cover
Contact Name
Arifin
Contact Email
jpasdev@untan.ac.id
Phone
+6285845199635
Journal Mail Official
jpasdev@untan.ac.id
Editorial Address
Prodi Ilmu Administrasi Publik Magister Ilmu Sosial Untan Jl. Imam Bonjol Pontianak, 78124 » Tel / fax : 085654859733 / 085654859733
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JPASDEV:Journal of Public Administration and Sociology of Development
ISSN : -     EISSN : 27454258     DOI : DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpasdev
Core Subject : Social,
Focus and Scope Jurnal Ilmu Administrasi Publik dan Sosiologi Pembangunan yang disingkat menjadi JPASDEV merupakan Jurnal yang memfokuskan pada bidang Administrasi Publik sebagai fokus utama, serta Sosiologi Pembangunan sebagai fokus kedua. Jurnal ini mengulas hasil penelitian atau studi literatur pada kedua bidang tersebut.� Cakupan substansi pada artikel meliputi: Manajemen Publik. Kebijakan Publik. Administrasi Pembangunan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Pemberdayaan Masyarakat. Sosiologi Pembangunan
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020): JPASDEV : Journal of Public Administration and Sociology of Development" : 7 Documents clear
Implementasi Kebijakan Layanan Pengaduan Masyarakat Secara Online di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak Dovvi Dovvi
JPASDEV : Journal of Public Administration and Sociology of Development Vol 1, No 2 (2020): JPASDEV : Journal of Public Administration and Sociology of Development
Publisher : Fakultan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jpasdev.v1i2.43493

Abstract

AbstractThis research entitled The Implementation of Online Public Complaint Service at the Communication and Informatics Office Pontianak City analyzed based on the theory put forward by Edward III. This Research is a type of descriptive from interviews with informants and secondary data obtained from various official documents related to research.The Implementation of Online Public Complaint Service at the Communication and Informatics Office Pontianak City has not been able to run effective due to several factors, namely: 1. Communication, 2 Resource, 3. Disposition, 4. Bureaucratic Structure.Based on these problems, the author can make suggestions, namely: 1. 1. There needs to be an affirmation in the form of rules issued by the regional head, namely the Mayor's regulation, 2. Increase the capacity of the implementers both in quality, 3. Focus on public complaint services and support centralized services in Dinas, Communications and, Informatics, Pontianak City. Key words : The Implementation Policy, Public Complaint Service.
Efektivitas Implementasi Kebijakan Penanggulangan Bencana Kabut Asap di Kota Pontianak Arifin Arifin
JPASDEV : Journal of Public Administration and Sociology of Development Vol 1, No 2 (2020): JPASDEV : Journal of Public Administration and Sociology of Development
Publisher : Fakultan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jpasdev.v1i2.43654

Abstract

ABSTRACT  Perda Kota Pontianak N0.7 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan  Penanggulangan Bencana merupakan pedoman bagi masyarakat dalam mengatasi bencana kebakaran hutan atau kabut asap. Bencana tersebut terjadi hampir setiap tahunya sehingga pengimplementasian kebijakan terkesan belum efektif. Ruang lingkup penelitian ini mencakup bencana yang terjadi di pinggiran wilayah di Pontianak yaitu di daerah Sungai raya Dalam berupa kebakaran hutan (kabut asap). Penelitian ini dengan Penelitian kualitatif yaitu peneliti menggambarkan objek yang diamati sebagaimana adanya kemudian dilanjutkan dengan analisis data untuk mendapatkan kesimpulan dari hasil penelitian. Temuan penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan yang dilakukan masih belum optimal. Beberapa faktor penyebab tidak efektifnya implementasi tersebut yaitu disamping pelaksanaan program yang terkesan kurang fokus, program yang diselenggarakan lebih dominan berbentuk respon daripada memitigasi bencana tersebut. Hal ini terlihat pada saat monitoring daerah yang rawan bencana. Faktor lain yang penting adalah program yang digulirkan masih bersifat penguatan institusi dalam penanggulangan bencana. Anggaran yang dialokasikan masih kurang memadai. Jumlah yang kecil tersebut masih jauh daripada pembiayaan dalam penanggulangan kebencanaan yang terjadi..Kata Kunci (Key words) : Implementasi Kebijakan, Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, Kebakaran Hutan, Kabut Asap
Evaluasi Implementasi Kebijakan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) di Desa Munggu Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak Fuaddianto Fajar Satrio
JPASDEV : Journal of Public Administration and Sociology of Development Vol 1, No 2 (2020): JPASDEV : Journal of Public Administration and Sociology of Development
Publisher : Fakultan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jpasdev.v1i2.43439

