cover
Contact Name
Setia Rahmawan
Contact Email
setia.rahmawan@uin-suka.ac.id
Phone
+6285729537765
Journal Mail Official
jtcre@uin-suka.ac.id
Editorial Address
Department of Chemistry Education 2nd floor, Faculty of Education and Teaching Training Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Marsda Adisucipto Street, Yogyakarta Phone +62-274 519739 Fax. +62-274 540971
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Journal of Tropical Chemistry Research and Education
ISSN : 2685144X     EISSN : 26855690     DOI : https://doi.org/10.14421/jtcre2020.22-01
Core Subject : Science, Education,
This journal encompasses original research article and review articles related tropical chemistry, but it is not restricted to, including: Lab based research Teaching & Learning Material Learning Learning Media/Multimedia Evaluation & Assessment Higher Order Thinking Skills Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education Chemical Content Learning Strategy School Laboratory Experiment
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2019)" : 6 Documents clear
Pengembangan Buku Panduan Outbound IPA SMP/MTS Dengan Guided Note Taking Rinta Nur Ariyani
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37079/jtcre.v1i1.11

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan produk buku panduan outbound IPA SMP/MTs dengan Guided Note Taking berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik IPA SMP/MTs, dan instruktur outbound. Peneliti menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Penilaian produk meliputi 8 aspek penilaian dengan 22 kriteria menggunakan instrumen lembar skala 5. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku panduan outbound. Karakteristik produk buku panduan outbound IPA bidang kajian materi dan sifatnya yang dikembangkan diberi judul “outbound Sains? Ayo!” yang terdiri dari 15 permainan dengan terbagi menjadi 5 pos, setiap pos terdiri kompetensi dasar, alokasi waktu, peralatan, tujuan outbound, guided note taking dalam bentuk cerita pendek, instruksi dan makna permainan. Hasil penelitian dan pengembangan buku panduan outbound IPA berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan bahwa kualitas buku Baik (B) dengan skor 49 dan persentase keidealan 81,67%, ahli media menunjukkan bahwa kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 46 dan persentase keidealan sebesar 92%, pendidik IPA SMP/MTs menunjukkan bahwa kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 101,7 dan persentase keidealan sebesar 92% dan instruktur outbound menunjukkan bahwa kualitas buku Baik (B) dengan skor 53 dan persentase keidealan sebesar 76%.
Buku Petunjuk Praktikum Kimia Berbasis Green Chemistry Untuk SMA/MA Kelas XI Sindi Rahmawati
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37079/jtcre.v1i1.14

Abstract

Pembelajaran kimia tidak terlepas pada kegiatan praktikum yang identik dengan bahan kimia berbahaya dan menghasilkan limbah. Adanya kesadaran bahwa penanganan limbah memerlukan biaya mahal, maka dicetuskan prinsip green chemistry. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku petunjuk praktikum kimia berbasis green chemistry untuk SMA/MA kelas XI, melakukan uji kualitas dan mengukur respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four D) tanpa tahap Dissaminate. Uji kualitas dilakukan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan guru serta respon peserta didik. Instrumen penilitian buku petunjuk praktikum kimia berbasis green chemistry berupa angket penilaian kualitas skala likert dan skala Guttman yang meliputi aspek penulisan dan organisasi buku, kebenaran konsep, kejelasan kalimat dan tingkat keterbacaan, kebahasaan, green chemistry, tingkat keterlaksanaan kegiatan praktikum, penilaian hasil belajar, dan tampilan fisik buku petunjuk praktikum. Hasil penelitian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku petunjuk praktikum. Hasil penelitian berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan kualitas Baik (B), ahli media mendapatkan kualitas Sangat Baik (SB) serta penilaian dari 3 guru kimia SMA/MA mendapatkan Sangat Baik (SB). Buku petunjuk praktikum kimia berbasis green chemistry mendapatkan respon positif dari peserta didik.
Proses Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Berbasis Ilmu Kimia Dalam Mengembangkan Kecakapan Hidup Peserta Didik Di SMAN 1 Tayu, Pati, Jawa Tengah Yuni Lestari
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37079/jtcre.v1i1.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran prakarya dan kewirausahaan berbasis ilmu kimia yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian, serta mengetahui efek pengiring pembelajaran terhadap empat aspek kecakapan hidup peserta didik kelas XI MIA di SMA N 1 Tayu, Pati, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru yang mengampu mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan serta peserta didik kelas XI MIA 1, XI MIA 2 dan XI MIA 4 di SMA N 1 Tayu. Objek penelitian yaitu proses pembelajaran prakarya dan kewirausahaan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian, serta empat aspek kecakapan hidup peserta didik sebagai efek pengiring pembelajaran prakarya dan kewirausahaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi partisipatif, serta skala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kegiatan perencanaan,terkait dokumen perencanaan dan ketersediaan ruangan dan media dapat menunjang berjalannya proses belajar, akan tetapi sumber belajar belum secara penuh mendukung proses produksi karena informasi tentang beberapa kegiatan pengolahan yang dilakukan tidak terdapat dalam sumber belajar guru maupun peserta didik, (2) pelaksanaan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dengan pendekatan saintifik memungkinkan peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mengembangkan kemampuan berwirausaha (3) penilaian yang dilakukan secara terbuka dapat menjadi faktor yang mempengaruhi aktivitas peserta didik saat pembelajaran, sehingga peserta didik terlihat antusias dalam menunjukkan peran serta mereka saat kegiatan diskusi, (4) empat aspek kecakapan hidup peserta didik termasuk kategori sangat baik, yaitu 93,9% untuk kecakapan personal, 86,5% untuk kecakapan sosial, 86,5% unrtuk kecakapan akademik, dan 93,1% untuk kecakapan vokasional.
Pengembangan Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Materi Sifat Koligatif Larutan Alfiyani Lestari
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37079/jtcre.v1i1.20

