cover
Contact Name
Meksianis Ndii
Contact Email
meksianis.ndii@staf.undana.ac.id
Phone
+6281266806008
Journal Mail Official
meksianis.ndii@staf.undana.ac.id
Editorial Address
Department of Mathematics, Nusa Cendana University Jl Adisucipto Kampus Baru Penfui
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Diferensial
ISSN : -     EISSN : 27759644     DOI : -
Jurnal Diferensial adalah jurnal sains yang bertujuan untuk menyebarluaskan hasil riset-riset ataupun kajian pustaka pada bidang ilmu matematika dan terapannya. Artikel-artikel pada jurnal ini difokuskan kepada bidang ilmu matematika dan terapannya. Ruang lingkup atau bidang ilmu yang diterima dijurnal ini (tetapi tidak terbatas pada) adalah Analisis, Aljabar, Teori Graf, Optimisasi, Riset Operasi, Statistik, Biomatematika.
Articles 48 Documents
ANALISIS KARAKTER DOSEN DALAM MELAKUKAN PENELITIAN DENGAN METODE CHI-SQUARE AUTOMATIC INTERACTION DETECTION (CHAID) Astri Atti; Keristina Br. Ginting; Meksianis Z Ndii
JURNAL DIFERENSIAL Vol 1 No 1 (2019): April 2019
Publisher : Program Studi Matematika, Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jd.v1i1.1228

Abstract

Penelitian merupakan bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi dan menjadi salah satu tugas seorang dosen serta menjadi alat ukur kinerja seorang dosen dalam menjalankan tanggung jawabnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh faktor umur, jenis kelamin, jabatan fungsional akademik, masa kerja, jenjang pendidikan, status pernikahan, jumlah tanggungan, dan beban mengajar terhadap produktivitas dosen dalam mengusul proposal penelitian hibah sumber dana Ristekdikti, serta menjelaskan hubungan/asosiasi berstruktur antar faktor yang mempengaruhi pengelompokan pengamatan menurut variabel terikat (produktivitas dosen dalam mengusul proposal penelitian hibah sumber dana Ristekdikti). Metode analisis yang digunakan adalah metode CHAID (Chi-square Automatic Interaction Detection) yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis keterkaitan struktural antara peubah dalam segugus data. Hasil CHAID adalah pohon keputusan atau dendogram yang membentuk hubungan berstruktur antar variabel. Hasil dendogram CHAID menunjukkan bahwa variabel yang mempengaruhi pengklasifikasian produktivitas dosen dalam pengusulan proposal adalah jabatan fungsional, status pernikahan, dan tingkat pendidikan. Klasifikasi/pemisahan pertama didasari oleh peubah jabatan fungsional dosen. Pada tahap pertama pemisahan CHAID, peubah yang mempunyai asosiasi paling nyata dalam menentukan produktivitas dosen dalam mengusul proposal adalah jabatan fungsional yang terbagi atas dua node/cabang yaitu kelompok 1 (Lektor, Lektor kepala dan Guru besar) dan kelompok 2 (asisten ahli). Dosen yang mengusul proposal penelitian hibah sumber dana Ristekdikti terdiri atas dua kelompok. Pertama, yaitu dosen yang memiliki jabatan fungsional minimal lektor, sudah menikah, dan berpendidikan minimal S2, sedangkan yang kedua adalah dosen yang memiliki jabatan fungsional asisten ahli juga berpendidikan S3. Untuk dosen yang tidak mengusul proposal juga terdiri atas dua kelompok, yaitu kelompok dosen dengan fungsional minimal lektor yang belum menikah/cerai, dan kelompok dosen asisten ahli yang berpendidikan S2. Asosiasi berstruktur terjadi pada variabel jabatan fungsional, status pernikahan dan tingkat pendidikan.
PERAMALAN JUMLAH PENUMPANG PESAWAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEKOMPOSISI (STUDI KASUS: UNIT PENYELENGGARA BANDAR UDARA (UPBU) KELAS II FRANS SEDA MAUMERE) Marlina Marine; Keristina Br. Ginting; Ariyanto Ariyanto
JURNAL DIFERENSIAL Vol 1 No 1 (2019): April 2019
Publisher : Program Studi Matematika, Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jd.v1i1.1229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ramalan jumlah kedatangan dan keberangkatan penumpang pesawat pada Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) kelas II Frans Seda Maumere dari tahun 2018-2022. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode dekomposisi. Dari hasil analisis, diperoleh peramalan kenaikan kedatangan penumpang dari tahun 2017-2018 sebesar 0,17%, tahun 2017-2019 sebesar 5%, tahun 2017-2020 sebesar 11%, tahun 2017-2021 sebesar 16%, tahun 2017-2022 sebesar 21% dan keberangkatan penumpang dari tahun 2017-2018 sebesar 1,06%, tahun 2017-2019 sebesar 6%, tahun 2017-2020 sebesar 12%, tahun 2017-2021 sebesar 17%, tahun 2017-2022 sebesar 22%. Berdasarkan hasil analisis, disarankan kepada Unit Penyelenggara Bandar Udara(UPBU) kelas II Frans Seda Maumere untuk memperluas landasan pacu, menyiapkan penerbangan ekstra, menyiapkan ruang tunggu yang lebih nyaman dan tempat parkir yang luas.
PENERAPAN METODE RESPON PERMUKAAN DALAM OPTIMALISASI LABA USAHA PERTANIAN TANAMAN KANGKUNG DARAT Gerda K Pakem; Keristina Br Ginting; Maria A Kleden
JURNAL DIFERENSIAL Vol 1 No 1 (2019): April 2019
Publisher : Program Studi Matematika, Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jd.v1i1.1230