Abstract

ABSTRACTThis study describes the result of evaluation of the implementation of the Village Financial System (SISKEUDES) policy in Munggu Village, Ngabang District, Landak Regency. This study is based on the observation and interview conducted by the author at the Village Office of Munggu Village, Ngabang District, Landak Regency where problems are found in the preparation of village financial reports using SISKEUDES.The study aims to describe and analyze the evaluation of the Implementation of the Village Financial System(SISKEUDES) Policy in Munggu Village, Ngabang District, Landak Regency.The approach used in this study isdescriptive qualitativewhilemethods for collecting data are observation, documentation and interview.The collected data will be presented by reducing unnecessary data in the study and then drawing conclusions.There are 2 (two) perspectives of the results, which are‘compliance perspective’ and ‘what’s happening perspective’.Based on the results for Compliance perspective, the implementation of the Village Financial System (SISKEUDES) policy in Munggu Village, Ngabang District, Landak Regency Is not optimal yet, it can be seen from the delay in submitting village financial report so the implementation of the policy does not go according to the plan.In addition, the existing facilities and resources in Munggu Village are inadequate for the implementation of the SISKEUDES policy.Furthermore, based on the results for What’s happening perspective, the implementation of the policy is also not optimal yet. The replacement of the SISKEUDES operator in Munggu Village affect the implementation of the SISKEUDES application because it has an impact on delays in making financial reports using the SISKEUDES application.Keywords: evaluation, implementation, Siskeudes, compliance, what’s happening
The Role of Political Parties in SBY's Era of Leadership Period 2004-2014 Ishaq Rahman; Elyta Elyta
JPASDEV : Journal of Public Administration and Sociology of Development Vol 1, No 2 (2020): JPASDEV : Journal of Public Administration and Sociology of Development
Publisher : Fakultan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jpasdev.v1i2.43478

Abstract

ABSTRACT A country that implements the system as mentioned earlier is more towards an authoritarian system of government which aims to dominate and dominate the power of the state towards the people. Democracy cannot survive from such a closed state. In a basic concept of democracy, there is a fundamental principle, namely the principle of sovereignty of the people who run the government.Political communication is one of the many roles played by political parties in various available arrangements. The political party is required to communicate knowledge, issues and political thoughts.Constitutionally, the Government adopts a Presidential System in which the ministers in the cabinet are responsible to the president. But in practice the SBY-JK administration is more of a Parliamentary System. Keywords: political parties, democracy, SBY government
Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Melawi Rikka Septiandini
JPASDEV : Journal of Public Administration and Sociology of Development Vol 1, No 2 (2020): JPASDEV : Journal of Public Administration and Sociology of Development
Publisher : Fakultan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jpasdev.v1i2.43466

Abstract

ABSTRACTThis research aimed to know the quality of service delivery. Assessment of the quality of service delivery is carried out by various institutions, one of which is the Ombudsman. DPMPTSP Melawi Regency is one of the OPD service providers that occupies the red zone in an assessment conducted by the Indonesian Ombudsman of West Kalimantan Province. To know the reason why red report cards on the quality of DPMPTSP Melawi Regency and provide input in the form of strategies to improve service quality, This aimed use qualitative method, using service dimention theory, then analyzed with SWOT analysis and again measured against the theory of service quality improvement strategies. The results of the research show 4 outlines of strategies that can be done by using strengths to take advantage of opportunities, take advantage of opportunities to overcome weaknesses, use strengths to avoid threats, and minimize weaknesses to avoid threats. The resulting strategy is very useful for improving the quality of service delivery in DPMPTSP Melawi Regency.Keywords: Service, Strategy, Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats
Motivasi Pengungsi Etnis Madura dalam Peningkatan Ekonomi (Studi Kasus Relokasi di Satuan Pemukiman Dua (SP 2) Desa Mekar Sari Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya) Amira Fazilah
JPASDEV : Journal of Public Administration and Sociology of Development Vol 1, No 2 (2020): JPASDEV : Journal of Public Administration and Sociology of Development
Publisher : Fakultan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jpasdev.v1i2.43520

