cover
Contact Name
Dian Perayanti Sinaga
Contact Email
dianperayanti@gmail.com
Phone
+6281377105410
Journal Mail Official
pendbiologi.usi@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Biologi-FKIP Universitas Simalungun Jl. Sisingamangaraja Barat,Kelurahan Bukit Sofa, Kecamatan Siantar Sitalasari Kota Pematangsiantar
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
MetaBio : Jurnal Pendidikan
Published by Universitas Simalungun
ISSN : -     EISSN : 23026553     DOI : https://doi.org/10.36985
Jurnal Ilmiah Metabio merupakan jurnal publikasi yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Pematangsiantar. Jurnal ini akan memuat hasil-hasil penelitian ilmiah pada berbagai bidang ilmu Biologi dan Pembelajaran Biologi diantaranya Ekologi, Anatomi, IPA, Metode Pembelajaran, Media Pembelajarandan bidang-bidang lain yang terapannya sangat berhubungan dengan bidang Biologi dan Pembelajaran Biologi
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2022): April 2022" : 6 Documents clear
Study Of Composition And Structure Of Undergrowth Vegetation In Areas Invaded By Invasive Alien Species Bellucia Pentamera Naudin In Conservation Area Of PT. TKA South Solok Solfyeni; Indriani
MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik) Vol. 4 No. 1 (2022): April 2022
Publisher : Program Studi Biologi FKIP Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jmo.v4i1.329

Abstract

The invasion of alien plants such as Bellucia pentamera can reduce biodiversity in the conservation forest area. Analysis of undergrowth vegetation in the area invaded by invasive alien plants Bellucia pentamera Naudin in the Conservation Area of PT. TKA Solok Selatan in MarchAugust 2020. This study aims to determine the composition and structure of undersgrowth vegetation in areas invaded by invasive alien plants Bellucia pentamera and to see the effect of distance from the road on the distribution of Bellucia pentamera tillers. The method used in this research is the quadratic method with belt transects of 2 x100 meters from the edge of the forest to the forest. The composition of understorey in the Conservation Area of PT. TKA were found as many as 48 species from 32 families. The distance from the highway affects the light intensity and also affects the distribution of the number of B. pentamera seedling individuals. The highest important value index of undergrowth was Shorea leprosula, Bellucia pentamera, and Clidemia hirta with a value of 40.51%; 29.20%; 19.43% while the diversity index (H ') of undergrowth with a value of 3.0 means that the diversity index is classified as medium.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATERI SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM DI KELAS VII MTs NEGERI TANAH JAWA T.P 2014/2015 Afni Winda Afriza; Ika Rosenta Purba
MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik) Vol. 4 No. 1 (2022): April 2022
Publisher : Program Studi Biologi FKIP Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jmo.v4i1.337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre - test, post - test. Jumlah populasi sebanyak 203 orang dan jumlah sampel sebanyak 80 orang siswa (Cluster Random Sampling). Kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII - 4 sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan cara mencari rata - rata skor dan standart deviasi, dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α= 0,05. Nilai rata - rata pre - test kelas eksperimen sebesar 44,25 dan nilai rata - rata post - test kelas eksperimen yaitu 78,37. Nilai rata - rata pre - test kelas kontrol sebesar 38,50 dan nilai rata - rata post - test kelas kontrol yaitu 65,25. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem di kelas VII MTs Negeri Tanah Jawa T.P 2014/2015 sebesar 34,12. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung (7,68) > ttabel (2,00), maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem di kelas VII MTs Negeri Tanah Jawa T.P 2014/2015. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem di kelas VII MTs Negeri Tanah Jawa T.P 2014/2015.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOMPONEN BIOTIK DENGAN PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA ADVENT 2 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2014/2015 Bernita Maya Rina Naibaho; Polemon Hutagaol
MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik) Vol. 4 No. 1 (2022): April 2022
Publisher : Program Studi Biologi FKIP Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jmo.v4i1.338

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar siswa pada materi komponen biotik dengan penerapan Quantum Learning pada siswa kelas VII SMP Swasta Advent 2 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 19-30 Mei 2015 dengan jumlah sampel 16 orang yaitu kelas VII SMP. Pada proses pembelajaran yang dilakukan adalah siklus I dan siklus II yaitu mengajar dengan melakukan evaluasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menghitung rata - rata kelas, tingkat ketuntasan belajar, dan mencari secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hasil belajar pada siklus I adalah 18,75 % belum mencapai KKM dan dilanjutkan ke siklus II dengan hasil belajar 93,75 % dan sudah mencapai KKM
PEMANFAATAN MULTIMEDIA POWER POINT DALAM SISTEM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI SMA YPI DHARMA BUDI SIDAMANIK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Ayu Wandira; Joni Wilson Sitopu
MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik) Vol. 4 No. 1 (2022): April 2022
Publisher : Program Studi Biologi FKIP Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jmo.v4i1.359