Abstract

Memaksimalkan laba usaha pertanian tanaman kangkung darat merupakan tujuan dari penelitian ini. Untuk memperoleh laba yang optimal perlu diketahui titik optimum modal usaha, biaya tenaga kerja, dan volume penjualan. Metode yang digunakan yaitu metode permukaan respon. Ide dasar dari metode ini adalah memanfaatkan desain eksperimen untuk mencari nilai optimal dari suatu respon. Desain eksperimen yang digunakan adalah desain faktorial untuk orde I dan central composite design untuk orde II. Hasil penelitian didapatkan kondisi optimum laba usaha pertanian tanaman kangkung darat yaitu Rp 703.000 untuk luas lahan 2 are dengan modal usaha Rp 232.000, biaya tenaga kerja Rp 533.000 dan volume penjualan sebanyak 7341 ikat.
ESTIMASI PARAMETER DISTRIBUSI PARETO Maria F Muda; Maria Kleden; Keristina Br. Ginting
JURNAL DIFERENSIAL Vol 2 No 1 (2020): April 2020
Publisher : Program Studi Matematika, Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jd.v2i1.3746

Abstract

ABSTRAK Distribusi pareto (Generalized Pareto Distribution/GPD) diperkenalkan pertama kali oleh Pickands pada tahun 1975. Distribusi pareto lebih sering digunakan untuk pemodelan data ekstrim seperti hidrologi, klimatologi, dan udara. Distribusi Pareto mempunyai dua parameter yaitu parameter skala dan parameter bentuk.
MEMPERKIRAKAN RATA-RATA DAN TOTAL PEMAKAIAN PULSA DENGAN METODE STRATIFIED RANDOM SAMPLING Fransiskus J Obenu
JURNAL DIFERENSIAL Vol 2 No 1 (2020): April 2020
Publisher : Program Studi Matematika, Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jd.v2i1.3747

