cover
Contact Name
Nurul Inayah
Contact Email
inayah.nurul.NI@gmail.com
Phone
+628114137151
Journal Mail Official
aksioma.pendmat@gmail.com
Editorial Address
Jalan Soekarno Hatta Km. 9. City of Palu, Indonesia
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Aksioma
Published by Universitas Tadulako
ISSN : 14124505     EISSN : 27459241     DOI : https://doi.org/10.22487/aksioma.v9i2.219
Core Subject : Education,
Aksioma is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles about mathematics education and its instructional. This journal publishes two times a year, in March and September. Aksioma encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Mathematics Education School Mathematics Development of mathematics learning
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2020)" : 5 Documents clear
PENDIDIKAN MATEMATIKA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Muhammad Darwis M
Aksioma Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/aksioma.v9i1.214

Abstract

Abstrak. Saat ini kita berada pada era Revolusi Industri 4.0. Sebagaimana diketahui bahwa tiap era Revolusi Industri memiliki peluang dan ancaman, maka era Revolusi Industri 4.0 ini pun demikian. Era Revolusi Industri 4.0 disebut juga era globalisasi. Bagi Indonesia khususnya, masyarakat harus mampu membaca dan responsif terhadap perubahan dan membekali diri dengan keterampilan terkini agar bisa bersaing. Di era ini, realitas menunjukkan bahwa teknologi dan pembelajaran matematika memiliki kaitan erat. Pemanfaatan teknologi dengan baik dalam pembelajaran akan memberi penguatan terhadap pola perubahan paradigma pembelajaran. Sifat abstrak objek kajian matematika yang sulit dipikirkan oleh peserta didik dapat dipresentasikan melalui simulasi komputer agar lebih konkrit. Latihan dan percobaan eksploratif matematika dapat dilakukan peserta didik dengan menggunakan program komputer atau software matematika untuk penanaman dan penguatan konsep, membuat pemodelan matematika, dan menyusun strategi dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu, guru matematika dituntut agar seirama dengan perkembangan di era ini. Kata kunci: Pendidikan . Matematika . Revolusi Industri 4.0
PERKEMBANGAN GURU MATEMATIKA ERA 4.0 Hasia Marto
Aksioma Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/aksioma.v9i1.215

Abstract

Abstrak: Artikel ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan guru matematika era 4.0. yang makin kompetitif. Perkembangan dunia tengah memasuki era revolusi industri 4.0. dimana teknologi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Peran guru matematika tidak dapat digantikan sepenuhnya oleh perkembangan teknologi. Dalam menghadapi era 4.0 guru dituntut profesional di bidangnya, pengembangan profesionalisme guru matematika di era 4.0 menuntut guru matematika memiliki kompetensi karakter, keterampilan dan literasi dalam menghadirkan pembelajaran yang variatif dan inovatif. Hal ini dapat dimaknai bahwa peran guru menjadi mentor, fasilitator, motivator, inspirator, pengembang imajinasi, kreativitas, nilai-nilai karakter, serta team work, dan empati sosial karena nilai-nilai itulah yang tidak dapat diajarkan oleh mesin. Beberapa solusi yang dapat dilakukan guru matematika era 4.0 antara lain, mampu menguasai dan memanfaatkan teknologi digital dalam pembelajaran. Kata kunci: perkembangan, guru profesional, Era 4.0 Abstract: This article aims to describe the development of mathematics teachers in the 4.0 era. increasingly competitive. The development of the world is entering the era of the industrial revolution 4.0. where technology has become the basis in human life. The role of the mathematics teacher cannot be completely replaced by technological development. In facing the era of 4.0 teachers are required to be professional in their fields, the development of professionalism in mathematics teachers in diera 4.0 requires mathematics teachers to have the competence of character, skills and literacy in presenting varied and innovative learning. This can be interpreted, that the role of the teacher becomes a mentor, facilitator, motivator, inspirator, imagination developer, creativity, character values, as well as team work, and social empathy because those values cannot be taught by machines. Some solutions that can be done by mathematics teacher in 4.0 era include, being able to master and utilize digital technology in learning. Key word: development, teacher, Profesional, era 4.0
ANALISIS KARAKTERISTIK KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA SMP MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DI KOTA PALU Welli Meinarni; Usman HB; Pathuddin Pathuddin
Aksioma Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/aksioma.v9i1.216

