cover
Contact Name
marudin
Contact Email
markmarudin88@gmail.com
Phone
+6287762226534
Journal Mail Official
aurapiaudiaihnwpancor@gmail.com
Editorial Address
Jl. TGKH M. Zainuddin Abdul Majid No. 134 Pancor, Kec. Selong Lombok Timur Nusa Tenggara Barat Telp/fax:0376-2991086/22566 Email: aurapiaudiaihnwpancor@gmail.com
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
ISSN : 24775002     EISSN : 27743330     DOI : https://doi.org/10.37216/aura
Core Subject : Education, Social,
Focus dan scope jurnal ini adalah upaya untuk mengaktualisasikan pemahaman yang lebih baik tentang studi-studi pendidikan islam anak usia dini dari berbagai aspek perkembangan. Baik yang terkait dengan perkembangan Spiritual,kongnitif, sosial-emosional, fsikomotor,bahasa,dan seni. teori-teori yang berkaitan dengan perkembangan dan pertumbuhan Anak usia dini serta praktik-praktik pendidikan.Baik lokal maupun internasional melalui publikasi artitel, laporan penelitian, dan ulasan buku Jurnal Pendidikan Aura (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Jurnal yang terbit setiap bulan Januari dan Juli ini berisi kajian-kajian Pendidikan Islam Anak Usia Dini seputar perkembangan Anak Usia dini
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)" : 6 Documents clear
Pengaruh Puzzle Huruf dan Gambar Untuk Mengembangkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanakPutra 1 Pulau Punjung Nurul Hasanah Nurul Hasanah; Indra Jaya
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Publisher : Fakultas Tarbiayh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/aura.v3i1.585

Abstract

Kurang berkembangnya kosa kata anak dalam bahasa Inggris menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian. Tujuan dari adanya penelitian ini untuk mengembangkan kosa kata anak dengan penggunaan puzzle huruf dan gambar. Puzzle huruf dan gambar ialah bagian dari alat permainan edukatif yang manfaatnya banyak bagi perkembangan anak. Quasi Eksperimen sebagai jenis penelitian yang digunakan, dimana dua kelas pada Taman Kanak – kanak Putra 1 Pulau Punjung sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes serta dokumentasi. Penelitian dilakukan di Taman Kanak – kanak Putra 1 Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya. Dari hasil penelitian, melalui uji hipotesis paired sample t-test terlihat bahwa nilai sig. (2-tailed) menunjukkan 0,000 dari kelas pre-test dan post-test, yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak karena nilai menunjukkan 0,000 < 0,005. Maknanya, adanya pengaruh dari penggunaan puzzle huruf dan gambar dalam mengembangkan kosakata bahasa Inggris.dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan puzzle huruf dan gambar untuk mengembangkan kosa kata bahasa Inggris anak di Taman Kanak – kanak.
Pelaksanaan Pengembangan Sosial Anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang Nadya Salsabilafitri Nadya Salsabilafitri; Izzati
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Publisher : Fakultas Tarbiayh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/aura.v3i1.591

Abstract

Anak usia dini ialah individu yang unik dan mempunyai karakteristik yang sejalan dengan tahapan usianya. Pada masa ini, anak sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, masa usia dini (0-6) tahun ini juga sering disebut masa keemasan (golden age) sebab pada masa inilah merupakan sebuah periode awal bagi anak untuk mengeksplorasi dirinya ke lingkungan. Salah satu aspek yang dikembangkan di Taman Kanak-kanak ialah perkembangan sosial. Dewasa ini, pengembangan sosial merupakan salah satu aspek yang harus dimiliki oleh setiap individu untuk melakukan adaptasi, bersosialisasi, bekerja sama, menyesuaikan diri dengan teman sebaya dan melakukan pendekatan dengan orang lain termasuk dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan pengembangan sosial anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang pada bulan Februari hingga Maret 2022. Hasil penelitian secara umum diketahui bahwa Pelaksanaan pengembangan sosial anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang sudah terlaksana dengan baik. Guru telah membuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang mengacu kepada kurikulum 2013 dan indikator pembelajaran. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasanya dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pelaksanaan pengembangan sosial mengacu kepada kurikulum 2013 dan indikator pembelajaran yang telah ditetapkan.
Pelaksanaan Pengembangan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu At-Tin Sumbar Kota Pariaman Nur Anggi Febriani Nur Anggi Febriani
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Publisher : Fakultas Tarbiayh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/aura.v3i1.592

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengembangan, dan evaluasi pelaksanaan pengembangan motorik halus di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu At-Tin Sumbar Kota Pariaman. Hal ini menjadi persoalan menarik, karena guru mengembangkan motorik halus anak melalui kegiatan-kegiatan yang beragam dan juga berhubungan dengan ketarampilan  hidup (Pratical life). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk melihat bagaimana pelaksanaan pengembangan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Islam Terpau At-Tin Sumbar Kota Pariaman. Subyek penelitian adalah anak-anak kelas B1 di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu At-Tin Sumbar Kota Pariaman. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas B1 di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu At-Tin sumbar Kota Pariaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mencakup reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Sedangkan teknik pengabsahan data yang digunakan berupa teknik triangulasi. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu At-Tin sumbar Kota Pariaman, guru telah mempersiapkan Rencana Pelaksnaan Pembelajaran harian (RPPH). kegiatan yang dilaksanakan sudah sesuai dengan yang direncanakan dan guru melakukan evalusi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasanya pelaksanaan pengembangan motorik halus anak sudah berjalan dengan baik mengacu pada kurikulum 2013.
Hubungan Islamic Parenting Dengan Disiplin Anak Di Taman Kanak-kanak ATTIN SUMBAR Pariaman Belia maisix Belia maisix; Indra Jaya
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Publisher : Fakultas Tarbiayh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/aura.v3i1.593

