cover
Contact Name
Sutrisno
Contact Email
redaksidhammavicaya@gmail.com
Phone
+6281291627203
Journal Mail Official
redaksidhammavicaya@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pulo Gebang Permai No.107, Rt.13 / Rw.04 Kelurahan Pulo Gebang Kecamatan Cakung, Jakarta Timur - 13950 Telp. : (021) 4870-1213 E-mail : stab_nalanda@yahoo.com https://stabnalanda.ac.id/
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pengkajian Dhamma
ISSN : 25808028     EISSN : 27754200     DOI : https://doi.org/10.47861/
The scope of the fields contained in Dharmavicaya Journal is dharma teachings to situations of social, political, educational, environmental, economic and mental development
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Dhammavicaya" : 6 Documents clear
Pengaruh Kepemimpinan Kepala SMB Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru SMB Se-Provinsi Bali: Artikel 1 adham; Muljadi
Dhammavicaya Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Dhammavicaya
Publisher : STAB Nalanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT This study aims to examine the effect of principal's leadership on teacher performance, to examine the effect of performance on teacher performance, and to examine the effect of principal's leadership and achievement motivation together on the performance of SMB teachers in Bali Province. The type of research used is research with a quantitative approach. The sample used was 60 respondents with data collection techniques carried out by questionnaires or closed questionnaires. The results of multiple linear regression, showed that the principal's leadership variable had a significant effect on teacher performance with a correlation coefficient value (ry1) = 0.900, tcount 15.816> ttable 1.672 significance (α) 0.05. The motivation variable has a significant effect on teacher performance with a coefficient value (ry2) = 0.932, tcount 19.633> ttable 1.672 significance (α) 0.05. The variables of principal leadership and achievement together on teacher performance with correlation coefficient value (ry12) = 0.960, tcount 26.380> ttable 1.672 significance (α) = 0.05. This means that there is a significant influence between the variables of the principal's leadership and achievement motivation simultaneously on teacher performance. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, untuk menguji pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru, dan untuk menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMB Se-Provinsi Bali. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 60 responden dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner atau angket tertutup. Hasil regresi linier berganda, menunjukkan variabel kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi (ry1) = 0.900, t hitung 15.816> t tabel 1.672 signifikasi (α) 0.05. Variabel motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien (ry2) = 0.932, t hitung 19.633> t tabel 1.672 signifikasi (α) 0.05. Variabel kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi (ry12) = 0.960, t hitung 26.380> t table 1.672 signifikasi (α) = 0.05. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru.
Pengaruh Kepribadian Proaktif Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Inovasi Guru Sekolah Minggu Buddha Se-Provinsi Bali Wiradnyana K.A; Muljadi
Dhammavicaya Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Dhammavicaya
Publisher : STAB Nalanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepribadian proaktif terhadap inovasi guru, untuk menguji pengaruh motivasi berprestasi terhadap inovasi guru dan untuk menguji pengaruh kepribadian proaktif dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap inovasi guru Sekolah Minggu Buddha Se-Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket tertutup. Populasi pada penelitian ini adalah Guru Sekolah Minggu Buddha se-Provinsi Bali dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang responden.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepribadian proaktif berpengaruh secara signifikan terhadap inovasi guru dengan koefisien korelasi ry1=0,810 (α<0,05), variabel motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan dengan koefisien korelasi ry2=0,825 (α<0,05). Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kepribadian proaktif dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap inovasi guru dengan koefisien korelasi ry12=0,895 (α<0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa inovasi guru dapat ditingkatkan melalui peningkatan kepribadian proaktif dan motivasi berprestasi baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama ABSTRACTThis study aims to find out the effect of proactive personality on teacher innovation, to determine the effect of achievement motivation on teacher innovation and the combined impact of proactive personality and achievement motivation on teacher innovation in Bali. This study takes a quantitative method, relying on closed questionnaires to obtain data. The participants in this study were Buddhist Sunday School Teachers in Bali, with a total sample size of 60 responders. The results of this study indicate that the proactive personality has a significant effect on teacher innovation with a correlation coefficient ry1=0.810 (ρ<0.05), achievement motivation has a significant effect with a correlation coefficient ry2=0.825 (ρ<0.05). There is a significant effect between the variables of proactive personality and achievement motivation together on teacher innovation with a correlation coefficient ry12=0.895 (ρ<0.05). These means that teacher innovation can be improved through increased proactive personality and achievement motivation, either individually or together.