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara rinci karakteristik kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Kemampuan guru dalam melakukan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 difokuskan pada proses pembelajaran divergen dan konvergen. Subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika yang sudah berpengalaman dan guru pemula di Kota Palu. Teknik pengambilan subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling, karena banyaknya subjek penelitian tergantung pada keadaan data dari lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara merekam pelaksanaan pembelejaran di kelas yang berbasis kurikulum 2013. Berdasarkan hasil observasi pada dokumentasi tersebut, lalu subjek penelitian diwawancara secara mendalam untuk mengungkap karakteristik kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Hasil wawancara didokumentasikan dengan menggunakan handycam, voice record, dan kamera digital. Untuk menentukan kredibilitas data dilakukan beberapa hal, yaitu (1) dilakukan uji triangulasi, (2) mengadakan member-check, (3) meningkatkan ketekunan dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru belum mampu melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Peneliti juga mengungkapkan bahwa karakteristik kemampuan guru dalam melakukan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 lebih menekankan pada proses pembelajaran konvergen dibandingkan divergen. Kata Kunci: Karakteristik Kemampuan Guru, Guru Matematika SMP, Kurikulum 2013
IDENTIFIKASI KESULITAN GURU MATEMATIKA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 Akhmad Faisal Hidayat
Aksioma Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/aksioma.v9i1.217

Abstract

Abstrak: Perubahan kurikulum adalah suatu keniscayaan dalam rangka menyempurnakan kualitas dan mutu pendidikan. Konsekuensi dari suatu perubahan kurikulum ialah adanya perubahan prinsip yang diimplementasikan dalam pembelajaran. Perubahan prinsip dalam pembelajaran kurikulum 2013 berdampak pada perubahan tugas pokok serta kompetensi pedagogik dan profesional yang harus dikuasai oleh guru. Beberapa perubahan yang signifikan berpotensi menimbulkan kesulitan dalam penerapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kesulitan-kesulitan yang dialami guru matematika sekolah menengah pertama di kota Jambi, khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok guru, meliputi proses merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 17 orang guru matematika SMP yang dipilih menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kesulitan guru matematika dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 yang berkaitan dengan tugas pokok guru, yaitu: (1) Tahap merencanakan pembelajaran, guru matematika kesulitan dalam merancang pembelajaran yang bervariasi, membuat keterkaitan tujuan pembelajaran dengan proses belajar peserta didik, menyusun silabus, merancang RPP yang sesuai dengan silabus serta merancang pembelajaran yang dapat memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir kritis peserta didik; (2) Tahap melaksanakan pembelajaran, guru matematika kesulitan dalam melakukan pembelajaran dan menggunakan teknik mengajar yang bervariasi, melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan RPP, prinsip kurikulum serta terkait dengan konteks kehidupan sehari-hari, melakukan aktivitas pembelajaran yang menyenangkan, memberikan informasi baru sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik, serta memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan mempraktekkan serta berinteraksi dengan peserta didik lainnya; (3) Tahap mengevaluasi pembelajaran, guru matematika kesulitan dalam menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran serta melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik dan jenis penilaian. Selain itu, secara umum guru matematika juga mengalami kesulitan dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek. Kata Kunci: Kesulitan, Implementasi, Kurikulum 2013
PENGGUNAAN MEDIA KARTU DOMINO PECAHAN SENILAI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN STEM Muhammad Fitrah
Aksioma Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/aksioma.v9i1.218

Abstract

Abstrak. Penulisan artikel ini bertujuan untuk membahas penggunaan media kartu domino pecahan senilai dalam pembelajaran matematika divariasikan dengan pendekatan STEM. Penggunaan media ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan pemahaman konsep serta motivasi siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi pecahan senilai. STEM merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan empat bidang, yaitu sains, teknologi, engineering, dan matematika. Variasi penerapan pendekatan STEM dengan penggunaan media kartu domino bertujuan agar media pembelajaran ini dapat terus digunakan seiring dengan perkembangan zaman. Kedepannya saya akan membuat sebuah game domino digital/domino online yang berbentuk pecahan senilai. Kata Kunci. Media Kartu Domino, Pecahan Senilai, Pendekatan STEM

Page 1 of 1 | Total Record : 5