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah belum optimalnya pola asuh orang tua secara islami, seperti ada beberapa dari anak yang masih rendah dan belum optimal menerapkan sikap kedisiplinan dalam sholat, disiplin tidur, disiplin baca alquran,disiplin,disiplin mandi dan disiplin makan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan Islamic parenting dalam membentuk karakter disiplin anak di Taman Kanak-kanak ATTIN SUMBAR Pariaman yang merupakan salah satu Taman Kanak-kanak Islam Terpadu unggulan dan siswa-siswinya memiliki banyak prestasi, serta untuk mengetahui masalah-masalah yang diperhatikan oleh wali dalam melaksanakan pola asuh Islami, apa yang dilakukan wali dalam mengatasi masalah tersebut dan pengaruh hubungan asuh islami terhadap kedisiplinan anak. Pendekatan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini dengan memakai pendekatan kuantitatif menggunakan desain penelitian korelasional. Pemerolehan data dilakukan memlaui penyebaran angket dan dokumentasi dengan jumlah sampelpenelitian 46 orang. Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi dengan program SPSS 16.hasilpenelitian ini menunjukan islamic parenting mempunyai huungan yang signifikan dengan dissiplin anak di Taman Kanak-kanak ATTIN SUMBAR Pariaman sebesar(2-tailed) 0,000 (< 0,05) dan tingkat hubungan cukup kuat (0,557). Implikasinya adalah dengan membiasakan pola asuhorang tua secara islami yang baik dan benar, maka akan membentuk karakter disiplin pada anak usia dini.
Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Dalam Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Telkom Schools Padang Salsabilla Putri Diana; Zulminiati
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Publisher : Fakultas Tarbiayh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/aura.v3i1.594

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kegiatan fun cooking untuk meningkatkan kemampuan sains anak kelompok B. Kemampuan sains yang akan diukur meliputi kemampuan observasi, membandingkan, mengklasifikasi, mengukur dan mengkomunikasikan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif dan struktur quasi experiment. Penelitian dilaksanakan di TK Telkom Schools Padang dengan subyek 30 anak yang dipisahkan menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Tes berupa pernyataan sebanyak 12 butir, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data serta uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis sebagai cara teknik untuk menganalisis data. Alat pengumpulan informasi yang digunakan adalah lembar pernyataan. Informasi tersebut kemudian ditangani dengan uji (t-test) dengan menggunakan SPSS 22.0 for windows. Penelitian membuahkan hasil yang terlihat dari hasil uji normalitas diperoleh nilai signifikansi kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0,200 maka hasil signifikan nilai tersebut > 0,05 sehingga peningkatan skor kelas eksperimen dan kontrol normal. Data uji homogenitas menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,187 yang berarti 0,187 > 0,05 maka kelas yang dijadikan penelitian adalah kelas yang homogen. Uji homogenitas menunjukkan nilai signifikansi 0,187 yang berarti 0,187 > 0,05, sehingga kelas yang digunakan adalah kelas homogen. Mengenai uji-t menunjukkan nilai Sig. (2-diikuti) sebesar 0,004 < 0,05. Dengan demikian, cenderung diduga ada pengaruh yang besar fun cooking dalam mengembangkan kemampuan sains anak melalui kegiatan mengamati, membandingkan, mengklasifikasi, mengukur dan mengkomunikasikan.
Pendekatan Tematik Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini mohamadhatta
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Publisher : Fakultas Tarbiayh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/aura.v3i1.601

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kepustakaan yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian yang berjudul ”Pendekatan Tematik dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.” dengan metode penelitian kualitatif yang menafsirkan fenomena yang dijumpai melalui metode pengumpulan data dari buku, jurnal ilmiah, internet, artikel, catatan, serta berbagai laporan yang berkaitan dengan fokus masalah yang sedang diteliti. Dari studi kepustakaan ini di peroleh hasil penelitian berupa kesadaran akan kebutuhan pendidikan terutama pada masa usia dini pada masa ini cenderung terus meningkat sehingga pendidikan dipahami sebagai upaya pengembangan potensi kemanusiaan secara utuh dalam menanamkan nilai-nilai sosial budaya yang diyakini oleh sekelompok masyarakat agar dapat mempertahankan hidup dan kehidupan secara layak. Untuk membantu memenuhi kebutuhan dalam bidang pendidikan usia dini, pemerintah berusaha memfasilitasi dengan mengembangkan kurikulum PAUD berbasis pendekatan tematik yang diharapkan dapat membantu memberikan hasil pendidikan yang berkualitas pada anak usia dini. Pendekatan tematik dalam kurikulum PAUD adalah pendekatan yang menghubungkan objek dengan konsep yang sudah ada dalam pikiran dengan memperhatikan karakteristik anak dan kompetensi yang akan dicapai, terinteraksi dengan alat (media) dalam proses pembelajarannya dan bersifat konkret. Dalam pengaplikasiannya pendekatan tematik dalam penelitian ini bersifat terpadu yaitu menuntut peserta didik baik secara individu maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik dan autentik. Dalam prosesnya juga pendekatan tematik ini mencoba memadukan beberapa pokok bahasan dalam suatu tema tertentu sehingga diharapkan peserta didik lebih memiliki kedalaman wawasan materi dengan tingkat keterampilan dan pengetahuan yang beragam dan kompleks serta tidak terpecah-pecah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6