahwa hasil uji F menunjukkan bahwa budaya kerja dan motivasi secara signifikan mempengaruhi kinerja karyawan. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa secara parsial variabel budaya kerja dan motivasi secara signifikan mempengaruhi kinerja karyawan. Koefisien determinasi sebesar 0,731 yang artinya bahwa peranan yang diberikan oleh kombinasi variabel budaya kerja dan motivasi terhadap kinerja karyawan sebesar 73,1% sedangkan sisanya 26,9% dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci : Budaya Kerja, Motivasi, Kinerja Karyawan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8