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan besarnya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan pemanfaatan multimedia powerpoint dan metode konvensional pada materi sistem ekskresi secara daring di kelas XI SMA YPI Dharma Budi Sidamanik Tahun Pelajaran 2020/2021. Jumlah populasi sebanyak 64 orang yang terdiri dari 2 kelas dan sampel diambil secara random assigment sehingga diperoleh 2 kelas yaitu kelas kontrol (XI-1) 32 orang dan kelas eksperimen (XI-2) 32 orang. Kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan metode konvensional dan kelas eksperimen diberi perlakuan memanfaatkan multimedia powerpoint. Analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata (X ), standart deviasi (S) dan uji hipotesis (uji t) pada taraf signifikansi  = 0,05. Darihasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post test kelas kontrol sebesar 88 dan kelas eksperimen sebesar 90,12 dengan perbedaan hasil belajar sebesar 2,12. Dari hasil pengujian hipotesis (uji t) diperoleh thitung (2,790) > ttabel (1,99) pada taraf signifikansi  = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 62, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode konvensional dan pemanfaatan multimedia powerpoint pada materi sistem ekskresi secara daring kelas XI SMA YPIDharma Budi Sidamanik Tahun Pelajaran 2020/2021. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode konvensional dan pemanfaantan multimedia powerpoint pada materi sistem ekskresi secara daring di kelas XI SMA YPI Dharma Budi Sidamanik Tahun Pelajaran 2020/2021.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION DAN THINK PAIR AND SHARE PADA MATERI SISTEM EKSKRESI SECARA DARING KELAS VIII SMP NEGERI 4 PEMATANGSIANTAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Ridwan Affandi; Marlindoaman Saragih
MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik) Vol. 4 No. 1 (2022): April 2022
Publisher : Program Studi Biologi FKIP Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jmo.v4i1.360

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan besarnya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division dan Think Pair and Share pada materi sistem ekskresi secara daring di kelas VIII SMP Negeri 4 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021. Jumlah populasi sebanyak 187 orang yang terdiri dari 6 kelas dan sampel diambil secara Cluster Random Sampling sehingga diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1(VIII - 5) 32 orang dan kelas eksperimen 2 (VIII-8) 32 orang. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share. Analisis data dilakukan dengan mencari ratarata (X), standart deviasi (S) dan uji hipotesis (uji t) pada taraf signifikansi  = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post test kelas eksperimen 1 sebesar 86,09 dan kelas eksperimen 2 sebesar 85,16 dengan perbedaan hasil belajar sebesar 0,93. Dari hasil pengujian hipotesis (uji t) diperoleh thitung (2,625) > ttabel (1,99) pada taraf signifikansi  = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 62, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division dan Think Pair and Share pada materi sistem ekskresi secara daring kelas VIII SMP Negeri 4 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division dan Think Pair and Share pada materi sistem ekskresi secara daring di kelasVIII SMP Negeri 4 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021
Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Bandar Pulau Tahun Ajaran 2021/2022 Ade Melinda Sidauruk; Thiur Dianti Siboro
MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik) Vol. 4 No. 1 (2022): April 2022
Publisher : Program Studi Biologi FKIP Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jmo.v4i1.362

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Bandar Pulau Tahun Ajaran 2021/2022. Jumlah populasi dari keseluruhan siswa kelas XI adalah 113 orang siswa terdiri dari empat kelas dan dengan jumlah sampel 50 orang siswa (2 kelas) diambil secara acak dengan purposive sampling.Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pre - test dan post - test untuk megetahui hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Pulau. Dari hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh |thitung|= 11,163. Sedangkan ttabel untuk df = 24, dengan taraf signifikansi α = 0,05 adalah 2,064. Jadi dapat disimpulkan bahwa |thitung| > ttabel, yakni 11,163 > 2,064, maka dapat ditarik kesimpulan Ha diterima, H0 ditolak. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan Lembar Kerja Siswa terhadap hasil belajar biologi siswa. Berdasarkan hasil uji Independent Sample Test dengan membandingkan nilai post - test dari kedua kelas, didapat nilai signifikansinya = 0,000 < 0.05. hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Lembar Kerja Siswa sebagai media belajar terhadap hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai media belajar. Adapun besar beda nilai keduannya dapat dilihat dari ratarata kedua nilai post - test. Pada hasil uji didapat bahwa rata - rata nilai post - test kelas eksperimen sebesar  79,00 sedangkan rata - rata nilai post - test kelas kontrol sebesar 61,60. Adapun besar beda rata - rata nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sebesar 17,40.

Page 1 of 1 | Total Record : 6