Abstract

Sampling acak berlapis adalah teknik pengambilan data dengan mengelompokkan data sesuai karateristik yang ada karena populasi yang heterogen. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan interval rata-rata dan total biaya penggunaan pulsa per bulan untuk jenis GSM Telkomsel dan Indosat dengan menerapkan sampling acak berlapis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh interval rata-rata dan total biaya penggunaan pulsa serta kesalahan sampling yang ditolerir. Terdapat 3 kelompok pada jenis GSM Telkomsel yang diteliti yaitu Mahasiswa dengan gaya hidup boros (stratum 1), Mahasiswa dengan gaya hidup sedang (stratum 2), Mahasiswa dengan gaya hidup hemat (stratum 3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 3 kelompok yang diteliti, Mahasiswa dengan gaya hidup sedang (stratum 2) memiliki kesalahan sampling terkecil yaitu sebesar Rp1.523, dan Mahasiswa dengan gaya hidup boros (stratum 1) memiliki kesalahan sampling terbesar yaitu Rp2.165,. Dan Terdapat 2 kelompok pada jenis GSM Indosat yang diteliti yaitu Mahasiswa dengan gaya hidup sedang (stratum 1), Mahasiswa dengan gaya hidup hemat (stratum 2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 2 kelompok yang diteliti, Mahasiswa dengan gaya hidup hemat (stratum 2) memiliki kesalahan sampling terkecil yaitu sebesar Rp1.238, dan Mahasiswa dengan gaya hidup sedang (stratum 1) memiliki kesalahan sampling terbesar yaitu Rp1.356,. Perbedaan tersebut dikarenakan besar kecilnya suatu populasi dan sampel yang diambil.
PENERAPAN REGRESI LOGISTIK UNTUK KASUS INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) PADA BALITA Erick T Matasina
JURNAL DIFERENSIAL Vol 2 No 1 (2020): April 2020
Publisher : Program Studi Matematika, Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jd.v2i1.3748

Abstract

ISPA merupakan penyakit infeksi yang menyerang salah satu bagian saluran pernapasan yang dapat mengakibatkan kematian pada bayi maupun balita. Terdapat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian ISPA seperti asap dapur, kebiasaan merokok anggota keluarga, status imunisasi, ASI eksklusif, BBLR dan status gizi. Untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dari risiko kejadian ISPA terhadap bayi dan balita di Puskesmas Alak maka dalam penelitian ini digunakan metode regresi logistik. Untuk mendapatkan model ini diambil sampel secara acak sebanyak 66 responden dari Puskesmas Alak dengan sumber data yang digunakan adalah data primer. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh model regresi logistik yang menyatakan seorang bayi dan balita mempunyai kecenderungan terkena ISPA yang dipengaruhi oleh variabel asap dapur sebesar 0,129 kali dibandingkan dengan bayi dan balita yang tidak terpapar asap dapur, kecenderungan seorang bayi dan balita terkena ISPA dengan adanya kebiasaan anggota keluarga yang merokok dalam rumah sebesar 0,199 kali dibandingkan dengan anggota keluarga yang tidak biasa merokok, dan kecenderungan seorang bayi dan balita terkena ISPA dengan adanya kebiasaan anggota keluarga yang merokok dalam rumah sebesar 0,266 kali dibandingkan dengan anggota keluarga yang tidak biasa merokok.
PERAMALAN JUMLAH MAHASISWA YANG MEMILIH JURUSAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING, WEIGHT MOVING AVERAGES, DAN NAIVE Dina M.R. Udju
JURNAL DIFERENSIAL Vol 2 No 1 (2020): April 2020
Publisher : Program Studi Matematika, Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jd.v2i1.3750

Abstract

Penelitian ini berjudul “peramalan jumlah mahasiswa yang memilih jurusan Matematika dengan menggunakan metode Single Exponential Smoothing, Weight Moving Averages, dan Naive”. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Matematika dengan tujuan untuk melakukan peramalan jumlah mahasiswa yang memilih Jurusan Matematika dan menentukan metode yang tepat digunakan berdasarkan pendekatan Mean Absolute Deviation (MAD) dan Mean Square Error (MSE). Data yang diambil adalah data kuantitatif sekunder berupa data jumlah mahasiswa yang memilih jurusan Matematika dari tahun 2003 sampai 2015 yang berasal dari Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana. Hasil penelitian ini menunjukkan metode yang baik digunakan adalah metode Single Exponential Smoothing untuk . Hal ini disebabkan karena metode Single Exponential Smoothing untuk mempunyai nilai MAD dan MSE terkecil yakni sebesar 64,666 dan 9472,416.
MODEL REGRESI POISSON TERGENERALISASI PADA KASUS ANGKA KEMATIAN IBU AKIBAT MELAHIRKAN DI NUSA TENGGARA TIMUR Katarina J.V. Nggonde
JURNAL DIFERENSIAL Vol 2 No 1 (2020): April 2020
Publisher : Program Studi Matematika, Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jd.v2i1.3759