Abstract

ABSTRAKBerdasarkan catatan dari pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, jumlah pengungsi etnis Maduradari Kabupaten Sambas padapertengahan tahun1999, tercatat sebanyak 62.582jiwa (13.020KK ).  Permasalahan muncul terkait motivasi etnis Madura dalam peningkatan ekonomi pada tempat yang baru, yaitu di tempat relokasi sebagai tempat tinggal permanen dengan berbagai permasalahan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukan Motivasi pengungsi etnis Madura dalam meningkatkan perekonomian di Relokasi Satuan Pemukiman Dua (SP 2) Desa Mekar Sari Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu tidak berpengaruh hal ini disebabkan karena etos kerja masyarakat etnis Madura itu sediri dan bukan karena motivasi mereka meningkat setelah mereka diungsikan karena banyak dari Masyarakat pengungsi etnis Madura yang dahulu di Sambas memiliki lahan yang luas dan peternakan. Ada dua faktor pendorong yang dominan dalam meningkatnya motivasi etnis Madura yaitu faktor kebutuhan fisikologis dan faktor rasa aman. Rekomendasi dari hasil penelitian ini yaitu Pemerintah perlu menyediakan sarana dan prasana pendukung dalam memotivasi etnis Madura untuk lebih berdaya dalam menghadapi permasalahan yang mereka hadapi. Kata kunci: Motivasi, Peningkatan Ekonomi, Etnis Madura
Implementasi Peraturan Daerah Kota Pontianak Nomor 16 Tahun 2015 Tentang Retribusi Jasa Umum pada Retribusi Pelayanan Pasar Flamboyan Kota Pontianak Ahadian Gunardi
JPASDEV : Journal of Public Administration and Sociology of Development Vol 1, No 2 (2020): JPASDEV : Journal of Public Administration and Sociology of Development
Publisher : Fakultan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jpasdev.v1i2.43587

Abstract

AbstrakDalam penelitian ini dapat diidentifikasi beberapa permasalahan yang menyebabkan kurang berhasilnya implementasi kebijakan Peraturan Daerah Kota Pontianak Nomor 16 Tahun 2015 tentang “Retribusi Jasa Umum Pada Retribusi Pelayanan Pasar” yakni masih banyak pedagang yang tidak membayar retribusi pasar hal ini karena masih adanya kondisi sarana fasilitas pasar yang rusak, berkaitan dengan lambatnya respon dari petugas retribusi dalam pengambilan keputusan, sehingga ketegasan aparatur kebijakan masih rendah. Kurang meratanya informasi mengenai Perda Nomor 16 Tahun 2015 ke semua pedagang sehingga kesadaran dan kepatuhan pedagang untuk membayar retribusi masih rendah. Selain itu pula, masih rendahnya pengawasan yang dilakukan oleh aparatur kebijakan terhadap kinerja petugas dilapangan dalam melakukan pemungutan retribusi pasar pada Pasar Flamboyan Kota Pontianak. Hal ini dapat menyebabkan target penerimaan retribusi pasar Flamboyan tidak mencapai 100% setiap tahunnya sebagai kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Pontianak Nomor 16 Tahun 2015 Tentang Retribusi Jasa Umum Pada Retribusi Pelayanan di Pasar Flamboyan Kota Pontianak. Adapun menurut  Donald S. Van Meter dan Carl S. Van Horn, ada 2 (dua) indikator yang mempengaruhi keberhasilan kinerja implementasi kebijakan, sesuai dengan permasalahan dalam penelitian ini, yakni karakteristik agen pelaksana dan komunikasi antarorganisasi serta aktivitas pelaksana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap ketegasan oleh petugas retribusi masih rendah dalam merespon keluhan pedagang, kurang gencarnya petugas pemungut retribusi dalam memberikan informasi melalui sosialisasi tentang pentingnya pembayaran retribusi terhadap pedagang yang transparan dan ketersediaan sarana informasi yang kurang memadai. Adapun saran dalam penelitian ini yakni perlu dilakukan koordinasi antar pelaksana kebijakan untuk menyediakan pelayanan yang cepat, tepat serta tanggap terhadap keluhan pedagang pasar Flamboyan. Selain itu, melakukan penyuluhan dan pembinaan dengan memberikan informasi yang transparan dan baru kepada pedagang melalui sarana informasi yang memadai Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan, Retribusi Jasa Umum.

Page 1 of 1 | Total Record : 7