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan modul kimia yang mengaitkan kimia dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang kewirausahaan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu menguji kualitas dan keterlaksanaan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing berorientasi Chemo-Entrepreneurship pada materi sifat koligatif larutan. Pengembangan ini menggunakan model 4-D (tanpa disseminate) yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, development, dan disseminate. Penilaian kualitas produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, 3 Peer Review, 3 guru kimia, dan 10 peserta. Uji keterlaksanaan diamati oleh 3 observer dan direspon oleh 30 peserta didik. Proses pengambilan data kualitas modul dengan menggunakan angket dan uji keterlaksanaan dengan menggunakan lembar observasi yang telah divalidasi oleh dosen ahli instrumen. Data yang diperoleh dianalisis guna mengetahui kualitas modul kimia dan keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penilaian kualitas yang diperoleh dari ahli media 86,84% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli materi 82,14% kategori Sangat Baik (SB), guru kimia83,33% kategori Sangat Baik (SB), dan peserta didik 87,5% kategori Sangat Baik (SB). Uji keterlaksanaan memperoleh persentase rata-rata 90,3% dengan kategori Sangat Baik (SB) dan direspon positif oleh peserta didik dengan perolehan persentase sebesar 91,25%.
Pengembangan Media Pembelajaran Biodiversitas Berbasis Android Bella Pratiwi K. P; Raafi Nur Ali; Eka Sulistiyowati
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37079/jtcre.v1i1.21

Abstract

Pada perkembangan era informasi saat ini, terdapat kecenderungan di dalam masyarakat yang membutuhkan media berbasis elektronik terutama dalam dunia pendidikan. Perlunya media pendukung pembelajaran khususnya biologi untuk pendidikan biodiversitas di Indonesia dalam pembelajaran di sekolah. Sebagai negara yang dinobatkan sebagai kawasan megabiodiversitas, Indonesia memiliki peluang dan tantangan untuk memberikan pendidikan biodiversitas sebagai salah satu upaya konservasi dan perlindungan terhadap kekayaan hayati Indonesia. Pendidikan biodiversitas di jenjang formal sangat terikat dengan standar proses yang tertera dalam kurikulum, pada Kompetensi Dasar pendidikan materi keanekaragaman hayati mengandung makna yang mendalam yaitu sebuah upaya penyelamatan keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh Indonesia. Paper ini berupaya untuk menganalisis peluang dan tantangan untuk pendidikan biodiversitas di Indonesia, dilihat dari kebijakan kurikulum, dan sarana dan sarana yang tersedia di sekolah serta kondisi kesiapan sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan ini.
Pengembangan Modul Kimia Berbasis Chemoedutainment (CET) Pada Materi Reaksi Redoks Dyah Azifatur Roziyah; Agus Kamaludin
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37079/jtcre.v1i1.19

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan modul kimia SMA/MA berbasis Chemo-Edutainment (CET) pada materi reaksi redoks, analisis kualitas modul berdasarkan ahli materi, ahli media, dan reviewer, analisis respon peserta didik terhadap modul, dan uji efektivitas modul terhadap hasil belajar kognitif peserta didik berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang mengadaptasi model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) dibatasi pada tahap develop. Penilaian kualitas modul digunakan metode expert judgment. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian ahli. Data diperoleh dari skor penilaian kualitas. Teknik analisis data berdasarkan kategorisasi. Sedangkan instrumen respon peserta didik yang digunakan yaitu lembar respon peserta didik. Data diperoleh dari skor respon peserta didik. Teknik analisis data berdasarkan kategorisasi. Uji efektivitas modul dilakukan dengan metode tes kemampuan kognitif. Instrumen yang digunakan yaitu lembar soal tes kemampuan kognitif peserta didik. Data diperoleh dari skorkemampuan kognitif peserta didik. Teknik analisis data berupa data kuantitatif diubah menjadi data kualitatif dengan persentase ketuntasan tes hasil belajar kognitif berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil penelitian pengembangan ini adalah modul kimia SMA/MA berbasis ChemoEdutainment (CET) yang memadukan antara muatan pendidikan dan hiburan melalui permainan edukasi yang menarik pada materi reaksi redoks. Penilaian kualitas modul oleh ahli materi mendapatkan skor 77 dari skor maksimal 85, ahli media mendapatkan skor 84 dari skor maksimal 90, dan reviewer mendapatkan skor rata-rata 112,8 dari skor maksimal 125 dengan kategori kualitas Sangat Baik (SB). Respon peserta didik terhadap modul mendapatkan skor rata-rata 87,5 dari skor maksimal 100 dengan kategori respon Sangat Baik (SB). Efektivitas modul terhadap hasil belajar kognitif menunjukkan 80% peserta didik yang menggunakan modul lulus berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Page 1 of 1 | Total Record : 6