Pengaruh Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Penyuluh Agama Buddha se-Provinsi Bali Sanjaya; Muljadi
Dhammavicaya Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Dhammavicaya
Publisher : STAB Nalanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja penyuluh, untuk menguji pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja penyuluh, dan untuk menguji pengaruh disiplin kerja dan kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja penyuluh agama Buddha seProvinsi Bali. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 85 responden dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner atau angket tertutup. Hasil regresi linier berganda, menunjukkan variabel disiplin kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja penyuluh dengan nilai koefisien korelasi (ry1) = 0.796. Variabel disiplin kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja penyuluh dengan nilai koefisien (ry2) = 0.796. Variabel disiplin kerja dan kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja penyuluh dengan nilai koefisien korelasi (ry1.2) = 0.852. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel disiplin kerja dan kepuasan kerjasecara simultan berpengaruh terhadap kinerja penyuluh. AbstractThis research aims to test the effect of work discipline on the performance of the instructor, to test the effect of job satisfaction on the performance of extension workers, and to examine the effect of work discipline and job satisfaction on performance of Buddhist instruction throughout the province of Bali. The type of research used is research with a quantitative approach.sample used85 respondent by questionnaire or closed questionnaire the results of multiple linear regression, show that the work discipline variable has a significant effect on the performance of the instructor with the correlation coefficient value (ry1) = 0.796. The work discipline variable has a significant effect on the performance of instructor with a coefficient value of (ry2) = 0.796.the variables of work discipline and job satisfaction together on the performance of the instructor with the value of the correlation coefficient (ry1.2) = 0.852. this means that there is a significant influence between the variables of work discipline and job satisfaction simultaneously affect the performance of the instructor.
Analisis Kebijakan Pendidikan Tinggi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Indonesia Rahula Hananuraga; Eliza Ariesta
Dhammavicaya Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Dhammavicaya
Publisher : STAB Nalanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACTThis research is qualitative through literature study using policy analysis. This study examines in detail the analysis of higher education policy with the aim of describing the analysis of higher education policy on distance learning in Indonesia.Based on the results of the study, it can be concluded that in some distance learning implementation processes, there are often limitations or obstacles encountered such as differences with the supposed learning process, many think that the obligation of educators in implementing online learning is much lighter than face-to-face learning. Distance learning has good size limitations, community connections and technical errors along with serverdowns and other errors that hinder the success of acquiring knowledge. Therefore, the government hopes that the creativity of teachers in providing learning can appeal to the interests of students so that it affects academic achievement. In addition, assistance is needed from the government to offer facilities that support the implementation of distance learning. In this way, the implementation can run smoothly and effectively. ABSTRAKPenelitian ini bersifat kualitatif melalui studi kepustakaan menggunakan analisis kebijakan. Studi ini mengkaji secara rinci analisis kebijakan pendidikan tinggi dengan tujuan untuk mendeskripsikan analisis kebijakan pendidikan tinggi pada pembelajaran jarak jauh di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pada beberapa proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, seringkali terdapat batasan atau kendala yang dihadapi seperti perbedaan dengan proses pembelajaran yang seharusnya, banyak yang memikirkan kewajiban pendidik dalam menerapkan pembelajaran online ini jauh lebih ringan dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka. Pembelajaran jarak jauh memiliki batasan ukuran yang baik, koneksi komunitas dan kesalahan teknis bersama dengan serverdown dan kesalahan lain yang menghambat keberhasilan memperoleh pengetahuan. Oleh karena itu, pihak pemerintah berharap kreativitas guru dalam membekali pembelajaran agar dapat menghimbau kegemaran mahasiswa sehingga berpengaruh terhadap prestasi akademik. Selain itu bantuan sangat diperlukan dari pemerintah untuk menawarkan fasilitas yang menyokong pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Dengan begitu, pelaksanaannya dapat berjalan lancar dan efektif.
Pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Berprestasi terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali Aji Nugroho; Muljadi
Dhammavicaya Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Dhammavicaya
Publisher : STAB Nalanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kepemimpinan Visioner terhadap Inovasi GuruPendidikan Agama Buddha, pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha, serta pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Berprestasi secara bersama-sama terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali.Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif. Sample yang digunakan sebanyak 85 (delapan puluh lima) responden dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket tertutup)menggunakan Skala Likert, kemudian dianalisis melalui serangkaian perhitungan statistik sehingga menghasilkan simpulan dan pembuktian hipotesis secara kuantitatif.Melalui serangkaian perhitungan statistik, hasil penelitian kuantitatif pada variabel Kepemimpinan Visioner terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali menunjukkan nilai Koefisien Korelasi (ry1)=0.8901, tHitung17.7948>tTabel 1.9890 pada signifikansi (α) = 0.05; artinya bahwa variabel Kepemimpinan Visioner berpengaruh secara signifikan terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha di Provinsi Bali. Kemudian pada variabel Motivasi Berprestasi terhadap Inovasi GuruPendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali menunjukkan nilai Koefisien Korelasi (ry2) = 0.9005, tHitung18.8691>tTabel 1.9890 pada signifikansi (α) = 0.05; hal ini berarti Motivasi Berprestasi berpengaruh signifikan terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali. Sedangkan hasil penelitian pada variable Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Berprestasi secara simultan (bersama-sama)menunjukkan nilai Koefisien Korelasi (ry1.2) = 0.9436, tHitung25.9614>tTabel 1.9890 pada signifikansi (α)=0.05, artinya secara simultan variabel Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Berprestasi berpengaruh signifikan terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali. Abstract This study aims to examine the effect of Visionary Leadership on Buddhist Education Teacher Innovation, the effect of Achievement Motivation on Buddhist Education Teacher Innovation, and the joint influence of Visionary Leadership and Achievement Motivation on Buddhist Education Teacher Innovation in Bali Province.The type of data in this study is quantitative data. The sample used was 85 respondents with data collection techniques through questionnaires (closed questionnaires) using a Likert Scale, then analyzed through a series of statistical calculations to produce conclusions and prove the hypothesis quantitatively.Through a series of statistical calculations, the results of quantitative research on the variable Visionary Leadership on the Innovation of Buddhist Education Teachers throughout the Province of Bali show the value of the Correlation Coefficient (ry1) = 0.8901, tCount17.7948 > tTable 1.9890 at significance (α) = 0.05; it means that the Visionary Leadership variable has a significant effect on the Innovation of Buddhist Education Teachers in the Province of Bali. Then on the variable of Achievement Motivation on the Innovation of Buddhist Education Teachers throughout Bali Province, it shows the value of the Correlation Coefficient (ry2) = 0.9005, tCount18.8691>tTable 1.9890 at significance (α) = 0.05; this means that Achievement Motivation has a significant effect on the Innovation of Buddhist Education Teachers in the Province of Bali. While the results of research on the variables of Visionary Leadership and Achievement Motivation simultaneously (together) show the value of the Correlation Coefficient (ry1.2)=0.9436, tCount25.9614 > tTable 1.9890 at a significance (α) 0.05, meaning that the Leadership variable simultaneously Visionary and Achievement Motivation has a significant effect on the Innovation of Buddhist Education Teachers in Bali Province
Pengaruh Kepemimpinan Situasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Minggu Buddha Se-Provinsi Bali Suniati Luh; Muljadi
Dhammavicaya Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Dhammavicaya
Publisher : STAB Nalanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kepemimpinan Situasional terhadap Kinerja GuruSekolah Minggu Buddha Se-Provinsi Bali, untuk menguji pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Minggu Buddha Se-Provinsi Bali, dan untuk menguji pengaruh Kepemimpinan Situasionaldan Budaya Organisasi secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru Sekolah Minggu Buddha Se-Provinsi Bali. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 60 responden dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner atau angket tertutup. Hasil regresi linier berganda, menunjukkan variabel Kepemimpinan Situasional berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Guru dengan nilai koefisien korelasi (ry1) = 0.78, t hitung 9.59 > t tabel 1.67signifikasi (α) 0.05. Variabel Budaya Organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Gurudengan nilai koefisien (ry2) = 0.82, t hitung 11.10 > t tabel 1.67 signifikasi (α) 0.05. Variabel Kepemimpinan Situasional dan Budaya Organisasi secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru dengan nilai koefisien korelasi (ry12) = 0.87, t hitung 13.65 > t table 1.67 signifikasi (α) = 0.05. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Kepemimpinan Situasional dan Budaya Oraganisasi secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Guru Sekolah Minggu Buddha Se-Provinsi Bali AbstractThis study aims to examine the effect of situational ltreadership on the performance of Buddhist Sunday School Teachers in Bali, to examine the effect of organizational culture on the performance of Buddhist Sunday School Teachers in Bali and to examine the effect of situational leadership and organizational culture together on the performance of Buddhist Sunday School Teachers in Bali.The type of research used is quantitative approach. The sample used was 60 respondents with data collection techniques carried out by closed questionnaires.The results of multiple linear regression showed that the situational leadership variable had a significant effect on teacher performance with a correlation coefficient value (ry1) = 0.78, tvalue 9.59 > ttable 1.67 significance (α) 0.05. Organizational culture variable has a significant effect on teacher performance with coefficient value (ry2) = 0.82, tvalue 11.10 > ttable 1.67 significance (α) 0.05. Situational leadership and organizational culture variables together on teacher performance with correlation coefficient value (ry12) = 0.87, tvalue 13.65 > ttable 1.67 significance (α) = 0.05. This means that there is a significant influence between the variables of Situational Leadership and Organizational Culture which simultaneously affects the performance of Buddhist Sunday School teachers in Bali.

Page 1 of 1 | Total Record : 6