Abstract

terbaik dan faktor-faktor yang mempengaruhi angka kematian ibu akibat melahirkan. Regresi Poisson merupakan salah satu regresi nonlinier yang sering digunakan untuk memodelkan hubungan antara variabel respon yang berupa data diskrit dengan variabel prediktor yang berupa data diskrit ataupun kontinu. Model regresi Poisson mempunyai asumsi equidispersi, yaitu kondisi dimana nilai mean dan varians dari variabel respon bernilai sama. Pada prakteknya kadang terjadi pelanggaran asumsi dalam analisis data diskrit berupa underdispersi ( nilai varians lebih kecil dari nilai meannya) sehingga model regresi Poisson tidak tepat digunakan. Salah satu model yang tepat untuk mengatasinya adalah model regresi Poisson tergeneralisasi. Dari hasil pengolahan data di peroleh model Regresi Poisson Tergeneralisasi, yaitu: . Hasil penelitian ini menujukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap angka kematian ibu akibat melahirkan adalah proporsi jumlah tenaga medis dan ibu bersalin, proporsi jumlah tenaga dukun dan jumlah ibu bersalin.
PENERAPAN ANALISIS FAKTOR DALAM MEMILIH SUSU FORMULA UNTUK IBU HAMIL Aldegonda Pau
JURNAL DIFERENSIAL Vol 2 No 2 (2020): November 2020
Publisher : Program Studi Matematika, Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jd.v2i2.3765

Abstract

Ada banyak alternatif produk susu formula khusus ibu hamil di pasaran. Untuk memilih merk yang tepat, harus memperhatikan beberapa faktor yaitu harga, manfaat, komposisi zat, rasa, varian rasa, produk, bonus hadiah, iklan, kemasan, berat isi, dan efek samping dari susu formula tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan susu formula khusus ibu hamil serta menganalisis faktor-faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap pemilihan susu formula khusus ibu hamil dengan menggunakan metode Analisis Faktor. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui kuisioner yang diisi oleh ibu hamil yang ditemui di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang. Dalam penelitian ini, analisis faktor digunakan untuk mereduksi 12 variabel sehingga diperoleh 4 peubah baru yang disebut faktor. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa ada empat faktor dominan yang mempengaruhi pemilihan susu formula khusus ibu hamil. Faktor tersebut adalah faktor nilai tambah susu, faktor promosi, faktor keunggulan, serta faktor harga dan rasa.
PENERAPAN ANALISIS JALUR (PATH ANALYSIS) TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA Benediktus Keneq
JURNAL DIFERENSIAL Vol 2 No 2 (2020): November 2020
Publisher : Program Studi Matematika, Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jd.v2i2.3766

Abstract

Ada banyak alternatif produk susu formula khusus ibu hamil di pasaran. Untuk memilih merk yang tepat, harus memperhatikan beberapa faktor yaitu harga, manfaat, komposisi zat, rasa, varian rasa, produk, bonus hadiah, iklan, kemasan, berat isi, dan efek samping dari susu formula tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan susu formula khusus ibu hamil serta menganalisis faktor-faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap pemilihan susu formula khusus ibu hamil dengan menggunakan metode Analisis Faktor. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui kuisioner yang diisi oleh ibu hamil yang ditemui di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang. Dalam penelitian ini, analisis faktor digunakan untuk mereduksi 12 variabel sehingga diperoleh 4 peubah baru yang disebut faktor. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa ada empat faktor dominan yang mempengaruhi pemilihan susu formula khusus ibu hamil. Faktor tersebut adalah faktor nilai tambah susu, faktor promosi, faktor keunggulan, serta faktor harga dan rasa.